Kelinci Mati Overdosis Vitamin Dari Dokter Hewan

Minggu lalu gue ngalamin kejadian naas banget, kelinci netherland dwarf gue si Momo tiba-tiba mati dalam 24 jam setelah dibawa ke dokter hewan. Sebelumnya netherland dwarf gue ini memang sudah dua hari nggak makan tapi masih lincah. Gegara gue ganti pelet ke SKR 214, netehrland dwarf gue nggak suka sampai nggak disentuh selama dua hari. Kenapa sampai gue paksain pelet SKR 214? Soalnya dulu-dulu kalau kelinci nggak dikasih pelet baru memang nggak dimakan tapi lama-lama kalau laper pasti disikat! Ujungnya jadi doyan tuh sama pelet baru. Tapi ini netherland dwarf memang kebangetan sampai nggak nggak mau makan juga setelah dua hari. 


Setelah dua hari puasa, netherland dwarf kelihatan kurus tak terurus. Feeling gue udah jelek banget apa lagi kelinci paling lama nggak makan adalah 20 jam kalau lewat bisa mati, kenapa netherland dwarf gue bisa survive sampai dua hari tanpa pelet, karena gue rasa dia makan sisa-sisa hay di dalam kandang.

Nggak pake mikir panjang gue bawa ini netherland dwarf ke dokter hewan. Kata si dokter sih nggak apa-apa masih sehat cuma kurang minum aja, jadi cuma dikasih suntiikan warna kuning. Katanya sih, ini vitamin dan kelinci gue harus dikasih makanan lembek, cair atau jel semacam vita jel.

Setelah dari dokter hewan gue pikir, everything is fine. Walaupun, gue memang nggak kasih makan netherland dwarf gue pake vita jel karena harus buru-buru cabut ke luar kota. Pas, besoknya gue pulang....simsalabim....netherland dwarf gue, udah beku di lantai dan yang paling serem adalah keluar darah dari mulut dan perutnya menggelembung dua kali lipat. (pokoknya mengerikan)

Gue sampai bingung masa sih nggak makan dua hari, bisa muntah darah dan perut mengelembung? harusnya mati kurus bukan? Menurut dugaan gue sih karena ada kontradiksi antara vitamin yang disuntik. Dari hasil riset gue sih sepertinya overdosis vitamin seperti cerita di blog ini

Dari semua forum kelinci memang banyak yang bilang kalau dokter hewan yang bisa nanganin kelinci itu jarang banget di Jakarta. Katanya sih, dokter hewan yang bisa untuk kelinci cuma dokter Rotoro dan dokter cucu, karena disitu biasanya orang  sterilin kelinci. 

Singkat kata apes aja ya, gegara ini gue jadi rada-rada males juga buat nambah kelinci lagi. Untungnya masih ada fuzzy lop gue si Kimchi, yang masih sehat wal'afiat dan alhamdulillah udah berumur setahun lebih. Mending fokus dulu aja ke satu kelinci, yang penting keurus dan panjang umur.



6 comments:

  1. Ke dok mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klinik hewan deket rumah di slipi, nggak enak kalau sebut nama.

      Delete
  2. Salam kenal. Kalo boleh tau beli netherland dwarfnya dimana? Susah cari yg warna abu2 soalnya. Aku jg tinggal daerah slipi. Thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu warna chesnut bukan grey atau abu-abu, kalau mau bisa kok tanya-tanya, sama banyak rabbitry bermutu di group facebook netherland dwarf indonesia.

      https://www.facebook.com/groups/nd.indonesia/

      Aku beli di salah satu rabbitry di group itu.

      Delete
  3. Salam kenal. Boleh tau tidak forum kelinci apa yang anda kunjungi? saya ingin membacanya bahan skripsi saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak sist, group pecinta kelinci di kaskus, group peternak kelinci di facebook, sama follow akun-akun kelinci di instagram.

      Delete