Cara Ampuh Membasmi Kutu (Fur Mites) Pada Kelinci

Beberapa hari lalu dikejutkan dengan penampakan kutu di sekitar wajah kelinci holland lop saya, padahal si Sammy tinggal di dalam rumah dan saya nggak pernah lihat kutu kelinci seperti itu, berdasarkan pengalaman hanya tungau, yang biasanya terlihat di sekitaran tengkuk kelinci dan menimbulkan ketombe, tapi ini kutu yang berbentuk seperti kutu manusia. Parahnya si Bimbim kelinci mini rex pun mengalami hal yang sama, pada bagian wajahnya saya perhatikan ada kutu mondar-mandir. Waduh! Dari mana ini? Nggak pakai mikir lama,  langsung melakukan pengobatan pada dua kelinci saya.

penyakit kutu kelinci
Kutu-kutu seperti ini yang saya lihat hilir-mudik di kelinci.

1. Mencukur
Tadinya saya mau cabuti kutu-kutu tersebut tapi berhubung bulu kelinci holland lop lebat, dan kutu-kutu tersebut gesit, sering kali langsung menghilang ke dalam belantara bulu, untuk mencegah agar kutu-kutu ini nggak menjalar ke area lain di tubuh kelinci terutama holland lop, saya pun dengan terpaksa mencukur habis bulu kelinci.

mencukur bulu kelinci
Dengan mata terpaksa si Sammy harus digunduli.

2. Bedak Kutu
Selesai mencukur buku kelinci, cepat-cepat saya taburkan bedak anti kutu. Bedak anti kutu ini bisa didapatkan di petshop, cari saja yang ada keterangan untuk kelinci dan harganya cukup murah hanya Rp30,000 saja. Taburkan secara merata dan diamkan selama dua jam lalu sikat sampai bersih kelinci. Setelah saya perhatikan tidak ada lagi kutu, entah sudah mati dan jatuh atau pergi, namun saya perhatikan di kulit kepala kelinci holland lop, terdapat pulau-pulau ketombe yang lalu saya bersihkan perlahan. Biasanya pulau-pulau ketombe ini pertanda awal penyakit kudis atau scabies.

3. Dimandikan
Nggak puas dengan sekadar mencukur dan pakai bedak kutu, dua minggu setelahnya saya langsung mandikan kedua kelinci saya dengan obat kutu merk well. Obat kutu ini memang sulit ditemukan, beruntung nggak sengaja nemu waktu online di tokopedia dan obat kutu well dibuat oleh seorang dokter hewan dari jawa tengah. Berhubung harganya murah hanya Rp10 rebu persachet (satu kali pemakaian) saya pun langsung membelinya.

obat kutu kelinci
Setelah dua minggu, kedua kelinci saya dimandikan dengan obat kutu well, biar semua bibit dan telur kutu mati.
Pemakaian obat kutu well ini cukup mudah, yakni mencampurnya dengan 5 liter air lalu mandikan kelinci dan diamkan beberapa saat, sisa airnya bisa dipakai untuk membilas kandang atau tempat lain yang diduga menjadi sarang kutu.

Setelah seminggu saya kontrol dan grooming, penampakan kutu-kutu sudah tidak ada lagi. Kedua kelinci saya pun resmi terbebas dari kutu atau fur mites tapi yang masih menjadi misteri ada dari mana kutu-kutu ini? Dugaan saya kutu ini berasal dari kelinci holland lop yang belum setahun saya adopsi, sepertinya dari breeder sudah terinfeksi oleh kutu atau fur mites. Setelah beberapa bulan di rumah saya, telur-telur kutu ini pun menetas. Beruntung kutu ini terliat dan belum parah menjadi kudis atau scabies, sebab kalau sudah terlihat parah nggak bisa lagi dengan hanya sekadar dibedaki dan dimandikan dengan obat kutu.                                                                                                                                                                                        
Baca Juga : Awas Ketombe Dibulu Kelinci Adalah Tungau 
Baca Juga : Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Kelinci

No comments:

Post a Comment