Google+ Badge

Cara Jitu Promosi Video Youtube

Sudah kerja keras bikin konten bermutu tapi yang lihat baru sedikit? Pastinya sedih biasanya konten bermutu dengan sendirrinya akan mampu menarik banyak viewers walaupun lamban namun pasti. Lalu gimana cara mempromosikan video dan channel youtube kamu biar banyak dilihat dan dikenal orang?

1. Buat Thumbnail Menarik

Nah, ini langkah dasar biar orang mau mampir lihat video kamu, harus bikin thumbnail video yang menarik, colourfull dengan judul yang besar dan mudah dibaca. Sebab viewers yang search dan lihat di kolom related video kiri, nggak bakal baca judul video tapi lihat langsung gambar video.

2. Promotion Ending 


Maksudnya adalah kalian harus membuat promosi di setiap ending video, seperti para youtubers luar. Setelah video buatlah promosi ucapan terima kasih, lalu ingatkan viewers untuk subcribe dan taruh cuplikan dan link video kamu yang lain. Cara ini ampuh bikin viewers nggak lari ke video orang lain.

3. Social Media 5 Detik

Cara ini banyak dipakai sama banyak perusahaan media, intinya kalian harus membuat teaser selama 5 detik untuk disebar di semua jejaring sosial seperti facebook, twitter, instagram, vine, path etc. Ok, pasti pada mikir kenapa nggak share link saja? Untuk promo share link kurang ampuh, sebab perpindahan dari satu sosial media ke youtube nggak selalu mulus, ingat kualitas jaringan di Indonesia. Serta nggak semua sosial media bisa dipake link ke youtube sepeti instagram dan vine, pun teaser 5 detik bisa dengan mudah di download dan menyebar antar gadget dengan cepat, ini bisa membuat viral dan bikin orang kepo ke full version di youtube. 

Ingat waktu bikin teaser 5 detik jangan lupa yang diutaman adalah kejelasan judul dan channel youtube, biar orang bisa langsung inget dan dengan mudah cari video kamu di youtube.

4. Fitur Pencari Pengemar

Nah, satu lagi yang bisa menarik viewers adalah dengan mengaktifkan fitur pencari pengemar di dasboard youtube kamu, tapi ingat ini cuma bisa dilakukan kalau sudah jadi mitra youtube. Caranya :

Buka dasboard, klik setelan saluran, terus pilih pencarian pengemar

Kemudian klik filter untuk mencari video dengan viewers terbanyak atau video dengan durasi terpendek, lebih bagus lagi kalau teaser 5 detik yang dipilih untuk ini, terakhir klik simpan
Sebab youtube akan mempromosikan video yang kamu pilih secara cuma-cuma aka gratis berdasarkan data viewers kamu.

Kalau kalian mempraktekan semua ini gue yakin, tinggal tunggu saja sampai viewers bejibun lihat video kalian. Tapi ingat yang membuat video dan channel kalian terkenal dan disukai lalu ditonton jutaan viewers tetap saja ada pada kualitas konten.


Baca Ini Sebelum Jadi Youtubers

Gue berasumsi kalian sudah membaca post sebelumnya tentang membuat konsep video youtube dan cara membuat video youtube yang benar. Lalu setelah membuat video-video yang tentunya berkualitas, apa yang harus dilakukan agar kalian bisa dapat duit dari channel youtube kalian?



1. Promosi Konten

Mempromosi konten di youtube bukan perkara mudah, karena harus saingan dengan berjuta-juta video lainnya. Promosi ini perlu dilakukan agar bisa menarik orang untuk melihat video kalian, ada berbagai cara mempromosikan video dan channel kalian, nanti ada post tersendiri. 

2. Gimana Agar Dapat Uang Dari Video


Setelah mempromosikan video dan channel kalian, tinggal duduk manis saja. Sebab Youtube secara otomatis akan mengirimkan undangan untuk menampilkan iklan pada video yang mempunyai viewers banyak. Rata-rata undangan youtube akan datang setelah video kalian berhasil menembus 1000 viewers.

Atau kalian bisa langsung mengklik monitize di dasboard youtube kalian, walaupun klik iklan biasanya baru ada ketika sudah mencapai 1000 viewers ke atas.

3. Dapat Berapa?




Dapat berapanya tergantung dari jumlah orang yang klik iklan, tapi uniknya di youtube sekalipun yang klik iklan di video kalian banyak, kalau jumlah thumbs downnya banyak juga, maka otomatis akan mengurangi nilai pendapatan. Jadi percuma kalau punya satu juta viewers namun yang thumbsdown satu juta, lebih baik video dengan beberapa ribu viewers tapi dapat thumbs up banyak.

Makanya bikinlah video yang disukai sama banyak orang.

4. Kunci Sukses.

Kunci sukses dapat duit dari youtube sebenarnya bergantung pada kreatifitas kalian sendiri, makin kreatif menghasilkan video-video bermutu maka makin banyak juga viewers dan subscribe pada channel kalian, yang tentunya akan berbanding sama dengan penghasilan kalian.

Tips Membuat Video Youtube Berkualitas.

Mau tahu tips  membuat video youtube yang baik dan benar? Ada beberapa langkah yang perlu kalian ikuti agar video youtube kalian bisa dengan mudah diterima oleh viewers, apalagi penonton dari Indonesia mempunyai karakteristik tersendiri yang berbeda dengan penonton youtube dari luar.



1. Pakai Kamera HD

Jangan pakai kamera asal apalagi kamera handphone, karena kualitas gambar amat menentukan apakah viewer mau terus menonton atau tidak, Kalau awalnya saja sudah gelap dan buram, bisa dipastikan penonton bakal lari dari video kamu. 

Jangan takut kalau nanti video kalian akan besar dan berat karena HD, sebab youtube secara otomatis akan menyesuaikan kualitas video dengan kekuatan jaringan.

2. 30 detik pertama menentukan.

Waktu membuat video pastikan penonton tahu apa yang akan kamu kasih dalam 30 detik pertama, makanya pemilihan judul dan thumbnail pada video sangat menentukan. Thumbnail yang menarik dan jelas bisa membuat orang mengklik video dan penempatan isi video kamu di 30 detik pertama bisa menentukan viewer untuk terus lihat atau skip.

3. Durasi pendek

Diusahakan untuk membuat video dengan durasi pendek, karena tahu sendiri kualitas jaringan di Indonesia dan mayoritas viewers Indonesia pelit dan miskin kuota. Sekalipun tidak ada batasan namun kalau ingin menggaet viewers yang banyak, durasi pendek amat berpengaruh. Ditakutkan jika video berdurasi panjang, begitu viewers buka bakal buffering dan berujung dengan kekesalan dan pindah video.

4. Kuantitas konten

Jangan cuma mengupload satu video lalu sebulan kemudian buat video kedua, itu salah berat! Kalau ingin banyak yang subscribe ke channel kalian, usahakan punya banyak konten. Minimal waktu membuat channel youtube harus ada 5-10 video sebab viewer setelah melihat satu video akan scroll untuk melihat video lainnya.  Dengan banyak konten maka viewer akan yakin untuk subscribe.

5. Kuasai software editing

Agar kualitas video semakin ciamik kalian harus menguasai salah satu software video, minimal avid video maker. Sebab kalau cuma potong-potongs aja video kalian bakal terlihat murahan dan berimbas kasarnya perpindahan scene.

6. membuat nama channel yang catchy

Kedengaran simple sih, tapi nama channel youtube kalian sama saja dengan brand kalian. Dan harus dibuat simpel, mudah dingat dan catchy jadi nanti viewers ingat dengan nama channel bukan judul video kalian, kalau begitu artinya branding berhasil. 

7. Kapan waktu upload yang tepat

Nah, ini merupakan salah satu kendala karena kalau ingin upload video dengan cepat apalagi uploadnya banyak, mau nggak mau harus tengah malam. Tapi viewers mana ada yang nonton jam segitu, waktu upload paling baik untuk menggaet viewers adalah siang sampai sore hari, tapi jam segitu traffic banget apalagi kalau kalian pakai bandwith pas-pasan. 

Jadi ini terserah kalian, mau cepat upload atau mau cepat dapet viewers.

Konsep Video Youtube Yang Benar, Biar Cepat Tenar.

Gue nggak bakal kasih tahu gimana cara menghasilkan uang dari youtube, sebab udah bejibun blog lain yang membahas itu. Sebagai content specialist gue bakalan memberi tips bagaimana membuat content yang baik dan benar untuk youtube, hingga channel kalian bisa di subscribe banyak orang dan tentunya video akan laris manis dan otomatis uang dan ketenaran akan datang dengan sendirinya. kelebihan membuat content sendiri adalah kalian bisa membranding diri kalian sendiri, hingga nantinya bisa ekspansi menjadi lebih besar dari pada sekadar nongol di youtube.

Pilih Konsep

Langkah pertama sebelum kalian membuat content untuk channel kalian di youtube, adalah membuat konsep. Kalian mau bikin apa? Pakai nama? Siapa yang bakal dibidik jadi penonton? Gue kasih contoh kasus sebagai berikut: 

1. Konsep Modal Tampang.

Jack and Finn Haries adalah contoh channel youtube paling sukses dengan konsep modal tampang. Konsep ini intinya memang menjual daya tarik ganteng dengan berbagai gimmick, seperti curhat gimana rasanya putus, ceritain kencan pertama, atau gila-gilan gajebo intinya cuma ceritain pengalaman sehari-hari. Dengan target market perempuan, konsep modal tampang memang nggak butuh modal banyak tapi nggak semua orang punya tampang yang bisa dijual.

Berikut konsep modal tampang lain dengan content seadanya, suka-suka hati dan banyak nggak pentingnya.
 Cameron Dallas

Tanpa konsep yang belibet dan bikin pusing cukup mengangkat tema sehari-hari Cameron Dallas sukses menjelma menjadi jutawan dan internet superstar diusia 18 tahun. Pintarnya Cameron nggak cuma memanfaatkan youtube tapi dia, mengakomodir mulai dari instagram sampai twitter membuat fansnya menjadi jutaan.  

Aaron Ashab

Sekalipun cowok ini nyanyi dan bikin sketch tapi tetap gue masukin ke dalam kategori modal tampang. Karena lagu-lagunya pun full autotune not real voice dan terakhir gue lihat dia di youtube party, omg! i don't event know how to describe it. Content yang dibuat Aaron nggak tentu kadang nyanyi serius kadang lagu plesetan, sketch/parodi. Any way i heard this rumour about how much this kid make money, you be suprise. 

2. Konsep Cover Song


Konsep cover song sepertinya sudah jelas dan bejibun banget channel yang ok, salah satu contohnya adalah Audrey dan Gamaliel yang sempat booming beberapa tahun lalu sampai dapat tawaran rekaman. Modal untuk membuat konsep ini jelas adalah suara yang bening tapi harus diingat, karena bejibun persaingan channel konsep cover song amatlah ketat, jadi jangan cuma cover saja tapi kalian juga harus mengarasemen ulang, buat dengan gaya yang berbeda.

3. Konsep Komedi/Sketch/Parodi

Untuk konsep ini sudah jelas, karena kalian harus membuat sesuatu yang lucu dan bikin ketawa orang. Salah satu contoh paling baik dari konsep sketch/parodi adalah Chandraliow dan production housenya yang bernama Last Day Production. Mereka kerap membuat parodi berbagai hal yang dekat dengan masyarakat, ingat kalau mau buat sketch/parodi harus hal yang dekat dengan orang banyak! Misal tipe-tipe orang putus, apa yang dilakukan orang-orang ketika bertemu setan dan etc.

Market untuk konsep ini, gue bilang sih masih terbuka lebar sekalipun banyak banget channel selain LDP namun, baru segelintir yang terkenal semisal SkinnyIndonesia24 karena banyak banget yang bikin sketch/parodi tapi nggak kena sama orang sini.


4. Konsep Toturial/Tips

Konsep ini membutuhkan latihan dan pembuatan yang nggak gampang, karena kalian harus latihan dulu sebelum bikin video. Belum lagi untuk pembuatan videonya membutuhkan banyak bahan-bahan, misal tips hijab, tips make up dan segala rupa tips. Maka dari itu hampir tidak ada youtubers asal Indonesia yang punya konten bagus soal tips ini, sebab membutuhkan effort yang lumayan. 

5. Konsep Sport

Untuk konsep sport kalian memang diwajibkan untuk ahli dalam satu atau dua bidang olah raga, misalkan skateboard ataupun freestyle bike. Berhubung konsep seperti ini adalah yang paling susah, karena dari segi pengambilan gambar pun tergolong ribet makanya nggak ada youtubers sport. dari Indonesia 

6. Konsep Review

Ini adalah konsep paling mudah karena kalian cuma  butuh untuk mereview barang, apapun itu sebaiknya barang yang direview nggak pasaran semisal handphone. Salah satu youtuber terkaya berkat konsep youtube, justru mereview mainan anak-anak dan game bukan mobil atau motor dan barang sehari-hari lainnya.

Nah, setelah kalian tahu konsep apa saja untuk membuat video di youtube, langkah selanjutnya adalah memilih konsep tersebut. Ingat pilihlah konsep yang kamu kuasai jangan yang kamu sukai, kalau kamu suka komedi tapi nggak bisa bikin orang ketawa, gimana mau bikin video paordi yang lucu? Suka nyanyi tapi nggak punya suara bagus, terus mau cover lagi macam gimana? Ingat konsep yang dikuasai bukan yang disukai.

Matinya Kreatifitas Industri Televisi Indonesia

Suka heran dengan acara televisi Indonesia yang gituh-gituh saja? Bahkan sama sekali nggak menghibur tapi malah bikin bego! Nah, kalau sudah begini biasanya yang kerja di tv langsung tutup telinga, mau dibilang apa mereka cuma bikin dapur ngebul. Untuk tahu kenapa mereka bikin acara yang gajebo, sebenarnya kita harus lihat platformnya dulu, yakni televisi. 



Siapa yang nonton tv?

Televisi itukan alat hiburan yang paling mudah diakses, nggak perlu bayar apapun tinggal punya tv dan colok listrik. Makanya hal pertama yang langsung menyentuh masyarakat apalagi orang-orang menengah ke bawah adalah tv. Jadi tv adalah hiburan bagi orang-orang menengah ke bawah, lebih tepatnya 90% penonton tv adalah orang menegah ke bawah dan hampir tidak berpendidikan S1, sementara 10 % adalah menengah ke atas yang cuma nonton kalau sudah jam 9 ke atas (maklum jam baru pulang kerja) lalu 90% menonton dari pagi sampai siang (karena nggak ada kerjaan) Mayoritas dari gender adalah 70% perempuan sebab perempuan lebih banyak di rumah sementara pria harus keluar mencari sejumput rumput.


Sulit Kreatif Di TV

sudah ngertikan siapa yang menonton televisi? Makanya pihak dari tv sendiri berjibaku untuk menghasilkan produk yang sesuai selera pasar, yakni acara televisi yang kampungan, norak dan tentunya mudah diterima oleh orang-orang menegah ke bawah. Sebab kalau mereka bikin sesuatu yang "wah" atau "smart" bisa sulit untuk masuk ke otak orang-orang yang menengah ke bawah. Andai kata, pihak tv membuat sebuah program talkshow yang wah dan smart seperti Oprah, paling hanya segelintir orang yang lihat, contoh Hitam Putih yang gulung tikar atau Kick Andy yang ratingnya cuma seiprit sekalipun udah puluhan tahun tampil, (metro nggak punya acara lain) Tapi bandingkan sama talkshow seperti Tukul yang justru amat digemari. Atau MTV vs Dahsyat, lihat orang sini pilih yang mana? Dengan kata lain industri tv sudah tidak memungkinkan untuk kreatif karena sumber duit mereka adalah orang yang sama sekali otaknya dangkal, susah nerima sesuatu yang out of the box.  


Masih Bisa Kreatif Di Dunia TV?

Tapi lain halnya kalau mencoba membidik segmentasi 10% yakni orang-orang menengah ke atas, hal ini yang dilakukan sebuah station televisi baru yakni NET. Dengan membidik market 10% ini, mau nggak mau NET harus membuat sesuatu yang smart dan wah, hasilnya bisa dilihat sendiri acara-acara yang nggak kampring macam station tv tetangga. Tapi dengan membidik yang hanya 10% hasilnya revenue NET jauh di bawah tv tetangga yang membidik 90% orang menengah ke bawah. Nggak heran banyak banget kabar yang bilang kalau NET lagi "mengap-mengap kehabisan napas"

Jadi kalau kerja di tv dengan target market yang 90%  ini udah nggak mungkin jadi orang kreatif yang ada mati kutu karena harus bikin sesuatu yang low dan mudah diterima orang. Walaupun banyak yang bersih keras kalau buat program, untuk orang-orang menengah ke bawah juga membutuhkan kreatifitas. kalau begitu mana hasilnya? Sebutin dong? Disinilah awal matinya industri tv Indonesia yang sudah nggak bisa gerak dengan 90% penonton menengah ke bawahnya.


Lahan Untuk Kreatifitas Ada Dimana?

Sementara market 10% justru mencari hiburan tapi tidak lewat platform tv, orang-orang menengah ke atas melirik internet sebagai acuan dalam mencari hiburan dan sudah lama meninggalkan tv. Mereka membuka youtube, vine, instagram sebagai pusat hiburan dan informasi. Karena hal ini, maka banyak bermunculan individu yang memberikan produk atau konten, dan konten buatan individu di internet ini 100x jauh lebih kreatif dan out of the box dari pada tv. Sebab target market mereka yang 10% adalah orang-orang menengah ke atas yang pintar dan cerdas serta haus akan hiburan bermutu. Dari sinilah awal kebangkitan  internet sebagai ladang bagi industri hiburan. 

Selain jagad internet, market 10% ini menjadikan tv mereka sebagai tontonan bagi tv kabel, bukan tv lokal free to air.


JADI?

Dari sini sudah jelaskan kenapa acara tv kita hampir semuanya busuk! Dan percuma mau berkoar-koar seperti apa pun juga nggak bakalan ada yang berubah, kecuali Indonesia maju dan 90% orang menengah ke bawah bisa kuliah. Dengan  begitu para penonton ini akan jauh lebih cerdas dan membutuhkan hiburan, yang tentu saja nggak lagi low class. 



Pengalaman Digigit Serangga Tomcat!

Sekitar dua bulan lalu, kamar gue didatangi semacam serangga. Nggak cuma nemplok di lantai tapi juga naik ke baju dan kasur, entah dari mana serangga-serangga ini datang. Dan begitu ada yang nemplok di tangan dan kaki langsung aja gue tepok, simsalabim perih kaya ditusuk jarum plus kebakar mulai kerasa. Berselang seminggu setelah gue tepokin itu serangga mulai muncul bentol yang gatal di kaki dan kalau di garuk malah membesar dan berisi cairan. Kalau sampai benjolan berisi cairan itu pecah jadi semacam luka lecet di kulit yang perih bukan main, awalnya cuma satu atau dua benjolan saja, lama-kelamaan benjolan jadi banyak dan ngumpul di punggung, karena kegesek baju maka jadi luka lecet yang lumayan gede plus perihnya minta ampun. Dari sini gue mulai curiga dan coba googling, setelah lihat jenis-jenis luka yang bikin mual dari mbah google, baru gue ngeh, kalau bentol yang bikin lecet ini berasal dari serangga bernama tomcat, yang seminggu lalu rajin gue tepokin kalau nempel di kulit.

Macem Mana Sih Serangga Tomcat?


Nah, itu dia penampakan serangga tomcat sialan, yang mondar-mandir di kamar gue ada tiga jenis. Yang kombinasi warna item oranye, warna item saja sama yang punya sayap. Terus dari mana datengnya ini serangga tomcat? Kalau dari mbah google sih, bilangnya biasa muncul dari sawah. Tapi rumah gue kan di komplek tengah kota mana ada sawah? Usut punya usut ternyata serangga tomcat ini baru muncul ketika pohon jambu air depan kamar berbuah dan kenapa sampai masuk kamar, karena serangga tomcat tertarik sama cahaya. Biasanya kalau dideketin pantatnya yang beracun itu langsung nungging dan nggak boleh dipegang, apalagi macem gue langsung ditepok ampe mampus.

Akibat Racun Tomcat


Ini dia akibat nepok tomcat ampe mokat, gejala awal adalah bentol kecil yang berisi cairan dan gatelnya minta ampun, kalau digaruk terus pecah dia jadi luka lecet, bentol semacam ini pada stage awal cuma muncul satu atau dua biji aja dan kalau udah parah bakal ngumpul banyak di satu tempat. Dalam kasus gue ada di punggung, makanya susah banget buat di foto.


Terus Obatnya Apa?



Awalnya gue coba semua yang ada di mbah google dari bedak caladine sampai caladine yang cair tapi nggak mempan sama sekali terus pake bedak herocyn sama aja hasilnya, gue bahkan sampai pake bedak marcks soalnya pas googling katanya ampuh, tapi lagi-lagi bulshit! Akhirnya gue nyerah dan pergi ke dokter, dari dokter dikasih dua buah obat antibiotik yang harus dihabiskan dan sebuah salep merk gentamicin, cukup seminggu lecet gegara tomcat sialan berangsur kering dan menghilang, bahkan bentol berisi cairan sudah nggak muncul lagi. Jadi saran gue sih, jangan pake bedak apapun! Langsung aja ke dokter biar cepet sembuh.


Cara Ngusir Tomcat? 

Yang pasti sih jangan sampe kena kulit dah, semprot aja langsung pake baygon. Satu lagi yang gue perhatikan semenjak kemunculan serangga tomcat dari antah berantah adalah munculnya musuh abadi serangga tomcat, yakni semur rangrang, ituloh semut merah yang badannya gede. Untung belom gue semprot itu pohon jambu pake baygon, semut rangrang secara alami membasmi tomcat dan setelah pohon jambu nggak berbuah, otomatis tomcat menghilang. Jadi kalau gue pikir sih tomcat ini semacam anomali alam.

Kenapa Bule Sebut Jakarta Dengan "The Big Durian"

Udah pada tahu belum kalau bule-bule kerap menyebut Jakarta sebagai "the big durian?" nah, semua bule punya sebutan the big durian untuk Jakarta seperti orang-orang bilang kalau New York itu "The Big Apple" ternyata ada makusd tersembunyi di balik dua buah tersebut. Jadi jangan heran kalau kalian ada di luar negeri terus dengar bule bilang "are come from the big durian?"


New York disebut "the big apple" karena buah apple itu renyah dan enak rasanya, sekali gigit pasti ketagihan dan cepat habis, seperti itulah kota New York, sebuah kota yang renyah dan manis dengan berjuta kesempatan yang besar. Maka nggak heran kalau di sebut sebagai the big apple.

Sementara Jakarta di sebut sebagai "the big durian" karena sesuai dengan durian yang baunya menyengat dan rasanya aneh, cuma sebagian orang saja yang suka terutama bule. Umumnya bule nggak suka dengan rasa durian yang dianggap aneh(memuakan), dan cuma orang yang berani serta nekat untuk terbiasa yang mampu makan durian. Sama halnya dengan Jakarta, begitu datang langsung kena udara panas berdebu dan bau, belum lagi keluar airport langsung kena macet dan segudang kekacauan lain. Cuma bule luar biasa yang sanggup menghadapi Jakarta bahkan terbiasa dengan Jakarta sangat luar biasa.

Makanya bule-bule luar terutama Amrik acap kali mengenal Jakarta dengan "the big durian" sebab cuma orang tertentu saja yang suka durian sama halnya seperti Jakarta hanya bule tertentu saja yang mampu betah tinggal di Jakarta atau the big durian.

Android Dengan RAM 512 Sudah Tidak Relevan!

Berbekal pengalaman tiga perangkat android dengan RAM 512 yakni LG L20, Samsung galaxy young 2 G130 dan advan T1J. Maka gue simpulkan bahwa android dengan RAM 512 sudah tidak relevan untuk dipakai sehari-hari, banyak masalah yang dialami, misalkan lag dan force close. Jadi jangan pernah membeli perangkat android dengan RAM yang hanya 512.

Makan Berapa Memori OS android dan aplikasi 

Pada posisi default yakni tanpa aplikasi pihak ketiga smartphone android membutuhkan 100-150mb RAM untuk menjalankan OS kitkat dan kalau anda membuka browser, musik player dan sync aktif maka akan menembus 200mb. Dengan sisa 312mb smartphone android masih mampu berjalan lancar namun kalau sudah dipasang BBM, twitter, path, whatsapp, instagram maka yang tersisa adalah 50mb dengan sisa RAM segitu apa yang bisa jalan? Jawabanya adalah semua aplikasi tetap bisa jalan dengan pengecualian lag, force close atau ngehang!

Dan berikut perbandingan pemakaian RAM pada adavan T1J, samsung galaxy young duos G130 dan polytron zap 5


Tab advan T1J dijejali hanya beberapa aplikasi sosial ringan seperti twitter tanpa bbm dan whatsapp yang selalu sync, hasilnya RAM yang tersisa dari 512mb adalah 130mb, selain cepat panas adaan T1J ini selalu force close ketika multitaskin dan browsing dengan chrome.

Samsung galaxy young 2 duos G130 tidak dijejali aplikasi apapun dari 512mb hanya menyisakan 128mb saja! Mampus nggak tuh kalau dijejali aplikasi RAM yang tersisa hanya 50-30mb saja, ini berimbas pada lag, force close dan hang! Kenapa samsung galaxy young 2 duos G130 RAMnya busuk banget? Sementara adavan diinstal beberapa aplikasi sosial media masih bisa menyisakan RAM 130mb. Karena samsung punya kostumisasi yang lumayan makan RAM seperti antar muka touchwiz.

Sementara itu polytron zap 5 diinstal semua aplikasi sosial media dan chat, hasilnya dari RAM 1gb, menyisakan 303mb dan masih berjalan mulus tanpa lag maupun force close dan hang!

Semua gadget yang gue uji ini punya 1GHz procesor namun, itu sama sekali nggak nolong kalau RAM cuma 512mb. Jadi jangan pernah beli android dengan RAM cuma 512 yang masih banyak bertebaran, sama saja bohong karena nggak mungkin berfungsi secara optimal! Dan kalau tanya gimana caranya android dengan RAM cuma 512mb bisa lancar jaya? Terus terang gue nggak tahu, kalaupun pakai trik seperti swap memori, tetap ada imbasnya seperti cepat panas dan mengurangi umur procesor. Yang bisa gue sarankan adalah lempar dan beli baru dengan android dengan RAM minimal 1Ghz.
Jangan Ketinggalan Tulisan Terbaru

statistics

VIVA ID

SOC

Blog Archive

Powered by Blogger.

.

.

Followers