Review Pokemon Black Ver 2 : Rasa 3DS di DSi

Awalnya kaget juga pas lagi cari informasi tentang pokemon game  sun and moon, tanpa sengaja saya dapat link menuju pokemon game black ver 2. Ternyata setelah dilihat pokemon game black ver 2 yang dilaunching tahun 2013 ini, adalah sekuel dari  pokemon game black keluaran 2010 lalu.  Padahal semua  pokemon game sudah khatam dan pokemon black adalah pokemon game nds terakhir, mungkin gegara kesibukan jadi lupa update informasi, kalau pokemon game black ada sekualnya. Singkat cerita saya langsung coba mainkan pokemon black ver 2,  dan menemukan banyak sekali perubahan, bahkan ukuran game yang tadinya hanya 256mb menjadi 500mb lebih! Lantas apa saja sih perbedaan pokemon black ver 2 ini?

review pokemon black ver 2 indonesia
Storyline   
Kalau dari storyline sudah jelas pokemon game black ver 2 ini mengambil cerita dua tahun setelah pokemon black orisinil. Team plasma lagi-lagi bangkit untuk membuat kekacauan antara pokemon dan manusia, tentunya ini side story dimana utamanya adalah kita menjadi pokemon master dengan berkeliling dunia dan battle serta mengalahkan para gym leaders.

Gameplay
Sama sekali tidak ada perubahan yakni rpg adventure dimana tokoh utama hanya boleh membawa enam pokemon dengan battle sistem yang cukup sederhana. Elemen taktik terletak pada pokemon itu sendiri dimana setiap elemen atau jenis pokemon mempunyai kelebihan dan kekurangan satu sama lain. Random encounters masih sama yakni harus masuk ke dalam rumput lalu battle untuk menangkap pokemon.


Perbedaan pokemon game black ver 2 ini adalah memaksimalkan nintendo dsi sedemikian rupa agar mendekati 3ds. Mulai dari beragam view 3d di setiap region sampai battle scene yang dibuat sama dengan 3ds. Kalau di pokemon black orisinil battle scene masih terasa kaku, maka di pokemon ver 2 sudah nggak lagi. Bentukan gym pun sudah nggak sama karena jauh lebih keren ada yang di dalam ruangan ada pula yang di luar ruangan. Beberapa scene movie keren turut menghiasi dan ada beberapa region baru dengan lokasi menakjubkan, seperti di dalam selokan atau di dalam laut. Yang lebih asik jumlah pokemon di black ver 2 ini adalah 300, karena pokemon dari generasi sebelumnya, pokemon platinum ada di sini.

Baca Juga : 6 Game Pengganti Pokemon

review pokemon black ver 2 indonesia
Battle scene terbaru yang mirip dengan pokemon x dan y di 3ds
pokemon black ver 2
Ada banyak region baru dengan view 3d

Satu lagi yang dirasa berbeda adalah pacing game, sebab di pokemon game black orisinil pacingnya lamban sekali, sementara di pokemon game black ver 2 ini cepat banget. Seolah kita dikejar-kejar untuk membasmi team plasma. Battle di pokemon game black ver 2 pun lebih susah, sebab beda lima level seperti hanya beda satu level, belum lagi move yang dulu nggak penting macam charge, work up dll kerasa banget manfaatnya. Pokedex pun punya beragam fitur baru seperti habitat, sementara medal box masih belum tahu untuk apa. Untuk pokemon contest diganti dengan pokemon marathon dan pokewood movie sebagai mini game.

Nah, buat yang belum mampu move on dari nintendo ndsi ke 3ds seperti halnya saya. Pokemon game black ver 2 ini boleh dijadikan pelipur lara, buat yang masih mengidam-idamkan bisa main pokemon game x dan y ataupun moon and sun.

Amat disarankan untuk pakai game orisinil, sebab banyak fitur online yang seru banget, walaupun udah ketinggalan jaman dan nggak ada mistery gift lagi, tapi lumayan dari pada mupeng liat pokemon game di 3ds.


Baca Juga : Main Pokemon 3ds Format CIA, Amankah? 
Baca juga : review sand of destruction classic rpg
 

No comments:

Post a Comment