Tips Membeli Gameboy Advance SP

Buat melengkapi koleksi Nintendo handheld, bulan lalu saya berburu salah satu retro gaming Nintendo. Nintendo lawas yang saya buru adalah gameboy advance sp, ini adalah seri gameboy yang nggak pernah saya cicipi karena waktu pertama kali keluar tepat ketika sma dan harganya lumayan mencekik untuk sebuah handheld mungil. Gameboy advance sp ketika pertama kali dikeluarkan tahun 2003 seharga IDR 1,5 juta dan kala itu masa-masa butuh duit banyak buat masuk kuliah, lalu awal 2004 turun harga jadi IDR 1 jutaan, tetap saja buat mahasiswa harga segitu bukan lumayun lagi tapi amat sangat lumayan. 

gameboy advance sp

13 tahun kemudian saya kembali berburu nintendo advance sp, yang pada masa-masa labil cuma bisa jadi impian. Nggak susah buat cari gameboy advance sp karena bertebaran di jagat maya, terlebih di aplikasi toko online. Harga bukan lagi jadi masalah karena gameboy advance sp ini mulai dari IDR 190 ribu sampai IDR 1 juta untuk special editionnya. Tentu saja karena ini barang sudah discontinue dan berumur 13 tahun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, supaya nggak salah membeli gamboy advance sp. Berikut beberapa tips membeli gameboy advance sp berdasarkan pengalaman saya.
  
1. Hindari Seller Besar
Pasti tujuan pertama membeli adalah dengan mengunjungi toko online semacam Tokopedia dan Bukalapak. Biasanya ada seller besar yang menjual secara grosir, namun umumnya seller besar menjual barang refurbish dari Jepang. Barang refurbish rawan karena banyak yang sudah mengalami pergantian mesin dan spare part yang lain, sehingga nggak bisa dibilang gameboy advance sp original. Sebaiknya membeli pada seller personal atau kolektor, selain orisinalitas terjaga, barang dari seller personal biasanya jauh lebih mulus, tapi umumnya harga jauh lebih tinggi. 

2. Hati-Hati Barang Tiruan Dari Tiongkok
Nah, kalai beli online harus hati-hati! Sebab ada beberapa penjual yang menuliskan barangnya gameboy advance sp padahal cuma bentuknya saja yang mirip. Aslinya adalah sebuah gaming asal Tiongkok yang sudah isi ratusan game jaman jebot! Ingat gameboy advance sp, nggak bisa di-isi game! Harus pakai cartridge.

3. Jangan Membeli Barang Minus
Jangan hanya tergiur harga murah, karena umumnya gameboy advance sp yang dijual murah punya minus, seperti engsel retak, layar donat atau ada garis putih. Bukan apa-apa, sebab mencari tempat service untuk gameboy advance sp susah banget. Banyak toko game yang nggak punya spare part gameboy advance sp, ingat produk ini sudah 13 tahun! Jadi pastikan semua berfungsi normal, sebab kalau beli dengan minus, sudah pasti kamu nggak bisa memperbaikinya. Minus yang bisa diterima adalah body baret, karena saya pun membeli bukan kondisi mint, namun hanya minus baret pemakaian saja.

4. Lebih Baik Model AGS-101
Nah, hal terakhir yang harus diperhatikan adalah tanya pada sellernya, model versi berapa? Karena versi yang saya beli adalah ags-001 atau gameboy advance sp versi awal. Game boy advance sp ags-001 ini frontlit atau cuma punya satu lampu penerang di depan layar, sehingga nggak terang, bahkan untuk main game dengan background gelap harus di siang hari agar jelas. Sementara model ags-101 adalah versi kedua yang mempunyai dua lampu penerang di kanan dan kiri layar, sehingga layar jauh lebih terang dan jelas.  

gameboy advance sp indonesia
Perhatikan tulisan dibelakang, karena disitu ada keterangan model ags-001 atau ags-101

Untuk Para Pecinta Nintendo Follow Saya Di instagram @pelahap_books



2 comments:

  1. Kalo boleh tau beli gba sp nya dimana gan? Saya juga lagi cari tapi belum ketemu yg pas nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tokopedia gan, banyak banget yang special edition aja. Tinggal agan punya budget berapa aja.

      Delete