Membeli Nintendo DSi Refurbished Jepang

Membeli Nintendo DSi Refurbished Jepang

Beberapa bulan yang lalu nintendo dsi XL limeted edition Mario 25 years anniversary hilang digondol maling (gue sumpahin anak lo cacat!) dengan terpaksa harus cari penggantinya. Sengaja nggak upgrade ke 3ds karena nintendo dsi ini memang untuk koleksi, lagi pula harga new nintendo 3ds belum kekejar, 4 jeti boo! Maka dari itu mau nggak mau gue harus hunting lagi dan nggak sengaja nemu nintendo dsi cuma seharga Rp 485 ribu. Dari awal gue udah aware kalau nintendo dsi ini nggak mungkin baru karena udah nggak diproduksi lagi. Jadi memang udah siap sedia dengan barang second tapi yang sama sekali nggak diantisipasi dari si penjual (beli online di tokopedia) adalah nintendo dsi ini refurbished region Jepang.



Dalam paket pembelian nggak ada yang mencurigakan karena box dan kabel tersedia, hanya saja semua buku petunjuk nggak ada. Yang paling kelihatan bahwa nintendo dsi ini refurbished adalah perbedaan bagian atas dan bahwa. Bagian atas nampak di cat kembali agar lebih rapi dan bersih tapi pengecatan ini pakai warna hitam dove, kalau dipegang kesat sementara bagian bawah yang orisinil plastik licin. Overall body sih mulus banget tanpa baret atau cacat, termasuk untuk tombol dan layar semuanya bersih seperti baru.


Nintendo dsi refurbished Jepang ini baru ketahuan ketika kita buka menu dan semuanya dalam bahasa Jepun! Sekalipun dalam bahasa Jepun tapi semua fitur berjalan dengan baik, dari mulai kamera, wifi, picto chat etc mulus banget. Sayangnya gue nggak bisa nemuin firmware versi berapa? Karena nintendo dsi refurbished ini nggak bisa ubah bahasa dari Jepang ke Inggris. Hal ini mungkin bisa jadi bikin kesel banget karena kita nggak bisa ubah setingan harus nebak-nebak. Namun, kalau boleh jujur fitur-fitur ndsi ini aslinya memang jarang banget dipake bukan? Yang ada lebih sering maen gamenya dari pada foto-foto atau wifi-an. Jadi menurut gue masih bisa ditolerin karena nggak semua fitur nintendo dsi bakal dipakai, pasti langsung ke menu games aja.


Sekalipun semua menu dalam bahasa Jepang tapi kalau sudah masuk ke menu games otomatis bakalan Inggris. Semua games ndsi lancar dimainkan tanpa ada lag maupun hang, bahkan untuk game-game yang membutuhkan fitur tambahan seperti stylus untuk zelda dan tiup-meniup untuk cooking mama semuanya bisa mulus jalan. Baterai pun masih normal karena masih mampu bermain sampai dengan dua jam lebih dengan brightness 3 dan volume full. Jadi overall nintendo dsi refurbished Jepang ini masih bisa dipakai main games apapun. Sekarang pun gue masih berkutat dengan rpg seberat 215MB yakni sand of destrcution dan golden sun yang belum sempat gue tamatin di nintendo dsi XL.


Sebenarnya gue sendiri belum terlalu yakin apakah nintendo dsi ini refurbished atau murni second? Sebab kalau dilihat pada bagian belakang mesinnya belum dibuka sama sekali. Tapi gue lebih suka menganggap nintendo ini pure refurbished sebab kalau second biasanya nggak dicat ulang.

note:
                                                 Jadi kalau mau beli nintendo dsi ini:
1. Usahakan jangan membeli online tapi langsung datang ke toko games.
2. Kalau terpaksa beli online tanyakan apakah nintendo dsi region Jepang atau bukan? Sebab region Jepang bahasanya tidak bisa diganti, jadi semua menu dalam bahasa Jepang. Namun, untuk menu games otomatis bahasa Inggris dan bisa memainkan games semua  region manapun, serta original maupun bajakan.
3. Karena nintendo dsi udah nggak diproduksi lagi jadi kalau beli tanya, apakah ini barang refurbished atau murni second. Bedanya adalah, refurbishes sudah dibongkar semua untuk diperbaiki sementara second masih pure belum diobrak-abrik. 

Buat gue sih nggak masalah soal semua fitur yang dalam bahasa Jepang sebab memang nggak pernah juga dimainin, pasti langsung ke games saja. Dan semua games dsi udah pasti bajakan donlot dari internet so nggak butuh wifi dan udah nggak ada yang baru lagi pula. Ini sih untuk koleksi sambil namatin beberapa games rpg yang belum sempat selesai, sekalian nunggu new 3ds kebeli.
Reactions

Post a Comment

48 Comments

  1. bos, ada referensi penjual nya di tokopedia? saya mo nyari juga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak gan,tinggal search aja di tokopedia, semua sama aja refurbish dari jepun kalau pilih seller dari toko. Kalau mau yang versi non jepun cari seller personal.

      Delete
  2. walaupun 3ds nya jepang tapi di game ya inggris ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini ndsi sist, bukan 3ds tapi kasusnya sama aja. kalau beli 3ds jepang, semua menu pasti bahasa jepang, tapi pas masuk game inggris. Tetep aje percuma nanti kalau mau wifi battle, sama ambil bonus game bijimane? Ke menu aja bahasa Jepang semua? Apalagi 3ds gamenya harus asli nggak bisa bajakan.

      Delete
  3. Gan mau tanya ada link download game buat nintendo dsi refrubished ini gak? Soalnya ane download dari emuparadise dengan format .nds tetep gak ke read di R4 nya. Tips nya ya gan, thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Coba di ndsi yang lain, kalau kebaca berarti ada yang salah dengan ndsi agan, misalkan ada masalah di konektor cartridgenya

      2. Coba pake R4 yang lain, kalau di ndsi agan kebaca berarti R4 yang nggak bisa baca game itu rusak.

      3. Terakhir mungkin ada masalah dengan firmware R4-nya versi berapa gan? Kalau ane pake yang paling baru R4 3DS RTS.

      Biasanya kalau nggak kedetec, R4-nya udah out of date dari pada gamenya, maksudnya versi R4 udah jebot banget. Jadi kudu uptade firm silahkan googling firmware R4 terbaru.

      Delete
    2. Wah cara liat type R4 nya dimana ya gan? Bahasanya jepun soalnya haha, maklum ndsi refrubish.

      Delete
    3. 1. Masuk ke menu game
      2. ada tiga menu games, multimedia, config. Nah, masuk ke config.
      3. nanti dalam config ada tiga menu, config, upgrade, skin. Nah, masuk ke upgrade terus lihat tulisan : current version: dibawahnya ada versi berapa, biasanya kek gini: support model: NDSL, NDSI 1.45, 3DS 7.2. Berarti versi frimwarenya R4 3DS 1.45

      atau gampangnya :

      pas menu awal kan ada di samping menu game ada menu setting yang gambarnya obeng, masuk ke situ terus lihat di layar atas, bagian bawahnya ada tulisan ver 1.4.5J ini dia versi firmwarenya.

      Kalau udah ketemu googling firmwarenya itu lawas apa bukan, nah banyak kok di google firmware terbaru dan cara gantinya.

      Delete
  4. Gan mau nanya dong, link buat download game ndsi refrubished kyk gini dimana ya? Soalnya ane download game shin megami tensei dengan format .nds gak bisa, tips nya ya suhu. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane udah tamat itu game yang endingnya ada bejibun, btw biasanya ane download di emuparadise sama romulation, kalau nggak ke detec coba ganti R4-nya sama yang paling baru pake R4 3DS RTS.

      Delete
  5. Kak numpang nnya dong, aku baru beli dsi(setelah baca blog kk aku baru tau klo ndsi ku ternyata refurbised jepun, coz gx bsa ubah bahasa lain)
    Aku lg bngung nih kak, bisa gak sih mindahin foto" dari ndsi ke memorry gitu? Atau kan bisa tuh di post di facebook?
    Tapi ndsi ku error mulu pas mau connect wifi nya. Dan aku gak ngertii bahasa jepun sama skali.
    Tlg di jawab yah kak. T^T

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mindahin foto dan wifi bisa kok, soalnya dulu pernah punya yang versi US. Tapi berhubung ini versi Jepang, jadinya nggak ngerti sama option yang semuanya pake bahasa Jepang. Jadi bukan nggak bisa tapi nggak ngerti.

      Satu-satunya jalan, adalah dengan beli lagi, ndsi atau ds lite yang lebih murah tapi harus versi US, kalau mau bisa menikmati semua fitur dari foto, wifi sampai chat dan instal berbagai apps.

      Delete
  6. Baru beli juga nih refurb jepun, bingung mau pake wifi buat tes buka web krn bhs jepun, bisa tolong bantu gan? trus engselnya kayaknya kurang kenceng gitu, tapi gpp deh buat koleksi hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan, ane juga nggak bisa ngapa-ngapain. Cuma bisa dipake main aja, butek nguliknya. Lagian wifian di DS lemot gan, browsernya jelek.

      Delete
  7. Pak saya kmaren baru beli juga refurbish jepun.oya klo download game berarti yg formatnya nds ya pak...saya bingung instalnya apa langsung ke detek otomatis.

    Soalnya klo new 3ds saya download game pakai format aci ya trus intal pakai fbi kan.

    Klo yg dsi gmana?
    Mohon pencerahan suhu

    Klo masalah bahasa saya seting lewat youtube di sana ada yg transiting loh pakai yg versi us

    Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya download format file.nds nggak perlu instal, langsung copas aja filenya ke sd card tapi harus punya R4 cartridge supaya kebaca. Sepertinya agan nggak punya cartidge R4, jadi emang kudu beli R4 dulu.

      Setahu saya refirbish asli Jepang nggak ada opsi bahasa inggrisnya, kalau ada kemungkinan itu refurbish dari US.

      Delete
  8. Mo nanya nih, aku mau main nintendo dsi ku lagi tapi engga bisa
    Habis loading, dibilang “Wrong date or firmware expired! Please check NDS machine date configuration”
    Kira2 harus gimanain ya? Aku baca2 katanya harus ubah ke hari waktu terakhir main tapi sayangnya aku engga ingat kapan terakhir main.
    Mungkin ada saran bagus biar ga sia2 belinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pernah getuh, cukup ganti tahun di date configuration, ke tahun sebelum dsi berhenti produksi. Bisa kapan aja mulai dari tahun 2000 juga bisa.

      Delete
  9. mau tanya donk oom, kalau pakai kartu R4 di NDSI LL max bisa sampe berapa GB ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksimal sih kurang tahu tapi, pakai sampai 32Gb nggak ada masalah dan lebih dari cukup soalnya game nds rata-rata kecil sizenya.

      Delete
  10. gan kalau ndsi sama nds lite itu semua game nya bajakan? soalnya saya cari di olshop semua penjualnya nge include free games, berarti kan bajakan dong ya? apakah kita bersalah dimata hukum kalau misalkan beli ndsi / nds lite yang udah ada game bajakannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak game nintendo dsi yang ori, tinggal pintar-pintar carinya. Kalau include games artinya dia pakai R4 atau card untuk main game bajakan. Kalau bersalah dimata hukum sih, udah nggak sebab nintendo dsi udah nggak diproduksi lagi, begitupun gamenya yang udah langka bahkan tinggal donlot di internet saja.

      Delete
  11. Mau tanya kok saya beli di online nintendo dsi LL tapi pas udah keluar tapi mau masuk lagi dan ngelanjutin gamenya ngulangin lagi? Gimana cara settingnya?

    ReplyDelete
  12. Bisa dibenerin nda kalo ada errorcode 81 dan 83 di nintendo ds LL

    ReplyDelete
    Replies
    1. memory cardnya nggak kompatible sama R4nya, taoi coba dulu format meory cardnya klo masih sama dan tetep nggak bisa save, ganti sama yang bagusan dikit yang bermerklah.

      Delete
  13. mau tanya pak, ane beli yg jepun jepun , btw setiap main udh jauh contohnya pokemon kan gue save tapi pas gue matiin trs mau main lg ngulang lg dari awal, untuk smuaa game nya kyk bgtu smua ga bsa save, dan load

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maennya pake apa dulu? kalau pake cartridge itu baterai didalam catridge habis, kudu diganti.

      kalau pake rom, kemungkinan romnya eror jadi instal ulang, cari file nds yang lain.

      Delete
  14. Bang mau nanya nihh tpi sebelumnya maaf yah kalau berantakan kata2nya, gini kan aku mau main Harvest moon DS cute, nah kebetulan katanya nih bisa ada penambahan karakter dengan syarat pake GBA HM mineral town nah, masalahnya yang DSi itu ngak ada slot untuk GBA jdi g mana dong? :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk ... ya nggak mungkin sista, itu game zaman gameboy advance. Sista maen pake rom atau cartridge? Kalau cartridge yassalam tapi, kalau rom tinggal dicari cheatnya.

      Delete
  15. halo..mo nanya bang..masih worth it ga ya kalo beli ini skarang?tertarik jg sama 3ds tapi msh mahal hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dsi versi XL harganya sama kek old 3DS. Dan mending beli 3DS karena game Dsi bisa juga dimainin di situ. Dari pada Dsi kentang banget, semua gamenya bisa dimainin di emulator sekarang. Kecuali situ kolektor kek saya.

      Delete
  16. Gan mau tanya ane pke ndsi LL kalau game ga bsa disave terus mesti maen dari awal terus itu masalah diconsole atau dicatridge nya ya gan?

    Thx before ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liat cartridgenya? Kalau cartridge yang multi game "misal 99 game nintendo kek begitu" memang nggak bisa disave, jadi kalau main satu game harus terus itu, nggak boleh berubah.

      kalau cartridge yang satu game aja, kemungkinan ada kerusakan dan biasanya itu catridge bajakan.

      Delete
  17. Gan ikut nanya dong. Ogut baru beli ndsi jepun, pas sampe masih bisa dimainin. Eh main sekali ku matiin begitu nyala mau ganti game, masuk ke amplop game nya lagi malah keluar gambar card error. Itu kenapa yah? Harus gmn yah

    ReplyDelete
  18. Gan mau nanya, cara make wifi di ndsi refurbish gmn? Emg ndsi refurbish bisa pake wifi? Ane punya yg jepun udah bolak balik ke nintendo wfc tapi bingung cara makenya, padahal dah terhubung ke wifi hotspot android android ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang jepun emang begitu, pusing liat di setingan. Lagian buat apa juga ke wifi? Udah nggak ada game yang bisa online pulak.

      Delete
    2. Sama sekali memang ga bisa kah gan buat connect wifi? Ane lagi mau coba main animal crossing wild world tapi online hehehe

      Delete
    3. E...buset server Ndsi udah ditutup dari zaman kapan? Kalau mau maen yang animal crossing : New Leaf di 3DS, servernya masih berfungsi.

      Delete
  19. Tiba2 pas mau main ds gak ada game nya cuman muncul “menu” doang, ini ds versi jepun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemm....gimana yah kalau nggak lihat susah sih. itu yakin r4 udah di isi sama game?

      Delete
  20. bang, mau tanya kalau ga sengaja ke format ulang nintendo DS nya gimana? pas nyalain cuma muncul tulisan jepang terus ga bisa diapa2in lagi.. mohon pencerahannya ya,, cara format ulangnya gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus download r4 firmware lagi tapi, semua data nggak bisa dibalikin yah. Googling aja r4 firmware.

      Delete
  21. Bang misi mo nanya. Gua baru beli nih ndsi uda sepaket r4. Tapi dari seller gabole isi game sndiri ktanya garansi nya ilang. Nah gimana cara isi game nya gan? Jujur takut gagal nih hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Garansi toko maksudnya? Aneh sih, soalnya isi game di r4 kan cuma copas terus instal aja. Berhubung nggak bisa lihat sistemnya jadi nggak bisa komen sih.

      Klo mau copy aja semua data di r4 ke laptop, jadi klo ada kenapa-napa tinggal dibalikin ke r4.

      Delete
  22. Klo beli ndsi xl atau ll katanya gak pake r4 lagi karna udh cfw, jadi gak perlu pake r4, pake sd card katanya, aman gak dan juga lemot gak, ada masalah gak nantinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, itu 3DS kali yang cfw, setahu saya nintendo DS itu gak ada yang cfw? Harus pake r4

      Delete
  23. Halo, saya ada 3DS tp bahasa jepang, mau ubah ke bahasa inggris, gmn caranya yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3DS harusnya bisa diotak-atik kalau CFE cuma caranya gimana kurang tau dah.

      Delete