Nostalgia Nokia N70

Nggak sengaja nemu handphone Nokia N70 yang gue pake waktu jaman kuliah di rumah orang tua, handphone ini aktif dipake waktu semester akhir gue kuliah, sekitaran tahun 2005an Itu artinya udah hampir  sepuluh tahun nggak terjamah sampai minggu lalu tanpa sengaja gue nemu Nokia N70 teronggok di lemari. 

Masih inget waktu jaman itu Nokia N series booming banget dan bisa dibilang sebagai iphonenya. Seri N70 punya design futuristik yang nggak lekang oleh waktu, back covernya yang dislide untuk membuka foto masih terbilang keren untuk tahun 2015, ditambah OS symbian 8.1a plus dua kamera, nenteng Nokia N70 sepuluh tahun lalu itu prestise banget loh. Dulu sering banget gonta-ganti casing N70 ini, kalau sekarang mungkin gonta-ganti case belakang. 


Beruntung bokap gue termasuk apik dalam menyimpan peralatan elektronik, satu-satunya hal yang berubah dari Nokia N70 ini cuma baterainya yang non ori. Sementara kabel data dan earphone menghilang entah kemana, untungnya casing, memory card dan charger  masih orisinil dan berfungsi dengan normal. Dari pada ngangur akhirnya, gue berdayakan Nokia N70 ini sebagai secondary handphone.

Ternyata untuik pemakaian sehari-hari N70 ini masih mumpuni, cuma sayang kemampuan mengetik di keypad non qwerty gue rada menghilang, belum lagi keypadnya kecil banget, padahal seinget gue dulu nggak ada masalah buat ngetik sms. Mungkin gegara terbiasa sama qwerty touchscreen.

Kemana Selfie 10 Tahun Yang Lalu?
Satu hal yang bikin gue rada ngakak adalah kamera depan N70 ini, bukan apa-apa, soalnya waktu dulu gue sama sekali nggak pernah pake buat selfie tuh. Kenapa baru sekarang selfie booming? Kalau dari sepuluh tahun lalu N70 udah bisa selfie dengan kamera depannya? Apa mungkin karena sepuluh tahun lalu nggak ada jejaring sosial di handphone, jadi nggak bisa pamer?

Gue juga udah coba untuk menginstal beberapa aplikasi penting ke N70 seperti whatsapp ataupun line, serta twitter namun, nggak ada satupun yang bisa. Singkat cerita apps untuk OS symbian ver 8.1 a memang nggak ada. Jadinya ini N70 cuma bisa untuk sms dan telpon saja.



Ada satu cara yang dilakukan sama bokap gue kalau simpen handphone, bokap selalu cabut baterai handphone kalau mau disimpen dalam jangka waktu lama. Cara ini terbukti ampun bikin N70 awet, walaupun baterai orisinalnya udah drop tapi N70 masih bisa berfungsi secara normal.

Hal ini juga berlaku untuk semua gadget termasuk kamera, karena baterai dalam gadget masih akan memberikan daya arus sekalipun nggak dipakai. 

2 comments: