Tips Membedakan Cartridge Game Pokemon Asli Dan Palsu

Baru-baru ini saya kembali mengoleksi Nintendo dan salah satu item yang diincar adalah cartridge game pokemon. Berbekal mbah google saya berhasil menemukan tiga buah cartridge game pokemon dari jaman gameboy color dan gameboy advance sp. Ketiga game pokemon ini adalah pokemon blue, pokemon emerald dan pokemon mystery dungeon red team. Kesemua saya beli melalui situs dagang online tokopedia maupun buka lapak. Awalnya seneng karena berhasil menemukan game pokemon ini dalam keadaan mint condition, walaupun nggak sama boxnya, tapi load dan save game lancar. Namun setelah saya riset kembali, baru ngeh kalau ketiga cartridge game pokemon yang dibeli adalah fake atau palsu!

Cartridge game pokemon palsu
Dua buah cartridge game pokemon palsu, yakni pokemon blue dan pokemon mystery dungeon sementara pokemon emerald belum dikirm karena masih on the way.
Juragan-juragan yang buka lapak atau buka toko, sama sekali nggak kasih tahu kalau cartridge game pokemon yang dijual itu palsu! Lebih sialnya ada beberapa toko yang pasang harga sama dengan cartridge asli! Untungnya saya belum jadi buat beli cartridge pokemon yellow dan ruby yang dibandrol 190 sampai 250 ribu. Ketiga cartridge game pokemon abal-abal yang saya beli, berkisar dari 70 sampai 90 ribu saja. Berbekal ini saya pun mulai riset cara-cara mengetahui cartridge game pokemon asli.

1. Warna cartridge sesuai dengan judul.

cartridge game pokemon asli

Perhatikan gambar di atas, karena semua cartridge game pokemon sesuai dengan judulnya. Pokemon blue cartridgenya pasti berwarna biru, begitupun dengan pokemon red yang cartridgenya berwarna merah, bahkan pokemon crystal cartridgenya menyerupai kristal, pokemon ruby dan emerald mempunyai cartridge mirip dengan berlian yang tembus pandang. Sementara cartridge game pokemon abal-abal, rata-rata berwarna hitam maupun abu-abu.

2. Perhatikan Sticker

cartridge game pokemon asli dan palsu

Untuk seri diluar rpg seperti pokemon mystery dungeon atau pinbal, warna cartridge sama yakni grey atau abu-abu, sehingga sedikit sulit untuk mengetahui mana asli maupun palsu, namun cartridge palsu bisa dengan mudah diketahui melalui sticker. Sticker cartridge orisinil tidak glosy dan mempunyai segel lingkaran bertuliskan original nintendo (seal of approval). Sticker cartridge orisnil pun dicetak dengan pola hologram, jadi kalau kita lihat dari berbagai sudut akan nampak pola-pola tertentu. Juga ada kode region US atau EURO, yang tertulis di sticker.

3. Fitur Migrate Pokemon 


Kalau kesulitan untuk membedakan cartridge game pokemon asli dan palsu secara kasat mata, maka ada satu hal yang bisa dilakukan dan pasti bakal menguak apakah cartridge game pokemon tersebut orisinil atau abal-abal. Caranya adalah dengan menyalakan cartridge tersebut, lalu perhatikan pada menu awal, apakah terdapat fitur migrate. Sebab fitur ini hanya terdapat pada game orisinil yang berfungsi untuk memindahkan pokemon dari seri game pokemon terdahulu. Sementara pada cartridge game pokemon abal-abal, sama sekali nggak ada fitur migrate! 

4. Cartridge Seri NDS
Berbeda dengan cartridge palsu dari seri gameboy, yang bisa dikenali dari fisik. Maka cartridge dari seri Nintendo dual screen atau NDS, tergolong sulit dan hampir mustahil untuk bisa mengetahui apakah palsu atau orisinil dengan melihat fisiknya saja. Satu-satunya cara mengecek apakah cartridge game pokemon NDS dengan menyalakan dan melihat apakah ada fitur migrate dan bisa dipakai untuk online battle, maupun beragam fitur online lainnya seperti trade dan global link.

Semenjak tahu ini, saya semakin berhati-hati untuk membeli cartridge game pokemon dari tokopedia maupun bukalapak. Sekalipun saya beragumen bahwa cartridge bukan orisinil, namun tetap saja dibandrol dengan harga selangit. Hal ini disebabkan demand terhadap cartridge game pokemon tergolong tinggi, dan para pembeli awam nggak tahu mengenai value cartridge orisinil. Padahal harga asli cartridge game pokemon palsu cuma 15 - 20 ribu aja, belum lagi rawan rusak dan nggak ada fitur migrate serta online. 

1 comment:

  1. Wow keren artikelnya , merangkai kata bagus sekali seo juga

    ReplyDelete