Kapok Pelihara Kelinci Mini Netherland Dwarf

Awalnya, saya pikir kelinci mini jenis netherland dwarf, adalah peliharaan yang gampang, emang dari segi financial gampang, di luar itu kelinci jenis netherland dwarf ini sulit ditangani dan cenderung liar. Awalnya  beli  kelinci mini ini, buat teman kelinci fuzzy lop karena kelinci kampung si Koko hilang di curi orang (bingung kelinci murah aja, yang nyuri?). Pas beli berumur 3 bulanan sih, belum kelihatan sifat asli netherland dwarf, baru setelah berumur 7 bulan ke atas sifat asli kelinci mini netherland dwarf kelihatan.



Sulit Dikontrol:
Setelah mencapai usia pubertas, kelinci mini netherland dwarf yang saya kasih nama Momo ini jadi sulit didekati, kalau mau dipegang atau dielus, pasti lari menghindar. Belum lagi kegiatan chewingnya parah sekali, dari baju, sepatu sampai semua yang bisa digigit pasti digerogotin sampai rusak! Padahal dulu kelinci fuzzy lop dan kelinci kampung nggak separah dia, paling yang digigit cuma kabel-kabel aja, kalau baju dan lain-lain sama sekali nggak pernah digigitin. Hal ini sudah diantisipasi dengan menyediakan ranting atau kayu tapi kegiatan chewing si Momo ini sama sekali nggak berkurang.
Indukan Yang jelek:
Kelinci mini netherland dwarf juga induk yang jelek banget, sebenernya  nggak minat buat kawinin Momo dan Kimchi tapi mereka kawin diluar sepengetahuan. Kehamilan pertama si Momo parah banget, nggak di dalam kotak sampai anaknya jatuh ke bawah kandang. Sudah begitu anaknya sama sekali tidak disusui! Karena setelah 48 jam perhatikan anaknya kurus, jadi dengan terpaksa saya ambil dan pegang si Momo biar anaknya bisa leluasa menyusui, dan nyatanya air susunya sama sekali nggak keluar! Akhirnya ketiga anaknya mati setelah seminggu.

Kehamilan kedua karena keluarga yang  ngasal keluarin si Momo dan si Kimchi, nah kehamilan kedua jauh lebih parah! Pas malam melahirkan kelinci mini ini, loncat nggak karuan dalam kandang dan bikin kotak melahirkannya berantakan, saya pikir dia nggak suka dalam kandang, jadi dikeluarin dan nyatanya sama aja, kelinci mini ini loncat sana sini sampai nabrak pintu dan tembok. Saya jadi bingung sama ini kelinci, akhirnya saya matiin lampu kamar dan paginya nemu si Momo sudah melahirkan di lantai dan semua anaknya mati. Gilanya lagi, setelah melahirkan dia minta kawin lagi sama si Kimchi!


kelinci mini netherland dwarf
Hobi si Momo adalah masuk ke tempat-tempat sempit nan sulit di jangkau. Jadi jangan harap bisa elus-elus.



Kesimpulan:

Berdasarkan pengalaman pelihara kelinci mini jenis netherland dwarf selama setahun lebih, saya benar-benar nggak menyarankan untuk dipelihara. Apalagi dalam rumah dan buat anak-anak, memang salah banget! Nggak riset karakteristik kelinci mini waktu beli. Kalau untuk peliharaan nggak ada yang kalahin karakteristik kelinci lop, jinak dan gampang bonding belum lagi playfull seperti puppy. Kapok pelihara kelinci mini jenis netherland dwarf, rencananya  bakalan sterilin ini si Momo secepat mungkin!!!!!!

Kelinci lop lebih baik.

20 comments:

  1. Saya belum pernah sama sekali melihara kelinci...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus teruskan! Karena pelihara kelinci nggak gampang dan murah

      Delete
  2. Gan, mau tanya kalau rekomen jenis kelinci yang dipet sama anak2 jenis apa? Kriterianya ngk terlalu ringkih karena sering diajak main digendong2 dan kalau ada jenis yang badannya ngk terlalu besar :)

    Terima Kasih,
    Santo

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Sebenarnya kelinci buat peliharaan anak-anak, minimal 12 tahun ke atas gan, bukan anak kecil.

      2. Kelinci nggak boleh digendong-gendong gan, soalnya dia binatang di rantai paling bawah makanan. Jadi kalau digendong stress dia, karena mirip sama dibawa elang atau pemangsa lain. Bisa cepet mati nanti.

      3. Kalau kekeuh, coba aja kelinci lokal atau biasa disebut penjual kelinci australia, itu tahan banting gan.

      Delete
  3. hi, kak. aku dulu pas kecil pernah pelihara kelinci sampai 10 ekor dan itu bokap yang beli jadi udah pasti beli di pinggiran which is waktu itu tinggal di bogor, banyak banget jual kelinci murah. sekarang tinggal di jakarta dan di apartemen, kepikiran pengen pelihara kelinci lagi tapi pas baca pengalaman kakak jadi parno sendiri ya? haha. ada saran ngga aku harusnya pelihara kelinci apa, atau malah jangan pelihara kelinci? thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya yakni lop. Kalau mau simple sih holland lop soalnya bulunya pendek, nggak ribet buat groming, kalau fuzzy lop kudu extra groomingnya. Lop, temperamenya kalem, cocok buat di apartemen. Soalnya dia kek kucing persia, lebih banyak tidur dari pada aktifnya.

      Netherland dwarf, sebenernya cocok di apartemen, tapi kalau mau, saran saya sih pelihara satu aja dan jantan. Netherland dwarf, rata-rata agresif dan protektif, jadi kalau someday kamu bawa kelinci baru, pasti diserang. Plus, karena kecil suka banget nyempil di bawah lemari, sofa etc bikin susah dicari. Mau nggak mau harus dikasih kandang dan playpen.

      Delete
  4. Hallo..saya mau nanya dong itu momo jenis kelinci apa ya ?
    Saya punya kelinci seperti momo di bagian dadanya bulunya panjang tapi ga tau jenis apa... Dan saya beli di barito

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pasti bukan ND, karena ND mahal nggak mungkin ada di barito.

      Delete
  5. Replies
    1. cuma ND aja sista, kalau yang lain kepegang. Emang nggak bakat sama ND.

      Delete
    2. saya dulu punya beberapa kelinci ND dikasi teman papa yang belinya di bandung (bloodnya masih pure), dari pengalaman saya mereka ga ada gigit2 yang parah,, digendong dipeluk juga suka,, malah ada 1 kelinci ND yang bisa kita ajarin trick seperti di youtube2. kalo kelincinya takut digendong mungkin kelincinya nggak terbiasa aja jadi agak agresif. Saran aja kalo piara ND jangan banyak2, maksimal 3 ekor terimakasih

      Delete
  6. Rekomedasi dong kelinci kecil yg mudah di pelihara dan karakteristik bagus gak nakal, apa yaah

    ReplyDelete
  7. Klo saya malah loop yg klakuannya kaya gitu. Tp klo dielus sih mau.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Bukan nya kelinci nd itu telinga nya kecil ya kok itu panjang kayak lokal

    ReplyDelete
  10. Gw punya 4 klinci lokal sama 1 anggora yg kupingnya menjuntai. Dan yg paling cepet bondingnya sama keluarga tuh emang yg jenis kupingnya menjuntai2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang jenis lop yang paling kalem diantara jenis lainnya.

      Delete