Jenis Kelinci Mini Rex Serta Perawatan Dan Harga

Setelah kematian netherland dwarf si Momo (overdosis vitamin),  sempet berpikir untuk nggak adopt kelinci lain. Tapi gimana emang dasarnya udah suka dan kasian si Kimchi kaga ada temennya, akhirnya saya putuskan untuk mengadopsi jenis kelinci mini rex.  Keputusan ini diambil setelah riset mendalam dan mini rex adalah jenis paling sesuai dengan keadaan saya sekarang.

Sebenarnya kelinci mini rex itu apa sih? Mini rex biasa disebut kelinci karpet karena bulunya yang berbeda dengan kelinci lainnya. Bulu mini rex tumbuh terbalik jadinya halus banget seperti karpet. Mini rex juga terdapat versi dwarf atau versi kecil dari kelinci rex standar, boleh dibilang mini rex versi peliharaan dari jenis rex.
Seperti apa sih mini rex?
Seperti saya tulis di atas, mini rex adalah kelinci dengan bulu yang tumbuh terbalik sehingga halus seperti karpet. Morfologi mini rex sekilas memang mirip kelinci biasa tapi tubuh mini rex membulat dan kepalanya tidak monyong, serta kumis yang kusut seperti kawat.  Lalu di lehernya ada tembolok, atau bulatan seperti perut kecil.
Cara Peloihara Kelinci Mini Rex

Perut mini rex jauh lebih besar dari pada kelinci umumnya, jadi jangan heran kalau kelihatan gendut banget. Karena hal ini pula mini rex makannya banyak banget bahkan bobotnya bisa sampai 2kg lebih.  Sampai kaget dengan kerakusan mini rex, nggak ada yang bilang jenis ini makannya kaya babik. Ukurannya nggak lebih gede dari pada fuzzy, lop jadi termasuk kelinci compact, sesuai dengan namanya mini rex.

Hati-hati ketika membeli
Seperti biasa saya menyarankan untuk membeli mini rex di rabbitry terkemuka, tapi jangan takut sebab mini rex tergolong banyak dipasaran. Ketika membeli pastikan bulunya halus banget dan lihat kumis kusut seperti kawat atau tidak. Maklum tahu sendirikan tukang jual kelinci di sini, takutnya ras campuran apa lagi bentuknya mirip dengan kelinci bligon. Satu hal lagi yang sering kejadian adalah, banyak penjual yang salah kaprah. Rex standar dijual dengan bilang ini mini rex, yang ada bengong ketika lewat 5 bulan ukurannya jumbo kaga mini. Untuk kasus ini memang sulit, nggak ada cara untuk mengatasinya, kecuali dengan membeli yang sudah berumur 5 bulan ke atas. 

Karakteristik Mini Rex
Mini rex adalah kelinci yang independent, bergerak sesuka hati dan lumayan susah bonding dengan owner. Karena punya gen dwarf aka mini jangan heran kalau mini rex termasuk kelinci hiper aktif, jadi suka banget lari dan loncat sana sini, jadi nggak cocok untuk ditaruh dalam kandang. Dan kalau indoor bunny, hati-hati sebab mini rex bakalan loncat ke atas meja atau kasur. Tapi mini rex tergolong kelinci cerdas dan cepat belajar, terbukti dari si Bimbim yang bisa buka tutup kandang sendiri, padahal pintu kandangnya slide ke atas. Karena dikembangbiakan dari rex standar yang ratusan tahun sudah jadi kelinci ternak, makanya mini rex akrab banget sama manusia. Nggak perlu takut sama mini rex sebab jenis ini nggak suka gigit! Mau  diciumin sampai dipeluk-peluk juga nggak bakal gigit kaya kelinci lain. 

Cara Pelihara Mini Rex

Nggak terlalu sulit untuk pelihara mini rex.

1. Kalau pengen bulunya tebal dan halus, mau nggak mau harus dipelihara di tempat bersuhu rendah.

2. Nggak bisa ditaruh di kandang kecil, karena tergolong hiper aktif.

3. Sediakan pakan yang banyak sebab napsu makannya tergolong besar seperti babik, bikin kantong bolong. Dan jangan kaget kalau pup mini rex jauh lebih besar dari pada kotoran kelinci jenis lain.

4. Untuk bulu cukup disikat sebulan sekali saja karena nggak gampang rontok bahkan waktu molting pun bulu mini rex nggak rontok banyak. Tapi bulunya yang halus seperti karpet ini gampang banget kotor dan susah buat dibersihkan. Bahkan bulu mini rex bisa kotor banget cuma gegara kena debu lantai.

Rawan Hock Sores
Salah satu kelemahan jenis ini adalah rawan sores hocks! Mini rex punya bulu di telapak kaki jauh lebih sedikit dari pada jenis lain. Akibatnya si Bimbim cuma dalam waktu 8 bulan kena hock sores, sempet kaget karena nggak tinggal di dalam kandang beralas jeruji besi. Setelah riset ternyata mini rex memang rawan sekali  hocks sores atau menipisnya bulu di telapak kaki dan akibatnya kaki gundul dan bengkak. Hal ini bisa berakibat kematian dalam sekejap, alas paling baik untuk mini rex adalah rumput atau tanah. Tapi kalau pelihara indoor seperti saya bingung juga, akhirnya  beli keset dari plastik yang empuk.

Cara Pelihara Kelinci Mini Rex
Perhatikan pup mini rex yang besar-besar.
Harga Mini Rex
Mini rex saya dibeli cuma seharga 150-200 ribu saja, untuk pure breed pet quality diumur 3 bulan. bisa lebih murah kalau nggak pake delivery. Mini rex tergolong banyak sebab berasal dari kelinci ternak. Tapi harga bisa melonjak tajam kalau mini rex punya corak unik dan warna langka seperti blue, chincilia atau lynx.

Jadi kalau kamu first time owner atau mau kelinci hias yang bandel dan nggak repot dalam perawatan sepertinya mini rex bisa jadi pilihan. Tentunya harus perhatikan kaki mini rex karena rawan  hock sores, selalu sediakan alas empuk atau kandang beralas tanah.



Baca Juga : Review Merk Pelet Kelinci
Baca Juga : Cara Mengatasi Molting Atau Bulu Rontok

6 comments:

  1. kelinci nya lucu bgt mas jadi mau beli mini rex tapi takut mati lg karena dirumah ga ada halamannya:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga nggak pelihara di halaman kok, saya pelihara di dalam rumah kaya kucing, indoor bunny. Nggak pernah dikeluarin loh.

      Delete
  2. Beli minirex nya di breeder mana mas? Posisi saya di jaksel. Mohon infonya dong. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. gabung aja di group facebook komunitas peternak kelinci, ada banyak breeder yang postin, tinggal dilihat daerah sama harga aja. Kalau ketemu yang dimau kontak aja.

      Delete
  3. saya beli di pameran kok bisa 400 rb ya???
    padahal coraknya coklat & putih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kalau kualitas bagus memang mahal, misalkan keturunan juara atau export, kalau saya murah karena warna nggak simetris, atau pet quality dan indukan berasal dari pet quality untuk ternak.

      Kalau di pameran sih biasanya import, atau brood quality. Namanya juga pameran, pasti yang didisplay barang paling bagus.

      Delete