Membeli Nintendo DSi Refurbished Jepang

Beberapa bulan yang lalu nintendo dsi XL limeted edition Mario 25 years anniversary hilang digondol maling (gue sumpahin anak lo cacat!) dengan terpaksa harus cari penggantinya. Sengaja nggak upgrade ke 3ds karena nintendo dsi ini memang untuk koleksi, lagi pula harga new nintendo 3ds belum kekejar, 4 jeti boo! Maka dari itu mau nggak mau gue harus hunting lagi dan nggak sengaja nemu nintendo dsi cuma seharga Rp 485 ribu. Dari awal gue udah aware kalau nintendo dsi ini nggak mungkin baru karena udah nggak diproduksi lagi. Jadi memang udah siap sedia dengan barang second tapi yang sama sekali nggak diantisipasi dari si penjual (beli online di tokopedia) adalah nintendo dsi ini refurbished region Jepang.



Dalam paket pembelian nggak ada yang mencurigakan karena box dan kabel tersedia, hanya saja semua buku petunjuk nggak ada. Yang paling kelihatan bahwa nintendo dsi ini refurbished adalah perbedaan bagian atas dan bahwa. Bagian atas nampak di cat kembali agar lebih rapi dan bersih tapi pengecatan ini pakai warna hitam dove, kalau dipegang kesat sementara bagian bawah yang orisinil plastik licin. Overall body sih mulus banget tanpa baret atau cacat, termasuk untuk tombol dan layar semuanya bersih seperti baru.


Nintendo dsi refurbished Jepang ini baru ketahuan ketika kita buka menu dan semuanya dalam bahasa Jepun! Sekalipun dalam bahasa Jepun tapi semua fitur berjalan dengan baik, dari mulai kamera, wifi, picto chat etc mulus banget. Sayangnya gue nggak bisa nemuin firmware versi berapa? Karena nintendo dsi refurbished ini nggak bisa ubah bahasa dari Jepang ke Inggris. Hal ini mungkin bisa jadi bikin kesel banget karena kita nggak bisa ubah setingan harus nebak-nebak. Namun, kalau boleh jujur fitur-fitur ndsi ini aslinya memang jarang banget dipake bukan? Yang ada lebih sering maen gamenya dari pada foto-foto atau wifi-an. Jadi menurut gue masih bisa ditolerin karena nggak semua fitur nintendo dsi bakal dipakai, pasti langsung ke menu games aja.


Sekalipun semua menu dalam bahasa Jepang tapi kalau sudah masuk ke menu games otomatis bakalan Inggris. Semua games ndsi lancar dimainkan tanpa ada lag maupun hang, bahkan untuk game-game yang membutuhkan fitur tambahan seperti stylus untuk zelda dan tiup-meniup untuk cooking mama semuanya bisa mulus jalan. Baterai pun masih normal karena masih mampu bermain sampai dengan dua jam lebih dengan brightness 3 dan volume full. Jadi overall nintendo dsi refurbished Jepang ini masih bisa dipakai main games apapun. Sekarang pun gue masih berkutat dengan rpg seberat 215MB yakni sand of destrcution dan golden sun yang belum sempat gue tamatin di nintendo dsi XL.


Sebenarnya gue sendiri belum terlalu yakin apakah nintendo dsi ini refurbished atau murni second? Sebab kalau dilihat pada bagian belakang mesinnya belum dibuka sama sekali. Tapi gue lebih suka menganggap nintendo ini pure refurbished sebab kalau second biasanya nggak dicat ulang.

note:
                                                 Jadi kalau mau beli nintendo dsi ini:
1. Usahakan jangan membeli online tapi langsung datang ke toko games.
2. Kalau terpaksa beli online tanyakan apakah nintendo dsi region Jepang atau bukan? Sebab region Jepang bahasanya tidak bisa diganti, jadi semua menu dalam bahasa Jepang. Namun, untuk menu games otomatis bahasa Inggris dan bisa memainkan games semua  region manapun, serta original maupun bajakan.
3. Karena nintendo dsi udah nggak diproduksi lagi jadi kalau beli tanya, apakah ini barang refurbished atau murni second. Bedanya adalah, refurbishes sudah dibongkar semua untuk diperbaiki sementara second masih pure belum diobrak-abrik. 

Buat gue sih nggak masalah soal semua fitur yang dalam bahasa Jepang sebab memang nggak pernah juga dimainin, pasti langsung ke games saja. Dan semua games dsi udah pasti bajakan donlot dari internet so nggak butuh wifi dan udah nggak ada yang baru lagi pula. Ini sih untuk koleksi sambil namatin beberapa games rpg yang belum sempat selesai, sekalian nunggu new 3ds kebeli.

14 comments:

  1. bos, ada referensi penjual nya di tokopedia? saya mo nyari juga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak gan,tinggal search aja di tokopedia, semua sama aja refurbish dari jepun kalau pilih seller dari toko. Kalau mau yang versi non jepun cari seller personal.

      Delete
  2. walaupun 3ds nya jepang tapi di game ya inggris ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini ndsi sist, bukan 3ds tapi kasusnya sama aja. kalau beli 3ds jepang, semua menu pasti bahasa jepang, tapi pas masuk game inggris. Tetep aje percuma nanti kalau mau wifi battle, sama ambil bonus game bijimane? Ke menu aja bahasa Jepang semua? Apalagi 3ds gamenya harus asli nggak bisa bajakan.

      Delete
  3. Gan mau tanya ada link download game buat nintendo dsi refrubished ini gak? Soalnya ane download dari emuparadise dengan format .nds tetep gak ke read di R4 nya. Tips nya ya gan, thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Coba di ndsi yang lain, kalau kebaca berarti ada yang salah dengan ndsi agan, misalkan ada masalah di konektor cartridgenya

      2. Coba pake R4 yang lain, kalau di ndsi agan kebaca berarti R4 yang nggak bisa baca game itu rusak.

      3. Terakhir mungkin ada masalah dengan firmware R4-nya versi berapa gan? Kalau ane pake yang paling baru R4 3DS RTS.

      Biasanya kalau nggak kedetec, R4-nya udah out of date dari pada gamenya, maksudnya versi R4 udah jebot banget. Jadi kudu uptade firm silahkan googling firmware R4 terbaru.

      Delete
    2. Wah cara liat type R4 nya dimana ya gan? Bahasanya jepun soalnya haha, maklum ndsi refrubish.

      Delete
    3. 1. Masuk ke menu game
      2. ada tiga menu games, multimedia, config. Nah, masuk ke config.
      3. nanti dalam config ada tiga menu, config, upgrade, skin. Nah, masuk ke upgrade terus lihat tulisan : current version: dibawahnya ada versi berapa, biasanya kek gini: support model: NDSL, NDSI 1.45, 3DS 7.2. Berarti versi frimwarenya R4 3DS 1.45

      atau gampangnya :

      pas menu awal kan ada di samping menu game ada menu setting yang gambarnya obeng, masuk ke situ terus lihat di layar atas, bagian bawahnya ada tulisan ver 1.4.5J ini dia versi firmwarenya.

      Kalau udah ketemu googling firmwarenya itu lawas apa bukan, nah banyak kok di google firmware terbaru dan cara gantinya.

      Delete
  4. Gan mau nanya dong, link buat download game ndsi refrubished kyk gini dimana ya? Soalnya ane download game shin megami tensei dengan format .nds gak bisa, tips nya ya suhu. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane udah tamat itu game yang endingnya ada bejibun, btw biasanya ane download di emuparadise sama romulation, kalau nggak ke detec coba ganti R4-nya sama yang paling baru pake R4 3DS RTS.

      Delete
  5. Kak numpang nnya dong, aku baru beli dsi(setelah baca blog kk aku baru tau klo ndsi ku ternyata refurbised jepun, coz gx bsa ubah bahasa lain)
    Aku lg bngung nih kak, bisa gak sih mindahin foto" dari ndsi ke memorry gitu? Atau kan bisa tuh di post di facebook?
    Tapi ndsi ku error mulu pas mau connect wifi nya. Dan aku gak ngertii bahasa jepun sama skali.
    Tlg di jawab yah kak. T^T

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mindahin foto dan wifi bisa kok, soalnya dulu pernah punya yang versi US. Tapi berhubung ini versi Jepang, jadinya nggak ngerti sama option yang semuanya pake bahasa Jepang. Jadi bukan nggak bisa tapi nggak ngerti.

      Satu-satunya jalan, adalah dengan beli lagi, ndsi atau ds lite yang lebih murah tapi harus versi US, kalau mau bisa menikmati semua fitur dari foto, wifi sampai chat dan instal berbagai apps.

      Delete
  6. Baru beli juga nih refurb jepun, bingung mau pake wifi buat tes buka web krn bhs jepun, bisa tolong bantu gan? trus engselnya kayaknya kurang kenceng gitu, tapi gpp deh buat koleksi hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan, ane juga nggak bisa ngapa-ngapain. Cuma bisa dipake main aja, butek nguliknya. Lagian wifian di DS lemot gan, browsernya jelek.

      Delete