Pelet Kelinci Terbaik Review dan Price List


Punya kelinci tapi bingung pelet apa yang bagus? Berhubung kesuksesan saya memelihara kelinci selama lebih dari dua tahun. Saya buatkan review merk pelet, yang pernah dipakai buat makan semua kelinci peliharaan saya. Sebelum beli pelet, lihat dulu kelincinya jenis apa? Apakah berbulu panjang atau pendek? Karena dua jenis ini butuh asupan gizi yang berbeda, kelinci berbulu panjang butuh protein lebih supaya bulunya tetap bagus.



1. Morning Sun
Merk morning sun ini cukup lama saya pakai, selain karena ada dibeberapa supermarket, juga karena morning sun mengandung timothy hay. Morning sun import langsung dari australia, jadi jangan heran kalau harganya berkisar dari 40 – 55 ribu per 1kg.  Lumayan bikin bangkrut, kalau punya lebih dari satu kelinci. Rasanya saya bilang sih enak banget karena ini cepet abis.



Efeknya
Efeknya ke kelinci lebih ke penampilan, karena semenjak dikasih morning sun, bulunya jadi lebih bagus aka jadi lebat banget dan kinclong. Selain itu pup dan pipisnya ok, nggak berbau, jadi morning sun rekomended banget.



2. Jolly
Merk dari china ini nggak sengaja saya temuin di petshop, karena nggak nemu morning sun. Awalnya sih ragu, tahu sendirikan kualitas barang dari tiongkok macem apa. Tapi pas  lihat, sering saya temuin beberapa lembar hay dalem bungkusnya, jadi saya beli dah.  Untuk satu bungkus jolly 1kg dibandrol 35 ribu.


Efeknya
Efek ke kelinci bagus banget, karena banyak mengandung serat. Pup kelinci gue bagus dan nggak berbau. Kalau dari penampilan sih, nggak ada, sebab lebih kepencernaan. Saya rekomen jolly, buat bikin pencernaan kelinci lancar karena banyak hay. Selain itu jolly dicampur beberapa threat yang nggak terlalu banyak macemnya, seperti butiran jagung buat nambah napsu makan. Soalnya kelinci saya nggak terlalu maruk kalau makan jolly, lambat banget abisnya. Jadi berkesimpulan kalau jolly secara rasa nggak terlalu enak.

3.Oxbow
Sebenernya merk oxbow ini paling bagus, tapi saya kasih di nomor 3 karena susah carinya, import langsung daru U.S dan harganya bikin sakit hati. Pelet oxbow boleh dibilang paling komplet semuanya, dari protein, vitamin sampai serat. Maklum dari U.S jadi seratnya langsung tuh hay first cut, oxbow cuma bisa diperoleh di petshop tertentu, bahkan order online aja belum tentu ada.

Efeknya
Efek ke kelinci, kalau dari penampilan bulu kelinci jadi kinclong macem morning sun, pup serta pipisnya juga nggak berbau. Kalau mau kelinci panjang umur serta sehat selalu, silahkan belilah oxbow, yang satu bungkus seberat 1kg bisa seharga 90 rebu – 125 rebu…jleb. Rasanya juga ok, soalnya dua kelinci saya, bisa ngabisin nggak sampe seminggu.

 4. Dr Bunny
Satu lagi merk dari Cina, pertama saya lihat ragu banget! Soalnya peletnya bukan warna hijau maupun cokelat seperti biasanya. Dr bunny warna putih! Dan dia punya semacam inovasi baru, karena punya odor control berkat pemakaian serat bambu. Bener aja,  pas  dikasih ternyata nggak dimakan sama dua kelinci saya, bahkan si Koko yang bligon aja nolak. Dr bunny baru dimakan setelah satu bulan disodorin, mungkin karena baunya yang beda dengan pelet umumnya.


Efeknya
Efek ke kelinci, lebih ke pup sama pipisnya. Sesuai dengan odor controlnya, pup kelinci sama pipisnya nggak berbau loh. Sayang seribu sayang, pelet seharga 40 ribu ini nggak disukai kelinci. Jadi percuma kalau beli tapi nggak dimakan, makanya  cuma beli sekali aja. Tapi saya rekomen merk ini kalau kalian pelihara kelinci indoor aka dalem rumah atau kamar.

5. Britter Bunny
Merk dari Thailand ini terkenal banget dan tersedia di mana-mana. Sebenernya saya nggak suka dengan britter bunny! Kenapa? Karena britter bunny banyak mengandung sayur dan bahan campuran lainnya. Lihat aja peletnya yang gede-gede dan warnanya hijau dan orange, maksudnya yang hijau itu pelet dengan vitamin dan yang orange itu wortel.  Kendati di packeging tertulis fiber 16% saya nggak percaya, karena nggak ada bau hay dan serbuk hay di peletnya. Dulu pernah kasih ke kelinci 3 bulan ke bawah dan langsung mencret, pelet yang banyak hay, nggak mungkin bisa bikin kelinci mencret. Jadi kalau punya kelinci di bawah 3 bulan jangan kasih britter bunny, ini untuk kelinci di atas 3 bulan.


Efeknya
Overall  yakin britter bunny ini semacam pelet vitamin buat bikin kelinci sehat secara fisik. Pelet seharga 35 ribu ini sama sekali  nggak rekomen, seperti yang saya tulis di atas sekalipun tertera serat 16%, saya nggak percaya. Dia lebih banyak mengandung bahan campuran seperti sayur dsb, makanya jangan heran kalau pup dan pipisnya lumayan bau.

6. Goyufeed
Ini adalah merk lokal yang pernah saya pakai, kenapa? Karena kalau bangkrut beli guyofeed. Maklum 1 Kg cuma 9 rebu! Pelet lokal ini sebenernya bukan buat kualitas pet tapi lebih ke ternak, pertama kali beli langsung pusing karena bau pelet ini kenceng banget seperti pakan ayam. Secara rasa ok, karena kelinci saya lahap banget sama guyofeed ini, padahal tadinya saya pikir mereka biasa makan pelet import nggak bakalan suka.


Efeknya
Karena ini pelet ternak, maka dua minggu dikasih guyofeed kelinci langsung menggelembung berat badanya, plus bulu mereka juga jadi tebel. Saya rasa protein guyofeed ini over, demi mengejar berat kelinci tapi kelinci jadi gemuk dan berbulu tebal. Sama sekali nggak rekomen merk ini buat kelinci pet! Kenapa? Karena bisa bikin obesitas! Selain itu juga pup sama pipisnya jadi bau banget! Saran saya untuk boleh aja kasih guyofeed buat bikin kelinci gemuk dan berbulu tebal, kalau udah keliatan ok, cepetan ganti sama merk premium biar nggak kegendutan dan panjang umurnya.   

7. SKR 214
Setelah baca-baca di forum kelinci, saya memutuskan untuk mencoba sebuah merk lokal dengan nama SKR 214. Orang-orang di forum kelinci bilang, kalau SKR 214 ini bagus untuk kelinci hias berbulu tebal seperti english anggora. Akhirnya saya coba beli eceran yang 1kg seharga 15 ribu (lebih mahal dari guyofeed) pertama kali lihat, peletnya cokelat dan keras sekali! Tapi nggak berbau seperti guyofeed. Begitu dikasih ke si Kimchi kelinci fuzzy lop, ternyata dia doyan banget, walaupun makanya nggak  maruk jadi secara rasa sih standar. Nah, SKR 214 dengan tekstur keras ini jadi masalah untuk kelinci anakan atau kelinci kecil macam netherland dwarf karena susah buat digigit. Kalau lagi dimakan sama kelinci-kelinci, suka kedengeran suara kriuk...kriuk...kriuk...kriuk, namun tekstur yang rada keras ini baik untuk gigi kelinci, apalagi kalau jarang dikasih hay.


Efeknya
Ternyata bener banget SKR 214 ini cocok untuk kelinci hias berbulu panjang karena fuzzy lop saya bulunya jadi tebel banget, tapi nggak bikin gemuk. Belum lagi pup sama pipisnya nggak bau macam guyofeed, rekomen SKR 214 buat makanan kelinci hias seperti fuzzy lop, english anggora dan rex. Kalau punya kelinci jenis lain bisa disesuaikan, karena SKR punya berbagai jenis pelet untuk setiap jenis kelinci. 

8. Style 
Sebenarnya ini adalah pelet darurat yang saya beli di petshop, karena lupa kalau pelet di rumah habis. Namanya sih gaul banget, coba mana ada pelet kelinci namanya style? Pelet ini import dari Jepang dan khusus untuk jenis Netherland Dwarf. Ukurannya kecil banget cuma 450 gram, karena memang buat kelinci kecil, tapi harganya 70 ribu! Bentuk peletnya besar-besar dan berwarna hijau, disertai dengan beberapa sayuran dan buah kering, biar kelinci nggak bosen. Bau pelet ini ajaib, karena seperti manisan dengan struktur yang nggak sekeras pelet biasanya. Kalau dari segi rasanya sepertinya sih biasa, karena dua kelinci saya cuma ngemilin sayuran dan buah keringnya, sementara peletnya sendiri lama banget habisnya.


Efeknya
Secara kasat mata sih nggak kelihatan, tapi pup dan pipisnya jadi nggak bau, namun salah satu kelinci saya pupnya malah lembek. Sayangnya karena di packeging bahasa Jepang, saya jadi nggak tahu kandungan apa saja di pelet style ini. Sepertinya memang pelet style ini dikhususkan bagi jenis kelinci kecil seperti Netherland Dwarf dan Lion head. 

Jadi Pakai Pelet Apa?
Saran saya sih, jadikan SKR 214 sebagai pelet utama dan morning sun buat hadiah beberapa bulan sekali (threat). Biar si kelinci nggak bosen juga buat menghemat budget.


note:

Ingat pelet itu cuma 20% dari makanan kelinci 80% harus hay. Saya tahu cari hay atau rumput memang rada susah kalau tinggal di kota, makanya banyak yang jadiin pelet sebagai makanan utama. Tapi harus diperhatikan pelet yang dijadikan makanan utama harus dan kudu ada hay-nya! Cara lain yang biasanya saya lakukan adalah beli hay ke breeder atau pergi ke taman kota biar kelincinya bisa makan rumput, biasanya gue ke senayan kan banyak lapangan rumput yang ngangur tuh. 







102 comments:

  1. Nice share, membantu bgt memberi rekomendasi yg oke..
    Btw mau nanya, morning sun biasa di supermarket mana? Krn kmaren nyari di farmers ga ada..
    Thanks ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih yang jual di Ace hardware, tapi harganya jadi 45-50 ribu. Kalau memang susah beli on-line saja. Inget ya, jangan pelet aja! hay juga harus dikasih.

      Delete
  2. bener tuh yg morning sun bagus, aku pernah beli, tapi ga di lanjutin soalnya mahal.. haha :D
    kalo yg merek golden rabit bagus ga? soalnya kelinciku suka yg itu..
    oh ya kamu domisili mana, boleh tukar2 info seputar kelinci?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah denger merk golden rabbit, mungkin baru. Tinggal di Jakarta, kalau mau tukeran info biar gampang follon aja di instagram @bunny_and_garden

      Delete
  3. Setujuuuuu! Morning sun emg rekomended banget, Gan. Tp jangan salah kl masih bayi kudu make morning sun yg khusus bayi. Soalnya yg khusus dewasa (gambar spt fi atas) protein tll tinggi shg bisa bikin kelinci kembung trs mencret.

    Nah, utk britter bunny ane pernah kasih kelinci blingon ane ini tp doi cuma doyan warna orange nya doang hahaa yg ijo nya doi pisahin. Nggak rekomen juga soalnya kayaknya ada bahan pewarnanya daaaaaaan bikin bulu kelinci ane jd jelek banget pas molting.

    ReplyDelete
  4. @Wina: Iya morning sun yang untuk dewasa peletnya gede susah buat anak kelinci, tapi kalau udah 3 bulanan ke atas nggak apa-apa kok.

    ReplyDelete
  5. Kalo nova gmn gan? Selama ini pake hamsfbunny tp mau ganti yg nova or morningsun, kelinciku satu lokal satunya anggora..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nova dan hamsbunny nggak pernah pake, soalnya bukan merk terkenal.

      Delete
  6. Gan skr beli dimana?mau kontaknya...makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh masuk ke group pecinta kelinci atau kalau mau beli eceran bisa di Bpk Nur Rosidi 0818-0687-6698 whatsapp aja. Sekilonya 15ribu + ongkir via JNE.

      Delete
  7. Terimakasih atas sharingnya, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  8. mau tanya ka, kalo pake morning sun untuk dua kelinci habisnya per bungkus berapa lama ya ? Makasiih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pasti sih, nggak sampai sebulan juga udah abis. Soalnya enak banget rasanya dan kalau udah kena morning sun susah buat berpaling ke merk lain.

      Delete
  9. Kelinci harus di vaksin/diberi vitamin rutin atau ketika hanya saat sakit saja baru di suntik dan diberi vitamin? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada vaksin apapun untuk kelinci selama beli di rabbitry yang bagus. Vitamin biasanya dikasih pas musim moulting aja biar moultingnya cepet selesai.

      Delete
  10. Gan, ada kontaknya ga? mw tanya2 soal kelinci krn saya masih pemula..
    kalau morning sun yg untuk anak kelinci dibawah 3 bulan yg kaya gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saja bentulnya dengan gambar di atas, tapi morning sun untuk 3 bulan gambar kelincinya bukan dewasa tapi anak kelinci dan ada tulisan for 3 month. Kalau nggak tinggal googling aja kok.

      Delete
  11. Bro saya punya kelinci Monkey Face....pelet yang cocok buat dia apa skr 214 apa morning sun atau yang lain??
    Thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nggak morning sun ya skr 214, tapi kalau mampu ya mending morning sun.

      Delete
  12. Gan kalo pake merk Hatory gimana tuh? Bagus ga ya buat Fuzzy Lop?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jelek merk hatori itu abal-abal.

      Delete
    2. Kenapa hatory dibilang abal-abal? Alasannya apa?

      Delete
    3. Merk hatori nggak bagus buat kelinci hias, hobiis kaga ada yang pake hatori. Lagian udah ada guyofeed sama SKR, udah terbukti khasiatnya dan dikenal sama peternak dan hobiis kelinci. Cobain aja kasih ke kelinci dan lihat perbandinganya.

      Delete
    4. Iya merek hatory jelek, kelinci saya kapan itu dicoba kasi hatory gamau. Berarti rasanya ga enak lah ya. Sayang duit.

      Delete
    5. ane jualan hatory laku terus :))

      mampir IG @mamalinci yah

      Delete
    6. woah sudah ramai,

      numpang berbagi perspektif yah hehehe,

      mungkin peternak dan hobiis lebih suka guyofeed dan SKR karena harganya yang terjangkau

      dan soal kelinci yang dikasi hatory kemudian ga dimakan, berarti rasanya ga enak.
      sama seperti kelinci saya yang dikasih timothy hay Oxbow kemudian ga dimakan juga. bisa jadi kelinci sedang kenyang, atau kurang nafsu makan atau banyak hal lainnya (belum terbiasa *mesti nunggu laper pasti dimakan kata penulis*)

      numpang backlink ya min
      http://mamalinci.web.id

      Delete
  13. Kak mau tanya kan kelinci gua pake briter bunny, pengen switch dari dulu tapi nyokap kalo bei sekalian 3 kg haduh😂 makannya ini udah mau abis mau ganti. Kelinci gua umurnya 2thn, nah katanya alfafa hay gabagus buat kelinci diatas 5bln bener kan? Nah morning sun ada alfafanya, boleh ga? Apa skr aja ya, btw jenisnya rex. Mau oxbow jg tadinya tapi ya itu, harganya masyaAllah😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alfafa punya protein dan kalsium tinggi, memang cocok untuk kelinci hamil sama anakan tapi kalau nggak nemu timothy hay dikasih alfafa juga nggak apa-apa kok.

      Kalau di morning sun alfafanya nggak begitu tinggi jadi nggak apa-apa, cuma kalau mau ganti pakan harus bertahap. Takutnya perut kelinci kaget dan ujungnya mencret, biasanya kalau masih adaptasi pup lembek.

      Kasih SKR buat rex bagus kok, pilih aja yang 214 kalau mau bulunya bagus kalau mau gemukin ada jenis SKR yang lain.

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah itu bukannya udah ditulis di atas ya?

      Delete
    2. Sorry gan, ada yg blg morning sun udh ga bagus gitu. Dan aku pemula rada binggung akhirnya untuk si fuzzy lop ini jd aku nanya lg untuk saat ini gmn gitu

      Delete
    3. Nggak ah, so far kualitasnya masih sama.

      Delete
  15. Ada kontak gak gan mau tanya" nih soal kelinci..kalo beli skr 214 d.mna ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh masuk ke group facebook pecinta kelinci atau kalau mau beli eceran bisa di Bpk Nur Rosidi 0818-0687-6698 whatsapp aja. Sekilonya 15ribu + ongkir via JNE.

      Delete
  16. Kelinciku juga pake morning sun. Lahap banget karna cepet habiis.
    Karna efeknya bagus, jadi aku berani jual morning sun hihi, mampir ya ke @kelincirabbit :)

    ReplyDelete
  17. Agree.. Kelinci aq ga perna mw dkasih merek laen.. Cm maunya ya morning sun ajah..klo aq beli diAceHardWare harganya skrg Rp.55.900 lumayan bikin kantong jebol.. Ini lg nyoba kasih SKR214.. Ga tau bakal dimakan apa enggak.. Ada saran ga biar biar kelinci ga kagek peletnya tak ganti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau umur kelincinya di atas 6 bulan sih nggak bakal masalah ganti-ganti pelet asal bagus. Tapi biasanya kalau ganti pelet kasih dulu sedikit-sedikit, awalnya nggak dimakan tapi biarin aja lama kelamaan juga kalau laper dimakan.

      Delete
  18. Min, kalo untuk kelinci kecil gimana ya (ND)..? dirumah pake pelet sama hay, tp peletnya sisa terus,, padahal kasih sedikit.. tp kalo pake hay abis cepet bener.. Akhirnya kasih hay aja ngga pake pelet.. Tp mulai berasa soalnya makannya rada rakus.. ( ̄◇ ̄;) mana hay harganya minta ampun disini 165rb/kilo.. Minta saran donk min.. Dah dikasi guyofed sama skr ngga mempan.. Oh iya min.. Sekarang umur kelinci 3 bulanan.. Mksih min..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru bagus loh kalau doyan hay aja, bisa coba masuk ke grup facebook peternak dan pecinta kelinci nah di sana, banyak banget yang jual hay murah sekilo cuma 90 rebu.

      Kalau mau murah ngarit rumput sendiri terus dijemur sampai kering kekuningan.

      Delete
    2. Kalo ngarit rumput sendiri,, rumput apa aja boleh kan ya? Kalo misalnya sawi ato sayuran dibikin kering bisa apa ngga min?
      Mohon bantuannya min.. Soalnya ragu dikasih sayur,, cos ada yg bilang gampang mencret..

      Delete
    3. kalau jenis rumput apa saja coba googling saja. Kalau sayuran memang bikin mencret, makanya nggak rekomen buat dikasih bahkan dijemur sampai kering pun bukan jaminan nggak bakal mencret.

      Delete
    4. Thx ya min.. kemarin mmpir ke petshop dapet pelet oxbow bisa beli ecer 55rb dapet 500gr..Tadinya mo test doyan apa ngga, ehh baru jalan 3 hari sisa ampir setengah.. ( ̄◇ ̄;) padahal cuma buat dua kelinci kecil.. ikutin kata admin aja lahh.. tanem bibit timothy.. (^_^)

      Delete
  19. min , mau nanya donk , kemaren aku liat pelet merk nya smart heart , produksi dari malaysia dan harga nya sekitar 40 rb , itu bagus gak yah min ?? Mkasih min ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah pernah coba, kalau diliat dari kandungannya sih sama aja ama britter bunny.

      Delete
  20. Urgent min.. mohon solusi.. ini kelinci kok bulunya pada rontok ya.. padahal ngga dikasih makan yang aneh2.. cuma hay orchard selebihnya pelet, itu juga peletnya dikasih secukupnya ngga banyak2 bgt.. apa pengaruh dari pelet ato gimana min.. kandang juga sering di bersihin (dicuci).. cari data di google ngga dapet jawaban pasti min.. mohon petunjuk dari admin yg lebih pengalaman soal hal ini..
    Sekalian minta saran buat vitamin kelinci yg bagus & harganya pas dikantong apa ya min..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Googling pasti nggak bener, yang namanya kelinci pasti moulting atau rontok bulu dalam setahun bisa dua sampai tiga kali. Yang bisa dilakukan sampai masa moulting selesai adalah menyisir pake sikat biar bulu rontoknya cepat habis dan dikasih tambahan vitamin biar masa moultingnya cepat selesai. http://www.everybodygoesblog.com/2015/04/kenapa-bulu-kelinci-rontok.html

      Vitamin kelinci murah kok cuma 20 rebuan, seperti t-rex atau biobig. Bisa dicari lewat tokopedia atau masuk ke group peternak kelinci.

      Delete
    2. soory maksudnya facebook group peternak kelinci ya.

      Delete
  21. hi sy cr acoount IG nya kok ga nemu ya? sy mau tanya merk cunnie verselaga bagus ga sih? sy baru adopt kelini holland lop dikasi makanannya itu sama yg punya sebelomnya.. maunya cuma makan itu tp juga dikit makannya.. dikasi oxbow jg cm dikit.. umur 10 bulan beratnya 1.5kg trus lg moulting n lg pengen kawin teruss.. baiknya dikasih makan apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. IG : @bunny_andothersstuff
      2. Nggak pernah pake merk cunnie verselaga jadi nggak tahu.
      3. Kalau kelinci lop memang begitu mereka makannya dikit-dikit tapi sepanjang hari, sebenarnya yang dibanyakin hay bukan peletnya.
      4. Kalau lagi moulting biasanya ditambahin vutamin kaya biobig atau t-rex biar moultingnya cepet selesai sama rajin di sisir.
      5. Kasih aja hay yang banyak sama vitamin.

      Delete
  22. hi mau tanya sy kasih rabbit sy oxbow n dr bunny, kenapa pipisnya bau ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya oxbow dicampur sama dr bunny? Kalau kasih pellet nggak boleh dicampur sebab tiap pellet udah ada takarannya masing-masing.

      Sebenarnya pipis kelinci atau bianatang apapun pasti berbau tapi pelet yang bagus mengurangi intensitas bau pipis kelinci, jadi baunya nggak kenceng.

      Kasih peletnya jangan dicampur-campur maupun sering gonta-ganti pelet sebab pencernaan kelinci butuh adaptasi, sering gonta-ganti pelet atau dicampur-campur juga menyebabkan kencing lebih bau dari pada biasanya.

      Sama lupa, kalau kelinci lagi birahi pilihannya cuma dua. Disterilkan ke dokter hewan atau dikawinkan itu saja.

      Delete
  23. Sekedar berbagi
    Kemarin iseng lagi jalan mampir ke petshop.. nanya nanya pelet kelinci yang bagus.. dapet Morning Sun, buat yang didaerah Sawangan, Depok. Di arco ada yang jual pelet morning sun murah.. cuma 45rb buat yg pelet kecil.. 42rb yg pelet besar.. disitu ada 2 petshop yg dipinggir jalan utama sama yg masuk ke dalam arco.. masuk dikit ke dalam arco adanya sebelah kanan.. lupa nama petshopnya.

    ReplyDelete
  24. Keren nih blognya jd nambah ilmu buat saya yg newbie miara fuzzy lop.di tunggu tulisan tulisan selanjutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal klik label kelinci aja buat next postnya

      Delete
  25. yuhuuuuuu teman teminnn smuaa... follow instagram @chubbyhappybunnies donkkk ^^ thank youuu

    Btw morning sun gambar kelinci di packagingnya ada yang beda2 ya? itu makanan utk jenis kelinci itu atau apa ya maksudnya? ada yang tau kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Morning sun cuma ada dua jenis yang gambar kelinci dewasa itu buat di atas 3 bulan yang gambar anak kelinci buat kelinci di bawah 3 bulan

      Delete
    2. OO.. abis gambarnya 1 HL 1 lg apa ya.. kayaknya ada 3 macem gambar kelincinya beda2..

      Delete
    3. Tadi jalan2 k ace hard wer mau beli morning sun gile mahal bener 68ribu...cari skr214 jg g ada jual d kota saya...kelinci saya baru melahirkan bagus nya d kasih makan apa y? Saya tetap kasih mkn kangkung si soal nya dy demen amat d kasih mkn kangkung dri pda pelet dy krng mau mkn...saya hajar aja ksh kangkung dripda dy g mkn ntr susu nya krng.
      .oh ia kalo ank nya gitu boleh g y kasih mnm susu?klo boleh susu apa y?

      Delete
    4. Kalau mau sih beli online aja lewat tokopedia atau buka lapak, buat beli skr 214 atau morning sun. Kalau hamil sih biasanya morning sun dewasa bagusnya.

      Selama di susui sama induknya, nggak perlu pakai susu tambahan tapi klo nggak disusui pakai kitten replament milk, di petshop mahal sih satu set sama sekaleng susunya bisa 150 rebu.

      Delete
  26. Mas mau nanya dong, kelinci saya fuzzy lop baru tanggal 17 feb kmaren berusia 3 bulan, bagusnya pake morning sun yang baby atau yang dewasa aja? Trus sebenernya perbedaan morning sun sama oxbow itu kaya gimana ya? Hehe tks a lot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake yang baby aja dulu tar kalau udah 5 bulanan baru pindah ke adult

      Delete
    2. saya si dr bayi sampe gede kasinya yang young terus lbh doyan kayaknya

      Delete
  27. Bro, mau Tanya, saya beli kelinci holland lop, Dari awal makanannya merk nova, berhubung tidak disebut di atas, saya Ingin tau apa sudah ada yg coba merk tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak pernah pake nova, jadi yang udah pernah silahkan komen

      Delete
    2. saya sudah! nova si pada doyannya ga ketolongan dah.. cuma kalo anak nova biasanya badan gede tp ringan, sy pakai nova buat treats aja, utamanya pakai oxbow young

      Delete
    3. btw spertinya bagusan nova drpd morning sun, peletnya warna hijau kayaknya mengandung pewarna ada temen dr bunny lover pernah pengalaman peletnya kena air trus airnya jd ijo juga

      Delete
    4. gw pake pelet nova.., kelinci gw jadi ndutt

      Delete
  28. Mas kelinci saya anggora saya kasih makan kangkung smaa pelet yg hrga 9ribu...sejauh ini si baik2 aja..sebaik nya d ksh mkn pelet apa y mas?kangkung memang nya g bgs y buat kelinci?mohon info ny y mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kangkung nggak boleh sis, soalnya bikin mencret kalau mau kangkungnya dijemur sampai berwarna kekuningan dan itupun nggak boleh banyak-banyak karena bikin pup dan pipis bau banget.

      Kalau anggora sih bagusnya pelet oxbow, kalau nggak ada duit beli skr 214 aja.

      Delete
  29. anggora coba kasi pelet nova deh, high protein bikin bulu jd halus, atau pelet skr214 plus oatmeal tp oatmealnya sesendok makan aja 1 minggu 2-3 kali #chubbyhappybunnies

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya punya 3 kelinci kira-kira 3-4bln, mencoba beralih ke pelet nova yg ada berriesnya, saat ini baru 1 kelinci saja yg bisa makan sampai habis (terkadang ada yg dimuntahkan), kelinci yang lain waktu digigit selalu dimuntahkan, apa penyebabnya karena pelet nova terlalu keras tidak bisa dikunyah ya? Karena pelet saya yg lama mudah hancur daripada pelet nova. Thx

      Delete
    2. 1. Bisa jadi belum terbiasa dengan pelet baru, karenanya penggantian pelet untuk kelinci anakan seharus pelan-pelan.
      2. Setiap kelinci punya selera beda-beda, ada yang doyan merk tertentu, ada yang lahap dengan semua merk. Biasanya netherland dwarf paling rewel kalau gonta-ganti pelet.
      3. Campur saja perlahan-lahan, pelet baru dengan pelet lama. Pelan-pelan kurangi, pelet lama dengan pelet baru sampai akhirnya full pelet baru.

      Kalau masih di bawah 5 bulanan jangan sering gonta-ganti pelet, karena takut mencret.

      Delete
    3. Jadi keras atau tidaknya pelet tidak berpengaruh ya?

      2 kelinci saya yg tidak doyan lop, yang doyan sama pelet nova english anggora

      Sempat mencret 1 kelinci saya yang tidak suka dengan pelet nova. Langsung saya tanggapin, alhamdulillah sekarang sudah sehat.

      Tapi saya masih ragu penyebab mencret. Karena pada saat bersamaan saya mengganti pelet baru, saya juga menaburkan bedak pada badan kelinci terlalu banyak sehingga air minum tercemar bedak.

      Delete
    4. nggak ngaruh gan keras atau nggak, karena pelet pasti lumer kena liur lama-lama. Ya itu, balik lagi ke selera kelinci masing-masing. Kecuali buat anakan yang baru selesai dari sapihan indukan, suka rewel ama pelet.

      Bedak buat apa gan? Kelinci suka menjilati bulunya karena mereka rajin grooming kaya kucing, jangan-jangan itu bedak kejilat dah.

      Delete
    5. selain kasih makan nova kelinci yg mencret itu dikasih makan apa lagi? pengalaman saya nih bocah2 dirumah kalo makan yg kandungan proteinnya tinggi memang bisa mencret sebenernya bukan mencret, tapi poop nya anggur, namanya cecal poo, poo ini agak lembek dan bau memang, jadi coba dilihat dr makanannya, kalau terlalu banyak alfa2 juga bs bikin poo lembek, contoh makan alfa2 hay+pellet young+nova atau makanan lain yg kandungan proteinnya tinggi, maka bisa menghasilkan poo anggur yang agak bau tadi.

      sebagai referensi:

      Smelly soft grape-like cecotropes (also called soft cecal pellets) coated with a thin layer of mucus that are produced in the cecum. They are rich in minerals, vitamins, proteins, water, and bacteria. To avoid the loss of these precious nutrients, the rabbit will re-ingest them as soon as they pass the anus, without chewing, to avoid breaking the outer coats of the grains. This enables the continuation of fermentation and the survival of bacteria inside the grains while passing the acid hostile environment of the stomach. - source http://www.medirabbit.com/EN/GI_diseases/drop/Drp_en.htm

      sebagai tambahan pemberian pellet pada kelinci sebaiknya dibatasi, nanti mereka ga mau makan hay akibatnya bisa bermasalah sama urinary nya, ini sedang dialami sm kelinci saya soalnya nih, pee nya jd kekentelan krn kebanyakan makan pellet jd pantatnya basah terus

      smoga membantu ya ^^

      Delete
  30. Kalo vitamin2 gitu mas buat bulu nya g rontok ada g? Ia mas saya udh mau stop ksh kangkung tpi ortu syaa kasih mkn kangkung trs 😭ia ntr sya cari skr 214 deh mudah2an d balikpapan ada jual

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak sis, tapi kemungkinan harus beli online karena produk kelinci jarang banget ada di petshop. Misalkan oxbow shine hair and coat, atau merk lokal t-rex dan biobig.

      Delete
    2. beli di tokopedia or instagram banyak yang jual kok.. tenang ajahhh sissss ^^

      saya saranin beli furminator yang buat sisir bulu kucing supaya ngebantu angkat bulu matinya, kalau disisir pakai sisir grooming biasa kurang ngangkat sis

      Delete
  31. Kelinciku yg msh w bulanan bru beli ga mau aku ksih pelet, aku ksih sayur tapi diare. Gimana tu

    ReplyDelete
    Replies
    1. pellet sama sayur ya pasti pilih sayur, jd kalo mau kasi sayur dikit aja buat treats nanti kalo laper juga dimakan kok peletnya

      Delete
    2. Beli obat diare namanya rebung, banyak di tokopedia. abis itu jangan kasih sayur dulu, kasih hay aja.

      Delete
  32. Hello bro, mau banyak tanya nih, baru dapet hibah kelinci 2 ekor umur 40 hari. Udah pisah dari induknya, sebelumnya udah di kasih pelet sama yg punya sebelumnya dari umur sebulan. Jarang dikasih hay, apa perlu dikasih susu lagi?(susu kambing) selama 3 hari ini dikasih hay(ngarit sendiri)50%, pelet guyo 40%, daun pepaya(dilayuin) 10%. Alhamdulillah sehat,lincah, rakus. Gak dikandangin pake rumah2an di balkon rumah(pagi 70% sinar matahari dr timur), luas 8x2m. Apa perlu dikandangin bro? Thx anyway.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.40 hari mah masih disapih, anakan kelinci baru boleh dipisah dua bulan ke atas aka 60 hari lebih.

      2. Kalau mau dikasih susu, biasanya sih kitten milk replacement, nggak pernah coba susu kambing.

      3. Mending sampai dua bulan lebih kasih aja hay atau rumput, biar nggak gampang mencret. Peletnya sedikit aja dan jangan gonta-ganti merk pelet, karena umur segitu rawan mencret.

      3. Selama dikasih tempat berteduh sih nggak masalah, cuma karena itu di bawah tiga bulanan, biasanya sensitif ama cuaca, kepanasan atau kedingin dikit aja biasanya langsung koit. Makanya kelinci baru boleh dipisah dari indukan, pas dua bulan ke atas. kalau mau buatkan kandang di tempat yang teduh aja.

      Delete
  33. Gan mau nanya saya ngasih lop saya merek hatori nah saya mau ganti cuma hatori saya masih ada dua kotak sayang klo di buang apa di lanjutin dulu sampai habis apa gimana...

    ReplyDelete
  34. Jangan langsung di ganti nanti perutnya kaget, proporsinya diatur persentasenya awalnya hatori nya kurangin dikit trus campur sm yg baru bertahap tambahin pelet baru n pelet lama kurangin btw follow ig temankelinci disana ada informasi cr pelihara kelinci berbahasa indonesia berdasarkan pengalaman temankelinci

    ReplyDelete
  35. Kalo semisal pake pelet Nova gemana gan ?? Buat Rex Murni sama Rex Campur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nova nggak pernah coba, tapi itu merk premium sih, apa lagi yang campuran berries.

      Delete
  36. gan , baru dapet hibah kelinci umur nya katanya 2.5 bulan , karna masih newbie aku beliin morning sun kayak gambar yang diatas karna banyak yang recomend itu . dan gatau kalo itu untuk adult yaa . boleh gak yaa dikasih ke kelinci itu .?? baru beli sih morning sunnya mpung belom dibuka ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya boleh aja, tapi kalau masih baru adopsi mending dikasih makanan yang sama seperti di tempat breedernya. Baru pas lewat tiga bulanan, kasih makanan yang beda. Takutnya mencret, kalau teteap mau kasih morning sun, kasih sedikit-sedikit, klo nggak mencret boleh terusin.

      Delete
  37. Gan...puznk deh kelinci type flam...dikasih pelet merk skr n guyofeed gamau yg kiloan..tapi kata orang peternak nya dy dikasih makan skr guyofeed n jamfeed mau.sebenernya qlu type itu yg kira2 sebenernya pelet apa c ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya flemish giant? Kalau kelinci ternak sih biasanya goyufeed atau skr. Biasanya pelet kiloan nggak jelas isinya dan umumnya buat makan lele.

      Delete
    2. Rata2 Qlu kelinci suka morning sun..trz tiba2 pindah ke nova pasti suka ga ya?soalnya mw pindah ke nova..tp qlu udah dibeli gadimakan kan sayang...sama qlu dikasih oatmeal boleh ga? Soalnya dy suka

      Delete
    3. Kalau untuk tiga bulan harusnya jangan ganti-ganti pelet, karena bisa bikin mencret. Soal suka apa nggak tergantung selera kelincinya, tapi kalau laper pasti dimakan juga sih.

      Delete
  38. Gan mo nanya kalo merk vitamaxx bagus ga ya but kelinci? Kelinci saya netherland dwarf

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan belum pernah coba merk itu, jadi nggak bisa komen.

      Delete
  39. Mas, bedanya SKR200, SKR210 dengan SKR214 itu apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu beda kandungan gan, karena masing-masing skr dibuat untuk kebutuhan, ada yang untuk kelinci ternak, ada yang untuk kelinci hias.

      * SKR 210
      Dengan keunggulan harga paling murah di banding tipe SKR yang lain. Pellet EKONOMIS tapi TIDAK MURAHAN.

      * SKR 212
      Dengan keunggulan kandungnnya yang seimbang antara protein, karbohidrat, serat, maupun lemaknya menjadikan pellet ini makanan yang pas dengan kelinci maupun kantong anda.

      * SKR 214
      Dengan keunggulan kandungan protein yang tinggi mencapai > 18% sehingga pellet ini di gemari untuk kelinci-kelinci kontes; anakan ; maupun untuk kelinci yang sedang menyusui.

      * SKR 200
      Dengan keunggulan kandungan serat tinggi ( > 20% ) dibanding jenis SKR yang lain hingga dapat membantu proses alami pencernaan kelinci dan mencegah obesitas pada kelinci anda.

      Delete
  40. klau gw kasihnya yg merk nova..., kelinci gw suka banget

    ReplyDelete