Awas Ketombe Dibulu Kelinci Adalah Tungau!


Sekitaran beberapa bulan lalu, sempet bengong dengan bulu tenguk si Kimchi yang botak. Setelah diperhatikan dengan seksama ternyata ada semacam serbuk putih atau ketombe, nggak ada gejala lain hanya kebotakan pada wilayah leher atas saja. kalau napsu makan masih banyak dan tetap aktif. Akhirnya setelah rajin googling sana-sini, saya yakin kalau hilangnya bulu di kelinci fuzzy lop ini adalah karena cheyletiella atau infeksi tungau.

Sempat mau ke dokter karena takut menular tapi saya coba dulu untuk berobat sendiri, dari berbagai blog kelinci banyak menyarankan untuk dikasih kepromec. Kebetulan saya selalu sedia kepromec sebagai pertolongan pertama, ada dua cara yang disarankan yakni oral dan oles. Tapi kasih kepromec ke kelinci susah banget karena rasanya nggak enak, jadi olesin kepromec langsung di bagian yang botak dan banyak ketombenya. Sempet ragu tapi setelah dua minggu, bisa lihat perubahan dibagian yang botak. Bulu-bulu halus mulai tumbuh sampai akhirnya ketutup botaknya. 

Ciri-ciri infeksi tungau cheyletiella.

1.Coba perhatikan pada bagian botaknya, kalau botaknya sampai kelihatan kulit.
2.Pada area kebotakan banyak banget serbuk putih atau ketombe, biasanya nempel dipinggiran area kulit yang pitak.
3.Kebotakan ada di area yang sulit dijangkau oleh si kelinci, misal punggung atau leher bagian atas.

Cara mengobati:


1.Pakai kepromec bisa dengan diminumkan atau diolesi langsung ke bagian yang botak. Tapi ada jeda selama 11-20 hari setelah pemberian kepromec, biasanya kalau pada pemberian kepromec pertama sudah bagus, kita bisa lihat bulu-bulu halus kembali tumbuh. Namun kalau masih botak maka harus diulangi lagi pemberian kepromec ini.

2. Pakai wormectin suntik, cara ini paling ampuh tapi lumayan sulit kalau nggak jago buat suntikin ke kelinci. Biasanya kelinci bakal berontak begitu kena ujung suntikan, jadi harus ada yang pegangin. Pemberian suntik wormectin biasanya sudah ada takaran berdasaran berat badan si kelinci.

3. Kepromec oral, kepromec oral ini tidak diminumkan langsung melainkan dicampur makanan atau minuman. Biasanya lama banget sembuh dengan cara ini sebab kelinci nggak langsung habiskan makanan dan minuman, belum lagi kalau ada makanan dengan bau kepromec, biasanya si kelinci ogah.

Jadi pakai apa?
Pertama-tama sih pakai kepromec dengan cara diolesin ke bagian yang botak dan berketombe serta diulangi setelah 12 hari, namun cara ini kurang efektif jadinya terpaksa beli wormectin dengan disuntikan langsung ke bagian botak dan berketombe, setelah dua minggu mulai kelihatan hasilnya. Bagian yang botak di atas leher mulai ditumbuhi bulu lagi. Selain wormectin kelinci gue juga diberi kepromec lewat air minum, jadi biar efeknya kenceng. Air minum dicampur kepromec beberapa tetes saja dan horray sekarang botaknya sudah mulai tertutup.

Cara mencegah:

Lingkungan si kelinci harus bersih, dan kalau sedang sakit jangan disatukan dengan kelinci lain karena bisa menular. Sampai sekarang gue juga bingung si Kimchi dapet tungau dari mana? 

Baca Juga : Cara Ampuh Membasmi Kutu Pada Kelinci

2 comments:

  1. om wali, kelinci saya juga berketombean tapi bulunya masih lebat, paling banyak ketombenya di bagian tengkuk, jadi itu adalah penyakit ya,
    untuk penghilang bau kelinci pakai obat apaa ya,
    mohon infonya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling ampuh pake wormecin, tapi nyuntiknya emang rada susah sih, kudu ada yang megang kelincinya. Dan suntiknya nggak boleh sampai ke daging tapi cuma di kulit aja, cara cubit kulitnya terus suntik dah.

      Delete