Kejamnya Penjual Hewan Jalan Barito

Kamis kemarin beli pelet buat si Kimchi dan Momo, dua kelinci hias saya. Beli di jalan barito dan biasanya sudah langganan sama satu kios buat beli dua kilo pelet tapi berhubung kemarin imlek, kios langganan tutup. Jadi dengan terpaksa melanglang buana  dari satu kios ke kios lain, terus nggak sengaja liat satu kios yang menjual kelinci fuzzy lop berumur kurang dari 3 bulan. Awalnya saya sama sekali nggak ada niat buat beli cuma liat-liat saja, soalnya kelinci yang dipajang kurus dan harusnya masih menyusui. Jadi cuma pegang-pegang sama ngelus aja.


beli kelinci di Barito
Cuma bertahan selama beberapa jam saja ... RIP
Waktu liat-liat itu tanpa sengaja saya menemukan kalau kelinci fuzzy lop yang dipajang ternyata kupingnya dijahit! Astaga! 

Terus saya tanya "bang ini kenapa dijahit?"


Si abang jawab "biar cepet ngelop atau turun" 


Buset! kalau memang kelinci fuzzy lop sudah pasti kuping turun, pedagang ini nggak sabaran sampai kelinci masih muda kupingnya dipaksa turun dengan cara di jahit!

Sumpah nggak ngerti gimana lagi, padahal sudah dinasehatin "ngapain djahit" segala rupa tetap aja yang namanya orang dagang yang penting untung, padahal yang dijual adalah mahluk hidup. Dan pas lagi argumen itu tiba-tiba aja ada satu kelinci yang jilatin tangan, langsung melting nggak tuh? Akhirnya setelah ribut dengan terpaksa beli anakan fuzzy lop itu seharga Rp 90.000 tapi saya bilang "bukain tuh jahitannya!" Parahnya si tukang dagang bukanya pake gunting dan kasar banget, sampai ada beberapa bulu yang ketarik! Sumpah demi tuhan miris banget!

Singkat kata langsung cabut dah dari barito, sampai rumah saya taruh aja itu kelinci fuzzy lop. Soalnya keliatan kurus dan stress. Dugaan saya benar banget karena selang 5 jam si kelinci langsung mati, kejang-kejang! Kalau kalian baca ini jangan dah beli hewan di barito, lebih baik beli langsung dari breeder bermutu. Dulu waktu beli fuzzy lop dan netherland dwarf sampai diantarkan ke rumah, kelincinya juga gemuk, lincah dan sehat. Sekali lagi jangan beli hewan di barito! Percuma, selain  kualitas tidak terjamin, juga rugi karena hanya akan bertahan beberapa hari saja.

22 comments:

  1. Wadaw kejam amat tuh penjual kelinci... parah banget

    ReplyDelete
  2. @anonymous: emang! Orang sini tuh biasanya yang penting ke jual, dan setelah gue share di group pecinta kelinci di facebook ternyata memang begitu bahkan ada yang sampai distaples! Jadi jangan pernah beli di barito!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  3. Jahat banget :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasalah orang sini, kaya nggak tahu aja gimana

      Delete
  4. Saya lagi cari2 kelinci fuzzy lop. Apa anda ada recommend buat breeder kelinci yg sehat dan yg pasti ga pake siksa siksaan gitu? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak biasanya gabung aja forum peternak kelinci facebook sama instagram, tapi ingat cari penjual yang belakangnya pakai nama rabbitry aka breeder kelinci. Kalau mau jenis tertentu juga gabung aja ke group holland lop indonesia facebook atau group netherland dwarf indonesia facebook, biasanya breeder bermutu adanya di group spesifik jenis kelinci tertentu. Inget ya, beli kebutuhannya dulu, kaya pelet, hay toilet, obat etc baru kelincinya.

      Delete
  5. Boleh tidak saya tahu toko hewan tempat anda membeli pelet biasanya dimana di barito itu? Apa mereka jual timothy hay juga? Terima kasih :"D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah nggak beli lagi di barito, sekarang mesen dan di kirim langsung ke rumah. Coba masuk ke group peternak kelinci, di sana banyak banget yang jual pelet bermutu serta hay.

      Delete
  6. gan boleh tau breeder bermutu sepengetahuan agan di mana? kebetulan rumah saya daerah jaksel mungkin agan mau kasih info breeder bermutu di sini dimana. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau rabbitry premium sih beli di account instagram ini:

      @ctigarabbity
      @rea_kelinci
      @bubbahollubunny

      Kalau mau yang rada murah tapi tetep pure breed bisa ke forum peternak kelinci facebook. Di situ banyak yang jualan kelinci pure breed namun masih bisa terjangkau, asal pinter nawar.

      Delete
  7. Kasian banget kalo ngeliat hewan2 yang dijual sama pedagang yang gak punya hati nurani:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. mereka mah mikirnya "yg penting dagangan gue laku"

      Delete
  8. Saya pernah membeli kelinci loop di Barito, awalnya karena kasihan dia di taruh di paling bawah di pojok dan terlihat sangat stress dan murung, lalu saya beli dan saya bawa ke dokter untuk di rawat ternyata ada awal scabies lalu di rawat dan di beri vitamin, awalnya dia kupingnya turun sebelah dan pemurung, skrg sudah turun dua duanya dan sangat bahagia serta sangat sehat dan pintar sudah 4tahunan di rmh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bingung juga sih, nggak dibeli mati tapi menjual dengan modus kasihan juga banyak. Semoga kelincinya sehat selalu sista.

      Delete
  9. kalau mau beli kelinci dimana ya tempatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli di bredeer, masuk aja ke group penjual kelinci atau group peternak kelinci di facebook ataypun rabbitry di instagram

      Delete
  10. Klo barn owl yg masih baby kira2 berapa ya gan di psr barito?

    ReplyDelete
  11. Kejam banget ya allah , untung waktu itu engga jadi beli kelinci di barito 🤦🏼‍♀️

    ReplyDelete