Kelinci Berhenti Makan? Bisa Jadi Kena Gastrointestinal Statis

Kelinci Berhenti Makan? Bisa Jadi Kena Gastrointestinal Statis

Kelinci saya si Kimchi yang sudah berusia 3 tahun diketahui pagi hari sudah lemas dan langsung saya bawa ke dokter hewan. Setelah melalui berbagai pemeriksaan menurut dokter penyakitnya tidak diketahui? Saya hanya diberi vitamins dan antibiotik seharga 300.000 ribu rupiah lalu membawa pulang Kimchi dalam keadaan sekarat! Tiga jam kemudian Kimchi yang sudah saya pelihara selama 3 tahun sudah tidak bisa diselamatkan lagi. Berbekal rasa penasaran tinggi saya pun googling dan berhasil menemukan penyakit yang membunuh Kimchi.

Kimchi diketahui ketika pagi hari sudah lemas dan mojok dia pun tidak lagi mau makan saya perhatikan semuanya baik-baik saja, termasuk kotorannya yang tidak lembek atau mencret. Ternyata semua ini ada ciri-ciri penyakit gastrointestinal statis atau lebih dikenal dengan the silent killer.

Ciri-Ciri Terkena Gastrointestinal Statis
1. Kelinci terlihat lemas dan mojok, sulit untuk mengangkat kepala.
2. Kelinci berhenti makan sekalipun diberi makanan kesukaan
3. Kelinci tidak mengeluarkan kotoran sama sekali atau kotoran yang keluar bentuknya kecil sekali.
4. Kelinci akan bergulung seperti bola karena perutnya sakit.
5. Terdengar suara gemeretuk gigi.


                                              Apa Itu Gastrointestinal Statis

Gastrointestinal statis atau the silent killer adalah penyakit dimana gerakan perestaltik usus yang mendorong makanan di usus melambat dan membuat lambung kelinci kosong sehingga tercipta banyak gas. 

Penyebab
Penyebab gastrointestinal statis ada banyak seperti, masalah gigi kelinci yang terlalu panjang, infeksi saluran kemih, makanan kurang serat.Dalam kasus saya si Kimchi kurang makan hay.


Pertolongan Pertama 
Satu-satunya cara paling tepat adalah dengan membawa kelinci ke dokter hewan yang berpengalaman sebab gastrointestinal statis akan membunuh dalam 12 jam. Kalau di Jakarta melalui berbagai sosial media menyarankan saya seharusnya membawa Kimchi ke dokter Toro karena klinik dia satu-satunya yang ahli dalam menangani kelinci. Kalaupun anda belum sempat ke dokter hewan ada pertolongan pertama yang mungkin saja bisa membantu.

1.Pijat
Pijat perlahan perut kelinci ke arah bawah agar gas yang dihasilkan bisa keluar.

2. Simethicone
Simethicone adalah obat bisa dalam bentuk cair atau tablet yang mampu melepaskan sakit karena gas, pemberian 20ml tiga kali setiap jam setelah membaik lalu beri 20ml setiap 3 jam lanjut ke 8 jam berikutnya. 

3. Force Feeding
Atau dipaksakan makan dengan menggunakan makan cair setiap jam. Biasa disebut critial care ini murah ada di petshop maupun dokter hewan. Kalau nggak nemu buat critical care dari pelet yang sudah di campur air sampai halus, lalu paksakan masuk lewat pipet.

4. Timothy Hay
Kalau kelincinya masih mau makan coba sodorin timothy hay, ingat harus timothy jangan alfafa sebab alfafa akan memperburuk keadaan.

sekali lagi  gastrointestinal statis akan membunuh kelinci anda dalam 12 jam jadi sebaiknya tetap pergi ke dokte hewan. 

Gastrointestinal Statis Tidak Sama Dengan Kembung Dan Mencret
Ingat penyakit gastrointestinal statis berbeda dengan kembung atau mencret yang disebabkan masuk angin dan pakan yang basah seperti sayuran. Salah satu ciri mencolok gastrointestinal statis adalah dari kotoran yang tidak basah namun berukuran kecil dari biasanya bahkan tidak mengeluarkan kotoran sama sekali.

Terakhir yang saya amat sesalkan adalah ketidakmampuan banyak dokter hewan menangani kelinci padahal penyakit gastrointestinal statis ini sudah umum. Terbukti dengan banyaknya referensi di google, mungkin fokus dokter hewan hanya pada binatang peliharaan umum seperti anjing dan kucing. Belum lagi paradigma masyarakat Indonesia yang tidak menganggap kelinci sederajat dengan anjing dan kucing sampai saat ini kelinci dianggap sebagai hewan murah meriah yang kalau mati tinggal beli lagi dipinggir jalan.



Baca Juga : Kelinci Keracunan Invermectin

     tribut page for Kimchi My Fuzzy Lop
Reactions

Post a Comment

15 Comments

  1. Akhirnya aq menemukan artikel ini disaat aq sgy kebingungan dh kelinciku yg saat ini sdg mengalami sakit yg sama..yd sempat berp kali SDH mulai membaik..melompat,grooming,dan sdkiy mulai makan...tp saat ini sy pingin nangis rasanya..kelinciku kembali berdiam diri tak d respon apapun.mhn info,apkh obat yg dsbt td cair u diminumkan atau disuntik..mohon info.mksh

    ReplyDelete
  2. Infonya dong..obatnya tetes u diminum atau disuntik.mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli di petshop atau dokter hewan yang namanya critical care, makanan lunak yang bentuknya dalam suntikan pipet.

      Paksain makan ke kelinci setiap beberapa menit, sampai keluar pipis atau pupnya. Kalau nggak nemu critical care, pelet ditumbuk sampai halus lalu paksain makan lewat pipet.

      Kalau kelincinya sudah akhtif lagi dan mau makan baru berhenti dikasih critical carenya.

      Jangan lupa ini gegara kurang makan hay, harus selalu di kasih hay.

      Delete
  3. Kelinciku baru aja mati juga sepertinya gara2 ini..tak kasih madurasa. Katanya bisa mengholangkan lemesnya...tapi aq salah maaukkan pipet mgkn. Jadi kejang2 dan mati. Sedihhhhhhh rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Set dah, kenapa nggak langsung ke vet aja sista. Siapa yang bilang madurasa bileh buat kelinci?

      Delete
  4. Malam ini kelinci Flemish Giant kesayangan kami pun sepertinya mengalami kasus ini, padahal kemarin malam dia masih lincah tapi tadi pagi sudah mulai lemas & malam ini dia mati 😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya dicekokin critical care, bikin sendiri dari pelet yang dihaluskan sama aer, terus dicekokin pake pipet.

      Delete
  5. Permisi ka aku mau brtanya, 3 hari yg lalu klinciku mknnya sperti kelinci biasanya normal, eh pas akhir" ini kelinci ku mknnya brkurang yg biasanya di kasih pelet klinci mau skrang mlh tdak mau mkn peletnya sma skali, maunya mknnya sayuran itu jga kdang" mau kdang" tidak dan akhir" ini klinciku murung, dan jga bulunya pun rontok. Aku minta saran ka cara menanganinya sperti apa? Mksh ka 🙏

    ReplyDelete
  6. Permisi ka aku mau brtanya, 3 hari yg lalu klinciku mknnya sperti kelinci biasanya normal, eh pas akhir" ini kelinci ku mknnya brkurang yg biasanya di kasih pelet klinci mau skrang mlh tdak mau mkn peletnya sma skali, maunya mknnya sayuran itu jga kdang" mau kdang" tidak dan akhir" ini klinciku murung, dan jga bulunya pun rontok. Aku minta saran ka cara menanganinya sperti apa? Mksh ka 🙏

    ReplyDelete
  7. Permisi ka aku mau brtanya, 3 hari yg lalu klinciku mknnya sperti kelinci biasanya normal, eh pas akhir" ini kelinci ku mknnya brkurang yg biasanya di kasih pelet klinci mau skrang mlh tdak mau mkn peletnya sma skali, maunya mknnya sayuran itu jga kdang" mau kdang" tidak dan akhir" ini klinciku murung, dan jga bulunya pun rontok. Aku minta saran ka cara menanganinya sperti apa? Mksh ka 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat dia masih pup gak? Terus pupnya ukuran sama kepadatannya gimana? Kalau bentuknya semakin mengecil sama lembek, udah pasti ada masalah kalau gak pup sama sekali harus ke dokter hewan buat kelinci murah kok.

      Delete
  8. kak kelinci saya gejalanya persis seperti yang diceritakan di blog ini, padahal pakan hay selalu tersedia di kandang, gejala ngk mau Makan, poop mengecil sampai tidak poop sama sekali dan ada suara gemertuk gigi, plus flu, sempat 2 hari tanpa penanganan karena dikira hanya sedang bosan dengan makanannya sampai dibelikan pelet lain yang agak mahal tetap ngk mau makan.

    lalu diberi saran untuk dikasih critical care disuapi pakai pipet, sempat diterapkan 3 hari ini namun blm ada perubahan,

    apakah ada vitamin penambah nafsu makan untuk pendamping selama masa pakai critical care

    mohon pencerahannya bang, biar kelinci saya tertolong. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masalah itu yang tahu dokter hewan, klo di kasih critical care gak pup juga biasanya bakal di rontgen buat liat kondisi pencernaan perutnya.

      Delete
  9. untuk simethicon apakah bisa menggunakan obat Promaag atau Mylanta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, jangan dah itukan obat buat manusia. Konsul ke vet aja dulu, sekarang ada kok di halo doc.

      Delete