Kenapa Kelinci Jadi Galak Atau Agresif Terhadap Kelinci Lain?

Kenapa Kelinci Jadi Galak Atau Agresif Terhadap Kelinci Lain?

Sudah setahun lebih saya punya fuzzy lop jantan dan netherland dwarf betina. Selama ini nggak ada masalah berarti sampai kemarin pas bawa balik kelinci fuzzy lop dari barito yang cuma bertahan 5 jam di rumah. Tiba-tiba saja si Momo netherland betina menggila dan menyerang kelinci baru ini. Nah, ternyata selama ini ada yang gua salah dalam menyingkapi kelinci karena umumnya orang mikir kelinci sama seperti kucing atau anjing.
  

Kenapa jadi galak

Perlu diketahui kelinci yang tiba-tiba jadi galak dan agresif serta menyerang orang maupun kelinci lain 99% adalah betina. Hal ini karena beberapa sebab yang orang banyak nggak tahu.

1. Marking
Kelinci betina adalah hewan teritorial, mereka akan marking atau menandai wilayahnya dalam kasus ini kandang atau rumah jadi kalau ada pendatang baru akan langsung di bantai. Karena pendatang dianggap akan mengambil wilayah kekuasaan si betina. Kelinci di alam liar biasanya dipimpin oleh satu betina paling besar dan paling berkuasa.
2. Hamil
Kelinci betina yang hamil akan mengalami masalah hormonal atau semacam PMS, mereka cenderung akan jadi galak terutama kalau ada yang masuk ke kandang atau tempat yang sudah dia pilih jadi sarang.

Lucu, tapi kalau nggak tahu gimana ngurusnya bisa jadi galak

Solusi

1. Steril : Cara  mengatasi kelinci yang tiba-tiba jadi galak sebenarnya cuma satu, yakni harus disterilkan ke dokter hewan. Setelah diseterilkan hormonnya menurun stabil, kelinci nggak bakal marking wilayah dan bisa menerima kelinci lain dengan aman.
2. Bonding: bonding adalah memperkenalkan kelinci satu sama lain hingga mereka bisa temenan. Biasanya caranya adalah dengan di bawa ke tempat baru di mana si kelinci lama belum menandai. Biasanya di luar rumah atau di ruangan yang baru. Tapi cara yang biasa gua pake adalah dengan kapas yang sudah di campur kencing kelinci lama lalu diusap ke kelinci baru, sekalipun nggak ada jaminan 100% sukses tapi biasanya manjur.
3. Pelihara dari kecil: Waktu pelihara sebaiknya sudah dipikirkan masak-masak mau dikasih teman apa nggak? Karena kelinci yang yang tumbuh bersama akan bonding seumur hidup.
4. Pilih jantan: Ini dia cara terakhir kalau nggak mau berhadapan dengan kelinci yang tiba-tiba jadi agresif ketika bawa kelinci baru. Adalah dengan pelihara hanya jenis jantan saja karena jantan cenderung lebih menerima jauh lebih tidak agresif dari pada betina.

Reactions

Post a Comment

27 Comments

  1. Klo udh berteman di kandang yg baru terus dipindahin ketempat yg lama gimana? Trmakasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya gimana ini? Kalau nggak berantem tapi temanan buat apa dipisah?

      Delete
    2. Yaaa kalo ga ada masalah udah berteman mau dipindah ke kandang yg mana mana juga ga akan masalah.

      Delete
  2. Klo udh berteman trs dipindahin lagi ke kandang yang lama gimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah bonding (temanan), terus dipindahin ke kandang yang lama, harusnya sih nggak jadi masalah. Bakalan bonding terus dimana pun.

      Delete
  3. Mas. Itu yg difoto jenis netherland yh??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jenis ND emang terkenal agresif berdasarkan teritorial

      Delete
  4. Jantan ketemu jantan memang suka berantem ya? Gimana cara mengatasi bya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya sih nggak, kecuali betina. Ada banyak sebab, misal mereka nggak bonding dari kecil atau lagi masuk musim birahi. Cara paling ampuh sih, steril biar hormonnya nggak bergejolak.

      Delete
  5. Kalo kelinci pedaging bagaimana?,,apa sama akan agresif

    ReplyDelete
  6. Kelinci saya jantan HL umur 5 bulanan, skrg saya rencana mau beli temennya soalnya kasian sendiri..

    Kira2 yg dibeli apakah aman kalau belinya Betina umur 3 bulan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah sih, cuma beda dua bulan aja. Yakin gak, siap buat pelihara banyak kelinci? Umur 6 bulan jantan sudah birahi dan betina 5 bulan sudah bisa mengandung. Sebenarnya gak ada masalah sih, kelinci dipelihara sendiri, malah jadi cepet bonding sama owner.

      Delete
  7. Kak wajar gak kalo kelinci baru pertama ketemu lawan jenisnya saling gigit/ berantem:( saya takut salahsatunya mati kak:(, terus gimana caranya biar mereka akur ya kak? Tolong dijawab ya kak🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak disebut umurnya berapa? Tapi, itu wajar banget karena berebut wilayah, biasanya kalau salah satunya lebih kecil pasti dibantai. Harusnya seumuran dan di bonding dulu,lebih bagus disterilkan.

      Delete
  8. Hello, aku punya fuzzy lop 2.5 bulan dan belum neuter. Mau cari temen jantan nd untuk dia cuma kalo googgling kelihatannya jantan sama jantan katanya pasti berantem sedangkan kalo cari betina takut kawin. Mending cari jenkel apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru pas gede, betina paling teritorial dan pasti ngebantai betina lain yang baru datang. Pengalaman jantan belum di steril bisa nerima jantan lain tapi, pas musim kawin biasanya kejar-kejaran, gak separah betina.

      Delete
  9. Kak saya mau tanya. saya kan punya kelinci betina sudah siap kawin trs saya kasih kelinci jantan. Tapi kok malah kelinci betina yang mau ngawini kelinci jantan. Itu kenapa y kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tanda dominasi, coba bawa kelinci ke kandang si jantan, jangan sebaliknya.

      Delete
  10. Hallo kak...
    Tadi sore 1 kelinci didalam kandang jenis rex jantan dewasa saya lepas dihalaman, dihalaman ada 2 kelinci. 1 Betina Hamil dan 1 Jantan dewasa yg jenisnya rex carpet. Pas malam pulang saya periksa halaman 1 jantan yg baru saya lepas mati, pertanyaan saya
    1. kira² berantem sama yg jantan atau
    betina..??
    2. Apa mungkin kelinci berantam sampai
    mematikan pendatang baru..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Soal mati kenapa, mana saya tahu kalau gak lihat fotonya
      2. Biasanya sih, betina bakal nyerang pendatang baru, apalagi klo sama-sama betina dan umurnya di bawa betina dominan, pasti dibantai.

      Delete
  11. Klo ND sama HL digabung pake cara bondingnya bs gk? Semoga dijawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara bonding banyak dan tergantung sikon, misal seumuran kaga? Udah di streil apa belum, coba aja cek di YouTube.

      Delete
  12. hai ka, aku punya kelinci ND betina, umurnya 5 bln. tpi aku mau beli HL jga, yang betina. umurnya belum pasti, krn masih milih - milih ka. atau si HL belinya yg jantan aja? bagusan beli HL jantan atau yg betina? terimakasih, tolong dijawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, betina sama betina klo gak dari kecil pasti rebutan teretorial yang lama bakal bantai yang baru, kecuali jago buat bondingin atau beda tempat, gak dalam satu ruangan.

      Klo mau aman sih jantan, cuma pasti kawin terus nanti klo gak disteril.

      Delete