Jangan Tertipu Kelinci Australia! Sejarah Dan Fakta

Kalau kelinci bukan dirabbitry terkemuka maka sering banget denger penjual bilang ini jenis kelinci ostrali aka australia. Sebenarnya kelinci australia itu jenis apa sih? Sampai banyak banget yang tanya, terutama orang awam dan pemula. Bahkan nggak jarang kata-kata kelinci australia jadi bahan sakit hati karena banyak yang tertipu, niat pengen kelinci hias lucu kaga tahunya malah dapet kelinci biasa dengan ukuran segede gambreng.

Australia Ferral Rabbit

Ini dia yang dimaksud dengan kelinci australia, aslinya kelinci bukanlah hewas endemik asli Australia. Kelinci pertama kali dibawa oleh koloni kulit putih pertama ke Australia sebagai bahan makanan namun populasi kelinci ini meledak dan tidak terkendali hingga terjadi out break seantero Australia. Akibatnya kelinci menjadi hama dan pemerintah Australia selama bertahun-tahun mencari cara untuk membasmi kelinci. Sampai akhirnya mereka menemukan cara untuk mengontrol populasi kelinci dengan menyebar virus myxomatosis, virus ini menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker atau tumor.

Fisiologi Kelinci Australia
Secara fisik kelinci australia mirip sekali dengan turwelu jawa, yakni bodi panjang dengan kaki jenjang serta umumnya bercorak chesnut atau kecokelatan sebagai kamuflase dengan tanah. Jadi nggak ada tuh kelinci australia dengan bulu putih maupun diluar chesnut. Kelinci australi tidak bisa gemuk! Mereka adalah jenis yang langsing dan pelari cepat.

Jadi Kelinci Australia Di Indonesia Apa?
Secara umum tidak ada kelinci jenis australia di Indonesia. Ini adalah istilah yang sering dipakai oleh para pedagang karena tidak tahu jenis kelinci yang di jual. Kenapa sampai tidak tahu? Sebab umumnya kelinci australia adalah jenis bligon atau kelinci yang sudah mengalami kawin campur sampai tak terhingga. 

Terus ciri-ciri kelinci australia atau bligon apa ya? Kalau beli pas kecil memang sulit diketahui namun kelinci australia abal-abal ini kalau sudah lewat 5 bulan bentuknya nggak karuan. Wajah lonjong dan panjang, kuping besar dan bentuk tubuh panjang tapi perut buncit, kadang ada yang kakinya panjang ada juga yang pendek. Pokoknya bentukan nggak karuan dan tentunya kalau cari kelinci hias yang ada bengong aja lihatnya. Kelinci australia bligon ini juga ada dalam segala warna dan corak.

Kelinci australia aka bligon ada dalam berbagai warna dan corak.
Sekarang udah jelas apa itu kelinci australia dan kalau sampai masih ada yang bilang "ini jenis kelinci australia" jangan percaya dah. Kalaupun benar ada asli kelinci australia itu patut dipertanyakan dan harusnya kelinci australia nggak bisa lolos balai karantina hewan dan tumbuhan. Sebab 99% kelinci asli australia sudah terinfeksi virus myxomatosis.

Tapi bukan berarti kelinci australia aka bligon nggak bagus untuk dijadikan peliharaan. Kalau memang berniat untuk menjadikan kelinci kampung ini sebagai peliharaan ada beberapa hal yang patut diperhatikan:

1. Sudah pasti berukuran besar jadi nggak mungkin pake kandang lipat ukuran kucing.
2. Kelinci australia aka bligon aka kampung ini kalau sudah mature/dewasa cenderung agresif dan teritorial terhadap kelinci lain. Jadi kalau mau memberikan pasangan harus bareng dari kecil, kalau kelinci sudah dewasa tiba-tiba dikasih teman sudah pasti dibantai. Apalagi kalau berjenis kelamin betina.
3. Jangan pernah mengawinkan kelinci jenis ini karena sekali beranak bisa 8-10 ekor dan tiga bulan berikutnya akan kawin kembali, terus kalau kalian bukan peternak cuma pelihara saja mau dikemanakan anaknya? Dibuang-buang eh, dikasih-kasih ke saudara dan tetangga gituh?
4. Harga kelinci ini mumer umur 3 bulanan paling 20 rebuan dan kalau sudah besar paling banter 40 ribuan, Jadi kalau ada yang jual sebagai kelinci hias sampai ratusan ribu jangan percaya kecuali dijual borongan buat disate. 
5. Rabbitry terkemuka nggak ada yang jual kelinci jenis australia aka bilgon aka kampung, jenis ini biasanya banyak dijual di pinggir jalan dan di peternak kelinci. Sebab aslinya jenis ini untuk pedaging bukan untuk peliharaan.
6. Jangan pernah mengawinkan kelinci jenis ini dengan kelinci pure breed, sebab anaknya sudah tak ada harganya kalau sampai ada garis darah dengan kelinci australia aka bligon. Selain itu gen kelinci australia aka bligon hanya akan menghancurkan gen pure breed aka anaknya nggak ada bagus-bagusnya dari segi fisik, amburadul banget dah.

2 comments:

  1. Kurang suka gaya bahasanya, kelincinya di bilang gak karuan etc padahal kalo pet lover kayaknya gak bakalan bilang spt itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan konteksnya buat yang pembeli awam, yang pengen beli kelinci hias tapi ketipu kelinci australia. Ya,kalau sekadar pengen peliharaan saja mah, nggak ada masalah, lagipula kan ada keterangan ini :

      "Tapi bukan berarti kelinci australia aka bligon nggak bagus untuk dijadikan peliharaan. Kalau memang berniat untuk menjadikan kelinci kampung ini sebagai peliharaan ada beberapa hal yang patut diperhatikan:"

      Delete