Apa Yang Ditanyakan Oleh Bank Ketika Interview KPR Rumah?

Sabtu kemaren gue dapat kabar dari developer rumah untuk ngesot ke Tangerang. Tepatnya datang ke bank BTN cabang Tangerang untuk interview KPR, berhubung DP rumah sudah 30% gue lunasin makanya berhak untuk ikut interview KPR ini. Terus terang gue nggak tahu apapun tentang interview KPR dan datang ke bank tanpa ekspetasi apapun. Pertama kali datang dihari Sabtu ternyata ada seratusan orang lebih yang ngantri buat di interview, biasanya sebelum interview berkas-berkas  bakal dicek terlebih dahulu sama developer biar nggak salah. Tapi emang dasar gue suka miss, jadinya lupa bawa kartu-keluarga sama surat keterangan kerja yang salah format, untungnya hal ini nggak begitu dinotice sama bank. Tapi developer gue tetep minta kartu keluarga dan bikin lagi surat keterangan kerja.



1. Buat Rek Bank
Nah, sebelum kasih berkas gue diharuskan untuk membuat rekening bank BTN, membuat rekening BTN harus di tempat interview. Terus kalau sudah punya rek BTN tapi bukan di tempat interview gimana? Terus terang gue nggak tahu, tapi pas gue interview ada yang sudah punya rek BTN dan sedikit bermasalah dengan pihak bank BTN tempat gue diwawancara. Sebaik tanyakan dulu sebelum interview pada developer atau marketing perumahan yang mengurus.

2. Siapkan perintilan data.
Selain semua keterangan dan data seperti kartu keluarga, berkas dari developer, slip gaji etc, jangan lupa bawa foto 3x4 minimal 5 dan harus berwarna. Lalu fotocopy semua data dari kartu keluarga, KTP, NPWP yang banyak karena pas di tempat interview gue rada kaget diminta banyak banget fotocopyan data.

3.Ditanya apa oleh pihak bank
Setelah nunggu sampai siang akhirnya gue dipanggil juga, sebenarnya proses interview ini lebih mirip sidang ambil sim di polres. Begitu dipanggil pihak bank bakal kroscek data, mulai nama sampai dengan alamat rumah yang bakal di KPR. Nah, sialnya gue lupa alamat dan blok rumah gue yang bahkan belom dibangun itu, jadinya gue disangka main-main ngajuin KPR. Belum lagi status super single tanpa beban apapun, memang mempermudah gue untuk lolos tapi imbasnya keseriusan gue untuk berkomit bayar KPR dipertanyakan? Sampai pihak bank tanya, “ini buat siapa istri atau pacar?” jleb dah.

Gue jawab aja, “bukan pak buat sendiri aja.” dan saking nggak percaya pihak bank sampai minta rekening koran dari bank tempat setoran gaji, waduh pak ampe segitunya nggak percaya, mentang-mentang gue muda and single.

Nggak terlalu banyak yang ditanya, berhubung gue young, free and single jadi nggak ada beban tanggungan atau kreditan lain. Tapi dari sini gue tahu, kalau ternyata nggak bisa pilih mau KPR berapa tahun? Padahal gue mau ambil KPR yang cuma 10 tahun aja bahkan kurang, tapi pihak bank bilang kalau keputusan berapa lama bisa ambil KPR itu dari analisa mereka. Bukan dari pilihan kita, sekalipun gue bilang sanggup bayar sampai setengah harga rumah, tetep aja nggak digubris sama si interviewers. 

4. Apa yang harus ditanyakan
Jangan cuma pasrah ditanya ama bank juga tapi juga tanya balik:
a. Jenis KPRnyan apa? Beruntung gue jenis KPRnya fixed aka flat jadi nggak mungkin naik tetap seumur hidup, yang ada turun tapi itu juga tergantung inflasi.

b. Jatuh temponya kapan? Pihak bank bilang sama gue kalau transfer dari rek BTN pertanggal 7 setiap bulannya. Andai kata lewat dari tanggal 7 atau lewat dari satu bulan, tetap saja BTn bakal sedot. Tapi entah kenapa bank BTN ini nggak mau jawab, ketika ditanya “batas waktu sampai berapa bulan nggak setor KPR dan rumah disita?”

c. jaminan selain KPR? Nah, pihak bank bilang kalau dengan mereka urusannya ya cuma KPR saja, diluar itu ditanggung sendiri oleh pribadi dan developer. Semisal kalau over kredit bagaimana? (tapi nggak disarankan untuk ditanya, takutnya dikira mau dijual nanti) atau garansi kualitas rumah etc.

Selanjutnya tinggal nunggu aja karena pihak bank bakal kroscek ke tempat kerja, buat mastiin bener apa nggak karyawan di sono dan  gaji jumlahnya pas nggak kurang maupun lebih dengan slip gaji yang diberikan (biasanya nelpon ke HRD). Lama rata-rata approval KPR tergantung ada yang cepet cuma nunggu seminggu ada yang lebih dari sebulan, nanti juga marketing atau developer yang bakal kasih tahu via sms atau telpon. 


Nah, dari jam 8 pagi gue dateng baru bisa balik pas jam 5 sore, capek saudara-saudara. Kadang gue mikir kenapa nggak ikutan kaya, orang-orang lain di inner circle hidup gue? Itu loh yang kawin dibiayain sama Mamih Papih, terus rumah dibeliin juga, cuma tahu upload ke sosial media pake hashtag #sohappy #alhamdulillah #rejekitakterduga #blablabla terus begaya sok dewasa karena udah kawin padahal nggak ada usaha apapun..gubrak...cuma tahu beres. Ya, terserahlah semua orang punya prefensi hidup masing-masing dan gue yakin someday kelakuan “sok mandiri” ini bakal ada manfaatnya.   

Baca Juga : Proses Akad Kredit KPR

Baca Juga : Pengalaman Membeli Rumah Bersubsidi Part 1
Baca Juga : Pengalaman Membeli Rumah Bersubsidi Part 2
Baca Juga : Kenapa Rumah Subsidi Mahal Tapi Laris?
Baca Juga : 4 Hal Penyebab Anda Tidak Mampu Beli Rumah
Baca Juga : Lakukan 3 Hal Ini Ketika Membeli Rumah Subsidi 

207 comments:

  1. Om mau tanya, nanti pas survei apakah pihak BTN langsung ke tempat kerja saya atau hanya via telpon ke HRD? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau agan wirausaha misalkan punya pabrik tahu, maka bank BTN bakal mendatangi pabrik tahu agan. Tapi kalau agan karyawan bank BTN cuma telpon HRD buat mastiin semua data benar.

      Delete
    2. Om mau tanya, klw wawancara dg BTN wajib datang sama istri gak? Terima akasih

      Delete
    3. Kaga, yang diundang saja, sesuai dengan nama pemohon.

      Delete
    4. saya mau tnya... saya ada ajuin kpr subsidi... saya sama org tua ngontrak dan tingal di jakarta... saya kpr di cilungsi.. tp saya kpr mau buat org tua tinggal saja.. tp dr bank gak bisa harus saya yg tingal.. emang seperti itu ya syaratnya?

      Delete
    5. saya mau tnya... saya ada ajuin kpr subsidi... saya sama org tua ngontrak dan tingal di jakarta... saya kpr di cilungsi.. tp saya kpr mau buat org tua tinggal saja.. tp dr bank gak bisa harus saya yg tingal.. emang seperti itu ya syaratnya?

      Delete
    6. Memang seperti itu saratnya, harusnya bilang saja buat anda sendiri, tapi nanti yang tinggal orang tua. Soalnya rumah subsidi memang sering disalah gunakan.

      Delete
  2. Pak, kl ambil rumah subsidi tp atas nama istri itu mksudnya apa y? Apa bilang ke developer istri statusnya masih single gtu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. zzz.... bukan gan, maksudnya rumah tersebut atas nama istri. Jadi istri yang mengajukan permohonan KPR bukan suami. Jadi nantinya rumah itu secara hukum milik istri bukan suami.

      Delete
  3. Mas saya kan ambil kpr subsidi btn.. Nah cuma gaji saya lebih dari 4juta sebagai syarat subsidi.. Nah sama pihak developer nya saya mau di bantu tapi harus bayar 2 juta untuk buat slip gaji dan surat keterangan kerja.. Itu aman ga mas ya kalau gtu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu maksudnya agan bayar ke pihak developer buat bukin slip gaji fiktif gituh? Kalau iya buat apa? Kan agan tinggal ke bagian HRD terus bilang aja sedang mau beli rumah, terus minta slip gaji dibuatkan sesuai sarat KPR. Kalau bayar ke developer nanti ada kroscek dari pihak BTN dengan menelpon ke perusahaan (bagian HRD), bener apa nggak gajinya segitu, klo bayar ke orang HRD sih masuk akal tapi klo bayar ke developer nggak nyambung ah.

      Delete
  4. Jadi aku bayar ke marketingnya developer itu supaya dia sewa hrd perusahaan lain kenalan mereka mas.. Yg mau aku tanyain mas kira2 apa cara seperti itu bakal lolos wawancara ya mas.. Saya galau bgt mikirnya mas.. Mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh begitu, bisa saja sih tapi menurut ane sih 2 jeti untuk slip gaji kemahalan. Nggak ada temen atau keluarga yang bisa bantu?

      Untuk interview KRP, pasti ditanya detail seperti kerja dimana? Alamat kantor terus sudah berapa lama kerja sama jobdesknya apa di kantor? Kalau mau pakai kantor lain, usahakan tahu kantornya (survei, riset) jangan cuma bayar, takutnnya nanti ada pertanyaan iseng yang nggak bisa di jawab, seperti "nama atasanya kamu di kantor siapa?" Selain pertanyaan standar kadang interview juga suka tanya iseng.

      Dan pula kalau bayar sama orang yang nggak dikenal nanti pas bank BTN kroscek nelpon ke sana gimana? Makanya ane sarankan sama keluarga atau temen, jadi bisa riset dan survey terus nggak perlu takut kalau pas di kroscek via telpon.

      Ane bilang sih resikonya gede tapi keputusan akhir di tangan agan.

      Delete
    2. mas wali saya kan disuruh sama pihak developer untuk membayar angsurannya dulu 3-12 bulan (maximal) katanya tujuannya agar bank percaya kalau kita benar2 niat untuk ambil dan melunasi KPR.. nah itu kira2 memang prosesnya normal seperti itu ga ya mas ? maaf saya banyak tanya gan.. maklum newbie baru mau beli rumah.. hehe :)

      Delete
    3. Tunggu! Jadi bingung, memang benar kalau bayar KPR selama 12 bulan harus lancar nggak boleh telat sebulan pun. Ini dikasih tahu oleh pimpinan akad kredit KPR setelah KPR disetujui, bukan sama developer.

      Jadi masih panjang prosesnya sebelum bisa bayar KPR, jangankan interview KPR, kroscek data aja belum tentu lolos.

      jadi prosesnya adalah :

      1. Pengajuan berkas KPR ke bank BTN (slip gaji, kartu keluarga etc)
      2. Kroscek data oleh bank BTN (bisa lolos atau tidak)
      3. Pemanggilan interview oleh bank BTN (bisa lolos atau tidak)
      4. Akad kredit, proses tanda tangan dan cap jempol semua berkas kepemilikan dan persetujuan pembayaran KPR.
      5. Baru wajib bayar KPR perbulan.

      Delete
    4. Wah benar2 detail jawabnya agan wali, saya jadi dapat banyak pengetahuan dari blognya mas.. Terima kasih ya mas..:)

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  6. mas ini kalau mau copast caranya gimana ya?artikelnya membantu sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak bisa kecuali kasih backlink....

      Delete
  7. maaf mas,mau tanya itu kan sebelum di wawancara mas bayar 30% dari dp,itu 30% dari yang 25 juta atau dari yang 6,5 juta ya?
    terus kalau sudah bayar dp sebanyak itu kalau kpr gak acc uang kembali engga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi begini, salah satu sarat untuk bisa interview KPR adalah harus sudah melunasi 30% dari DP. Jadi ane bayar 30% dari 25 juta. Sebenarnya 6,5 juta juta bahasa promosi aja, semacam uang muka dari kita ke developer, bukti kalau kita bener-bener niat buat ambil itu rumah. Biasanya untuk ADM dan mengisi rekening BTN nanti. Bahasa awamnya semacam uang jadi, bukti kalau kita benar-benar niat mau ambil itu rumah, sehingga nggak ada hit and run antara pemohon dan developer.

      Kalau kita sudah bayar 30% bahkan lunas DP kemudian karena satu atau dua hal KPR kita ditolak, tentunya uang DP akan dikembalikan namun nggak full, sebelum membayar DP pihak developer biasanya akan memberitahu berapa persen dari total DP yang dibayarkan akan dikembali kalau KPR kita gagal.

      Delete
  8. mas masa kalau saya gagal dalam pengajuan kpr btn uang saya hanya dibalikin 50% saja ? jadi saya bayar dp 14 juta, jadi dibalikin 7 juta (kalau gagal) apakah itu hal yg wajar ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung, setiap developer punta rules yang beda-beda berdasarkan harga total DP dan jenis KPR yang digunakan.

      Delete
  9. sore mas saya mau tnya, saya sdg proses rumah subsidi, klo saya searching stlah booking fee harusnya kita dpt PPJB, tp saya setelah BF hanya dsruh mengisi form n kelengkapan data n mengisi SPR. PPJB itu harusnya kpn si kita terima? trs tgl 4 Feb 16 ini saya wawancara. utk mastiin kebenaran Developer itu, hal2 apa aj yg bs kita tnya ke pihak bank?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soory sis, saya nggak pake PPJB. Setahu saya PPJB itu dikasih kalau ada pembayaran yang belum lunas atau nunggak dan berjanji akan dilunasi sampai waktu yang dtentukan, sesuai dengan kesepakatan.

      Delete
  10. nice info gan, saya jg mau tanya dong. kalo pas kita mau interview itu, status rumah saya masih ngontrak nanti jadi masalah apa enggak ya gan ? terim kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya nggak ada masalah, kan udah kasih surat keterangan nggak punya tempat tinggal dari RT dan RW setempat. Pas interview tinggal bilang aja masih ngontrak perbulan di kamar 3x3 or what ever, sedih-sedihin aja. Soalnya yang lolos adalah yang dilihat sehat secara keuangan dan yang paling membutuhkan.

      Delete
  11. siang mas wali, saya mau tanya.. saat ini sya sedang pengajuan KPR Subsidi yang persyaratannya gaji antara 3-4 juta, yang mau sya tanyakan gaji antara 3-4 juta apakah gaji pokok atau take home pay (total penghasilan) perbulan.
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  12. om wali saya mau tanya om sekali lagii aja.. hehe.. gini om saya kan sudah berhasil masuk ke tahapan akad kredit seminggu yg lalu, sekarang saya tinggal tunggu proses serah terima rumahnya saja.. nah saya dapat info kalau rumah subsidi itu wajib ditempati (gak boleh disewakan atau di tinggal) atau rumah akan disita lagi oleh pihak bank.. nah saya kan pas ajukan kredit status saya single mas, saya sebenernya mau nempatin cuma rencananya sabtu sama minggu aja mas.. kalau saya nempatin sabtu minggu atau hari2 libur saja rumahnya mas apakah nanti oleh pihak bank saya akan terhitung menempati rumahnya atau tidak ya mas. ? takutnya orang banknya survei ke rumah pas hari2 biasa gtu mas.. mohon jawabannya ya mas.. hatur nuhun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak masalah kalau gituh mah tapi ingat klo cuma dua hari perminggu biasa rawan nggak keurus atau rusak. Emang ada rules harus ditempati selama 5 tahun baru boleh disewakan atau over kredit. Sebenernya sih disewain selama nggak ketahuan fine aja, toh yang bayar kreditnya tetep anda bukan? Selama nggak over kredit aja.

      Delete
  13. selamat sore mas,saya mau Tanya.BI Cheking saya sudah di ACC sm bank, untuk intervienya nanti apakah saya bisa untuk lulus di tahap selanjutnya mengingat saya sebagai pegawai kontrak dengan gaji 3.8 jt??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk KPR sejahtera bukan karyawan tetap nggak masalah kok. Yang penting take home pay nggak boleh lebih dari 4 jeti. Soal lolos interview tergantung anda sendiri tapi biasanya lolos cepat adalah yang sehat dan bersih, maksudnya nggak ada kredit lain seperti motor atau tunggakan lain.

      Delete
  14. Pas banget materi nya Gan, ane Jumat besok mau Interview nih,,,jadi dapet referensi, komplit lagi...thanks

    ReplyDelete
  15. Saya mau nanya kalo setelah ga di acc bank.. kira2 uang dp nya kapan yah kembalinya saya udah mau 1 bulan blm ada kabar kembali uang dp nya... bingung??? Kapan yah kira2 pa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh emang nggak ada komunikasi dengan developer atau marketingnya? Harusnya agan kejar marketing atau developernya. Disarankan datang ke kantor developer atau marketing dan tagih pengembalian DP tapi ingat ya, dari pertama developer biasanya udah wanti-wanti kalau ditolak bank nggak mungkin duit DP bisa balik full.

      Delete
  16. Ass gan,,maaf sya mau nanya saya rencana mau ambil kpr subsidi tapi suami saya tidak punya slip gaji,itu gimana gan ? Trus kalo tidak pake surat kterangan blm punya rumah gimana ya? Kita tidak punya tunggakan dimanapun,mhon infonya gan makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, maksudnya gimana ya? Apa suaminya wiraswasta jadi nggak punya slip? Terus kalau surat keterangan nggak punya rumah itu salah satu persaratan KPR subsidi?

      Delete
  17. gan mau tanya,, kok develpment anee minta NPWP, TDP, and, SIUP perusahaan,, and perusahaan anee ga bisa kasih gan,,, karena itu privasi perusahaan,, itu apakah ada pengganti dokument itu gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. EH....yakin gan itu kpr subsidi? Soalnya ane nggak pernah diminta begituan, cuma surat keterangan kerja sama slip gaji aja.

      Delete
    2. bikin surat keterangan keberatan aja gan. contohnya banyak di google

      Delete
  18. Mas wali saya mau tanya, kan waktu bikin tabunagan btn ada saldo ditahan oleh btn, apakah klo kita telat bayar cicilan kpr dipotong dr saldo yg ditahan itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. BTN secara otomatis setiap tanggal 7 setiap bulan akan memotong dari rekening, jadi pastikan rekening BTN nggak pernah kosong.

      Jadi benar selama ada saldo dalam rekening BTN, otomatis itu yang akan dipotong untuk pembayaran KPR.

      Waktu pertama kali bikin ada saldo sekitar 2 atau 3 juta yangs engaja dimasukan ke dalam DP, nah ini pas akad dikasih tahu apakah saldo sudah langsung dipotong atau baru akan dipotong bulan depan, jadi perhatikan dengan jelas ketika akad.

      Delete
  19. Pagi gan ane mo nanya,ane numpang perusahann di tempat lain,cos syarat kpr harus karyawan tetep,sedangkan ane kerja kontrak,aplikasi persyaratan dari perusahaan lain bln dari perusahaan sebenarnya kontrak,gimana kira ketahuan/ke ditec ga y,trus ane juga ajuin pinjaman dari leasing lain pake aplikasi perusahaan yang kontrak,beda aplikasinya beda perusahaan gimana y gan gengsi ga y,demikian curhatan saya thx u,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakin itu apply KPR subsidi? Soalnya KPR subsidi nggak perlu status karyawan tetap, cuma butuh masa kerja setahun yang dibuktikan dengan surat keterangan kerja.

      Kalau ada beban lain dalam hidup, kredit motor/mobil etc kemungkinan untuk diterima sudah 50/50 sebab ini KPR subsidi untuk menengah ke bawah, jadi diprioritaskan yang bersih dan keuangan sehat.

      Delete
  20. Assalamu'alaikum, maaf mau nanya kalo syarat minimal usia pengambilan kpr berapa ya ? Dan misalkan saya mau ngambil rumah di jakarta tapi saya kerjanya di luar pulau jawa bisa gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada minimal dah tapi kayaknya sih 18 tahun/sudah menikah dan sudah bekerja minimal 1 tahun masa kerja dan dibuktikan dengan surat keterangan kerja.

      Bisa aja tapi nggak tahu bakal lolos apa nggak? Kalau pas interview, bilang kerja di luar tapi ambil rumah di pulau jawa. Soalnya pas interview akad pasti ditanya rumah untuk siapa dan buat apa.

      Delete
  21. Gan mau tanya nie, ane ada rencana ambil kpr subsidi, problemnya ane ga ada slip gaji krna ane kerja di tmpat kerja yg ga pke slip gaji,(buruh serabutan )kira2 solusinya gmn ya gan biar bisa ambil dan di acc pihak bank.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada cara lain harus ada slip gaji, mungkin slip gaji agan bentuknya tertulis atau bermaterai. sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan marketernya, apakah bisa kalau slip gajinya bentuknya nggak resmi.

      Delete
    2. Kalau Pakai Surat Keterangan Penghasilan dan di TTD Pimpinan bisa gak? Soalnya di persyaratannya Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan...?

      Delete
    3. Ini gimana sih? Slip gaji ya slip gaji, kecuali wiraswasta.

      Delete
  22. siang gan, saya mau beli rumah second seharga 220 jt, berencana mau mengajukan KPR ke bank BTN dengan harga 320 juta niatnya agar DP yg saya tanggung lebih kecil/tanpa DP. apa kah bisa seperti itu?
    Jika bisa, bagaimana proses nya?

    ReplyDelete
  23. Malem gan mau tanya saya udah wawancara sekitar 2 minggu yg lalu. Sampe sekarang belum ada kabar dari bank, hanya saja untuk survey dari bank nya sudah menghubungi sodara yg tdk serumah. Pas wawancara juga patugas bank nya bilang kalo ada berkas yang tidak lengkap nanti mohon di lengkapi. Yang saya mau tanyakan apakah ini sinyal baik dri bank untuk langkah selanjutnya yaitu akad kredit? N untuk survey biasanya bank menghubungi kita selaku pemohon kredit/tempat kita bekerja/saudara yg tdk sermh? Atau salah salah satu dri itu misalnya bank hanya menghubungi saudara yg tdk sermh? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Itu sinyal baik sista, karena bank minta berkas untuk dipenuhi artinya dia lagi ngurus berkas buat akad.

      2. Sebenarnya rada bingung karena setahu ane, bank itu teleponnya ke HRD perusahaan tempat bekerja, bukan ke saudara loh? Kecuali sista bilang wiraswasta maka bank akan survey ke tempat, misal pabrik atau bengkel, temmpat usaha di rumah.Tapi sekali lagi nggak ada ke saudara! Sista yakin ambil KPR subsidi?

      Delete
    2. Iya gan, sya ambil kpr subsidi. Gini gan, kan di form permohonan loan nya ada kolom isian untuk saudara terdekat (yg tdk serumah),kolom itu udh isi. Lalu stelah wawancara, 1 minggu kmudian pihak bank tlp (semacam survei) ke saudara terdekat ini. Stelah itu sya hub. Pihk developer. Katanya sih krna dia udh cek di bank, katax sih berkas sya sedng dalam proses. Yg buat sya cemas , ya itu bank blm survei ke tempat kerja sya (HRD). Menurut agan kira kira permohonan loan sya udh d acc bank blm ya? N berapa lama rentang waktu antara wawancara smpe akad kredit, ada yg lebih dri satu bulan atau bagaimna?trimakash agan seblumnya.

      Delete
    3. Wah, kalau saya sih nggak ada. Dan telepon itu cuma untuk ke kantor saja. Biasanya sih kalau survey cuma untuk wiraswasta sist, makanya saya rada bingung. Jadi nggak bisa jawab

      Delete
  24. admin sy mau tanya
    sy mau ambil kpr bersubsidi. tp masalahnya slip gajinya gag da 3jt.
    trus sy minta dibuatkan slip 3jt sma hrd tmpatq bekerja.
    nah apakah slip ini bisa bermasalah nantinya?? mohon bantuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk KPR subsidi maksimal gaji itu 4 juta pas, tidak ada minimal gaji, jadi untuk apa harus buat slip gaji sampai 3 juta?

      Delete
  25. Ass?teman,saya mau kredit perumahan subsidi.gaji saya Rp 3jta.apkah saya bisa buat kpr..sebelum saya melangkah sesat

    ReplyDelete
  26. Gan kpr nya udah lolos? Brp persen cicilannya dr penghasilan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah, cicilan yang nentuin bank sendiri, biasanya makin muda makin panjang cicilannya. Jadi sekalipun mampu mau ambil cicilan paling besar biar cepat, nggak akan bisa, karena keputusan berapa cicilan KPR bank yang tentukan.

      Delete
  27. gan supaya tidak lolos dari pihak bank pada saat interview gimana ya?, tujuannya supaya DP bisa dikembalikan full. soalnya jika dilihat2 lagi untuk pengambilan rumah subsidi yang jauh dengan kerjaan akhirnya memutuskan untuk tidak jadi ambil tapi sudah booking dan lunas DP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa tapi nggak mungkin dibalikin full, coba konsultasi sama marketingnya kena charge fee cancel atau biaya admin etc berapa, kalau cancel.

      Delete
  28. Gan w dach boking free n developer mnta npwp n siup perusahaan apa mang itu syrt,y mslh,y perusahaan ga mau kasih n apa bnr hrs karyawan tetep

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.Iya memang itu salah satu saratnya, aneh kenapa perusahaan nggak mau kasih? Itukan salah satu hak karyawan.

      2. KPR subsidi bukan karyawan tetap, melainkan sudah menjadi karyawan selama satu tahun dibuktikan dengan seurat keterangan kerja. Jadi yakin itu KPR subsidi?

      Delete
  29. Maaf gan mau tanya. Apakah spt menjadi syarat utama kpr. Masalahnya diperusahaan sy tidak dilaporkan jadi pas sya minta tidak ada. Dan mw lapor sekarang sudah tidak bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ditanya gan spt, yang penting ada slip gaji sama surat keterangan telah bekerja selama satu tahun.

      Delete
  30. Assalamulaikum Gan, menarik sekali artikel nya, mudah-mudahan menjawab kecemasan saya :)). Begini, FYI saya single dan tidak punya history cicilan lain di Bank atau lembaga keuangan lain dan saya lagi proses pengajuan KPR ke Bank BTN, sudah masuk DP +/- 25% ke developer dan semua berkas sudah saya penuhi sesuai dengan permintaan pihak developer, karena pengajuan KPR ke Bank BTN nya diurus sama pihak developer, saya cuma isi form pengajuan KPR dari Bank BTN di Marketing Office nya developer, lalu pihak developer nge-drop form saya ke Bank BTN. Sudah 3 Minggu belum ada panggilan Interview, kata pihak developer kira-kira sekitar 1 bulan, apa benar selama itu gan? padahal baru mau tahap wawancara ni, belom yang lainnya :(
    soalnya saya liat-liat di artikel yang lain, termasuk artikel agan itu bentar banget prosesnya langsung ada panggilan interview. Jika agan tarik, kira-kita berapa lama sampai selesai proses pengajuan KPR nya? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sebulanan, tapi ane ngepush marketingnya jadi pas DP udah lunas, sama dia langsung dimasukin buat jadwal interview.

      Kalau lama ada kemungkinan pihak developernya masih nunggu, pemohon lain buat lunasin DP. Sebab nggak mungkin cuma agan aja yang interview. Kebetulan developer ane bangun perumahannya banyak di mana-mana, jadinya udah banyak pemohon yang lunas DP, tinggal set jadwal aja.

      Pas ane interview dari cluster ane palingan cuma 10 orang aja, sisanya perumahan di daerah lain tapi masih satu developer.

      Delete
  31. Gan saya sudah kasih dokumen lengkap ga trtinggal saat booking fee 3 hri kmudian saya disuruh wawancara ttpi disuruh bawa matrai 17 atau langsung disana plus biaya admin kpr trus langsung disuruh buat tab btn... Itu da pasti di acc ap blum ya gan.. Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu baru tahap interview, kalau sudah di interview bank bakal kroscek semua data agan, kalau lolos dipanggil lagi untuk akad kredit.

      Selama data valid nggak ada yang fiktif sih, tenang aja pasti lolos kok dan jangan ada tanggungan lain seperti kredit motor etc

      Delete
  32. berapa lama kalo seandainya lolos dri wawancara bank?
    kira2 bank tanya apa jh ya ke hrd...
    kmren baru wawancara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma verifikasi data aja, bener nggak kerja di situ dan bener nggak gajinya segini.

      Delete
  33. Mas, sy mau nanyak donk,,
    skrg sy sedang pengajuan KPR bersubsidi d bank BTN,
    emang bener ya sttus kepegawaian harus pegawai tetap?
    sedangkan yg sy lihat d situsnya bank BTN,klo KPR bersubsidi syaratnya hanya sudah bekerja minimal 1 tahun,,,
    tp developernya bilang k sy harus pegawai tetap,,
    jadi bingung dan galau,,
    mohon pencerahan,,
    terima kasih

    ReplyDelete
  34. untuk pengajuan KPR bersubsidi harus sttusnya pegawai tetap ya?

    ReplyDelete
  35. Mas wali saya mw tanya.. saya ingin ambil kpr subsidi luar kota dr tempat saya bekerja. Kira kira Pengajuan kpr saya itu disetujui atau tidak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung interview, kalau bisa kasih jawaban bagus kenapa harus di tolak. Tinggal pikiran alasannya apa?

      Delete
  36. saya mau ambil kpr subsidi, tapi status ada angsuran motor 450ribu, walaupun bukan ane yg bayarin tapi ortu, udah ane bilang ke marketing nya, marketingnya blg supaya ane up gaji jadi 4jt, dan marketing janji bantu proses kpr, apa itu benar ya gan? ane takut duit dp ga balik, duit udah satu2 nya, kpr ga di acc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, tetep aja selama angsuran atas nama agan kalau ketahuan bank minus jadinya. Sebenarnya si marketing udah bener kok, naikin gaji sampai 4 juta biar nanti kelihatan bisa bayar KPR, walaupun ada cicilan motor. Pastiin aja si marketing pegang janjinya supaya bisa lolos.

      Tapi lebih bagusnya sih, kenapa nggak usah dicantumin aja itu cicilan motor?

      Delete
  37. matab mas. sangat membantu..
    trim's..

    ReplyDelete
  38. gan ane ngambil KPR subsidi, trus surat domisili ane gak sama dengan tempat tinggal sebenarnya, soalnya di kantor kelurahan ane gak bakalan ngasih surat ket domisili untuk Kredit-kreditan, jadi ngambilnya di kel. lain. Apa pihak BANK bakalan survey ke tempat tinggal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngapain ke kelurahan? Surat keterangan tidak memiliki rumah cuma ttd rt sama rw setempat aja, mana ada kelurahan bikin surat buat kredit-kreditan??????? Domisili ane juga nggak sama di ktp karena ngekost.

      Bank nggak bakal survey ke tempat tinggal cuma ke kantor aja.

      Delete
  39. Selamat malam mas mau tanya kalau estimasi pembiayaan dari pihak bank itu max berapa persen. Apakan bisa sampai 80% atau cuma 70%

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang tahu itu cuma bank. Tapi misalkan harga rumah 120-150 juta maka DP bisa 17-25 juta dan kpr akan berkisar dari 1,1 untuk 10 tahun sampai 800 ribu untuk 20 tahun.

      Delete
  40. Mas saya mau tanya, apakah rekening tabungan dicek juga sama pihak bank?
    Misalnya gaji pokok <4 juta (sesuai syarat) tapi saldo di rekening tabungan tiap bulan lebih dari itu karena ada bonus2 tambahan dari pekerjaan. Bakal berpengaruh nggak ya sama approval pihak bank?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung pas interview kpr, klo nampak menyakinkan nggak dicek sama bank, kalau meragukan biasanya bank minta rekening koran selama tiga bulan.

      Klo duit ada berapa di rekening mah, nggak ngaruh kok. Yang penting slip aja harus sesuai.

      Delete
  41. Mas mau tanya
    Saya kan blm bayar dp baru booking fee saja
    Tp udh disuruh interview sama marketingnya..
    Berkas2 persyaratan sudah saya lengkapi
    Itu gmn ya?
    Apakah bsa seperti itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo saya sih dulu baru diinterview setelah lunas DP 30% bukan booking fee. Rada aneh sih, tapi enaknya klo nggak lolos interview kita belum ngeluarin duit banyak buat DP.

      Delete
  42. Mas mau tanya...kalo ambil kpr pakai nama istri boleh gak. Soalnya saya sudah punya pinjaman di bank lain, kalo dicek di BI nanti ketahuan bisa dibatalin ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja, pakai nama istri tapi nanti form akan ada keterangan pengeluaran segala macam, termasuk pinjaman milik suami. Sebab pengeluaran selama sebulan keluarga harus dicantumkan.

      Kalau daftar saja sih bisa cuman klo ditanya nanti lolos interview apa nggak? Itu nggak tahu

      Delete
    2. Mas sya blm karyawan teteap tp dr perusahan d kasih surat kterangan masih aktif bekerja apa sya nanti wktu wawancara hrs bilang jujur bilang masih kryawan kontrak/udh karyawan tetap,,tp hrd sya bsa di ajak kerja sma misal ada bank tlpn kantor sya bekerja,sedangkan sya bekerja udh 3th.sedangkan kpr max masa kerja 1th,,tolong mas pncerahanya tgl 28 nti ada wawancra bank btn,,dan 1lg sya tdk pnya hutang piutang di manapun

      Delete
    3. Dulu juga saya pas diwawancara masih karyawan kontrak, tapi saya bilang klo deket banget sama bos dan bisa kapan aja jadi karyawan tetap. Bilang aja masih karyawan kontrak, tapi setahun lagi mau tetap atau bisa kapan aja jadi tetap, soalnya dekat sama bos, yang bagus-bagus dan menggambarkan masa depan cerah aja.

      Delete
    4. Maksi mas solusinya..oya kemrin tmn sya krja jg d acc,kta dia suruh bilang masih aktif krja smpi skrng dan bilng pt peraturan blm bsa keluarin sk kartap gtu kta tmn yg udh wawancara bank btn ..kira2 gimana mas mf ni bnyak tya brbgi itu idh he.

      Delete
  43. Mas mu tanya nih, saya mau wawancara kpr btn. Masalahnya isi uang di tabungan sedikit. Tp ga punya cicilan apa2, kira2 ngaruh ga ke proses kpr?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tabungan pribadi sedikit nggak jadi masalah, soalnya pasti disuruh buat rekening btn, dan disuruh isi minimal 3 juta untuk rekening btn itu.

      Delete
  44. Mas mau nanya? saya sedang mengajukan KPR. Proses dh jalan. Kata marketingnya tinggal nunggu SP3K nya keluar. Apa artinya kpr saya di setujui y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kpr subsidi gan? Soalnya saya sp3k bareng pas akad kredit bukan nunggu lagi.

      Delete
  45. Mau tanya bang. Klo saya mau ngajuin kpr subsidi. Dan ada event pinjaman dari bank bumi putra dengan cicilan perbulan 500ribu selama 2th. Untuk kpr subsidinya perbulan 1jt. Gaji saya 3.5jt. Yang saya mau tanyakan dengan kondisi itu bakalan di acc ga kpr nya? Soalnya ada yg bilang klo lagi mau ngambil pinjaman bank kpr bakal ditolak, bener ga sih. Tambahan data saya masih singgel. Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih nggak, karena jauh-jauh hari sudah diperingatkan agar keuangan sehat dan tidak ada cicilan apapun. Apa lagi kalo ikut perhitungan orang bank, 3,5 - 500= 3 juta, cicilan kpr 1 juta = sisa 2 juta. Dan ini untuk biaya hidup bulanan, apa lagi di kota besar macam Jakarta...waduh, kelihatan nggak sehat.

      Tapi.....ada saja yang beruntung lolos, ciri-cirinya:

      1. karena single masih berkemungkinan besar untuk lolos.

      2. pas interview kelihatan berprospek, misal masih muda banget (dibawah 30) dan kerja di perusahaan bonafid, sudah jadi karyawan tetap. Masih berkemungkinan besar lolos, sebab jenjang karir masih panjang dan berkemungkinan besar naik pendapatan.

      3. atau pns juga masih berkemungkinan besar lolos, karena akan dianggap bank aman. Tahulah, klo pns kaga mungkin dipecat.

      Delete
  46. Mau nnya mas. Klo sy ada cicilan mobil. Tp belom pernah ambil rumah. Sy pake aplikasi istri sy, tapi dia hanya usaha rumahan. Kira2 bank mau trima ga ya? Krn kan ga ada slip gaji dan keterangan karyawan. Mks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai nama istri dan perihal usaha rumahan asal bisa membuktikan penghasilan perbulan stabil dan continue bisa. Tinggal mencantumkan rekening koran selama tiga bulan dan biasanya kalau untuk wirausaha, bank akan survey ke lokasi usaha, untuk melihat apakah berprospek atau tidak.

      Delete
  47. Mas mau tanya,
    Saya besok rabu mau wawancara ke bank BTN. Nah, pihak developer kam minta denah tempat kerjaan saya, apakah nanti pihak bank bakal survey ke lokasi kerja dan menanyakan status saya ke HRD atau "hanya" by phone aja mas ?
    Mohon pencerahannya, karena saya waswas perihal HRD saya agak ribet orangnya takutnya pihak bank malah nggak ACC.
    Yang kedua, saya punya kartu kredit TAPI belum saya aktifkan, apakah pihal bank bisa mendeteksi ?
    Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya sih, denah itu kalau untuk wiraswasta karena bank biasanya bakal survey ke tempat usaha. Kalau karyawan pasti bank nelpon hrd.

      Kalau karty kredit sih, selama nggak dicantumkan, nggak bakal kedetec

      Delete
  48. mas mau nanya, itu pas buka tabungan btn kan suruh setor uang 3 juta ? itu duit kita pribadi atau sudah termasuk yg dp 28 juta? itu 3 juta untuk cicilan pertama dan uang apa lagi ya ?
    oh ya pas interview dpt nomer antri atau gimana? soalnya cuma izin stengah hari, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya dulu sudah satu paket dengan DP, coba mbak tanyakan lagi ke marketingnya takutnya dipisah tapi biasanya sih disatukan. Untuk cicilan pertama dan tetel bengek bank, segala rupa biasalah administrasi.

      Pas interview, kita nggak dapet nomor antrian. Nggak tahu dapat giliran kapan? Cuma bisa nunggu aja sampai dipanggil, bisa cepet, bisa juga seharian.

      Delete
  49. mas saya mau tny kebetulan saya tgl 10 dijadwalkan untuk intervew, btw untuk bagian org bank yg tlp ke hrd kita itu dpt no tlpnya dr mana? coz saya di form cuma cantumi no atasan saya sama no tlp yg ext pny saya.mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kok sis, dulu juga saya cuma cantumin no telepon kantor saja bukan bagian HRD. Palingan nanti dia telepon ke nomor yang dicantumkan sekalian minta dihubungkan dengan bagian HRD atau personalia.

      Delete
  50. gan mau tanya dong .. ane ngajuin kpr udah booking fee tinggal lengkapin berkas..
    ane mau tanya, kan ane ngga punya tanggungan kredit lain tapi ane punya asuransi kesehatan yang setiap bulan nya di tarik otomatis sama asuransi nya 500rb/bulan..
    itu kita harus ceritain ngga sama developer atau pihak bank pas di interview nanti ?? dan bakalan jadi menghambat proses persetujuan nya ngga ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asuransi itu bukan cicilan tapi investasi, so nggak begitu masalah sih seharusnya. Tapi klo nggak ditanya mah, nggak usah nyebutin.

      Delete
  51. Gan tanya dong kalau ajuin kpr subsidi tapi masih karyawan kontrak.. Dan baru kerja 4 bulan karena pindah dr kantor yg lamaa.. Dkantor lama saya ud kerja lebih dari 1th.. Kira" di acc ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak apa-apa kok, bagus-bagusin aja pas interview, bilang aja pindah kerja karena gajinya lebih gede, bentar lagi mau dapet promosi bala..bla..yang kelihatan masa depan cerah.

      Delete
  52. maaf saya mau tanya, kemaren kan saya baru wawancara kira-kira setelah wawancara proses apa lagi ya??? apakah langsung akad kredit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya developer bakal telpon buat kasih tahu, lolos atau nggak lolos. Kalau lolos dijadwalkan lagi untuk akad KPR, kalau nggak lolos duit dibalikin dengan perjanjian tertentu.

      Delete
  53. Wah berguna banget ini om, saya juga lagi mengajukan KPR tapi belom nikah :D hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak perlu nikah kok, yang single juga bisa ambil kpr

      Delete
  54. Mas saya mau nanya nih
    Kor pemohon atas nama saya tapi diminta untuk mencantumkan slip gaji suami juga, katanya untuk memperkuat kepercayaan bank,.nah gaji saya dan suami lebih dari 4 juta klo ditotal, tapi klo gaji saya g ada 4 juta..kira2 diterima gak ya?
    Kasih masukan ya mas..nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diterima kok sista, karena yang dilihat adalah gaji si pemohon kpr dan gaji suami dicantumkan karena sista sudah menikah. Asal sehat dan bersih, nggak ada tunggakkan dan cicilan atau kredit apapun.

      Delete
  55. Malem mas,
    Saya mau tanya, mengenai rekening koran 3bln trakhir apakah wajib? Membaca dri tips2 d atas, mengenai penghasilan perbulan bila total penghaailan lebih 4jt, request HRD supaya di buatkan di bawah 4jt. Soalnya klo d lihat melalui rekening koran akan muncul transferan gaji, dan klo include lemburan bisa hampir 5jt/bln terlihat d rekening koran. Mohon arahan...tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rekening koran diminta kalau ihak bank tidak yakin dengan sista, jadi pas interview kpr harus tampil menyakinkan klo nggak ya dimintain rekening koran. Nggak semua pemohon harus setor rekening koran.

      Delete
  56. Wah di sini banyak informasi yg sangat bermanfaat....

    ReplyDelete
  57. Saya mau tanya mohon di jelaskan,saya sedang mengajukan kpr, data sudah lengkap,saya kerja lewt koperasi dan di bayar tunai,sedangkan npwp saya tdak ada, seandainya bikin baru dan pihak btn minta spt solusinya bagaimana? Karena saya tdak ada spt. Mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. seingat saya dulu nggak diminta npwp, hanya surat keterangan telah bekerja dari kantor minimal satu tahun masa kerja. Juga slip gaji dan rekening koran selama tiga bulan dari bank dimana tranfers gaji. Ini KPR subsidi apa bukanya ya? Karena saya nggak pake spt

      Delete
  58. Mau tanya soal spt,kalo saya ga punya itu apa bisa ngajuin kpr

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, ane nggak pake spt gan? Yakin itu kpr subsidi?

      Delete
  59. gan, mau tanya. saya dan suami mengajukan kredit rumah. atas nama suami sih. kalau pengajuan gitu yg di cek atas nama yg mengajukan aja (suami) atau si istri saya juga di cek ? mslh nya bi ceking sy agak ga bagus.
    info ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di cek adalah nama si pengaju KPR, tapi tetap mencantumkan foto copy surat nikah, kalau sista tanya yang di cek itu adalah survey dari bank, maka bank akan mengecek tempat kerja, gaji etc suami sista saja.

      Delete
  60. "Kadang gue mikir kenapa nggak ikutan kaya, orang-orang lain di inner circle hidup gue? Itu loh yang kawin dibiayain sama Mamih Papih, terus rumah dibeliin juga, cuma tahu upload ke sosial media pake hashtag #sohappy #alhamdulillah #rejekitakterduga #blablabla"



    Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    kadang gw jg mikir gtu, tp dipikir2 lagi, lebih ada feel nya klo ngejalanin sesuatu pake perjuangan dulu..

    ReplyDelete
  61. Kadang gue mikir kenapa nggak ikutan kaya, orang-orang lain di inner circle hidup gue? Itu loh yang kawin dibiayain sama Mamih Papih, terus rumah dibeliin juga, cuma tahu upload ke sosial media pake hashtag #sohappy #alhamdulillah #rejekitakterduga #blablabla


    wkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkw.. ngakak gw baca ini, berasa senasib

    ReplyDelete
  62. Cukup bermanfaan gan,thank..
    tgl 6 gw wawancara di btn kranji syarat2 udah gw penuhin semua,doakan moga lancar gan

    ReplyDelete
  63. mau tanya pa, kalo mau di interview bank biasanya via tlp atau surat undangan?soalna saya tinggal di kontrakan yang beda dengan alamat KTP. terus pas akad harus sama istri atau bisa sendiri?

    ReplyDelete
  64. mau tanya gan..klo data rekening koran sama slip gaji beda,apa berpengaruh untuk di acc bank... contohnya rekening koran 3,2 sedangkan di slip gaji 3,7jt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo bedanya cuma dua ratus ribu mah nggak bakal terlalu diperhatikan, kli ditanya bilang aja duit lembur etc.

      Kalau bedanya mencolok, bisa diakalin dengan bilang punya usaha sampingan, seperti olshop atau dagang apa getuh.

      Delete
  65. Siang,.. ada yg ngeganjel nih. adik saya mau ambil rumah subsidi. karena dia pedagang dan masih ngontrak, maka syarat adalah dia hrs punya SKU dri Kelurahan dan belum punya rumah. tp di Kelurahan ada syarat bahwa bikin SKU harus punya Rumah dan Lunas PBB.
    *Pertanyaannya, bagaimana bisa ambil Rumah Subsidi, kan Rumah Subsidi itu untuk yg belum memiliki rumah. mhn pencerahannnya, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya nggak bisa komen banyak, karena karyawan jadi waktu beli nggak pake SKU. Mungkin bisa akali dengan membuat SKU di rumah orang tua dan memakai rumah dan PBB orang tua.

      Delete
  66. permisi mas, mau tanya kalo status pekerjaan di ktp dengan formulir berbeda misal di ktp mahasiswa tp di formulir sebagai karyawan. Karena saya kerja sambil kuliah. apa bakal ngaruh saat proses wawancara ?

    ReplyDelete
  67. permisi bang, persyaratan KPR kan ada SPT ya,..SPT yang dilaporin ini yang bagaimana ya?

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba baca-baca komen di atas, jaman saya sih nggak pake spt tapi katanya peraturan baru pake spt.

      Delete
  68. Gan,, ane punya gaji cuman 1,65jt + tunjangan 285rb..
    masa kerja ane baru 9 bulan di kantor pemerintahan (Pegawai Kontrak)..
    apakah bisa ikut KPR subsidi gan ? ane udah booking lokasi nih :(

    Mohon penjelasannya ya gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari gaji, nggak disebutkan minimal! Hanya maksimal 4 juta, tapi harus mempunyai masa kerja minimal satu tahun dan dibuktikan dengan surat keterangan kerja. Rada heran sih, agan bisa booking, harusnya si marketer kasih tahu yang masa kerja minimal satu tahun itu.

      Delete
  69. Apakah untuk pengajuan kpr gaji pada slip gaji harus sama besarnya dengan gaji yang masuk pada rekening? Karena dari pihak developer mengatakan kalau kpr saya di BTN ditolak dengan alasan gaji kekecilan dan langsung ditolak oleh sistem. Padahal pada slip gaji, gaji yang saya cantumkan 3x dari cicilan kpr-nya (dengan asumsi bunga 11%). Dan saya ingin menayakan, apakah mutasi rekening 3 bulan terakhir yang diserahkan ke pihak bank, harus rekening tempat gaji masuk. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. no rek harus sama dengan no di slip gaji yang diberikan ke bank BTN. Itu di cek loh sista, kecuali sista mau berkoar-koar panjang lebar ketika interview kpr, maka bisa diberikan no rekening, yang berbeda dengan slip gaji yang diberikan pada bank.

      Delete
  70. Mas mau tanya saya kan masih single, gaji saya cuma 2 jutaan kemaren udah ngajuin kpr bersubsidi, untuk single peluang di acc oleh btn kecil atau besar mas dgn gaji cuma 2 jutaan?
    Dan satu lg mas, kalo rekeninh korannya slalu kosong/tiap gajian lgsg saya tarik, berpengaruh engga mas pda saat interview??

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. gaji cuma 2 jutaan nggak ngaruh, palingan nanti anda dijatuhkan ke kpr paling kecil dan paling lama 20 tahunan.

      2. Rekening koran itu cuma bukti kalau benar anda gajian setiap bulan, bukan untuk lihat seberapa banyak tabungan anda.

      Delete
  71. Gan ane mau tanya.. ane karyawan tetap dengan gaji 3,6an jt.. istri juga karyawan tetap gaji 3,8an.. THP ya.. recommend nya di masukan double income atau cukup data saya aja ya??
    Satu lagi perumahan yg sudah saya booking itu harga jual 133 jt dengan Dp 7 jt tetapi ada biaya lain" bla bla jadi total 53 jt.. apakah memang total Dp harus lunas sebelum wawancara? Minta tolong pencerahan dr pengalaman agan..
    terima kasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. DP 53 juta mah bukan KPR subsidi gan...skip

      Delete
  72. gan saya mau tanya saat ini saya sedang proses pengajuan kpr subsidi namun kk asli hilang hanya ada copyan saja, apakan nnti bisa lolos saat pemeriksaan berkas pada bank ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane juga pake fotocopyan kok, tapi ane belum berkeluarga jadinya kk punya orang tua.

      Delete
  73. Mas .aku mau tanya .
    Pra dan akad itu beda yaa ?? Soalnya saya d jdwalkan pra dan akad untuk minggu ini ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus terang nggak ngerti, soalnya 1. interview kpr, kalau lolos baru dah 2. akad kpr jadi nggak ada yang namanya pra.

      Delete
  74. Saya guru honorer di sekolah negeri gaji 3juta an, msh single apa bisa saya lolos kpr subsidi? Mengingat pegawai honor kan bukan guru tetap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kpr subsidi rulesnya, minimal kerja satu tahun, bukan karyawan tetap.

      Delete
  75. Pak wali, dari pengalaman bapak, developer mana saja yang terpercaya? dan gimana cara cek-nya pak? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya liat dulu gan, dia sudah pernah bangun cluster apa belum. Pastiin dulu kualitas cluster yang udah di bikin dia, terus agan tanya sama yang tinggal di cluster tersebut pengalamannya gimana?

      Delete
  76. Wahhh ini kayaknya yang wawancaranya bareng gue deh...developernya PT MUSTIKA PUTRA NUSANTARA hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan kirim email donk, ane mau kontak neh.Tenang nggak bakal di publish

      Delete
  77. Gan... saya mw rncana ambil rmh smntra ngajuin pke ktp sya yg msh single, sya sdng urus kk n ktp yg sstsny mnikah...nnti dipermslhkn tdk yh klo pas sya slesai akad n sdh mmnempti brsma istri.trutma klo da pngecekn dr bank.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, nggak bisa nunggu sampai kk selesai? Terus terang nggak bisa jawab, karena nggak pernah ngalamin. Tapi kalau daftar pake ktp single dan pas di interview segala macem jawabnya single, seharusnya nggak ada masalah. Konsultasikan dulu saja ke bank BTN terdekat.

      Delete
  78. Enter your comment...gan tanya,apa ada interbiew by phone? kmarin katanya developernya aku djadwalin interview,trus disuruh bikin rek.BTN,tp interviewnya by phone katanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak, baru denger kalau interview bisa pake telepon?

      Delete
  79. pagii.. saya mau tnya.. saya ada ajuin kpr rumah... semua syarat ok... cuma rumah itu saya kpr buat org tua saya karena dari pada kontrak terus jd kpr rumah... masalah gak ya?? soalnya syarat kpr subsidi kalau gak salah harus di tingal sama yang kpr... sedangkan saya kerj di jakarta... kalau syrat begitu gak bisa punya rumah donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang gan, bilang aja buat sendiri, klo udah dapet baru kasih ke orang tua.

      Delete
  80. pagi...
    saya mau tanya
    suami sy sedang mengajukan kpr di btn untuk rumah subsidi
    yang mau sy tanyakan
    1. apakah daata istri juga ikut di check seperti misal ada tunggakan krt kredit yg dibayarkan sebelum jatuh tempo dan pmbyaranya minimal dari tagihan,
    2.apakah pengajuan kpr suami sy bisa d acc karena sy ada tunggakan tp sllu lncar pembayaranya?
    3. apakah bi checking selalu on setiap org yg mengajukan
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Data-data yang di cek oleh bank, hanya data dari sipemohon kpr saja. Sementara anggota keluarga misal istri sama sekali tidak di cek.

      Delete
  81. Gan admin. Ane mau tanya. Ane kan ngajuin KPR GA pake interview tapi langsung ACC gmn tuh. Saya tanya sama bagian marketing + bagian admin katanya gpp. Mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aneh sih gan, klo ngajuin KPR nggak pakai inteview, wajib diwaspadai.

      Delete
  82. Gan apakah kl sy krj di jakarta utara tidak bisa ambil kpr subsidi di timur jkt...takutnya ga di acc bank...mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja gan, nggak ngaruh kok, Asal bilang buat di tempatin sendiri ya.

      Delete
  83. saya mw mengajuka. kpr udh kasi tanda jadi tpi marketingnya susah banget kalau disuruh ambil berkas pengajuan kpr kalau ada uang aja mereka cepetan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending pindah marketing aja, datengin developernya terus minta marketing lain.

      Delete
  84. mau nanya juga dong,
    sy kan pelaut penghasilan d atas 6juta tp klo masalah slip gaji bisa diatur sm HRD max 4juta tp yg ga bisa datur rek 3 bln terakhir. Apakah sy bisa ambil KPR subsidi?, sbg info dp sudah lunas tinggal wawancara ni. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya resiko sih gan, klo DP sudah lunas bisa berabe karena setahu saya developer nggak bisa balikin full DP andaikata di tolak oleh bank.

      Delete
  85. Mas mau nanya dong,
    1. ane kerja baru 1 tahun nih tapi ane cantumin di surat keterangan karyawan tetap itu 2 tahun, nah ada syarat spt tahunannya kan, kira" gimana ya enaknya mas? apa npwp pribadi aja cukup?

    2.Soal gaji di kantor gak ada slip gaji, soalnya transfer.
    nah kata hrd buat sendiri aja nanti tinggal stempel kantor.
    masalah nggak nanti tuh?

    3.trus jumlah gaji kan umr 3,150 tapi kata pihak pemasaran digedein aja, dan hrd pun gak masalah kalo memang mau ditambah. cuma saya pengennya jujur aja gitu soalnya takut dicek di rekening koran gak sesuai nanti masalah lagi. toh saya masih single, hidup juga masih numpang sama sodara jadi pengeluaran nggak banyak + saya juga ada tambahan masukan dari pensiun orang tua.
    kira" bagusnya gimana mas?

    ReplyDelete
  86. Gan mau nanya

    OOT dr BTN

    Ane mo ambil KPR di BRI syariah
    Rata2 harus karyawan tetap
    Udah banyak yg ditolak kalo status karyawan kontrak

    Dp prumahan cm 3 jt dan angsuran skitar 650an/bln (ini termasuk subsidi ap ngga)
    Lupa nanya develop krna lihat dp ny murah
    Dan ktnya smpai akad cm 6 jtan hbs nya

    Persyratan banyak yg hrus dlengkapi
    Rek koran 6 bln trkhir
    Kryawan tetap
    Npwp
    Ktrng blum punya rmh dan mshnlajang dr klurahan

    Nah okelaj kalo surat kryawan bisa diurus sm HRD
    Dan gaji ane saat ini
    2,8 juta kdng 2,9 trgntung lemburan
    Ciclan motor tinggal 4 bln lagi
    Sering ambil kreditan tapi lunas dengan baik

    Ini msh dlm tahap melengkapin berkas
    Dan udh boking fee

    Kira2 bisa di Acc ngga gan?
    Ada saran gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.Iya gan, itu termasuk KPR subsidi.

      2.Kemungkinan besar nggak gan, bukan karena karyawan kontrak, saya juga belum tetap kok tapi lolos. Tapi agan ada cicilan lain selain rumah, yakni motor sekalipun tinggal 4 bulan tetap saja di mata Bank tanggungan lain selain KPR mereka.

      Yang saya herankan, kenapa marketer nggak kasih info KPR subsidi harus bebas dari cicilan apapun aka bersih.

      3. Kalau mau tunggu 4 bulan lagi sampai bersih dari semua cicilan, atau bisa kibulin bank agar nggak ketahuan ada cicilan. Cuma dua itu aja optionya.

      Delete
  87. Gan, saya baru aja ngajuin. Hari kamis masukin berkas, lengkapi semua berkas. Hari senin udah di tentuin sama dev nya untuk interview di bank. (Agak was-was juga)

    Yang jadi masalah, apaakah nanti pihak bank itu ke tempat kerja? Soalnya hrd saya agak ribet, minta tolong dibuatkan surat keterangan kerja tetap aja dia ogah2an.. slip gaji okelah bisa saya buat, nah, krna (SK) saya itu masih kontrak pkwt, jadi saya ubah jd karyawan yg sudah kerja 1,5 tahunan. (Emosi sama HRD). Tapi saya ubah jg menggunakan ttd atasan saya selain hrd + stempel perusahaan.

    Kira2 jadi masalah gak ya nanti. Takutnya dia datang ke kantor tanpa pemberitahuan terus langsung ke ruang HRD, bisa mati kutu saya.

    Mohon bantuannya gan.
    Selain itu, saya juga gak ada tunggakan di bank, tp kalau di leasing ada gan.. itu kira2 pengaruh gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kalau karyawan sih, nggak bakal datang. palingan cuma telpon ke HRD aja. Bank bakal datang cuma buat wiraswasta aja, misalkan punya pabrik atau home industri.

      2. KPR subsidi itu, nggak harus tetap loh. Tapi wajib punya minimal masa kerj satu tahun.

      3. Leasing apa dulu, kalau leasing kendaraan bermotor sih, bakal dianggap minus ama bank. Asal nggak ketahuan aja.

      Delete
  88. Min... Untuk uang DP itu diserahkan KPR disetujui atau gimana,ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk uang DP pasti diberikan di awal sebelum KPR disetujui, dan kalau gagal KPR biasanya developer punya rules and agrement membalikkan uang DP tapi nggak full, hanya berapa persen getuh.

      Delete
  89. Gan mo nanya nih, sepengetahuan agan, kira2 sp3k bisa ditarik lagi oleh btn gak sih??soalnya ane baca2 di blog sebelah kok katanya bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, nggak tahu sista nggak pengalaman narik sp3k

      Delete
  90. Mau tanya gan, saya mengajukan kpr di btn , ini masih dalam tahap ngumpulin berkas, syarat kpr minim gaji pokok 3,5 jt dan max 4jt.

    Nah yang saya bingungin, itu kan rumah subsidi, gaji saya pokok sebulan total 3,6 jt tapi bersihnya kurang dari 3,5 jt dan selisihnya cuman 40rb an,, . Tapi jika ditambah lembur komisi skill dll bisa lebih dari 4jt. Cicilan dan utang tidak ada. Tapi di bank lain saya ikut asuransi.

    Karena syarat kpr gaji minim 3,5 max 4jt.

    Bukanya dari pemerintah itu harusnya nggk matok gaji pokok minim ya?

    Jadi bingung mau ngakalin gimana biar lolos disetujuin kpr. Minta saranya gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya lihat saja yang tertulis di slip gaji berapa? Kalau di slip gaji tertulis gapok 3,6 juta ya pasti lolos, kalau di slip gaji tertulis di atas 4 juta dan semua lembur serta komisi masuk yassalam....

      Palingan kalau saran sih, minta tolong ke HRD aja, supaya yang lembur dan lain-lain nggak dicantumin ke dalam slip gaji selama tiga bulan saja.

      Awalnya emang nggak ada patokan gaji minim, tapi nggak tahu juga sekarang ada patokan minim. Mungkin banyak yang nunggak KPR, jadi diberi patokan gaji.

      Delete
  91. gan mau tanya nich istri sya ngajuin kpr rumah subsidi klu ktp istri sya bersih..gk ad hutang.. tpi ktp sya(suami) msih ad cicilan motor masih 12 bulan lg bru lunas tpi sya byar nya bgus gk pernah nunggak apa kah nanti bisa d acc sma pihak btn? trmkh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dar awal sih sudah diwanti-wanti harus bersih dari cicilan lain, dan itu termasuk cicilan kendaraan, berdoa aja gan supaya lolos.

      Delete
  92. gan mau tanya istri sya ngajuin kpr rumah subsidi klu ktp istri sya bersih gk ad hutang tpi klu ktp sya msin punya hutang cicilan motor tpi sya slalu bayar tepat wktu kira2 apakah nanti bisa d acc atau gk sma btn .. trmksh

    ReplyDelete
  93. Mas mohon pencerahan nya dunk.
    rencana 2 bln ke dpn suami mau ambil kpr.
    dan rencana nya nanti pakai gaji gabungan buat ngangkat gaji maksudnya.
    gaji suami 6jt & saya 5jt.
    atas namanya nanti atas nama suami.
    yg saya takutkan, ini saya(istri) dulu nya pernah ada masalah kartu kredit mega tp sdh lunas & bln ini rencana mau melunasi kartu kredit yg lain, jadi bs dibilang data BI saya kurang bagus.
    apakah karena BI checking saya ini, kpr suami saya tdk ke acc ya mas?
    mohon informasinya.
    terimakasih byk sebelumnya.
    lagi kepikiran banget.

    ReplyDelete
  94. Mas mohon pencerahan nya dunk.
    rencana 2 bln ke dpn suami mau ambil kpr.
    dan rencana nya nanti pakai gaji gabungan buat ngangkat gaji maksudnya.
    gaji suami 6jt & saya 5jt.
    atas namanya nanti atas nama suami.
    yg saya takutkan, ini saya(istri) dulu nya pernah ada masalah kartu kredit mega tp sdh lunas & bln ini rencana mau melunasi kartu kredit yg lain, jadi bs dibilang data BI saya kurang bagus.
    apakah karena BI checking saya ini, kpr suami saya tdk ke acc ya mas?
    mohon informasinya.
    terimakasih byk sebelumnya.
    lagi kepikiran banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sepertinya salah kamar, ini buat kpr subsidi yang maksimal gaji pemohon adalah 4 juta.

      Delete
  95. Om,saya mau tanya..
    Untuk rekening koran,nanti nya bakal jadi bahan pertanyaan ke saya ya pada saat interview..
    Saya khawatir karna di rekening koran saya transaksinya besar2..
    Tetapi tetap dalam gaji saya..
    Takut nya nanti pihak BTN melihat dan menjadi perbandingan untuk dia...
    Butuh saran nih gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu ane rekening koran itu hanya untuk memastikan jumlah gaji benar-benar sesuai dengan yang tertulis di surat permohonan, serta untuk melihat apakah benar gaji sudah masuk selama satu tahun masa kerja.

      Delete