Join 1000+ subscribers

Facebook Me

Baca Ini Sebelum Membeli Nintendo Switch CFW

Berhubung game Pokemon Sword and Shields sudah keluar, mau nggak mau saya kudu berburu Nintendo Switch yang mana, dari pertama release September 2019 belum punya. Alasan kenapa saya nggak buru-buru beli Nintendo Switch adalah karena menunggu versi murah atau Nintendo Switch Lite, setelah Switch Lite release saya baru tahu ternyata Switch Lite nggak bisa di custome firmware atau CFW bahkan Nintendo Switch standar keluaran terbaru pun sudah nggak bisa di CFW. Setelah riset sana-sini, ternyata Nintendo memang membekali Switch dengan system anti piracy sehingga nggak akan mudah untuk di CFW seperti pada 3DS. Namun, Switch versi awal atau yang pertama kali keluar, mempunyai celah keamanan yang bisa ditembus sehingga sampai saat ini hanya Nintendo Switch versi awal yang mampu untuk CFW. Berbekal celah keamanan pada Switch versi awal, Nintendo mengeluarkan versi Lite serta Switch versi standar terbaru dengan system kemanan yang lebih canggih jadi, jangan heran kalau kedua versi Switch terbaru ini nggak bisa ditembus dan imbasnya nggak bisa main game bajakan harus game orisinal.

Switch Versi Awal

Akhirnya saya pun, membeli Nintendo Switch versi awal karena memang niat kalau sudah tamat Sword and Shield akan di-CFW kan demi menghemat kantung, mengingat harga game Switch yang super duper mehong, sekitaran IDR 700.000 jauh lebih mahal dari game 3DS yang berkisar IDR 500.000 - 300.000. Sekalipun versi awal ini banyak dicari, Switch versi awal mempunyai kelemahan dalam daya tahan baterai yang lumayan lemah. Contohnya Switch saya yang dipakai untuk bermain Pokemon Swords hanya mampu bertahan maksimal 1,5 jam saja, itupun dengan low brightness dan tanpa wifi. Sementara Switch versi baru dan Lite, punya daya tahan baterai yang jauh lebih mumpuni.


Lalu seperti apa sih Switch versi awal? Bisa dilihat dari nomor serinya, kalau mempunya awalan XAW1, XAW7, XAJ4 dan XAJ7 itu bisa dipastikan mampu untuk berubah jadi CFW sementara seri di atasnya sama sekali nggak direkomendasikan.  

Proses CFW Ribet dan Mahal

Untuk merubah Nintendo Switch dari OFW ke CFW bukanlah perkara mudah bahkan, biayanya pun sama sekali nggak gampang. Jangan heran kalau Switch versi CFW jauh lebih mahal dari pada versi OFW bahkan dalam proses CFW nggak ada jaminan bakal 100% berhasil. Kamu harus siap pasrah kalau sewaktu-waktu Nintendo Switch kamu brick di tengah proses.

Kalau punya pikiran untuk datang ke toko game dan tinggal bayar saja, itupun sama saja. Resiko brick akan selalu ada dan bayar untuk CFW Switch nggak murah loh! Dulu cukup IDR 50.000 sampai IDR 100.000 saja untuk CFW 3DS sekarang, bisa IDR 500.000 itupun kalau toko punya alatnya, kalau nggak kudu beli sendiri dah. 

Kalau kamu mau CFW sendiri juga bisa namun, saya nggak rekomen karena prosesnya super duper ribet banget dan kamu pun harus punya alatnya khusus.

Resiko CFW Tinggi

Berbeda dengan CFW di-3DS yang aman-aman saja ketika dipakai online bahkan masuk e-shop. CFW Nintendo Switch mempunyai resiko tinggi, sekali online pasti akan terditeksi oleh Nintendo dan berimbas pada diblocknya Switch kamu, Switch yang terblock nggak bakal bisa lagi dipakai online! Sehingga Switch yang sudah CFW  nggak boleh online.

Mungkin kamu bakal mikir, cuma nggak boleh online saja cincai! Faktanya, Switch game dibuat agar bisa open world atau saling berinteraksi dengan player lain dimana pun. Jadi bakal banyak game yang nggak bisa dinikmati secara utuh karena nggak boleh online. Contohnya Pokemon Swords and Shields mau ngeraids gimana? Terus download give dari internet gimana? Trade dan online battlenya pun nggak bisa dinikmati karena takut ketahuan. 

Jadi berikut plus minus Nintendo Switch CFW :

Plus Nintendo Switch CFW
1. Bisa main game bajakan jadi lebih hemat.
2. Bisa costume theme
3. Bisa pakai cheat

Minus Nintendo Switch CFW
1. Nggak bisa main online
2. Nggak boleh masuk e-shop karena pasti ketahuan dan bakal diblock.



Maka dari itu saya sampai sekarang belum berani untuk CFW sementara main OFW dahulu sambil menunggu perkembangan, siapa tahu nanti CFW Switch bakal jadi lebih mudah, murah dan aman untuk main online. 

No comments:

Post a Comment

Follow by Email Untuk Ebook Novel Gratis

VIVA ID

statistics

Instagram

Instagram
Follow Me

Blog Archive

Powered by Blogger.

.

.