Baca Ini Sebelum Membeli Nintendo Switch CFW

Baca Ini Sebelum Membeli Nintendo Switch CFW

Berhubung game Pokemon Sword and Shields sudah keluar, mau nggak mau saya kudu berburu Nintendo Switch yang mana, dari pertama release September 2019 belum punya. Alasan kenapa saya nggak buru-buru beli Nintendo Switch adalah karena menunggu versi murah atau Nintendo Switch Lite, setelah Switch Lite release saya baru tahu ternyata Switch Lite nggak bisa di custome firmware atau CFW bahkan Nintendo Switch standar keluaran terbaru pun sudah nggak bisa di CFW. 

Setelah riset sana-sini, ternyata Nintendo memang membekali Switch dengan system anti piracy sehingga nggak akan mudah untuk di CFW seperti pada 3DS. Namun, Switch versi awal atau yang pertama kali keluar, mempunyai celah keamanan yang bisa ditembus sehingga sampai saat ini hanya Nintendo Switch versi awal yang mampu untuk CFW. Berbekal celah keamanan pada Switch versi awal, Nintendo mengeluarkan versi Lite serta Switch versi standar terbaru dengan system kemanan yang lebih canggih jadi, jangan heran kalau kedua versi Switch terbaru ini nggak bisa ditembus dan imbasnya nggak bisa main game bajakan harus game orisinal.


Switch Versi Awal


Akhirnya saya pun, membeli Nintendo Switch versi awal karena memang niat kalau sudah tamat Sword and Shield akan di-CFW kan demi menghemat kantung, mengingat harga game Switch yang super duper mehong, sekitaran IDR 700.000 jauh lebih mahal dari game 3DS yang berkisar IDR 500.000 - 300.000. Sekalipun versi awal ini banyak dicari, Switch versi awal mempunyai kelemahan dalam daya tahan baterai yang lumayan lemah. Contohnya Switch saya yang dipakai untuk bermain Pokemon Swords hanya mampu bertahan maksimal 1,5 jam saja, itupun dengan low brightness dan tanpa wifi. Sementara Switch versi baru dan Lite, punya daya tahan baterai yang jauh lebih mumpuni.




Lalu seperti apa sih Switch versi awal? Bisa dilihat dari nomor serinya, kalau mempunya awalan XAW1, XAW7, XAJ4 dan XAJ7 itu bisa dipastikan mampu untuk berubah jadi CFW sementara seri di atasnya sama sekali nggak direkomendasikan.


Proses CFW Ribet dan Mahal
Untuk merubah Nintendo Switch dari OFW ke CFW bukanlah perkara mudah bahkan, biayanya pun sama sekali nggak gampang. Jangan heran kalau Switch versi CFW jauh lebih mahal dari pada versi OFW bahkan dalam proses CFW nggak ada jaminan bakal 100% berhasil. Kamu harus siap pasrah kalau sewaktu-waktu Nintendo Switch kamu brick di tengah proses.


Kalau punya pikiran untuk datang ke toko game dan tinggal bayar saja, itupun sama saja. Resiko brick akan selalu ada dan bayar untuk CFW Switch nggak murah loh! Dulu cukup IDR 50.000 sampai IDR 100.000 saja untuk CFW 3DS sekarang, bisa IDR 500.000 itupun kalau toko punya alatnya, kalau nggak kudu beli sendiri dah. Kalau kamu mau CFW sendiri juga bisa namun, saya nggak rekomen karena prosesnya super duper ribet banget dan kamu pun harus punya alatnya khusus.


Resiko CFW Tinggi
Berbeda dengan CFW di-3DS yang aman-aman saja ketika dipakai online bahkan masuk e-shop. CFW Nintendo Switch mempunyai resiko tinggi, sekali online pasti akan terditeksi oleh Nintendo dan berimbas pada diblocknya Switch kamu, Switch yang terblock nggak bakal bisa lagi dipakai online! Sehingga Switch yang sudah CFW nggak boleh online.

Mungkin kamu bakal mikir, cuma nggak boleh online saja cincai! Faktanya, Switch game dibuat agar bisa open world atau saling berinteraksi dengan player lain dimana pun. Jadi bakal banyak game yang nggak bisa dinikmati secara utuh karena nggak boleh online. Contohnya Pokemon Swords and Shields mau ngeraids gimana? Terus download give dari internet gimana? Trade dan online battlenya pun nggak bisa dinikmati karena takut ketahuan.

Jadi berikut plus minus Nintendo Switch CFW :
Plus Nintendo Switch CFW
1. Bisa main game bajakan jadi lebih hemat.
2. Bisa costume theme
3. Bisa pakai cheat


Minus Nintendo Switch CFW
1. Nggak bisa main online
2. Nggak boleh masuk e-shop karena pasti ketahuan dan bakal diblock.






Maka dari itu saya sampai sekarang belum berani untuk CFW sementara main OFW dahulu sambil menunggu perkembangan, siapa tahu nanti CFW Switch bakal jadi lebih mudah, murah dan aman untuk main online.

Reactions

Post a Comment

30 Comments

  1. yg skrg lbh aman ya keknya gan, bisa swap between cfw sm ofw. jd kalo mo ke eshop nya hrs ubah jd ofw dulu gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya soalnya, udah fokus ke switch sih Nintendonya.

      Delete
  2. Nanti bkalan aman, uda bnyak contohnya kok, konsol2 yg sudah mati di biarkan di bajak,ya mungkin biar laku gitu brangnya , 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih lama gan, switch umurnya masih panjang loh.

      Delete
  3. cara yang paling aman kayanya harus pake jurus kudu bayar dari perguruan Dompet TEBEL.

    ReplyDelete
  4. Hanya ada satu hal yang saya risau sebelum membeli versi CFW. Mau tanya apakah Nintendo versi CFW aman digunakan? apakah mesin akan cepat rusak? Apakah ada resiko kerusakan mesin atau kinerja menjadi lambat dalam pemakaian jangka waktu yang lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aman apa nggak pas maen, asal jangan online aja maennya. Klo kerusakan mesin tergantung di mana CFWnya tapi, biasanya tempat CFW ada garansinya klo kenapa-napa bisa balik.

      Delete
  5. Maaf kakak sxlite itu buat nintendo switch v2 klo buat downloadnya biasanya pake tinfoil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah masangnya, harus ke yang ahli. Takut ngebrick pasang sendiri.

      Delete
  6. maaf kakak kalo ini bisa download infoil online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah coba, gak ngerti instalnya takut salah.

      Delete
    2. maksud anda download game tinfoil ?

      Delete
    3. gampang kok.. backup dulu dan baru retas cfw.. gak sulit..

      Delete
  7. Klo sya pribadi beli switch lite, stlah beli di pke seminggu, trus disimpan, nunnggu hacker posting di youtube, bru ikut di jailbreak. Jdi tinggal donlod link nya trus di gass hehe.

    ReplyDelete
  8. Sekarang berapa harga switch yang CFW bang?, Sama juga itu CFW yg ver 1 ato ver 2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. CFW sekarang mahal om! 3,7 jeti ke atas, itupun yang lite. Yang digambar OFW ver 1 belum ada niat pindah ke darkside.

      Delete
  9. Switch gw awalan XAJ4 tapi pas di fusee test ga bisa bang... padahal pengen banget main Pokemon Sword yang dirandomize

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan udah dibilang susah CFW switch mending bayar ke toko dah.

      Delete
    2. udah bisa skrg kok anda bisa retas sendiri gampang.. tp sebelum retas.. backup dulu dan simpan ke pc anda ya.... terus baru retas cfw mudah dan aman.... terseah anda suka game online atau offline.. kalau saya hanya offline cfw aja haha😂

      Delete
    3. Beli dimana bang yg murah baru dan cfw serta dpt bonus isi game sepuasnya sampai penuh dibwh 3jt buat switch lite?

      Delete
    4. Anjir..sekarang mana ada cfw switch murah? Terakhir lihat di marketplace aja 4 jeti.

      Delete
  10. Ber arti Nintendo Switchi lite versi 1.12.0 ga bisa di cfw ya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo versi lite sekarang udah bisa CFW semua, termasuk yang versi awal-awal.

      Delete
  11. Worth it lah lumayan, gak bisa online doang toh mau isi game baru kan bisa pake flash disk

    ReplyDelete
  12. Kalau yg oled udah ada cfw blum kak??

    ReplyDelete
  13. Kalo switch cfw, isi gamenya gimana kak kalo ga boleh online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Download filenya dari website terus, copy ke sd card dan instal di switchnya.

      Delete
  14. Artikel yang sangat bermanfaat, walaupun saya gk punya nintendo switch. Lagi nabung nih doain dong biar lancar wkwwkwkwkwk

    ReplyDelete