Cara Download Game Nintendo 3DS Gratis

Sebelum mulai pastikan dulu Nintendo 3DS kamu sudah memakai custom firmware, atau CFW bukan yang masih original firmware atau OFW. Sebab Nintendo 3DS CFW, umumnya nggak bisa masuk eshop buat download game dan themes, sementara Nintendo 3DS original firmware bisa masuk eshop, namun semua theme dan games di eshop nggak ada yang gratis. Jadi kalau mau download games gratis Nintendo 3DS harus CFW dulu. Kalau sudah CFW kenapa nggak download lewat si mbah google aja? Bisa, tapi nyari link dan rom game Nintendo 3DS format cia nggak gampang, ada ratusan link dan entah mana yang benar-benar berfungsi. Sebagai contoh cari rom game Yokai Watch aja susah banget, kalau ada download ribet pake 6 part segala. Belum lagi games-games Nintendo 3DS lain, yang nggak terlalu populer, bisa nihil sama sekali di mbah google.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada solusi yakni dengan menggunakan freeshop atau versi hacked dari eshop. Sekitar 70-80% games di eshop tersedia juga di freeshop untuk kamu download gratis! Namun, saya nggak bisa nemu themes di freeshop, cuma tersedia games saja. Tampilan freeshop pun jauh lebih sederhana ketimbang eshop, karena cuma ada satu layar yang scrolling terus sampai games terakhir.  But who cares? Yang penting gratis!

Langkah-Langkah
1. Pertama kamu harus download file freeshop. cia terlebih dahulu, tinggal sedot di Freeshop 2.1.3
 lalu download file keynya di 3DS title keys




2.  Lalu file freeshop.cia di copy ke dalam sd card, masukan file freeshop. cia ke dalam sd card dan taruh di luar saja, jangan dimasukan ke dalam folder apapun. 


Kemudian buat folder dengan judul freeShop dan masukan file key  3DS title keys  ke dalam folder tersebut. lalu copy folder tersebut ke dalam folder data FBI. Folder data ini, ada di dalam folder 3ds. Urutannya, folder freeShop --- > 3DS ---- > data

                        
3. Setelah semua file freeshop.cia dan file 3ds title keys sudah berada di tempat masing-masing, tinggal kembali ke menu awal FBI dan instal file freeshop.cia, biasanya cuma beberapa detik karena file freeshop.cia hanya 3MB saja.

4. Keluar dari menu FBI dan anda sudah menemukan icon freeshop di menu 3DS, klik freeshop dan awalnya bakal download cache, biarkan sampai semua game di layar atas muncul.  Lalu tinggal pilih games Nintendo 3DS yang kamu mau.

download gratis game nintendo 3ds
Duh, download pakai bolt aja lama? Maklumlah gratisan

download game nintendo 3ds gratis
Tampilan yang amat sederhana dari pada eshop, tapi 70-80% game di eshop tersedia juga di freeshop, bahkan pokemon sun dan moon pun ada loh.
Note:
1. Awal-awal freeshop yang saya instal nggak mau menampilkan games? Karena saya salah taruh file 3ds title keys. Jadi kalau setelah instal freeshop dan nggak muncul games, itu berarti kamu salah taruh 3ds title keys.

2. Salah satu kelemahan paling parah freeshop ini adalah kecepatan dalam mendownload game, maksudnya download lewat freeshop lebih lamban dari pada lewat eshop. Sebab saya sudah uji coba dengan menggunakan bolt 4G, download game 25MB lewat eshop sekitaran 3-5menit saja sementara game dengan ukuran sama di freeshop makan waktu 23-30menit. 

Maklumlah, namanya juga gratis tapi bingung juga kalau download game dengan ukuran 1Gb ke atas, bukan apa-apa baterai 3DS kalau dipakai download cepat habis . Nah, pikir dah sendiri gimana caranya biar 3DS kamu kuat selama download. Kalau sambil di colok ke listrik, katanya sih bisa mengurangi durasi hidup baterai. 


Baca Juga : Membeli Nintendo 3DS CFW



6 comments:

  1. Replies
    1. Kalau dilihat di folder luma sih tulisannya FBI 1.14.17

      Delete
  2. Mas, mau nanya dong. Gw baru punya 3DS LL CFW (Pake Menuhax Loader) di setting tertulis RX-E 11.2.0-35U, FBI 1.14.17.
    1. Apa gw bisa konek internet pake wifi?
    2. Apa bisa juga gw download game dgn cara di tulisan ini?

    tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Harusnya bisa gan, ane maen pokemon Y aja bisa main online. Tapi hati-hati kalau masuk eshop, karena ada setingan lagi biar nggak ketahuan dan biasanya toko pasti bilang nggak bisa eshop, untuk menghindari masuk eshop dan kena banned.

      2. Freeshop bisa buat semua versi CFW gan, tinggal ikutin cara di atas aja.

      Delete
  3. Bang, ko app freeshopnya gabisa didownload ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ternyata linknya udah ditutup, ke sini aja https://freeshop.pw/get-started/

      Delete