Pengalaman Membeli Rumah Bersubsidi Part 2 : Sarat dan Surat Agar KPR Diterima


Sebelum anda memutuskan untuk memberli rumah bersubsidi pastikan terlebih dahulu mengerti apa itu rumah bersubsidi. Rumah bersubsidi adalah rumah yang bisa dicicil dengan KPR ringan atau fixed KPR (KPR tetap) dan KPR rumah bersubsidi disebut KPR sejahtera jadi rumah bersubsidi memang diperuntukan bagi kalangan menengah ke bawah namun dalam prakteknya, rumah bersubsidi diincar mulai dari bawah sampai menengah ke atas. Maka jangan heran kalau rumah bersubsidi laris manis bak kacang goreng. Berdasarkan pengalaman saya berikut sarat dan surat apa saja yang harus diterima agar KPR untuk rumah bersubsidi berjalan mulus.

Sarat KPR Sejahtera:

1. Penghasilan di bawah Rp 4 juta!

Ini yang nggak disadari banyak orang termasuk teman-teman saya, mereka nggak ngeh kalau KPR hanya untuk orang-orang bergaji di bawah Rp 4,000,000 saja. Alhasil semua teman saya yang sekarang sudah punya gaji mumpuni nggak bisa KPR dan harus membeli rumah mahal dengan ansuran tinggi pula, ini karena mindset orang sini yang "nunggu kawin" baru beli rumah, padahal rumah kebutuhan primier. 

Kalau pasangan berpenghasilan lebih dari Rp 4 juta bagaimana? Tidak apa-apa nanti dipermohonan KPR masukan saja nama istri atau suami yang gajinya di bawah Rp 4 juta.  

Saya sudah diwanti-wanti perihal gaji ini oleh marketing yang menjual rumah, karena biasanya gaji di atas Rp 4 juta pasti ditolak bank!

2. Tidak Pernah Menerima Subsidi KPR

Ingat dua rumah KPR tidak bisa dimiliki oleh satu orang yang sama atau pasangan yang sudah mempunyai rumah lalu sang istri kembali mengajukan KPR atas namanya. Tidak disarankan apalagi jika KPR dengan bank yang sama karena bank akan mengecek kartu keluarga jika sudah ada nama keluarga yang mengambil KPR maka anda akan diblok. 

3. Saldo Bank Minimal Rp 3 juta

Salah satu sarat yang sering diabaikan adalah saldo bank pemohon yang minimal harus Rp 3 juta. Peringatan saldo ini biasanya sudah diantisipasi oleh developer dengan memasukan ke dalam uang muka. Tapi juga nggak jarang, ada developer yang sama sekali nggak memasukan sarat saldo minimal Rp 3 juta ke uang muka supaya keliatan lebih murah. 

Jadi pastikan anda punya dana tambahan Rp 3 juta untuk dimasukan ke dalam rekening bank pemohon KPR. 

4. Karyawan Perusahaan Minimal 1 Tahun Kerja 


Nah, salah satu yang jadi kendala banget adalah anda harus seorang karyawan perusahaan dalam negeri dan telah bekerja selama 1 tahun. Terus kalau sudah 1 tahun tapi belum tetap apakah bisa? Tergantung dari interview KPR, kalau pas interview anda nampak berpotensi, ya bakalan lolos sekalipun masih kontrak. 

Terus kalau bukan karyawan misalkan enterpreneur? Ini dia yang jadi masalah, karena kebanyakan bakal ditolak mentah-mentah. Jangankan KPR sejahtera untuk KPR rumah mewah saja sekalipun anda pebisnis yang menghasilkan puluhan juta belum tentu diterima. Bank nggak mau ambil resiko dan ribet, mereka cuma mau yang pasti-pasti saja. Kalau begini mending anda beli rumah cash saja, karena sulit buat nembus KPR kalau bukan karyawan.


Surat:

1. Surat Keterangan Gaji

Setelah anda booking fee pasti akan diminta surat keterangan gaji, biasanya developer sudah memberikan anda format fixnya tapi setiap perusahaan punya aturan masing-masing. Jadi yang paling umum adalah perusahaan menandatangi slip gaji selama 3 bulan. Jangan takut karena developer tidak masalah menerima 3 bulan slip gaji yang ditanda tangani oleh HRD.

2. Surat Keterangan Tidak Punya Rumah

Ada akan diberikan surat resmi dari developer mengenai keterangan bahwa anda tidak punya rumah dan harus ditanda tangani oleh ketua RT dan RW setempat.

satulagi semua sarat ini harus beres maksimal dalam jangka waktu satu bulan setelah anda membayar uang muka, kalau tidak hangus.


Buat yang mau komentar, sorry tapi setelah 204 lebih komentar, udah nggak bisa muat komen, sepertinya ada yang salah dengan template blog ini. Jadi mohon maaf komentarnya, nggak bisa diupload.



224 comments:

  1. Berguna bgt infonya ... Tp adakah cara jika penghasilan cuma beda 1-1.5 jt , bisakah mengambil jg? Walopun beda sedikit , tp y ttp susah kl mau ambil cash rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. @anonymous: Maksudnya KPR sejahtera tapi penghasilan lebih 1-1,5 juta dari 4 juta begituh? Kalau kasusnya begitu anda tetap akan ditolak bank untuk bisa KPR sejahtera rumah subsidi. Bahlan lebih seratus reibu saja pasti ditolak.

      Kalau kurang dari 1-1,5 juta dari batas pengajuan gaji pemohon KPR 4 juta, ya pasti bakal diterima, karena KPR sejahtera untuk rumah subsidi memang diperuntukan untuk menengah ke bawah.

      Delete
  2. Sedikit info, kalau di atas 4 juta, bisanya apartemen subsidi (rusunami), subsidi untuk gaji maksimal 7 juta.
    Bisa juga buat pertimbangan, misal beli apartemen subsidi dulu, habis jadi / beberapa tahun beli / saat sudah lunas, nanti dijual lagi. uang penjualannya buat beli rumah baru / second.
    Dengan catatan bisa / ngerti cara akalin buat jual apartemen subsidi, karena sebenarnya rumah & apartemen subsidi tidak boleh diperjual belikan sebebas rumah & apartemen non subsidi.

    Sebenarnya bisa coba googling atau cek di btn dengan keyword 'KPR BTN Sejahtera FLPP' untuk keterangan subsidi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rusunami nggak banget gan, tapi lokasinya itu boleh di tengah kota. Memang benar kalau apartemen atau rumah bersubsidi nggak boleh di over kredit, minimal 5 tahun atau sampai lunas, tergantung juga peraturan dengan developernya.

      Delete
  3. kita dari perusahaan properti ingin mengajak teman2 blogger untuk melakukan paid review

    untuk teman2 yang berminat melakukan paid review dan memiliki niche sbb:

    rumah
    desain rumah
    berita
    properti
    arsitek
    dekorasi
    atau yang berhubungan dengan niche diatas.

    kita akan menawarkan mulai dari rp. 250rbu-500rbu / blog post tergantung kualitas blognya dengan jumlah kata min. 400 kata.
    dan mencantumkan minimal 2 link ke situs yang kita minta.

    blog harus memiliki min. pr 1 dan berumur min. 1 tahun.

    yang berminat silahkan PM ke inbox
    soffian rahmat ( www.facebook.com/soffianrahmat1 )
    atau kirim email developerrumahku@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Gan gaji pokok saya 4.050.000. Sama lmbur jadi 6 jutaan. Masih bs ajuin subsidi gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cuma lebih 50 rebu mah seperti dipertimbangkan. Biasanya developer bakalan kasih tahu apakah agan calon yang bisa lolos atau nggak ketika deal untuk rumah di properti mereka.

      Nah, kalau sampai duit lembur nongol jadi 6 jeti udah pasti di tolak gan, palingan seperti yang ane bilang, puasa lembur 3 bulan untuk bikin slip gaji kelihatan
      cuma 4,050,000.

      Sebab nanti di interview KPR pasti diminta slip gaji minimal 3 bulan dan rekening koran minimal 3 bulan, so kudu dibersihin dulu tuh 3 bulan dari lembur biar lolos.

      Kalau mau aman minta tolong ke HRD buat bikin slip gaji 3 bulan yang dibuang 50 ribunya supaya kelihatan 4 jeti pas, bilang aja mau beli rumah mumpung ada duit, pasti dikasih kok.Tapi jangan lupa kasih tahu ke HRD biar bilang gaji cuma 4 jeti,ketika nanti bank nelpon untuk kroscek.

      Delete
    2. Salah ni maximal tuh yg 3,9jt jgn sampai 4jt (gajih pokok) kalo lemburan sampe 10jt ga jadi masalah pasti di terima

      Delete
    3. Gapok mah nggak mungkin juga 4 juta, nanti ditambah tunjangan pasti lebih, maksudnya yang tertera di slip gaji, gapok dan tetek bengek udah harus 4 jeti pas.

      Klo ada uang lembur etc ikutan tertera, nggak bakal lolos apa lagi uang lembur gede banget pasti ditolak, karena kpr subsidi bakal memprioritaskan yang benar-benar membutuhkan.

      Delete
  5. Assalamualaikum, mau tanya, gaji pokok saya 2.160.000 tapi karena lemburan bisa jadi 5 ampe 4 juta, kira2 bisa di acc ga yah untuk rumah subsidi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam, bisa kok karena intinya gaji pokok Rp2juta. Hanya saja nanti kalau diminta slip gaji kasih saja yang tanpa lembur.

      Delete
    2. Gan, Gaji sy 3,5 jt belum menikah, ingin membeli rumah bersubsidi secara cash. Bisa gak Gan?

      Delete
    3. rumah subsidi nggak ada yang dijual cash, namanya aja udah subsidi artinya program KPR murah dari pemerintah aka program kredit flat tanpa kenaikan. Lagian kalau bisa cash ngapain cari rumah subsidi?

      Delete
    4. gan dulu sebelum nikah istri saya ambil perumahan subsisdi, sekarang setelah nikah rumah itu sudah di jual lagi, saya mau ambil rumah subsidi atas nama saya, bisa ga yah, istri sayakan ambilk rumahnya waktu belum nikah dengan saya

      Delete
    5. Bisa kok gan, soalnya nama agan masih bersih lagian yang di cek status keuangan etc itu agan bukan istri. Tapi klo kpr subsidikan ada keterangan belum memiliki rumah dari Rt dan Rw, nah itu pikirin sendiri dah, gimana ngakalinnya.

      Delete
  6. Makasih bangget gan Infonya..

    ReplyDelete
  7. Gaji pokok saya 2.6 jt ditambah uang makan & transport jadi 3.3 jt kira2 di acc gk yaa..trima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti bisa om kan duah ditulis kalau KPR sejahtera, maksimal gaji 4 jeti. Jadi kalau dibawah 4 jeti udah pasti masuk buat golongan KPR sejahtera.

      Delete
  8. Gan kl suami saya sudah memiki kpr bersubsidi, boleg gak mengajukan lagi kpr beesubsisi atas nama saya. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok, paling kendala pas bikin surat keterangan belum punya rumah dari RT (nah loh, pikirin sendiri dah) sama yang paling mengkhawatirkan pas interview. Soalnya pasti yang diprioritasin adalah yang belum punya rumah sama sekali. (nah loh, pikirin sendiri lagi dah mau bilang apa?)

      Delete
  9. Gan mau tanya saya pekerja outsourcing bumn, gaji pokok 3 juta tapi ada tunjangan shift jadi tiap bulan terima lebih dari 4 juta, apa saya bisa ngajuin kpr subsidi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bisa "nggak ambil" tunjangan shift selama 3 bulan buat print gaji terlihat 3 juta bisa nggak? Kalau nggak bisa, sudah pasti agan di tolak mentah-mentah.

      Delete
  10. Gan ane gaji cuma 2,9 juta kira-kira bisa ga ambil Kpr?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti bisa ini kan KPR sejahtera, memang untuk kalangan menengah ke bawah dengan gaji maksimal 4 jeti. Ingat KPR sejahtera!

      Delete
  11. infonya sangat bagus dan bermanfaat, saya mau tanya gaji pokok saya 1,5 juta ditambah tunjangan jadi 4,1 terus ada potongan ini itu jadi yang saya terima 3,8 juta. kalau seperti saya bisa tidak? atau yang dilihat sebelum potongan. terima kasih banyak. sukses terus.

    ReplyDelete
  12. kalau masih single bisa ajuin KPR bersubsidi tidak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok, baca-baca aja label "rumah" atau ini http://www.everybodygoesblog.com/2015/06/apa-yang-ditanyakan-oleh-bank-ketika.html

      Delete
  13. Replies
    1. Jauh banget gan dan bekasi getuh loh, keburu meninggal di jalan saban hari PP bekasi-jakarta

      Delete
  14. mz bro kalo qt ngajuin cuman slipnya qt aja gpp kan,,,kalo slip d gabug istri pasti lebih 4 juta soalx...apa gk masalah kalo seperti itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang namanya KPR cuma bisa diajukan sama satu orang aja gan, jadi slip gaji itu nggak boleh digabung. Semua data harus murni dari satu orang aja, kalau permohonan KPR atas nama istri, maka slip gaji juga dari istri saja.

      Delete
  15. Gan gaji pokok suami saya 1,9 jt,,trus ada premi sekitar 900 rb perbulan,,tambah tunjangan perumahan 300 rb,,kira kira bisa lolos ga ngambil kpr yg 10 th

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisalah kan itu masih di bawah 4 juta. Ingatnya ini yang dibahas KPR sejahtera.

      Delete
  16. Hallo gan...saya wiraswasta,usia masih 25 tahun...single..abis ngajuin kpr udh wawancara,dan pihak btn udah OTS jg ke tempat usaha saya..kira3 bakal di setujui ngga yah sama btn nya??kira2 ane harus nunggu brpa lama yah buat nunggu keputusan dri btn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, kalau interpreneur kurang tahu gan. Soalnya saya karyawan, biasanya sih ada yang telpon ke HRD dan nggak lama diconfirm sama bank. Kalau enterpreneur kemungkinan rada lama karena bank pasti punya itung-itungan yang berbeda, biasanya sih memang rada susah kalau bukan karyawan.

      Delete
  17. betul sekali apa yang di utarakan di postingan ini.

    Alhamdulillah seminggu kemarin saya baru saja akad kpr flpp bersubsidi, share aja buat yang mau ambil kpr flpp bersubsidi ikuti semua ketentuan sesuai dengan yang dipersyaratkan, ikuti juga saran2 dari developer atau marketing nya supaya permohonan disetujui bank.

    untuk poin 1 diatas, bener gan Gaji Pokok tidak boleh lebih dari 4 juta, jangan sampai lebih ! lebih sedikit pun bisa di tolak, kalo total take home pay nya lebih dari 4 juta tidak masalah, yang penting gapok harus diperhatikan.

    pada saat wawancara pihak bank akan mempertanyakan tentang gapok, terus pengeluaran (biaya hidup) per bulan, jangan sampai pengeluaran per bulan melebihi gapok :) ,

    satu hal lagi gan, BI checking harus lancar, jika masih punya kredit atau tagihan dengan pihak lain semisal leasing, kredit kendaraan, dll, segera diselesaikan, biar aman supaya disetujui bank.

    demikian semoga bermanfaat gan :)

    ReplyDelete
  18. gan, mau tanya.. saya wanita 23 thn single, karyawan swasta dgn gaji 2,8 - 3 jt, baru mengajukan kpr flpp subsidi, karena saya blm berkeluarga kk otomatis bersama orang tua, kira2 disetujui tidak yah.. ? karena saya baca2 diforum sebelah dalam 1 kk tidak boleh memiliki rumah, sedangkan orangtua saya otomatis punya rumah..
    mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok, sama seperti saya juga KK masih dengan keluarga. Tapi saya disuruh bikin surat keterangan "TIDAK MEMILIKI RUMAH" yang ditanda-tangani sama RT dan RW setempat. Nah, sista disuruh buat surat "tidak memiliki rumah" nggak? Karena seharusnya KPR subsidi membuat surat itu.

      Delete
  19. Malam mas wali.

    Artikel yang sangat membantu.
    saya ada pertanyaan :

    1. Setelah akad, surat apa saja yang akan diterima oleh kita? bagaiman dengan HGB dan SHM, apakah didapat?
    2. Untuk pembelian rumah yang di area hook, pihak developer meminta tanah hook dibayar lunas, dalam artian tidak termasuk KPR, apakah benar seperti itu? dan apakah kita bisa langsung mndapat surat tanah/SHM tanpa harus menunggu kredit lunas untuk sisa tanah hooknya?

    Mohon pencerahan ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kalau saya sih nggak dapet surat apapun, cuma kunci rumah aja. HGB dan SHM dapat setelah satu bulan.

      2. Iya kalau dapet rumah dengan tanah hook kena charge lebih lagi sebelum akad dan di luar KPR, kalau nggak dibayar nggak bisa akad. SHM dan AGB setelah satu bulan akad tapi bisa jadi tiap developer beda-beda,

      Delete
  20. Gan itu gaji kotor apa bersih? Kalo gaji kotor 4,5 trus setelah dipotong segala macem tinggal 3,8 juta yg masuk rekenibg. Gimana tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Take home pay, jadi all salary (kotor) total 4 juta yang dibawa pulang. Sebenarnya yang dilihat bukan gaji yang masuk ke rekening tapi jumlah gaji yang tercetak di-slip bulanan. Kalau di slip bulanan tertulis 4,5 berarti nggak bisa tapi kalau di-slip gaji tertulis 3,8 baru bisa.

      Delete
    2. Take home pay itu bukannya gaji bersih gan? Yaitu gaji kotor setelah dikurang potongan2. Nah ane kasusnya gaji kotornya 4,5. Namun setelah dipotong ya jadinya 3,8 juta yg ane bawa pulang alias take home pay. Nah gimana tuh menurut agan? Thanks loh

      Delete
    3. Pokoknya lihat dari slip gaji aja, klo di slip gaji tertulis lebih dari 4 juta berarti nggak bisa. Sebab salah satu sarat KPR sejahtera, adalah menyerahkan slip gaji selama tiga bulan.

      Delete
    4. Saya boleh menambahkan ya.. gaji max 4 juta itu adalah gaji pokok mas.. ditambah tunjangan, lembur dsb kan bs lebih dr 4 jt ya gpp..

      Delete
  21. Gan kalau kita ngakalian slip gaji, terus berhasil, ada resiko ga kedepan bakalan ketahuan gitu? Misal 2-3 tahun ketahuan, Sanksi / hukuman kl ketahuan bikin slip gaji palsu gmn gan? Lumayan tuh duit sdh masuk banyak soalnya
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Based on experience sih nggak bakal. Soalnya klo udah lolos akad kredit, bank nggak bakal kontak atau ngecek lagi, yang penting itu setoran KPR lancar.

      Delete
  22. Asslkm. Mas Wali, apakah bisa suami istri mengajukan kpr subsidi bersamaan? kami sama2 bekerja tetap n berpenghasilan di bawah 4jt, tp kami masih numpang n tinggal di tempat berbeda sesuai t4 dimana kami bekerja. Pengennya tinggal di rmh sendiri walau di t4 berbeda. Mohon infox, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Tidak bisa bersama mbak, jadi harus pilih salah satu, suami atau istri saja. Saran saya pilih diantara mbak Ika atau suami yang bersih dari dari semua kredit, misalkan nggak ada cicilan mobil ataupun motor maupun cicilan lain. Kalau bersih dari cicilan pasti mulus KPR-nya.
      2. Karena ini KPR sejahtera, maka nanti akan disuruh membuat surat keterangan tidak memiliki rumah, berdasarkan tempat tinggal dan di ttd oleh RT-RW setempat.

      Delete
  23. Mas salam kenal ya, saya ajukan KPR subsidi n kudu ada syarat NPWP, SPT, PPH segala.. NPWPny sih udh ada.. tp blm ada SPT sama pph. Lama gak ya kira2 ngurusnya, mana udh booking fee lg :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sista rada heran? Kenapa mesti ada NPWP,SPT dan PPH? saya dulu nggak pakai itu soalnya sudah ada surat keterangan kerja dan slip gaji selama 3 bulan.

      Delete
  24. Mas, kalo gapok nya 1,5 jt. Tapi ditambah intensive, transport, lembur dll jadi 5 jt bisa ga ya? Atau bisa diakalin ga dengan bikin slip gaji sesuai gapok aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, saya sih dulu kata marketingnya pokoknya di slip gaji harus pas 4 jeti. Klo saran saya sih, mending diakalin dulu saja biar cuma 4 jeti.

      Delete
  25. "Surat keterangan tidak memiliki rumah yg di tandatangani RT/RW setempat"
    Setempat maksudnya daerah yg ada di KTP atau daerah tmpt saya tinggal?
    Saya KTP kampung tapi tinggal bersama saudara di Depok.
    Jadi minta surat keterangannya ke kampung apa ke Depok ya ?
    Trimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sih surat keterangan tidak memiliki tempat tinggal RT/RW, sesuai dengan alamat KTP.

      Delete
  26. Mas kalo karyawan kontrak apakah masi bisa lolos? Bagaimana caranya agar terlihat berpotensi ketika interview, mohon infonya gan.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. karywan kontrak bisa asal sudah satu tahun bekerja dibuktikan dengan surat keterangan bekerja.

      Buat cara agar lolos interview KPR silahkan lihat postingan saya di http://www.everybodygoesblog.com/2015/06/apa-yang-ditanyakan-oleh-bank-ketika.html

      Delete
    2. kalau belum 1 tahun gimana mas?
      tp menurut marketingnya bisa

      Delete
  27. mas saya kan mau ambil KPR tp orang tua saya sebelumnya sudah ambil KPR juga di perumahan yang berbeda dan masih dalam proses cicilan. apakah saya bisa mendapatkan subsidi KPR?sedangkan dalam 1 kk ada lebih dari 1 orang yang mendapat subsidi KPR.Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dijawab dipertanyaan sebelumnya, silahkan baca-baca komentar di atas.

      Delete
    2. ijin balas, kalo mau ambil subsidi pecah kk. baru bisa ambil subsidi.

      Delete
  28. assalamu'alaikum,. artikelnya sangat membantu gan.
    izinkan untuk menanyakan beberapa hal gan, 1. apakah karyawan outsourcing dapat mengajukan KPR Sejahtera? 2.apakah sebelum proses pengajuan KPR ini akan dimintakan uang muka/ DP? kalau ada,kirra-kira harus ada berapa? 3.buat yang masih single dan masih berusia 21 tahun apakah sudah dapat mengajukan KPR Sejahtera? sekian pertanyaannya, trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Bisa gan asalkan sudah setahun bekerja dibuktikan dengan surat keterangan bekerja.
      2. Iya pasti gan ada uang muka, biasanya 30 % dari harga total rumah.
      3. Bisa kok gan, nggak masalah kalau single malah kalau single kemungkinan diterima besar sekali, sebab masih produktif dan mampu membayar dalam jangka waktu panjang.

      Delete
    2. Gan, kalo nggak bisa bayar 30% dri harga rumah, apakah batal gan?

      Delete
    3. baik, terimakasih untuk jawabannya kang Wali yadi. sangat membantu.

      Delete
    4. DP biasanya 0% s.d 10% dan biasanya di cicil atau angsur beberapa bulan ...

      Delete
    5. Buset DP rumah apaan 0 sampai 10%? Rumah hamster gan?

      Delete
    6. tp ada yg DPnya cuma 1,5 jt sedangkan harga jual rumahnya 133,5jt

      Delete
    7. Itu bahasa marketing, palingan nanti pasti ada tambahan ini itu dan jreng...jreng ternyata DP 17 atau 25 juta.

      Delete
  29. suami saya pns dgn gapok 3,1 jt di slipgaji. tunjangan lain turun dlm jangka wkt 2-6 bln sekali. klo untuk beli rmh second dgn pinjaman 260 jt kira2 bs dpt flpp ini tdk y?kami sdh ada uang muka 400 juta pinjaman ortu, sisa rncn pinjam ke bank. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah lapak gan, KPR FLPP bukan buat rumah second tapi rumah subsidi sebab KPR FLPP bagian dari program pemerintah rumah murah bagi rakyat.

      Delete
  30. Mas wali mau tanya kalau saya pernah ambil rumah non subsidi karena suatu hal saya over kredit , apakah saya bisa mengambil rumah subsidi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah di over kredit mah nggak ada masalah, berarti nggak ada tanggungan lagi. Asalkan bener sudah over kredit bukan mau di over kredit ya.

      Delete
  31. Waah, manteb banget informasinya mas, kebetulan nih lagi ngajuin kpr.
    Ohy, kalo saldo rekening nggak nyampe 3 jeti gmn ya mas? Soalnya nggak nyimpen uang di bank lagi, di asuransi. Uang masuk pun cuman tunjangan jasa yg ada 2 bulan sekali dan kadang nggak nyampe 3 jeti. Kira2 gmn ya mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu pengajuan KPR pasti sekalian dibuatkan rek BTN dan uang 3 jeti itu untuk rekening awal BTN. Jadi bukan saldo rekening bank kita sekarang. Biasanya itu semua udah termasuk ke dalam tetek bengek uang muka.

      Delete
  32. Halo mas, saya punya semacam kasus nih, tahun 2011 saya mengajukan KPR dan disetujui di BTN Syariah kota A, lalu tahun 2014 saya over kredit rumah tersebut dibawah tangan. Jadi pihak pembeli tetap bayar angsuran memakai buku tabungan dan rekening atas nama saya. Nah sekarang saya mau mengajukan KPR lagi di kota berbeda dari kota pertama saya KPR dan sudah dicrosscheck BTN ke perusahan saya bekerja. Kira-kira untuk kasus sperti ini apakah akan disetujui untuk KPR saya. Saya ambil KPR bersubsidi dan semua dokumen lengkap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar akan ditolak sebab over kredit di bawah tangan jadi anda masih terdaftar sebagai pemilik KPR. Tapi itu kalau ketahuan ya dan kalau sampai lolos kemudian ketahuan bisa dipidanakan, sebab anda melanggar peraturan KPR subsidi yang diperuntukan untuk orang yang belum pernah memiliki rumah.

      Delete
    2. Walaupun saya sudah memberikan surat keterangan belum mempunyai rumah dari kelurahan setempat?

      Delete
    3. Masalahnya bank tempat dulu KPR sama sekarang pengajuan KPR baru sama yakni BTN walaupun yang dulu syariah. Takutnya pas kroscek ketahuan berdoa aja nggak ke gap.

      Delete
    4. ijin balas, PASTI DI TOLAK. karena nama bayu sudah ada di bi checking sudah pernah kpr rumah.dan rumah subsidi hanya diberikan pada orang yang belum pernah ambil rumah. jadi bisanya bukan ambil yang subsidi tapi non subsidi klo sperti itu bisa.

      Delete
  33. om ada info rumah subsidi daerah surabaya atau sidoarjo? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh nggak om? Coba dateng ke pameran properti di daerah si om.

      Delete
  34. Halo mas, sya kan da byar booking fee rumah subsidi, rencana cm untuk investasi dlu krn jauh dr tmpat kerja, yg mau ditanya " bener ga kl rmh subsidi itu ga bleh dijual/disewakan?" mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam peraturannya, rumah subsidi diperuntukan untuk ditinggali bukan untuk usaha dll. Dan untuk dijual maupun disewakan tidak boleh dalam waktu lima tahun semenjak KPR di aprove.

      Sebab kalau diperbolehkan maka bisa dipastikan rumah subsidi bakalan ludes terjual oleh para makelar maupun orang mampu seperti anda. Sehingga menjadi tidak tepat guna, bagi masyarakat menengah bawah yang membutuhkan tempat tinggal.

      Kalau untuk investasi sebenarnya masih bisa disewakan, selama masih anda yang bayar KPR aka nggak ketahuan. Dan siapa tahu dalam beberapa tahun ke depan harga properti maupun tanah di tempat anda membeli meningkat.

      Harap diingat kualitas rumah subsidi sengaja dibuat tidak sebagus rumah non subsidi untuk menekan harga jadi kalau ditinggal rawan rusak dan membutuhkan perawatan berkali.

      Delete
  35. Assalamualaikum
    Artikelnya sangat membantu, kebetulan saya berencana mengambil kpr subsidi, ada beberapa pertanyaan yg saya ingin tanyakan
    1. Utk saldo min 3jt itu utk rekening koran 3 bulan terakhir atau saldo terakhir kita saat menyerahkan berkas?
    2. Apabila mengajukan cicilan dg tempo 5-10 tahun bisa tidak ya? Karena saya pernah tanya marketing perumahan susah utk mendapatkan cicilan dibawah 10th
    3. Bagaimana saat bank menkonfirmasi hrd saya ada sedikit ketidaksesuaian dg informasi yg saya berikan? Apa sangat berpengaruh atau tidak, karena kantor pusat dan cabang saya bekerja beda kota dan saya hanya memiliki sedikit informasi tentang status kepegawaian saya
    Terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Jadi saldo min 3 juta itu bukan dari rekening bank anda sekarang namun termasuk dalam DP rumah, sebab 3 juta itu minimal harus ada untuk pembukaan rekening bank BTN dan hal ini biasanya oleh marketing sudah disatukan dengan uang muka rumah.

      Untuk rekening koran selama tiga bulan, nggak semua orang kena. Kecuali agan terlihat tidak menyakinkan ketika interview KPR seperti ane jadinya kudu setor tuh rekening koran.

      2. Pengajuan masa cicilan tidak bisa ditentukan sendiri oleh pemohon namun ditentukan oleh bank setelah melihat dan mengkalkulasi keadaan pemohon.

      3. Kalau situasinya seperti itu biasanya nggak bakal lolos KPR, kenapa? Sebab kerjaan orang bank bejibun dijamin mereka males kroscek detail. Kasih saja nomor hrd cabang yang tahu anda bekerja dengan mereka.

      Delete
    2. Gan ane mau tanya dong, kalau gaji total saya 3,4 jt yg ada di slip gaji. Tp yg masuk rekening sekitar ane hanya 2,2 jt karena sisanya uang makan dan transport dibayar cash apakah bisa lolos, sedangkan marketing bilang gaji minimal 2,5 jt? Mohon penjelasanya, terimakasih..

      Delete
    3. Setahu saya sih, batasan maksimal 4 juta dan nggak ada minimalnya, soalnya kpr subsidi buat menengah ke bawah. Mungkin si marketing seasih sengaja kasih minmal 2,5 juta biar nggak macet bayar kredit, soalnya paling rendah kpr perbulan aja 800 rebu. Kalau gaji di bawah 2,5 nggak masuk akal juga sih gimana bisa idup.

      Delete
  36. gan. biasanya kita di informasikan disetujui/ ga nya brp lama? saya wawancara dr 4 Februari 2016. barusan org BTN tiba2 survey ke kantor. BI checking si lolos kata marketing nya. kira2 di acc ga ya? waswas selama blm d acc belum tenang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lama sis, dari semenjak orang bank telpon ke kantor sampai disuruh akad ada kali sekitaran dua bulanan lebih.

      Delete
  37. bagus infonya gan...kuntuk mengetahui info lengkap seputar KPR, silakan kunjungi
    http://www.infotentangbank.com/2016/03/tentang-kredit-pemilikan-rumah-kpr.html
    terima kasih

    ReplyDelete
  38. Asslmualaikum..mohon infox gan..Sy baru selesai wawancara di bank btn utk pengambilan rmh subsidi. Gaji pokok sy 1,7jt, klu d tambah dg tunjangan dan uang sampingan totalx jdi 3,1jt..semua uang itu rutin sy terima setiap awal bulan. Sy ada angsuran mtor d dealer dg perbulan sbesar 700rb, msh hrs d byr 2th lg. Status sy CPNS dg masa kerja pas setahun dan gaji sy baru 80%. Apakah kpr sy d trima bank?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berhubung sista punya angsuran motor 700 rebu, berdoa aja lolos kecuali kalau pas wawancara nggak bilang dan nggak dimasukin tuh ada angsuran motor, bisa 100% kemungkinan lolos, tapi ini udah 50/50 gegara ada angsuran motor.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. gan,untuk btn masih bisa 40%-60% dari gaji(pinter2nya lobi).kalikan aja 40%-60% dari 3,1 jadi 1,2-1,8 juta yang di akan di acc bank.yang penting bisa menyakinkan bank.klo pengalaman gue di btn sampai 60%. klo sdah ada angsuran 700 ribu, kurang 1,1 juta. la kalo subsidi kan cuma 900 ribu an masih nutut la itu. OH IYA SEBAGAI PENGINGAT, ADA YANG NAMANYA BI CHECKING.WALAPUN TIDAK DITULIS NAMA KITA TETAP BISA TERLIHAT DI BI CHECKING (SELURUH INDONESIA). JADI KLO GAK JUJUR PAS WAWANCARA MALAH LANGSUNG DI GAGALKAN SAMA BANK KARENA TIDAK JUJUR.

      Delete
  39. Assmlkm. Maaf mas mau tanyaa.. Kalo gp nya 4jt50rb apa masih bsa ngajuin kpr??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu sih ane diwanti-wanti ama marketernya, harus 4 pas tertulis di slip gaji lebih 100 rebu juga nggak bisa.

      Delete
  40. pengalaman seru gan ambil rumah. ijin share pengalaman gan. numpang cerita aja, yang mau baca silahkan. gue lulus kuliah tahun 2008. waktu kuliah belajar dikit2 perbankan, properti (kayak dah jago pdahal belum hehehe). tahun 2009 ambil rumah yang pertama seharga 150 juta, gaji cuma 2 juta an (pakai ilmu yang dipelajari dulu alhamdulilah berhasil). tahun 2012 beli rumah yang kedua seharga 200 juta (ngeri2 sedap karena pasaran sdah 300 juta) gaji masih 4 juta an. cicil 2 rumah. yang terakhir ambil rumah ke tiga harga 98 juta tahun 2013. dan gue ambilnya rumah subsidi loh, sistem bisa aja keco**ngan. yang penting tekniknya. rumah yang pertama gue dah jual. ini mau ambil rumah lagi (tapi yang subsidi hehehe)...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan say mau tanya , kalau ambil rumah subsidi biasa dp an smua adm nya kisarah berapa ya ?? kayanya yg saya baca dp sm admuya kisaran mpe 10-15 juta ya ?? besar juga ya ?/ pdhal iklanya paling dp cm 4-5 jta ??

      Delete
    2. Baca part 1-nya, itu ada linknya di akhir artikel coba dah baca, pasti kaget.

      Delete
    3. ko bisa gmn triknya kasih tau ilmunya donh

      Delete
  41. Ketentuan Penghunian

    Penggunaan sebagai tempat tinggalatau hunian oleh pemilik
    Jika Pemilik meninggalkan rumah/hunian secara terus menerus selama 1 (satu) tahun tanpa memenuhi kewajiban berdasarkan perjanjian, Pemerintah berwenang mengambil alih kepemilikan rumah tersebut
    ini berean gag gan..? harus ditempatin dan gg boleh disewain..///?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya adalah:

      1.kalau sampai satu kewajiban membayar KPR tidak terpenuhi atau tersendat-sendat maka akan diambil pemerintah, makanya usahakan membayar tanpa cela selama satu tahun.

      2. Rumah subsidi dilarang disewakan atau dirubah menjadi tempat usaha, over kredit dalam waktu lima tahun semenjak akad. Sebab rumah subsidi aka rumah murah, diperuntukan bagi warga yang kurang mampu agar bisa memiliki tempat tinggal. Kalau nggak ditinggalin mah, urusan pribadi boleh aja.

      Delete
  42. BIAYA BIAYA LAIN misalnya notaris dan surat surat nambah lagi brapa gan biayanya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemmm, notaris kan udah sekalin pecah kavling. Kalau pun ada biaya lain, adalah biaya pemasangan PAM.

      Delete
  43. Lagi tertarik dengan cari rumah bersubsidi, dan ingin nanya apakah bisa dibeli langsung dengan cash/tunai? Atau rumah bersubsidi memang harus memakai skema KPR? Agak gak paham nih, baru kali ini serius cari rumah. Dan inginnya sih cash, meski dana terbatas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. KPR itu singkatan dari "kredit pemilikan rumah." jadi nggak mungkin ya, cash.

      Delete
  44. Numpang tnya mas, ketika bank melakukan survey biasanya hnya via telp atau dtg lngsung ktmpat krja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pekerja kantoran, bank hanya kroscek dengan telpon ke HRD sementara kalau wiraswasta bank akan survey ke lokasi, misalkan pabrik, atau restauran.

      Delete
  45. Numpang tanya mas, baru abis booking tadi siang kpr bersubsidi,dan baru ngeh gaji udah diatas 5juta lebih..kira2 bakal disetujui ga ya klo liat bi checking saya biasa pake credit card diatas 4 juta/bulan dan ada kta 1,4/bulan? Slip gaji sih bisa saya mintain jadi 4 juta bersih..tapi percaya ga yah banknya? Trus slip suami ga perlu saya sertakan juga boleh ga ya? Akan diminta ga ya slip suami? Thanks bgt info dan sarannya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Untuk yang sudah menikah, perlu dilampirkan kartu keluarga dan surat nikah tapi tetap KPR nanti atas nama sendiri dan nggak perlu bawa suami.

      2. Seharusnya sih sista nggak masuk kriteria KPR subsidi, konsultasi sama marketingnya dulu aja, selain slip gaji yang dibikin 4 juta harus apa lagi, biasanya si marketing tahu bagaimana cara meloloskan buyernya. Selain itu bank akan survey melalui telepon ke HRD, silahkan dipikirkan sendiri.

      Delete
  46. Maaf mas tanya lagi, untuk BI checknya yang dilihat jumlah rupiah transaksi bulanannya atau hanya status Lancar atau Macetnya ya? thanks a lot ya mas bantuan infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. BI check cuma bank tahu, tapi kalau KPR subsidi kan untuk menengah ke bawah, curiganya sih cuma status lancar saja.

      Delete
  47. mas, boleh tanya lagi...saya denger dari temen yg pernah ambil kpr subsidi, semua di buat serapi mungkin berkasnya, ternyata bank juga cek ke jamsostek, dan ketauan kalau pembayaran jamsostek dia masuk kategori diatas 4 juta, akhirnya gagal. untuk mas sendiri waktu itu di cek ga ya jamsosteknya? untuk mengecek tanah tempat perumahan tersebut berdiri ke BPN gimana ya mas caranya? cukup telp atau sms bisa langsung diketahui atau lama untuk tahunya? punya pengalaman dengan developer PT. Tjitajam ga ya mas? beneran bagus ga ya pengembangnya? maaf saya awam bgt soalnya, jadi banyak nanya sana sini..gaji memang udah lebih tapi masih numpang ama ortu, mo beli yang komersil ga sanggup DPnya apalagi udah punya anak..duh, malah curhat :v. thanks ya mas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kalau jamsostek saya nggak tahu, mungkin dicek ketika bank survey ke HRD.

      2. Biasanya sih, KPR subsidi pastikan banknya BTN. Kalau mau cek tanah saya kurang tahu, tapi kalau mau cek developer aman dan bagus apa nggak. Dulu saya lihat proyek mereka yang lain, untungnya developer saya pernah bikin rumah subsidi cluster 1 jadinya udah tahu bentukan sama kualitas. Mau nggak mau harus survey sendiri lihat mereka pernah bikin rumah subsidi apa belum.

      3. Belum pernah denger developer itu, tapi kalau developer perumahan mumer yang terkenal sih biasanya elang group, mereka biasa bikin rumah subsidi dan rumah mumer lainnya. Coba saja cek perumahan elang group.

      Delete
    2. Halo kebetulan saya ambil di situ juga kok,untuk developer terpercaya,karena mereka Kerja in kerumah an kelebihan juga.ini yg ngeri masalah gajia n pengeluaran cc Kalo di cek.di cek sampe kesini or cuma di liat status lancar y?

      Delete
  48. "Terus kalau bukan karyawan misalkan enterpreneur? Ini dia yang jadi masalah, karena kebanyakan bakal ditolak mentah-mentah. Jangankan KPR sejahtera untuk KPR rumah mewah saja sekalipun anda pebisnis yang menghasilkan puluhan juta belum tentu diterima. Bank nggak mau ambil resiko dan ribet, mereka cuma mau yang pasti-pasti saja. Kalau begini mending anda beli rumah cash saja, karena sulit buat nembus KPR kalau bukan karyawan"

    FYI, kakak saya wiraswasta mengajukan KPR BTN setahun lalu dgn rumah seharga 650jt, sukses tuh KPRnya. Begitu juga dgn saya, wiraswasta juga dapet KPR BTN dgn rumah seharga 617jt. So? Opini yg saya kutip di atas menurut saya masnya terlalu berlebihan ya..

    Buat pembaca blog wiraswasta, jangan minder. Asal BI checking bagus, dan tagihan CC atau angsuran perbulan bayar hutang tidak lebih besar pasak daripada tiang plus dana mengendap di buku tabungan besar, Insha Allah disetujui KPRnya. Piss ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. FYI, "Kebanyakan bank" begitu karena tidak mau mengambil resiko kredit macet. Jadi bukan saya menulis berlebihan, mungkin anda perlu melihat ke sekitar, tentang realitas bank yang memang pilih-pilih kalau berurusan dengan wiraswasta. I

      Tapi yang saya perhatikan kok anehnya, ambil KPR untuk rumah seharga 600 juta lebih? lebih baik cash saja langsung rumah seharga 200-300 atau rumah subsidi sekalian. Memang rumah lebih kecil atau sederhana, tapi bukannya itu lebih baik dari pada punya beban KPR? Kecuali butuh rumah besar untuk taruh keperluan usaha, misal mobil atau dll.

      Delete
  49. Gan,mau tanya, klo mengajukan kpr subsidi trus gak di acc, apakah dp nya dan cicilan bs kembali ato hangus? Mohon pencerahannya...trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di jawab di komentar part 1, silahkan klik label rumah

      Delete
  50. Mas mo tanya,saya jg mo ambil kpr subsidi tapi masih survei. Saya mo ambil kprnya di daerah yg sama dengan ktp saya,tapi saya kerjanya di luar propinsi,itu kira2 bisa gak ya mas??gaji pokok saya 2,3jt ditambah transport,intensif,dll jadi terima skitar 4jt-an.mohon pendapatnya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kalau cuma KTP aja mah bisa, kan nanti disuruh bikin surat keterangan kerja yang membuktikan kerja di sini. Sama surat keterangan nggak punya rumah dari RT dan RW setempat. Pas interview akad, bilang aja mau tinggal di sini karena kerja di sini.

      2. Pokoknya selama take home pay 4 pas dan tertulis di slip gaji 4 pas, nggak masalah.

      Delete
    2. Oh jadi pas interview akad harus bilang nanti tinggal disini gitu ya??kalo seumpama nanti dijawabnya "nanti yg nempatin rumah adik saya",gitu gimana mas??dan satu lagi,itu pihak bank waktu nyurvei hanya melalui telepon ato didatengin ke tempat kita kerja??ato mungkin masing2 daerah beda2 ya. Sekian mas.makasih.

      Delete
    3. 1. Iya bilang aja buat ditinggalin
      2. mending jangan bilang buat adik dah, takutnya nggak dilolosin
      3. Survey cuma ke tempat kerja kalau wiraswasta kalau karyawan cuma nelpon ke hrd aja

      Delete
  51. Mas mau tanya ...maksud dari tidak memiliki runah bagaimana ya... apakah tidak memiliki rumah KPR lain , rumah Subsidi lain atau bagaimana ... bagaimana dengan rumah orang tua tapi dengan nama kita karena kita ahli waris nya...

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tidak memiliki KPR rumah lain, baik subsidi maupun non subsidi serta tempat tinggal yang kepemilikannya secarah sah nama anda.

      Selama belum diwariskan hanya tercantum sebagai ahli waris sih, nggak apa-apa.

      Delete
  52. 4. Karyawan Perusahaan Minimal 1 Tahun Kerja

    Nah, salah satu yang jadi kendala banget adalah anda harus seorang karyawan perusahaan dalam negeri dan telah bekerja selama 1 tahun. Terus kalau sudah 1 tahun tapi belum tetap apakah bisa? Tergantung dari interview KPR, kalau pas interview anda nampak berpotensi, ya bakalan lolos sekalipun masih kontrak.

    Maksudnya interview dan kita nampak berpotensi itu kaya gmn min? boleh diinfo ga trik mengakali hal ini pada saat interview kpr, kita harus ngomong gmn misal masa kerja baru 1 tahun dan belum tetap biar bank yakin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane pas interview statusnya masih kontrak kok, memang ditanya "bisa jadi tetap nggak?" ane sih jawab aja, "gampang abis setahun juga langsung tetap kok, begitu rulesnya di perusahaan saya." padahal mah belum tentu juga.

      Berpontensi itu, menjawabnya meyakinkan, nggak ada beban lain semisal kredit motor, umur masih muda etc.

      Pokoknya jawab aja dengan yakin dan menyenangkan jangan gelagapan.

      Delete
  53. mas, mau nanya. lazim nggak marketing minta tambahan booking fee? saya dulu sudah kasih booking fee 2 juta. pas mau bayar dp, eh marketingnya suruh bayar booking fee lagi 500 rb? apa teman2 pernah mengalami yg seperti kasus saya ini? mohon infonya. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Marketing nggak minta apapun di luar DP sist, kalau pun ada penambahan untuk DP misalkan dapat kelebihan tanah. Tanyakan saja itu biaya apa?

      Delete
  54. Info yg bermanfaat banget gan,kebetulan saya lagi mencari rumah bersubsidi,saya mau tanya gan kalau saya wirasuasta apakh bisa gan?
    Pengasilan minimal 7-8 juta/bulan.apakh bisa di acc gan sma bank?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya susah gan, rumah subsidi buat menengah ke bawah kalau agan dengan gaji segitu nggak termasuk target. Kecuali bisa ngakalin itu pendapatan biar nggak lebih dari 4 juta.

      Delete
  55. Gan ane mau tanya, gaji pokok 1,4jt sesuai UMR kab.semarang (belum termasuk lemburane bisa sampe 1,9jt)ada angsuran di bank lain 400rb-an di bank lain, nah pas ditanya sama bank masi ada angsuran kita jawab masi ada dan jangka waktu 1thn, suami uda karyawan tetap...peluang bisnis lolos interview ampe akad berapa persen ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma bank yang tahu hitungan apakah sista masih qualified buat lolos atau nggak, tapi kalau ada angsuran lain, itu dilihatnya minus sama bank. Berhubung sista punya suami, artinya ada penghasilan lain, itu juga dilihat plus sama bank. Jadi susah buat prediksi, kecuali sista single gaji segitu ada angsuran, udah pasti yassalam.

      Delete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, berdasarkan pengalaman slip gaji harus 4 juta pas gan. Ane udah diwanti-wanti sama marketernya buat bisa lolos harus 4 jeti pas nggak boleh lebih.

      Sebenarnya skip gaji tiga bulan itu nggak harus berurutan loh, coba aja kasih yang slip gaji yang nggak lebih dari 4 juta.

      Delete
  57. gan mau tanya, tahun 2012 pernah ambil kpr subsidi BTN. kemudian rumah dijual tahun 2015. bisa tidak ambil kpr subsidi lagi (dalam kondisi sekarang tidak mempunyai rumah) di bank lain misal BTN syariah
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma setahunya? Datanya pasti masih ada pernah ambil. Klo mau ambil lagi pasti bisa tapi klo tanya bakal lolos apa nggak, wah susah dah soalnya klo dulu pernah ambil, pasti kelihatan minus di bank.

      Mending sista ke bank btn terus ke bagian kpr subsidi buat konsultasi dulu, biar nggak repot dan jelas.

      Delete
  58. Gan klw ada cicilan mobil atas nama istri (istri kerja) trus mau ambil perumahan subsidi kira" di tolak ngga ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh mobilnya,sepertinya sih masih bisa selama cicilan bukan atas nama pemohon KPR lebih bagus lagi sih nggak usah dicantumin itu cicilan, toh punya istri. Jadi pas di kroscek bank nggak akan masalah.

      Delete
    2. maksudnya disulap gimana ya Gan...?saya juga punya kasus yang hampir sama

      Delete
  59. gan mau tanya : ane kan ada cicilan mobil dan belum pernah KPR sedangkan cicilan lancar. Ada perumahaan subsidi di green citayam city, jika pakai nama istri penghasilan 3,7 take home pay bisa ga yah? kartu kelurga udah jadi satu. soalnya marketignya bilang ga bisa, sebdangkan pihak BTN pas saya konfirmasi bisa dikarenakan nama istri dan memenuhi syarat KPR subsidi. Berdasarkan pengalaman mas gima yah? Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.Take home 3,7 sih bisa gan, yang penting nggak lebih dari 4 jeti.

      2. Cicilan mobil atas nama siapa? Klo berdasarkan nama suami, berarti istri bersih dan bisa mengajukan permohonan, tapi seremnya pas interview KPR, soalnya ada berbagai form termasuk pengeluaran keluarga, nah otomatis karena sudah suami-istri itu cicilan mobil masuk dan gaji suami juga pasti kebaca sama bank.

      Ngajuin sih bisa, takutnya di tolak sama bank karena agan termasuk kategori mampu, gaji suami+cicilan mobil itu loh.

      Kalau kekeuh, mau ngajuin pake istri sih, sarannya itu cicilan mobil disulap menghilang biar aman.

      Delete
  60. gan mau tanya, itu maksud nya saldo minimal 3 juta gimana ? di tabungan harus ada uang 3 juta nganggur gitu ya ??
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kalau ngajuin kpr otomatis harus membuat rekening di bank btn (kalau sudah ada rek btn tetap harus buat baru untuk kpr) dan rekening tersebut nggak boleh kosong, harus ada saldo minimal 3 juta, jadi harus di isi 3 juta. Dan uang ini biasanya bakal dipakai untuk tetek bengek bank btn, serta nantinya bakal langsung dipotong untuk bulan pertama kpr.

      Delete
  61. pengalaman saya saldo minimal 2x cicilan perbulan ko, tp DP waktu itu 14 juta karna yg di acc bank ga semuanya cuma 100 juta dari harga rumah 110 juta

    ReplyDelete
  62. klo honorer dg gaji di bawah satu juta bisa nggak mas,? mhon djwab cz lg rncna ngajuin kpr.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada minimal penghasilan, yang ada maksimal gaji 4 juta. Tapi perlu ditekankan, kalau kpr paling rendah adalah 800 ribu perbulan. Mengajukan bisa namun apakah di approve kemungkinan tidak, kecuali memiliki penghasilan sampingan lain.

      Delete
  63. Saya baru nikah dan rencana ngambil KPR bersubsidi, sy dan istri sama2 kerja tapi gaji saya udah bnyak potongan cicilan klo istri clear.
    Sy rencana ambil atas nama istri sy aja kira2 bs gak? trs sy ikut disurvey gak(takutnya mempengaruhi penilaian).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan atas nama istri, tapi nanti form pengeluaran keluarga dalam sebulan pasti dicantumkan, dan itu termasuk cicilan suami. Pinter-pinter aja isinya, biar kelihatan prospeknya cerah.

      Kalau disurvey hanya untuk pemohon saja. Yakni istri.

      Delete
  64. Thanks share diatas berguna sangat, gan tanya nih yang di cek sm bank slip gaji apa SPT tahunan ? klo slip gaji bisa diakalin sm HRD, cuma klo SPT pasti kelihatan. Thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Slip gaji aja gan, klo spt mah itu petugas pajak.

      Delete
  65. lalu gan apa ada syarat melampirkan rekening 3 bulan terakhir juga ? klo pakai nama istri tapi istri dah punya rumah(surat AJB) diluar kota tp dl cash engga kredit, bisa ga gan ? thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. rekening koran tiga bulan ada, tapi itu kalau diminta pas interview saja. Kalau nggak diminta, ya nggak usah.

      Selama itu bukan KPR lain, nggak masalah tapi kalau ketahuan punya rumah pasti ditolak. Sebab kpr subsidi pasti akan diprioritaskan bagi yang belum pernah memiliki rumah.

      Delete
    2. thanks infonya gan... btw dl ambil di bank BTN bkn gan ?

      Delete
  66. gan mhon maaf saya mau nanya gan.saya mau KPR sejahtera di bank BTN.saya karyawan kontrak 1th 4bulan.dengan gaji 3jt.bisa istri sy honorer di RSUD dengan gaji 1,5jt..kira2 lolos gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lolos gan, selama nggak ada cicilan lain dan pas interview kelihatan masa depan cerah.

      Delete
  67. Gan, izin ikut nanya. Kalau rumah subsidi buat diinvestasikan alias gak ditinggalin, kira2 bakal lolos kpr kah? Makasii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kagalah, rumah subsidi buat orang yang membutuhkan. Palingan pas interview jangan bilang buat investasi.

      Delete
  68. gan mau tanya, kalau untuk gaji yg melebihi 4jt kan bisa diakali dr slip gajinya, lalu gmn dgn rekening korannya klo transferan tiap bulannya melebihi 4Jt? thx gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu mah susah gan, soalnya nanti no rek di slip dan di rekening koran dicocokan. Mungkin ada yang bisa jawab di bawah? Tapi rekening koran nggak selalu diminta loh, kalau memang terlihat sehat dan meyakinkan biasanya nggak diminta. Makanya pas interview KPR kudu bagus.

      Delete
  69. Trimakasih info nya Mas...
    Saya dan Adik sy baru saja booking fee ambil rumah subsidi... Dan sedang mengurus kelengkapan berkas... Kebetulan sy dan adik saya wirausaha.. Sy mengajukan kpr ats nama suami yg ada gaji tetapnya... Yg masih dag dig dug adik sy yg wirausaha... Usaha kami UKM percetakan... Klo ada punya info atau tipsnya untuk lolos KPR mohon pencerahannya... Trimakasih

    ReplyDelete
  70. Gan mau tanya nih. Klo untuk sektor informal gimana prosesnya. Seperti saya yg tukang ojek offline. Mksh

    ReplyDelete
  71. Butuh info...benarkah bank btn tidak memberi subsidi lagi terhadap rumah subsidi yg ada kelebihan tanahnya(hook)sehingga dikategorikan komersil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, nanti sama si developer sendiri yang masukin ke tambahan DP buat kelebihan tanah.

      Delete
  72. Gan mau tanya yaa , kalo mau ajuin kpr dgn umur 20thn bisa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa asalkan sudah satu tahun bekerja, dan lolos interview kpr.

      Delete
    2. setau saya usia minimal saati akad adalah 21 tahun sesuai KUHPerdata

      Delete
  73. Gan ane mau tanya.. Klo syarat kpr kurang spt21 gimana? Karna suami agak cuek ngurusi surat2..skrg baru kebentur nih mau ambil kpr subsidi.. Ngaruh gak gan tanpa spt21?bakal acc gak ya.. Thx a lot gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman saya KPR subsidi itu nggak pakai SPT 21

      Delete
    2. @Firta Carrina. kalau sekarang mmang disyaratkan bukti lap spt 21 gan. tapi ditunjukkannya bisa pas sebelum akad.

      Delete
  74. gan sy rencana mw ambil kpr atas nama istri, kami belom pecah kk dari kk orang tua. apa bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsultasikan dahulu ke bnak BTN langsung, tapi selama surat nikah ada dan ktp sudah berubah sih nggak masalah.

      Delete
  75. Gan ane mau tanya, dari awal ane kan ngajuin kpr sudah berikut tanah hok, tanah lebih, tapi pas mau wawancara tiba" developer bilang, ngak bisa dapet tanah hok, karena peraturan pemerintah, rumah subsidi tidak bisa dapat tanah hok.yg saya pertanyakan peraturan pemerintah ini bener apa cuma permainan developer?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu ane rumah subsidi bisa dapet tanah hok dan tentunya agan harus bayar untuk tanah hok tersebut. Coba pelajari dulu tanah hok tersebut masuk halaman rumah agan atau kena infrastruktur, maksudnya tanah hok kena untuk jalan atau got.

      Delete
    2. Aturan yg baru, kpr subsidi hanya untuk harga jual rumah maks 140 jt tuk Jabodetabek, selebihnya gk bsa dpt kpr subsidi, ni pengalaman saya.
      Bahkan yg sudah akad 1 - 3 tahun akan dicabut subsidinya oleh Btn. Peraturan sekarang emang bikin susah masyarakat..

      Delete
  76. Gan mau tanya, kalo saya kerjanya bukan di PT tapi CV, jadi gak ada NPWP dan SIUP. gimana ya gan?? apa bisa ngajuin KPR subsidi, kemarin nanya2 katanya kalo bukan PT gak bisa dapat yang subsidi,,apa benar gan? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu sih saya cuma pake surat keterangan kerja, slip gaji, surat keterangan kerja sudah beres nggak pake NPWP dan SIUP. Mungkin karena saya kantor besar.

      Dari pada bingung lebih baik cari bank BTN terdekat dan konsultasi langsung, bank BTN punya ruang tersendiri buat konsul kpr subsidi.

      Delete
  77. Mikumm.. gan ane mau tanya.. kira bisa pake status bujangan.. sedangkan saya sudah menikah.. pengen pake sarat" sudah nikah.. kk sama ktp belom di urus belom punya.. gimna baiknya .tolong trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok pake status bujangan, nggak masalah. Tapi lebih baik sih, nunggu aja dulu sampai semua KK dan KTP selesai.

      Delete
  78. agan,mau nanya neh..Kbtulan saya udah booking fee trus udah pembayaran dp yg ke 2 untuk kpr,
    yg sy mau tanya..Apa sy masih bisa pengajuan program PUMP Dari jamsostek..untuk ngebantu dp...Gaji kotor sy sekitar 3 jeti...Kaalo gak maksain mah susah gan,cape kaya kucing beranak,,pindah2 terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan karena PUMP jamsostek bekerjasama dengan bank BTN, coba datengin dulu ke bank BTN, buat informasi jelasnya.

      Delete
  79. Mas mau nanya, saya dan suami udh booking fee utk rumah subsidi, blm smp bayar dp dll yg totalnya smp 93jt, yg saya mau tanya apa mmg sgitu ya pembiayaan utk dp, bea notaris, instalasi air dan listrik pdhl kan rumah subsidi ini diperuntukkan utk masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah. Apa mgkn dg penghasilan minim bisa menyediakan biaya smp 93 jt, blm termasuk cicilan tiap bulannya nnti jika di acc bank. Mohon pencerahannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelas-jelas itu bukan rumah subsidi, mana mungkin total 93 juta? Coba anda pergi ke bank BTN dan tanyakan apakah rumah yang anda beli di daerah dan developer bersangkutan adalah rumah subsidi.

      Delete
  80. Gan, Sy minta solusi, permohonan kpr subsidi Sy di tolak karena ada hooknya, padahal dari awal pemasaran tu perumahan bersubsidi tp skrang berubah jd komersil, jadi Sy harus ngeluarin uang tambahan dp, cicilan KPR juga gk dpt subsidi.. kata developernya itu aturan Menpera yg baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak bisa komen tapi yang jelas anda ditipu. Nggak ada ceritanya perimahan subsidi jadi bukan subsidi dan nggak pernah denger peraturan dari menpera.

      Delete
  81. sy sdh depe ke salah satu pengembang, sdh interview bank tp blm akad kontrak dan akan sy cancel. apakah bermasalah klo sy ambil perumahan dr pengembang lain.karena data sy sdh masuk dipengembang pertama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pasti uang DP yg telah diserahkan kemungkinan akan hangus

      Delete
  82. Nice Article ..Share pengalaman aja, Sy jg lg ajukan KPR subsidi perumahan daerah Cikarang, kejadiannya sama dengan dgn diatas, sebelumnya rumah sy tipe 27/70 (hook) akhirnya harus ke 27/60 (standard) cm sy ambil di jln utama jd kena biaya strategis. Memang benar developernya kasih tau kalau itu ketentuan baru dari KemenPUPR berlaku per September 2016. Sekarang lg menunggu pengembalian DP yang kelebihan sy bayarnya. Rencana wawancara Desember 2016 akad Mei 2017. Semoga semuanya lancar.

    ReplyDelete
  83. Gan misalkan gaji pokok saya 3,4 di tambah tun(tanpa lembur) jangan transpot dan pendidikan di atas 5 jeti,dan yang masuk dalam rekening setiap bulannya di atas 5 jt. Apakah bisa lolos proses bank?
    Ada solusinya kah?

    Thanks and salam kenal mas wali

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pokoknya yang tertera di slip harus 4 juta pas, kalau mau mungkin bisa bicara dengan hrdnya agar slip gaji selama 3 bulan di tulis tanpa tunjangan, atau bisa konsultasi dulu ke bank btn, mereka punya desk khusus untuk konsul kpr

      Delete
  84. Gan mau tanya ni, kalau misalnya aku dan calon istriku (kalau jadi) mau ambil rumah subsidi 2 bertetangga. Dg planing kedepan kalau taun depan nikah itu rumah bakal direnov utk jadi 1 rumah. Kira2 bisa ngga ya kyk gt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok gan, tapi dengan catatan sudah lewat 5 tahun ya? Kalau belum 5 tahun rumah tidak bisa diobrak-abrik kecuali renovasi yang tidak merubah bentuk, misalkan ganti genteng, cat dsb. Karena ada peraturan kalau rumah subsidi, nggak boleh di rubah, di over kredit, dijadikan tempat usaha sebelum masa kredit 5 tahun.

      Delete
  85. Gan,gimana cara menyiasati gaji pokok yg lebih dari 4jt buat ambil kpr subsidi

    ReplyDelete
  86. Kalau sekarang masalah saya itu nama saya tidak tercantum di dalam kartu keluarga saya mas, karena masalah saat membuat kartu keluarga baru karena orang yang mengurus kartu keluarga saya waktu itu mengira saya sudah menikah dan sudah tidak satu KK dengan keluarga saya , apakah KK mendaki persyaratan wajib ??

    ReplyDelete
  87. Halo, sejak awal tahun 2016 saya sudah mempersiapkan untuk pengajuan KPR subsidi ut tahun 2017 dari membuat NPWP, buka tabungan BTN, dan usaha freelance saya yg sudah genap 1 tahunan. yg mau saya tanyakan saat ini saya tinggal di kontrakan di Surabaya tempat usaha saya. dan saya mengambil KPR di kota Malang. apakah pihak Bank mau survei di surabaya ? untuk freelance / wiraswasta apakah cukup keterangan gaji atau harus ngurus ke RT RW juga ? terima kasih

    ReplyDelete
  88. bermanfaat sekali infonya. gan saya mau tanya saya pernah ambil rmh over kredit dr tangan pertama blm balik nama. trs kl saya mau ambil lagi rmh subsidi bisa ga?

    ReplyDelete
  89. Gan numpang nanya, saya kan IRT gan, trus pingin ambil rumah bersusidi atas nama saya bisa gx y gan tanpa melalui suami gitu karena suami gx setuju sama letak rumah nya yg bukan di Jakarta, tapi kan yg kita pikir kan masa depan anak2, minimal klo punya rumah kan ada masa depan buat anak2, gimana y gan

    ReplyDelete