Kenapa Kelinci Jadi Galak Atau Agresif Terhadap Kelinci Lain?

Sudah setahun lebih saya punya fuzzy lop jantan dan netherland dwarf betina. Selama ini nggak ada masalah berarti sampai kemarin pas bawa balik kelinci fuzzy lop dari barito yang cuma bertahan 5 jam di rumah. Tiba-tiba saja si Momo netherland betina menggila dan menyerang kelinci baru ini. Nah, ternyata selama ini ada yang gua salah dalam menyingkapi kelinci karena umumnya orang mikir kelinci sama seperti kucing atau anjing.
  

Kenapa jadi galak

Perlu diketahui kelinci yang tiba-tiba jadi galak dan agresif serta menyerang orang maupun kelinci lain 99% adalah betina. Hal ini karena beberapa sebab yang orang banyak nggak tahu.

1. Marking
Kelinci betina adalah hewan teritorial, mereka akan marking atau menandai wilayahnya dalam kasus ini kandang atau rumah jadi kalau ada pendatang baru akan langsung di bantai. Karena pendatang dianggap akan mengambil wilayah kekuasaan si betina. Kelinci di alam liar biasanya dipimpin oleh satu betina paling besar dan paling berkuasa.
2. Hamil
Kelinci betina yang hamil akan mengalami masalah hormonal atau semacam PMS, mereka cenderung akan jadi galak terutama kalau ada yang masuk ke kandang atau tempat yang sudah dia pilih jadi sarang.

Lucu, tapi kalau nggak tahu gimana ngurusnya bisa jadi galak

Solusi

1. Steril : Cara  mengatasi kelinci yang tiba-tiba jadi galak sebenarnya cuma satu, yakni harus disterilkan ke dokter hewan. Setelah diseterilkan hormonnya menurun stabil, kelinci nggak bakal marking wilayah dan bisa menerima kelinci lain dengan aman.
2. Bonding: bonding adalah memperkenalkan kelinci satu sama lain hingga mereka bisa temenan. Biasanya caranya adalah dengan di bawa ke tempat baru di mana si kelinci lama belum menandai. Biasanya di luar rumah atau di ruangan yang baru. Tapi cara yang biasa gua pake adalah dengan kapas yang sudah di campur kencing kelinci lama lalu diusap ke kelinci baru, sekalipun nggak ada jaminan 100% sukses tapi biasanya manjur.
3. Pelihara dari kecil: Waktu pelihara sebaiknya sudah dipikirkan masak-masak mau dikasih teman apa nggak? Karena kelinci yang yang tumbuh bersama akan bonding seumur hidup.
4. Pilih jantan: Ini dia cara terakhir kalau nggak mau berhadapan dengan kelinci yang tiba-tiba jadi agresif ketika bawa kelinci baru. Adalah dengan pelihara hanya jenis jantan saja karena jantan cenderung lebih menerima jauh lebih tidak agresif dari pada betina.

Related Post

14 comments:

  1. Klo udh berteman di kandang yg baru terus dipindahin ketempat yg lama gimana? Trmakasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya gimana ini? Kalau nggak berantem tapi temanan buat apa dipisah?

      Delete
    2. Yaaa kalo ga ada masalah udah berteman mau dipindah ke kandang yg mana mana juga ga akan masalah.

      Delete
  2. Klo udh berteman trs dipindahin lagi ke kandang yang lama gimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah bonding (temanan), terus dipindahin ke kandang yang lama, harusnya sih nggak jadi masalah. Bakalan bonding terus dimana pun.

      Delete
  3. Mas. Itu yg difoto jenis netherland yh??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jenis ND emang terkenal agresif berdasarkan teritorial

      Delete
  4. Jantan ketemu jantan memang suka berantem ya? Gimana cara mengatasi bya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya sih nggak, kecuali betina. Ada banyak sebab, misal mereka nggak bonding dari kecil atau lagi masuk musim birahi. Cara paling ampuh sih, steril biar hormonnya nggak bergejolak.

      Delete
  5. Kalo kelinci pedaging bagaimana?,,apa sama akan agresif

    ReplyDelete
  6. Kelinci saya jantan HL umur 5 bulanan, skrg saya rencana mau beli temennya soalnya kasian sendiri..

    Kira2 yg dibeli apakah aman kalau belinya Betina umur 3 bulan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah sih, cuma beda dua bulan aja. Yakin gak, siap buat pelihara banyak kelinci? Umur 6 bulan jantan sudah birahi dan betina 5 bulan sudah bisa mengandung. Sebenarnya gak ada masalah sih, kelinci dipelihara sendiri, malah jadi cepet bonding sama owner.

      Delete

Follow by Email Untuk Ebook Novel Gratis

download untuk Gramedia digital best romance novel

Facebook Me

Join 1000+ subscribers

Blog Archive

VIVA ID

Tentang Energi Negatif di Rumah

Dari mana Energi Negatif di Rumah Kamu Berasal?

  Disclaimer Kali ini saya mau bikin rangkaian artikel tentang energi negatif di rumah sebab, punya pengalaman tentang hal ini dan ini ada...

Popular Artikel

Total Pageviews

Powered by Blogger.

.

.

Search This Blog