Cara Mengatasi Sore Hocks (luka di telapak kaki) Pada Kelinci

Udah dua bulan ini pusing pala berbie, gegara si Kimchi dan si Bimbim tak terduga kena sore hocks! Dari mana penyakit ini datang? Padahal kelinci gue adalah indoor bunny aka nggak dikandangin sementara sore hocks setahu gue cuma terjadi sama kelinci yang dikandangin dengan alas jeruji kawat atau besi.
Buat yang nggak tahu apa itu sore hock, intinya gampang aja, yakni penipisan bulu di telapak kaki kelinci sampai kulitnya kelihatan. Nah, si Bimbim mini rex nggak terlalu parah karena sore hocksnya cuma sebatas hilang bulu sementara si Kimchi fuzzy lop lumayan parah! Karena kulit yang hilang bulunya sudah sampai berkerak putih.

Penyebab:
Usut punya usut ternyata mini rex memang rawan kena sore hock karena bulu kakinnya lebih tipis dari jenis lain sementara fuzzy lop ini yang bikin bingung. Setelah gue telusuri kelinci memang nggak terbiasa jalan di tempat yang keras, semisal lantai kayu, marmer, triplek. Kaki kelinci dirancang untuk diatas rumput atau tanah. Bisa juga karena kedua kelinci gue obesitas atau kaki si Kimchi ini sering banget kena air kencing. Fuzzy lop biasanya yang kalau pipis belepotan banget karena bulunya yang panjang. 

Kalau menurut gue sih kenapa dua kelinci gue yang bebas kandang ini bisa kena sore hock karena terlalu lama diatas lantai marmer dan jarang banget ngijek tanah atau alas yang lembut. 

Cara Mengatasi:
1. Kalau sudah parah sampai bulu yang hilang sudah terlalu banyak atau sampai kulitnya berkerak putih/hitam, lebih baik  segera ke dokter hewan.
2. Pindahkan kelinci ke kandang yang sudah dikasih alas lembut seperti karpet tebal yang dilapisi kain.
3. Kalau masih tahap awal sore hocks bisa menggunakan betadine, teteskan  di luka sore hocks, dua kali sehari, pagi dan malam. Terus ulangi sampai sembuh. Lebih bagus kalau sudah ditetesi betadine balut dengan polipcrepe, itu loh yang biasa buat tutupin orang patah tulang, yang warnanya cokelat.

Ini sebenarnya adalah keset pintu yang gue beli di carrefour, tebal dan empuk plus tekstur atasnya mirip rumput. Biasanya atasnya dilapisi lagi handuk biar gampang bersihinnya.
Setelah ditetesi betadine kaki Bimbim si mini si rex cukup dua minggu sudah mulai kembali sembuh dan tertutup bulu sementara Kimchi si fuzzy lop butuh sebulan lebih karena jauh lebih parah. Berkat kejadian ini gue masukin kedua kelinci ke dalam play pen yang sudah dikasih alas karpet tebal, jadi kaki mereka nggak langsung nyentuh ubin marmer.   


Sialnya, kelinci gue lebih suka di ubin karena dingin.

Jadi terlalu lama di lantai atau ubin marmer juga nggak baik, justru yang bagus untuk kaki kelinci adalah tanah langsung, kalaupun mau pelihara indoor macam gue, mau nggak mau sediakan karpet yang tebal dan empuk, biar nanti nggak kena sore hocks

4 comments:

  1. Makasi Bang Wal, saya banyak belajar dari blog ini.

    Maklum baru pengalaman dgn blugon hari ke empat.

    ReplyDelete
  2. Lengkap banget blognya keren. Oiya saya mau nanya, itu kelincinya sepasang cewek sama cowok atau gimana? Apa mrk disteril? Kalo iya, berapa biayanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jantan sama jantan. Sengaja biar nggak usah disterilin, dan mereka nggak disterilkan. Kalau steril biasanya di dokter rotoro yang bagus, dan biaya sekitar 800-900 ribu perekor.

      Delete