Cara Melatih Kelinci Pipis Dan Pup Ditempatnya (toilet trainee)

Pastinya penasaran dengan judul melatih kelinci pipis dan pup ditempatnya? Sebenar ini cuma berlaku bagi kalian yang pelihara kelinci di dalam kamar atau rumah. Sialnya, banyak banget kendala bagi yang ingin pelihara kelinci di dalam rumah atau kamar, salah kendala apa lagi kalau bukan pup dan pipis kelinci. 

Kelinci adalah hewan teritorial jadi dia akan marking atau menandai daerah kekuasaannya dengan dua hal, yakni pipis dan pup. Jadi jangan heran kalau pertama kali bawa kelinci masuk rumah, bakalan dipipisin dan pup bertebaran dimana-mana. 

Berbekal riset dan kesuksesan memelihara kelinci selama tiga tahun ini, saya bakalan kasih cara bagaimana melatih kelinci untuk bisa pup dan pipis ditempatnya.



1. Cari Tempat Pup.
Yang dimaksud tempat pup adalah seperti digambar, ini namanya pee tray biasa dipakai untuk anjing. Belinya di petshop atau online sekitaran 200 ribuan, pastikan yang ada dinding sebab kelinci pipisnya suka muncrat kemana-mana. Selain pee tray bisa juga pakai kandang biasa yang di bawahnya pakai nampan, nanti si kelinci bakal masuk untuk pipis dan pup saja.

2.Cari Tempat Khusus
Langkah pertama adalah menemukan tempat khusus untuk kelinci, maksudnya berikan tempat atau play pen. Biasanya kelinci paling suka dipojokan ruangan atau tinggal dilihat dia biasa pipis dimana. Nah, disitulah kamu harus taruh kandang atau pee tray (tempat pup) 

Saran saya sih, jangan terlalu diumbar dalam rumah sebab kelinci demen banget nyempil. Bakal susah buat cari-cari, jadi lebih baik taruh si kelinci disatu ruangan saja. Misalkan kamar maupun dapur.

3. Taruh Makanan DiTempat Pipis Dan Pup
Terus gimana agar si kelinci tahu harus pipis dipee tray atau kandang? Gampang banget, tinggal taruh saja makanan di pee tray atau dalam kandang. Jangan pernah taruh makanan di luar pee tray atau kandang, sebab kelinci bakalan pup dan pipis setelah makan.                                             

Cara lain adalah dengan ambil kapan lalu oleskan dengan pipis si kelinci (awas jangan kena tangan) setelahnya kamu gosok pee tray atau kandang dengan kapas itu.

4. Berapa Lama Latihan Ini?
Berapa lama sampai si kelinci tahu harus pipis di pee tray atau kandang tergantung si kelinci, misalkan si Kimchi fuzzy lop gue yang cepet banget ngertinya sementara si Bimbim mini rex malah lemot banget, pipisnya terus berserakan di luar pee tray. Jadi amat dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan agar si kelinci bisa mengerti untuk pup dan pipis ditempatnya. Tapi dari pengalaman gue sih, antara dua minggu sampai sebulanan.

Ingat untuk selalu menaruh makanan di pee tray atau kandang

Toilet Trainee Bisa Gagal Kalau

1. Kalau kamu punya satu kelinci yang sudah ngerti toilet trainee, kemudian tiba-tiba bawa satu lagi untuk teman. Percaya dah, ini bakalan parah. Sebab dua kelinci yang belum saling kenal ini bakalan perang daerah kekuasan dengan menyebar pup dan pipis. 

Sebenarnya hal ini bisa dihindari kalau salah satu kelinci sudah disterilkan, jadi gampang bondingnya, kaga pake perang daerah kekuasaan.

2. Kalau pee tray atau kandang dicuci, bisasanya pee tray dan kandang harus dibersihkan aka dicuci tiga hari sekali atau tergantung tingkat kotornya. Nah, setelah pee tray atau kandang dibersihkan, si kelinci suka bingung tuh, kok baunya udah nggak ada lagi. Dia bakalan pipis dan pup berantakan selama beberapa hari, sebelum akhirnya ngerti lagi. 

Saran saya, setelah dicuci bersih usahakan untuk menggosok pee tray dan kandang dengan kapas yang sudah dibasahi pipis kelinci.

note:
Sebenarnya ada cara cepat agar kelinci bisa langsung mengerti dan nggak perlu nunggu sampai satu bulan lamanya. Caranya adalah dengan mengsterilkan kelinci, sebab kelinci yang sudah disterilkan akan lebih tenang dan nggak bakal pipis sembarangan untuk menandai wilayahnya.

Jangan lupa lebih baik kelinci ada dalam satu ruangan saja atau dikasih play pen, jangan dibiarkan bebas dalam rumah. Sebab mereka jago banget ngumpet dan bakalan susah setengah mati buat carinya.


10 comments:

  1. Saya suka sekali dengan kelinci tapi saya lepas di belakang rumah begitu saja, mereka buat lubang banyak dan ternyata ada anaknya buanyak sekali, senangsekali rasanya melihat kelinci-kelinci kecil yang lucu-lucu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung gan, diumbar juga boleh tapi kalau kelinci hias sih takut diambil orang jadinya saya taruh di dalam rumah.

      Delete
  2. aku baru punya 2 kelinci kawan., bantu aku merawatnya ya. wwalaupun hanya kelinci biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan subcribe aja, sekalian baca-baca di label kelinci

      Delete
  3. permisi numang tanya kalau itu toilet plastik warna kuning (seperti yg ada di foto ada) beli di mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lupa gan, dulu belinya di petshop online lewat instagram. Nama barangnya pee tray harganya 300 rebu.

      Delete
  4. Sy punya spasang kelinci ga paham jenisx apa.Udah beranak 4 & 4 lagi blm sbln beranak..smua hidup.. Yg 4 pertama baby rabbit minum susu kaleng.Indukx ga mau nyusui.Skrg udh usia sbln lebih dikit.Lucu".. yg 4 trakhir induk mau nyusui karna ga prnh dkluarin dr kandang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nggak mau menyusui berarti ada yang salah dengan indukan, bisa stress atau kurang gizi.

      Delete
  5. toilet training kyk pny agan beli dmn y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di petshop online instagram tapi namanya petshopnya lupa, udah lama banged harganya 300 ribu, cob aja ke petshop cari yang namanya pet tray.

      Delete