Proses Akad Kredit KPR BTN

Buat yang bingung bagaimana sih proses akad kredit KPR untuk bank BTN, saya mau umbar pengalaman dua hari lalu mengikuti proses akad kredit di bank BTN. Sebelumnya proses akad kredit akan dilakukan kalau anda sudah lunas uang muka, kalau belum jangan harap bakal dipanggil. Nah, proses akad kredit ini akan dilakukan berbarengan dengan pemohon lain di bawah naungan developer/pengembang atau perumahan yang sama. Jadi jangan heran ketika proses anda akan kenalan dengan tetangga dari blok A atau blok B, bisa jadi malah tetangga samping rumah nanti. 



Saya dapat panggilan untuk hadir di bank BTN Tangerang pukul 13:30 dan seperti biasa proses akad molor gegara nunggu semua pemohon hadir. Setelah pemohon hadir maka proses akad dibuka dengan hadirnya pimpinan KPR yang menangani permohonan KPR developer terkait. Pemimpin KPR developer dimana saya ambil rumah ini akan berbicara panjang lebar untuk menerangkan berkas yang didapat hari itu, total ada 4-5 berkas yang harus dibaca dan ditanda-tangain di atas materai.

TTD Berkas
Anda akan diberi waktu untuk membaca dan menandatangani berkas-berkas ini, sebelum sekali lagi pimpinan KPR yang menangani developer memastikan semua data di berkas sesuai. Misal pengejaan nama dan alamat rumah yang dibeli sesuai. Jangan takut kalau nggak ngerti karena ada sesi tanya jawab buat kamu yang belum 100% yakin dengan semua yang ada di berkas.

TTD Dan Cap Jempol Notaris
Setelah pimpinan KPR yakin peserta akad sudah mengerti semua isi berkas, maka selanjutnya adalah tanda tangan dan cap jempol kiri dan kanan dengan notaris. Karena ada banyak pemohon mau nggak mau harus sabar menunggu panggilan. 

Cek Berkas Terakhir
Setelah tanda tangan dan cap jempol dengan notaris, harus nunggu lagi untuk dipanggil secara personal. Ini adalah sesi terakhir dimana akan face to face dalam satu meja dengan pihak dari bank BTN. Petugas ini fungsinya adalah mengecek berkas anda, apakah ada yang belum ditanda-tangan dan sekali lagi menerangkan secara ringkas mengenai angsuran KPR. Setelah itu kita salaman terus si petugas bilang, "selamat atas KPRnya."

Eits, Jangan Pulang Dulu
Anda akan disuruh untuk mendatangi satu meja lagi oleh petugas bank BTN, sebab di meja terakhir ini akan ditawari dua produk yakni kartu kredit dan investasi. Untuk kartu kredit saya mengisi form dengan nomor salah, biar nggak ditelpon sedangkan untuk investasi saya langsung kabur pulang. 

Jadi proses akad kredit bank BTN hanya sampai pengecekan berkas dan ucapan selamat, kalau setelahnya anda disuruh mendatangi satu meja lagi yakni meja dimana akan ditawari investasi, mending pura-pura keluar aja terus pulang.


  

note:
Selama proses akad kredit yang memakan waktu sampai lima jam dan hal yang paling bikin bete adalah banyaknya orang yang bedol desa bawa keluarga termasuk anak. Buat apa sih bawa anak dan istri, kalau yang diperlukan cuma si pemohon KPR saja? Belum lagi anak-anak yang dibawa ini mengamuk bosan karena berada lima jam dalam satu ruangan. Ada yang teriak, nangis, minta keluar sampai mau pecahin kaca jendela, buset dah! Pimpinan akad kredit sampai harus berhenti beberapa kali dan mengingatkan peserta akad untuk mengontrol anaknya.  Jadi jangan bawa anak!

Jangan lupa bawa pulpen dan papan berjalan.

Setelah akad kredit apakah dapat surat SHM dan AGB etc? Jawabnya tidak karena surat-surat itu baru beres sebulan setelah akad kredit dan diambil di kantor developer. 

klik untuk tahu : seperti apa sih rumah subsidi?

81 comments:

  1. Wah,,, jenuh juga yah kalau nungu terlalu lama gitu, mungkin ada solusi lain yang bisa di manfaatkan untuk pelayanan prima yang tentu saja bisa menarik calon2 nasabah baru,,, Sip! makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama. Mending tidur di rumah yak...ha..ha

      Delete
  2. Bawa istri perlu loh,krn ntar si istri ikut tanda tangan ame cap jempol kok,,saya jg baru seminggu selesai akad,,dan di medan akad'a gampang dan gak lama kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya sih nggak perlu sebab yang cap jempol dan TTD itu hanya orang yang mengajukan KPR saja. Kemarin pun cuma suami yang TTD sama cap jempol sementara istrinya cuma numpang liat aja.

      Delete
    2. kalo sy suami istri dipanggil, krna join income.. jd mungkin yg hanya suami saja adalah yg hanya data suami saja alias tidak join income.

      Delete
    3. Istri jg tanda tgn pak. Sama banyaknya dg tanda tgn suami alias berlembar2. Iya join income.

      Delete
  3. itu bank BTN kantor Tangerang yang deket Tangcity ya? Bulan November lalu saya ke sana untuk proses wawancara, tapi sampai sekarang belum ada telpon/panggilan untuk akad ya? kira-kira berapa bulan harus menunggu dari proses wawancara sampai akad kredit? (btw saya memesan rumah kpr bersubsidi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, memang lumayan lama kok dari interview sampai akad soalnya bejibun banget yang daftar belum lagi semua data kudu dicek sama bank. Kalau mau tahu sudah diproses apa belum coba tanya bagian HRD, "ada telepon dari bank BTN tanya data nggak?" Biasanya kalau udah ditelpon bank pasti bentar lagi dapet jadwal akad

      Delete
    2. Salam kenal pak iLko, btw ambil kpr subsidi dimana ya? Sampai bulan april ink udah akad atau blm?

      Delete
  4. Dalam proses akad pastikan jg rumahnya udah selesai baik itu renovasi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya untuk KPR subsidi ada dua yakni beli rumah subsidi yang udah jadi atau yang belum jadi. So tergantung jenis pembelian agan, kalau agan beli rumah subsidi yang sudah berdiri harus diingat bahwa setelah selesai KPR ada yang namanya asuransi 100 hari, jadi kalau rumahnya ada yang rusak bisa minta ganti gratis ke developer.

      Sementara kalau agan beli rumah subsidi yang belum jadi biasanya proses pembangunan memakan waktu sekitaran tiga bulan setelah akad kredit. Kalau begini asuransi 100 hari biasanya nggak mungkin bisa kepakai.

      Jadi intinya sih pinter-pinter kita sendiri aja.

      Delete
  5. Saya baru akad kredit seminggu yg lalu di BTN Cibubur. Proses cepat gak sampai menunggu 5 jam, cuma 2 jam selesai langsung serah terima kunci di lokasi rumah yg di beli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Booo, BTN cibubur mah bukan KPR subsidi keleuzzzz. Salah lapak gan

      Delete
  6. mau tanya gan,,
    gue udah proses wawancara bank pada tanggal 19 februari 2016, gue tanya HRD pihak bank ada konfirmasi tapi kok ampe sekarang belum akad juga ya ? biasanya berapa lama proses akadnya,
    mohon infonya gan ,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Based on experience sih rada lama sebulan lebih semenjak si bank confirm ke HRD, baru dapet panggilan akad

      Delete
    2. gan, kalau pihak bank udah konfirmasi ke HRD , apakah ada kemungkinan pihak bank bakal survey lagi ke tempat kita kerja ?
      THX gan

      Delete
    3. Kalau sudah telepon, udah beres, nggak balak survey. Kecuali wiraswasta yang punya usaha, kaya pabrik dan toko

      Delete
    4. ok gan,
      maksih infonya ,
      sukses selalu buat blog nya,
      salam dari jambi

      Delete
    5. Kalau ane Kamis pagi ditelpon Bank ke HRD, Sore ny marketing perumahan kasih tau kalo KPR ane ACC gan

      Delete
    6. gan biasanya pihak bank klo survey di tanyain apa aja?

      Delete
  7. Maaf Gan sy mau tanya..tgl 23 maret 2016 lalu sy sdh wawancara di BTN dan Pihak Bank Pun sdh survey ke rumah yg sy ajukan, Mereka foto2. Kebetulan si Rumah pun memang sdh sy tinggalin dr bln Juli 2015..berhub.srt IMB nya tersendat jadi makanya br bs mengurus KPR. Tp gini gan .. skrng sdh tgl 17 april tp kok blm ada kabar ya gan dr BTN. kira2 sy di setujuin gak ya Gan..? Sbetulnya sy punya kartu kredit 3 tp yg 2 tdk ada pmakaian dan yg 1 ada pemakaian..dan kdng sy suka telat bayar.. suka lupa gan.. itu pengaruh ya ?? Dan 1 lg gan.. sy jg ada cicilan mobil_tp mobil tersbt sdh sy take over lama.. srt perjanjian take over pun sdh sy masukan di data2 pengajuan kpr.. buat tanda bukti bahwa mobil sdh bkn tanggung jwb saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasusnya beda sista, saya KPR subsidi bukan KPR biasa.Jadi nggak bisa komen, soalnya KPR subsidi akad dulu baru dibangun rumah.

      Delete
  8. Misalnya yg ngajuin suami, pas wawancara ke BTN yg diwawancara pemohon aja atau sama pasangannya, mas bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang diwawancara cuma pemohon aja tapi kemaren pas akad sih, buanyak banget yang bawa istri, terus istrinya cuma liatin aja gituh dibelakang.

      Delete
  9. Mohon pencerahannya dong saya sdh akad kredit diBank BTN karawci tangerang tp bulan september 2015 ,tp untk pengambiln rumah ats nama temen,saat akad sy ikt nganter tp saya ga bs ikt kedalam jd saya tdk tau surat2 apa saja yg diterima sampai saat ini saya belum dapat surat perjanjian akad ,sy sudah beberapa kali telp ke marketingnya katanya tunggu 6 bulan tp setelah lewat 6 bulan sy tlp kembali jawabannya justru sangat tidak jelas,mohon pencerahan nya sy harus gmn dan surat2 apa saja yg harus saya terima...saya takut nanti kedepannya akan jadi masalah ..tks mohon pencerahannya buat saya yg kurang pengetahuan tentang ini..tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. "pengambilan rumah atas nama teman?" Terus terang saya nggak ngerti dengan hal tersebut.

      Setahu saya akad kredit itu bisa ikut ke dalam, banyak kok orang tua yang bawa anak-anaknya pas akad kredit.

      Soory nggak bisa jawab

      Delete
  10. Salam kenal mas. Mas apakah bisa akad kredit itu mundur/di tunda di sebabkan misalnya saluran pdam atau listrik blm terpasang?? Mohon pencerahannya. Terima kasih mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rada bingung mas, soalnya saya rumahnya baru dibangun setelah akad kredit disetujui. Dan listrik gratis ditanggung pln sementara pdam, saya bayar lagi 2 juta untuk pemasangan. Air dan listrik itu, setahun setelah pembangunan rumah selesai loh.

      Jadi kalau belom akad kredit, jangankan listrik sama air, rumah aja belom dibangun.

      Coba konsul dulu ke sales atau developernya

      Delete
  11. ehh..broo...asuransi wajib gak sii, soalnya pass abis dari notaris d suruh k bgian asuransi, gw nyelonong pulang ajeee,hahahaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama gan ada dua meja yang harus dihindari satu asuransi dan satu lagi kartu kredit, yang asuransi bisa lolos yang kartu kredit ke gap soalnya deket pintu, tapi kasih nomor HP palsu biar nggak ditawarin via telpon.

      Delete
    2. 26 April 2016 saya akad kredit Gan. Entah kini peraturan atau gimana ya. Asuransi itu ditawarin di Meja sebelah akad dg Bank. Dan karena saya awam sekali, saya tanya apakah ini asuransi wajib? Mereka jawab ini wajib. Kalo misal ibu tidak berkenan ikut asuransi ini, nanti kita bisa Report ke kepala cabang bank. Ternyata tawaran asuransi tersebut lebih awal. Padahal saya belum menuju meja akd dg Bank maupun notaris. Nambah lagi deh asuransi saya :-(

      Delete
  12. Mantap gan informasinya jadi saya bisa menyaring dalam blog ini .. Doakan gan saya hari ini akad kredit mudahan berjalan dgn sukses heee

    ReplyDelete
  13. Jd surat'a diambil di developer mas? Surat apa aja yg didapet?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda-beda mas, soalnya saya baca dari komen-komen ada banyak peraturan baru. Coba tanyakan yang jelas ke developer, teritama tentang surat SHM.

      Delete
  14. bagus bgt infonya, terima kasih gan...

    ReplyDelete
  15. Pencerahan dong sodara...
    Untuk biayanya tu bareng wwancara gak sih...?
    & sampe berapa sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi sista nggak bakal dipanggil wawancara, kalau belum lunasin DP rumah atau minimal 17-20 persen dari DP rumah. Besaran DP tergantung tipe dan luas rumah.

      Delete
  16. Maaf gan numpang tanya, kalau kpr subsidi itu pas wawancara di bank kpr, langsung diminta pembukaan rekening bank nggak atau cuma wawancara saja? Dan kalau pembukaan rekening bank untuk kpr, ada minimal saldo pembukaan rekening? Thank u gan atas infony

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pas wawancara mah kaga, pembukaan rekening klo keterima KPR atau pas akad. Nanti dikasih tahu minimal harus ada berapa dalam rek.

      Delete
  17. Numpang nanya gan .. ada biaya lge g pas akad selain bayar DP ?? Soalnya kemarin mrkting sya minta sya siapin uang 1 jt buat biaya proses KPR ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu sih ane nggak ada gituan? Paliangan setelah rumah jadi ada lagi biaya buat pasang PAM.

      Delete
  18. Maaf mau tanya gan, klo akad kredit itu kita harus siapkan materai brp banyak ya biasanya.. Sy kbtulan ada panggilan akad di november ini..ambil perumahan subsidi juga di daerah cikande.mohon pencerahannya ya gan, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. lupa, sekitar 6 atau 10 dan bawa sendiri karena tidak disediakan oleh bank maupun developer

      Delete
  19. Om.. dalm proses akad dimintain biaya apa gitu ga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada biaya lagi pas akad, cuma kudu bawa materai 6000 sebanyak 10 atau 12, lupa dah.

      Delete
  20. Ada biaya lgi ga gan pas akad d btn nya? Semisal biaya notaris gitu? Dp mah udah ke developer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada biaya lagi pas akad, cuma kudu bawa materai 6000 sebanyak 10 atau 12, lupa dah.

      Delete
  21. Setelah akad kredit apakah dapat surat SHM dan AGB etc? Jawabnya tidak karena surat-surat itu baru beres sebulan setelah akad kredit dan diambil di kantor developer.

    gimana beneran 1 bulan setelah akad kredit ? surat2 itu nantinya siapa yg megang : Developer/Bank/kita?

    ReplyDelete
  22. sebelum akad harus buka rekening BTN dulu atau gimana gan, soalnya saya belum punya rekening BTN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan buka rekening gan! Soalnya bank BTN harus sama dengan tenpat akad, jadi kalau agan udah punya rekening di cabang bukan tempat akad, bakal disuruh bikin lagi loh.

      Jadi pembukaan rekening itu, bareng pas akad. Di cabang bank akad berlangsung.

      Delete
    2. Rekening gak harus buka di tempat akad kredit mas. Buktinya saya buka rekening di cileungsi, akad kredit di cibubur...gak masalah.

      Satu lagi ya mas...
      Masalah komentar saya, saya benar-benar akad kredit KPR subsidi di BTN cibubur. Tapi di sanggah oleh masnya... Pertanyaannya situ bener-bener tau soal perbankan apa cuma SOK TAU???

      Delete
    3. Jaman saya sih, harus buka rekening ditempat akad kredit, dan kalau ada masalah dengan KPR/rumah harus datang ke bank pembukaan rekening.

      Pas akad pun, ada yang datang dengan membawa rek BTN dari cabang lain, tapi ditolak dan disuruh bikin baru. Entahnya, ini memang marketing bank dengan developer atau bukan. Tapi pengalaman saya sih begitu, buka ditempat akad.

      jadi bukan sok tahu...Duh, you such a hillbillies...

      Delete
  23. Setelah akad kredit apa bisa dilakukan pembatalan pengambilan rumah ? Dan bagaimana jika dibatalkan pengambilan rumah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mana bisa! Kalau pembatalan sepertinya sudah telat, mau nggak mau over kontrak.

      Delete
  24. Kalo kita sudah melunasi DP. Apakah ada biaya biaya lain yang harus dipersiapkan sampe kita dapat rumah nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti dikasih tahu sama marketingnya, tapi harus buka rekening 200 atau 300 ribu, lupa dah. Sama bawa materai yang banyak

      Delete
  25. hai mas mau nanya, apakah di btn harus di isi saldonya? Selain 200 ribu? Trus cicilan pertamanya kapan? Tq

    ReplyDelete
  26. Replies
    1. KPR

      Untuk lebih mudah hitungnya silahkan ke Aplikasi Menghitung KPR

      Delete
  27. Akad kredit bulan oktober 2016 tapi sampai saat ini rumah belum juga saya tempati karna rumah belum jadi, angsuran tiap bulan harus saya bayar juga.. kacau dah urusan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sih ane gan, udah kelamaan coba diliat clusternya apakah rumah yang lain juga sama atau cuma rumah agan.

      Delete
  28. Hallo mas mau nanya.. Dari pemberian dp ke akad kredit butuh waktu berapa lama Ya? Paling lama berapa hari? Dan untuk biaya asuransi serta notaris apakah boleh ada penawaran? Klu boleh ada penawaran.dengan pihak mana ya? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti itu KPR bukan subsidi sis, jadi nggak bisa komen.

      Delete
  29. Pak sy butuh penjelasan,harga rmh subsidi 122 jt,dp yang di minta deploper 29 jt,saya baru byr 24 jt.sebelum lunas dp,saya di panggil untuk akad kredit dan saya pun sudah akad kredit kpr subsidi di btn,setelah 1 bln deploper kembali meminta sisa dp,apa kah harus kita byr pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya agan nggak bisa akad kredit sebelum lunas DP, mungkin developernya mengusakan agan supaya cepat. Kalau diminta melunasi, memang harusnya sudah lunas sebelum akad.

      Delete
  30. Malam gan saya mau tanya, kan saya sudah akad kredit rumah subsidi, kan harus menunggu 1 bulan buat ambil surat-surat rumah seprti SHM dan AJB. Yg saya mau tanya pas ambil surat SHM dan AJB itu kita di kasih yang aslinya atau kopyannya saja gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane juga bingung soalnya ada yang dikasih foto copyan sama developernya, soalnya kan belum tentu kita selamanya bakal lunasin itu KPR, bisa aja over kredit. Saran ane sih, coba ke bank BTN dulu, terus konsul. Kalau dikasih foto copyan dan kata bank BTN harus asli, agan bisa protes. Di bank BTN ada bagian untuk KPR subsidi kok.

      Delete
  31. Kenapa biaya brpa akad kredit nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada biaya lagi pas akad, karena nggak mungkin akad kredit kalau semua belum lunas. Palingan beli materai saja.

      Delete
  32. Mohon pencerahan Om, saat akad kredit apakah ada biaya yang dibebankan/harus dibayarkan lg oleh konsumen? kebetulan saya saat ini menunggu waktu untuk akad kredit KPR, terima kasih, salam EA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya sih nggak, karena nggak mungkin akad kalau semua belum lunas. Palingan materai saja.

      Delete
  33. Gan nanya dong
    Biasanya setelah akad, itu kita dapet berkas apa aja ya? SHM Dll ? Itu yang asli atau copyan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu gan, mau jawab tapi kok setiap orang berbeda-beda, paling bagus agan konsultasi terlebih dahulu ke bank BTN agar lebih jelas, mereka punya counter khusus untuk konsul KPR subsidi, sehingga dapat argumen valid, andai kata pihak developer, nggak memberi SHM DLL sama sekali. Jadi kalau nggak dikasih, agan bisa bilang "kata bank" bukan "saya baca di blog ini."

      Delete
  34. Ane ikut proses kpr subsidi indent. Sp3k udah turun dan minggu depan mulai dibangun. Yg mo ane tanyain
    1. Agan dulu berapa lama waktu untuk nunggu panggilan akad??
    2. Waktu akad,berkas2 apa aja yg harus dilampirin??
    3. Pertanyaan apa aja yg di tanya2 ama pihak BTN lagi??

    Jujur ane masih grogi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ane rangkum di sini gan http://www.everybodygoesblog.com/2015/06/apa-yang-ditanyakan-oleh-bank-ketika.html

      Delete
  35. Assalamualaikum gan saya mau tanya sya sudah booking free 1,5jt bulan january kata marketing setelah bf akad kredit di barengkan dengan bayar dp sampai sekarang akhir mei blm ada panggilan dari bank buat akad kredit padahal sudah hampir 4bulan sy sudah tanya marketing dia bilang dari pihak bank lg di proses knp sampai 4bln y tolong pencerahannya..,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemanggilan akad kredit memang lama, karena ada banyak pemohon belum lagi bank harus teliti akan data pemohon. Jaman saya sih, baru dipanggil akad setelah lunas DP.

      Delete
  36. assalamualaikum, saya mau tanya gan.
    saya sudah proses serah terima kunci, dan saya sudah pegang kunci kurang lebih sudah 2 bulan, dan hari ini saya di infokan oleh developer untuk segera membayar biaya balik nama serrifikat AJB (akta jual beli) senilai 1.5jt.. apakah itu hal yang wajar dan memang sudah jadi tanggungan saya ?? mohon info nya, thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, jaman saya dulu sih nggak ada kek begitu, pas terima kunci udah beres aja semua. Nggak ada biaya lain, tapi sekarang banyak peraturan baru yang saya nggak ngeh, mau bilang itu nggak wajar takut salah juga. Yang bisa dilakukan adalah datang ke bank BTN, di sana ada counter khusus untuk kpr rumah subsidi, jadi bisa ditanyakan langsung.

      Delete