Facebook Me

Join 1000+ subscribers

download untuk Gramedia digital best romance novel

6 Tips Agar Kelinci Panjang Umur

Punya kelinci hias bertahan hidup sampai berapa tahun? Memang kelinci hias seperti mini rex, fuzzy lop, netherland dwarf dan holland lop nggak mudah untuk dipelihara. Sebab, basicnya kelinci memang hewan yang rentan terhadap segala hal dan sering tiba-tiba mati. Minimnya informasi kesehatan dan cara pelihara yang baik dan benar, bikin banyak dari pemilik kelinci hias yang nggak tahu gimana pelihara yang baik dan benar, supaya kelinci mereka panjang umur. Nah, karena saya sudah bertahun-tahun pelihara kelinci hias bahkan, si Bimbim mini rex sampai bisa berumur lima tahun dan Sammy holland lop tahun ini berumur empat tahun. Mau kasih beberapa tips supaya kelinci hias bisa berumur panjang.


Dapat dari breeder bermutu
Kenapa tempat asal kelinci hias saya taruh pertama kali? Karena, banyak yang dapat kelinci ngasal bahkan, beli dari pinggir jalan, saya sudah sering bilang kalau beli dari tempat nggak jelas, kesehatan si kelinci juga nggak jelas jadi, jangan harap bisa berumur panjang. Kalau dari breeder bermutu sudah pasti kita tahu kondisinya dan bisa konsultasi langsung kalau ada apa-apa. Saya selalu ambil kelinci dari breeder bermutu dan sampai saat ini, breedernya bisa dikontak via whatsapp.

Makanan Kelinci
Pelet cuma sebagian kecil saja dan yang wajib diberi setiap hari adalah hay. Biasanya saya beli merk chispi dan kelinci-kelinci suka banget.

Kelinci jenis apapun, makanannya adalah hay! Ingat sarat utama kelinci bisa selalu sehat adalah hay, serat hay dibutuhkan kelinci supaya pencernaannya lancar dan sehat dan kadar hay yang dimakan kelinci harus sampai 80% setiap harinya, baru sisanya 20% itu pelet dan camilan yang lain. Saya lebih mementingkan kelinci makan hay ketimbang pelet, memang kelinci kalau makan hay selalu ogah-ogahan karena rasa pelet lebih enak.  Biasanya pelet, saya kasih buat sarapan saja itupun cuma satu cup kecil sisanya sepanjang hari semua kelinci saya cuma dihidangkan hay. Jangan lupa kelinci harus dikasih air minum juga!


Outdoor
Semua kelinci saya yang hidup sampai lima tahun, nggak ada yang dikandangin semuanya cage free atau hidup tanpa kandang. Memang untuk Sammy dan Jappy yang berjenis holland lop, saya buatkan hutch atau kandang tapi itu buat tempat makan dan tidur mereka, kalau hujan atau sudah malam mereka langsung masuk tuh dan kandang atau hutch mereka pun nggak kecil, luas dengan ruang tidur dan toilet terpisah, jadi mereka nggak hidup di dalam kandang. Terus apa hubunganya kelinci berumur panjang sama dikandangin? Kelinci hias yang selalu dikandangin, apa lagi yang kandangnya kecil banget, udah pasti bakal stress dan kalau udah stress jangan harap bisa berumur panjang pasti bakalan mati tiba-tiba.

Kalau nggak ada tempat, kelinci juga bisa seperti kucing hidup dalam rumah tapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mulai dari melatih pup dan pee di tempatnya sampai dengan kebiasaan kelinci yang pasti bakal gigitin semua benda, belum lagi kalau pelihara yang betina pasti sering gali-gali. Kelinci juga butuh space yang luas karena mereka bakal sering bingky, tanda kalau kelinci happy yakni, lari sambil loncat ke sana ke mari.

Kelinci-kelinci saya sama sekali nggak dikandangin, mereka bisa bebas keluar masuk. Biasanya kalau sudah malam dan hujan si Sammy dan Jappy langsung masuk tuh dan ukurannya juga besar, bukan kandang yang ukurannya pas sama badan kelinci.

Jenis
Banyak yang nggak tahu kalau beberapa jenis kelinci hias, jauh lebih rentan terhadap penyakit ketimbang jenis ternak. Kelinci hias umumnya nggak sekuat kelinci jenis ternak, makanya umur kelinci hias nggak bakal bisa panjang ketimbang kelinci ternak, kecuali dipelihara dengan benar-benar baik. Salah satu contohnya mini rex saya yang bisa hidup sampai lima tahun sementara fuzzy lop saya dengan kondisi yang sama hanya bertahan tiga tahun saja waktu itu, saya terlalu sering kasih makan pelet ketimbang hay dan akhirnya fuzzy lop saya terkena penyakit silent killer atau GI statis sementara yang mini rex malah sehat-sehat saja.

Dokter Hewan
Dari awal saya sudah bilang kalau informasi mengenai kesehatan kelinci minim banget, jadi kalau kelinci sakit dari pada menghabiskan waktu searching di google dengan beragam informasi nggak jelas, mending langsung saja ke dokter hewan bahkan dulu, si Kimchi fuzzly lop saya terkena GI statis dan nggak ada satu pun dokter hewan yang tahu dia kenapa? Saya udah sering bawa kelinci ke dokter hewan tapi, mereka nggak ngerti dan ujungnya cuma kena charge aja. Beruntung satu tahun belakangan ini saya berhasil menemukan klinik hewan yang kredibel banget buat kelinci.

Harus selalu awas
Sekalipun, udah pelihara kelinci secara maksimal bukan berarti pas punya kelinci bisa leha-leha loh, saya pengalaman dengan si Bimbim mini rex yang RIP di awal tahun ini, waktu itu berat badanya turun drastis tapi, pola makannya masih bagus makanya saya nggak khawatir. Tiba-tiba saja pas pagi, saya udah nemu si Bimbim dalam keadaan sekarat, sampai sekarang nggak tahu kena penyakit apa? Makanya sekarang si Jappy dan Sammy selalu saya perhatikan apa mereka aktif atau berat mereka turun karena, kita nggak pernah tahu kelinci kena apa sampai pas tahap mereka udah parah.     



Related Post

No comments:

Post a Comment

Follow by Email Untuk Ebook Novel Gratis

Blog Archive

VIVA ID

Popular Artikel

Total Pageviews

Travel and Stuff

Kehidupan Liar Di Tengah Danau Istana Bogor

Siapa sangka sebuah pulau buatan yang terdiri dari sekumpulan pohon dan tanaman bakau ini, ternyata menjadi tempat berteduh bagi sebuah ...

Powered by Blogger.

.

.

Search This Blog