Cara Merawat Kelinci Berbulu Panjang

Punya kelinci jenis english anggora, fuzzy lop, lion head maupun jersey wolly? Jangan cuma mau lucunya saja tapi juga tahu perawatannya. Kebanyakan orang memperlakukan kelinci jenis ini sama seperti kelinci berbulu pendek, padahal butuh perawatan yang berbeda. Jenis kelinci berbulu panjang membutuhkan perawatan ekstrak dibanding kelinci berbulu pendek, jadi apa saja yang kudu dilakukan supaya kelinci berbulu panjang nggak cuma sehat namun juga tampil cantik.

Lihat nih, bulu mati aka kusut dari bagian bawah ekor si Kimchi. Ini belum seberapa dibanding english anggora, bisa berjam-jam grooming and cukur anggora yang segitu lebatnya.
Alat cukur dan sikat bulu ini nggak bakalan mempan buat english anggora. Harus pakai sikat dan alat cukur yang lebih besar, jadi kalau punya english anggora harus punya sikat dan alat cukur, sudah punyakah?
1. Tidak bisa di lingkungan panas
Kelinci berbulu panjang terlebih english anggora nggak bisa ditaruh ditempat yang panas, karena bulu tebal mereka bisa membuat terkena heat stroke. Para hobiis di luar negeri umumnya mencukur english anggora ketika musim panas. Lingkungan yang panas juga menghambat pertumbuhan bulu, seperti fuzzy lop gue. Kondisi Jakarta yang panas bikin pure breed fuzzy lop gue nggak bisa punya bulu panjang. Jadinya selalu moulting dan mau nggak mau harus pasang AC.

2. Wajib Grooming.
Kelinci berbulu panjang wajib grooming atau disisir/ disikat seminggu sekali. Hal ini untuk menghindari mate atau bulu mati aka bulu kusut. Biasa bulu di bagian bawah dekat anus yang sering banget kusut dan jadi mated fur. Hal ini karena sering kena pipis dan pup.

3.Cukur
Semua kelinci  kelinci berbulu panjang wajib untuk dicukur setahun sekali, bukan apa-apa karena selain untuk mendinginkan tubuh si kelinci. Dengan mencukur bulu kelinci justru akan mempersilahkan bulu-bulu baru yang jauh lebih halus untuk tumbuh.

4. Moulting
Moulting atau musim merontokan bulu terjadi pada semua jenis kelinci, biasanya tiga bulan sekali tapi bervariasi tergantung kondisi dan jenis si kelinci. Proses moulting ini bisa jadi bencana pada kelinci berbulu panjang karena bulu-bulu yang rontok tak terhingga, mengakibatkan alergi dan bersin-bersin. Jangan meremehkan moulting kelinci berbulu panjang, banyak kejadian di kaskus, kelinci anggora dihibahkan gegara orang rumah ada yang nggak tahan ketika musim moulting.

Cara paling efektif menghadapi moulting adalah dengan grooming dan menyingkirkan semua bulu yang rontok. Selain itu si kelinci diberi vitamin agar masa moultingnya cepat berlalu.

5. Kasih hay atau serat lebih banyak
Kelinci berbulu panjang punya dua kali resiko terkena fur ball atau gumpalan bulu yang masuk ke usus. Satu-satunya cara menghindari fur ball adalah dengan memberi kelinci berbulu panjang, banyak hay ataupun makanan serat lainnya.

6. Mandikan kelinci
Ingat jangan pernah memandikan kelinci karena kelinci bisa shock dan mampus dalam sekejap. Kalau mau membersihkan bulu yang terlanjur kotor, cukup dimandikan pada bagian yang kotor saja jangan seluruh badan. Bisa pakai shampoo kucing jangan shampoo anjing.

Ini adalah wally the bunny, kelinci english anggora paling terkenal seinstagram. Pemiliknya sengaja mencukur Wally, agar tidak terkena heat stroke ketika musim panas, juga membuat ownernya tidak perlu repot mengurus bulu panjang Wally.

Nah, udah jelaskan kalau kelinci berbulu panjang membutuhkan dua kali maintenance. Jadi pikir-pikir dah sebelum ambil english anggora, fuzzy lop, lion head dan jersey woolly.  Ya, kecuali tipikal orang sini yang cuma pelihara aja, cuma dikandangin, cuma dikasih makan tahu-tahu mokat terus beli lagi dah.

Baca Juga : Review Merk Pelet Kelinci

5 comments:

  1. Kalau pake shampo bayi boleh gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelinci nggak boleh dimandiin gan, sebab bisa shock dan kena hipotermia. Paling boleh bersihin bagian kotornya saja bukan mandi seluruh tubuh.

      Bulu kelinci yang kotor paling bagus dicukur bukan dicuci atau dimandikan pakai shampoo kucing, anjing maupun bayi. Sebab bulu kelinci akan moulting atau rontok sendiri perberapa bulan dan digantikan bulu baru.

      Delete
  2. halo sorry mau nanya beli cukurannya dimana ya? biasanya ea ku di gunting aja soalnya takut kena kulitnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli online soalnya lebih murah dari pada beli dipetshop, kalau buat english anggora mending pake cukuran manusia, soalnya bulu english anggora lebih panjang dan tebal.

      Beli online aja cukuran rambut, murah kok dari 70 rebu ampe 200 rebu juga ada, coba lazada atau tokopedia.

      Delete