Membeli Nintendo 3DS CFW (costume firmware)

Sebenarnya antara yakin dan nggak yakin untuk membeli nintendo 3ds cfw. Sebab banyak banget fitur dari nintendo 3ds yang nggak bisa dipakai, tapi tanpa cfw, nintendo 3ds bakal banyak nganggur gegara nggak mampu beli game nintendo 3ds yang harganya mehong banget! Tapi setelah game nintendo 3ds berhasil dibajak dan melimpah ruah di mbah google, godaan untuk beli nintendo cfw makin menguat, sampai akhirnya saya memutuskan untuk mengambil resiko membeli sebuah nintendo 3ds cfw. Sebelum membeli saya sudah riset sana-sini mengenai nintendo cfw, sekalipun sumber bejibun, tapi nggak pernah bisa ngerti apa itu cfw serta segala tetek bengeknya. Jadi sebelum beli ada baiknya saya kasih nintendo cfw for dummies.

CFW itu apa?
Cfw adalah singkatan dari costume firmware, sementara ofw adalah original firmware. Nintendo 3ds cfw, artinya firmware sudah dimodifikasi sedemikian rupa sampai bisa memainkan game bajakan/ copy format cia. Ada banyak versi cfw dan selalu diupate, jadi pastikan untuk membeli nintendo 3ds dengan versi cfw terbaru atau minta garansi pada penjual, agar bisa update cfw.  Setelah ngobrol panjang lebar dengan seller, cfw luma sesuai dengan kebutuhan saya.

Jadi cfw bukan hanya memungkinkan 3ds untuk bisa memainkan game bajakan/copy format cia, namun juga memungkinkan untuk mengubah hampir semua setingan 3ds. Misalkan bahasa, sekalipun 3ds region Jepun, dengan cfw semua bahasa termasuk menu, bisa dirubah menjadi inggris. Cfw mempunyai banyak plugin yang berfungsi untuk mengubah berbagai setingan, misalkan costume backlight, costume themes etc. 

 Resiko Nintendo 3ds CFW
Dengan mengubah firmware original pasti ada resiko, apa lagi nintendo 3ds selalu terhubung dengan internet, artinya pihak nintendo bisa dengan mudah mengenali mana nintendo dengan fimware orisinil dan nintendo dengan firmware costume. Kalau sudah terditeksi, bisa kena berbagai sangsi misalkan mesin nintendo anda di banned, sehingga nggak bisa online dan masuk eshop lagi, atau lebih parah nggak bisa memainkan game lagi!

Maka dari itu semua nintendo 3ds dilarang online, agar nggak terditeksi menggunakan cfw. Termasuk menggunakan miiverse dan ganti themes maupun update system, jadi mau nggak mau kita bakal manyun karena nggak bisa menikmati berbagai update official, seperti tambahan menu, penawaran game dan demo game dari eshop, sampai dengan download game yang sedang didiskon. 

Cara Update CFW atau OFW Ke CFW
Pastinya bakal banyak tanya, gimana ngerubah original firmware ke costume firmware atau cara update firmware dan tambah plugins. Terus terang saya nggak ngerti dan harus orang experts, urusan cfw ini bukan perkara mudah dan nggak bisa dipelajari dalam semalam. Dari pada nintendo 3ds matot, saya sarankan membawa ke toko game untuk cfw, update atau tambah plugins.  

Kesimpulan
Sampai sini pastinya sudah lumayan mengerti mengenai nintendo 3ds cfw, jadi apakah worth it untuk membeli sebuah nintendo 3ds cfw? Kalau buat saya sih, ya banget, sebab dengan harga pergame 500 ribu rupiah, ini adalah satu-satunya cara untuk bisa menikmati berbagai game. Tapi perlu diingat! Main game bajakan dengan nintendo cfw, nggak bisa online dan itu artinya nggak semua fitur game bisa dinikmati, seperti main online dengan players lain, menerima gift dan update game. 

Karena hal ini pula saya harus punya dua nintendo, satu cfw untuk main game bajakan dan satu lagi ofw untuk main game orisinil. Sebab untuk game favorit seperti pokemon, kita nggak bakal bisa ikutan event, mystery gift dan online battle.  


6 comments:

  1. masih hidup kah blog nya?, ane mau nanya klo yang dari cfw ke ofw itu gmn ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susyeh...gan, mending ke toko bayar yang penting semua berfungsi normal.

      Delete
  2. Bro, jadi gue kan punya nds lite, semua seri pokemon di nds lite itu dah gua maenin secara online. Jujur yg battle blom pernah, tapi fitur2 tranfer seperti GTS dan mistery gift gue udah pake dan bisa bro dan gam terbanned. Sebagai contoh di pokemon BW gue dpt kok dari mistery gift victini, darkrai, sama reshiram/zekrom yg lvl 100 dan banyak lagi. Game2 lain juga gue buat online aman2 aja bro.

    Nah soal terbanned itu gue ngerti juga bro, soalnya gue juga punya psp dan pspnya itu lake semacam cfw juga. Nah trus gue online, semua berjalan lancar sampai suatu hari gue gk sengaja masuk ke playstation store dimana itu adalah bagian yg gk boleh dibuka klo pake cfw dan online. Lenyap seisi psp gue bro, save2an dan gamenya, semualah pokoknya, trus dikunci lagi. Terpaksa diformat trus diisi cfw dan game lagi.

    Nah jadi pertanyaan ane bro, apakah dalam hal ini pihak nintendo sendiri yg mempertegas dalam pemakaian cfw nya khususnya untuk console nds lite keatas seperti new 3ds/2ds? Atau gara-gara cfw nya seiring jalannya waktu updatenya makin bagus dibuat oleh para pembajak sehingga tak terdeteksi pihak nitendo? Atau siluman mode lah istilahnya hehehe....

    Soalnya gue mau beli new 2ds/3ds juga bro barengan sama temen gue, jadi kami sedang mengumpulkan informasi dan anda sepertinya tahu banyak tentang nitendo juga dan disinah kamin bertanya pada anda

    Mohon bantuannya ya bro heheheee....

    Buat yg baca klo tau infonya minta tolong di reply ya commentku ini, ditambahin atau apalah hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kalau untuk online game memang banyak yang nggak ke banned, sementara untuk masuk eshop sudah pasti ke banned karena di situ kamu masuk pakai ID nintendo, dan terbaca sistemnya jadi pasti ketahuan.

      2. Nah, kebetulan sekarang pihak nintendo sedang gencar membasmi para pemakai CFW bahkan semua CFW user yang online lewat game pun, sekarang terditeksi dan 3DSnya di banned, sehingga nggak bisa online lagi.

      3. Memang sudah tabiat, nintendo begitu. Mereka bakal biarin dulu pembajak rame, lalu tiba-tiba razia masal. Kalau mau beli nintendo CFW, saran saya jangan dalam waktu dekat karena seperti sudah di bilang tadi, nintendo sedang gencar membanned CFW user. Atau jangan dipakai online dan matikan streetpass sharingnya.

      Delete