Review Acer Liquid Z220 Android Lollypop 1Gb RAM Termurah


Review Acer Liquid Z220/ android Lollypop/ Processor 1Ghz/ Acer Liquid Z220 Rp 800.000 - Dari semua merk lokal cuma Acer yang belum pernah saya cicipi, sebelum-sebelumnya dari Advan, Mito sampai Axioo memberikan hasil mengecewakan. Tercatat hanya Polytron Zap 5 sebagai smartphone brand lokal yang mempunyai kualitas cukup baik, sampai saat ini saat saya mengetes brand Acer Liquid Z220. Ternyata smarpthone Acer Liquid Z220 ini mampu memberikan kualitas yang terbilang cukup. Lalu seperti apa sih kinerja  smartphone lollypop dengan RAM 1Gb termurah ini?

Desain and Material

Dari segi fisik, Acer Liquid Z220 ini sepintas memang mirip dengan Polytron Zap, karena pada bagian belakangnya terdapat pola yang bikin kesat saat dipegang sehingga tidak licin. Lalu pada bagian pinggirnya dikelilingi bezel plastik bergerigi, yang bikin makin mantap dipegang. Hanya saja keseluruhan body berbalut full plastik, tidak seperti Polytron Zap yang mempunyai bezel besi. Yang saya suka adalah desain super simple pada Acer Liquid Z220 ini, sebab hanya ada tombol power dan volume pada sebelah kiri. Juga port jack headphone dan usb power di bagian atas, lalu speakernya ada dimana? Speaker Acer Liquid Z220 ini, menyatu dengan lubang earpiece sehingga menghadap ke atas. 

Layar
acer liquid z220 murah meriah
Bentang layar Acer Liquid Z220 ini pun tergolong kecil karena hanya 4.0 inch, padahal luas permukaan justru 5 inch dan yang paling aneh adalah ketiga tombol home, back dan drawer terletak di dalam layar bukan di luar layar seperti smartphone pada umumnya, mau nggak mau ini memakan bagian bawah layar yang hanya  4 inch.  Layar 4 inch ini pun disokong dengan resolusi 480x800 (233ppi pixel) sekalipun kerapatan pixel terlihat bagus namun layar terlihat redup, maklum untuk menekan harga. Tapi masih enak dilihat. Lalu ada fitur adaptif bright, dimana layar secara otomatis akan menyesuaikan dengan keadaan sekitar, tanpa kita harus repot mensetting manual tingkat kecerahan.



Hardware Dan Software
Jeroan Acer Liquid Z220 ini nggak bisa dibilang murahan, sebab sudah 1Gb RAM dan lollypop. Sementara pesaingnya masih banyak yang kitkat. Lollypop Acer liquid Z220 ini pun sudah dibekali dengan UI yang menarik, nggak asal kaya brand lokal lain misal Advan. Belum lagi OS ini stabil dan tanpa bugs, semua fitur google tersedia lengkap. Dan lagi diperkuat dengan Qualcomm snapdragon 200 bukan chipset MTK seperti di brand lokal murahan lain. Imbasnya Acer Liquid Z220 ini nggak cepet panas bahkan bisa dibilang adem, berkat penggunaan Qualcomm snapdragon 200. Sementara untuk memori sudah 8Gb namun yang tersedia hanyalah 4Gb untuk user. Untuk CPU sudah dual core dan GPU andreno 302, ini lebih dari cukup untuk memproses kebutuhan sehari-hari. 


Lalu kinerja bagaimana?  Tergolong standar sih, hasil pengetesan atutu hanya sampai angka 13.000-an saja, masih di bawah Polytron Zap dan beda tipis dengan Advan S4F.  Dengan berbagai aplikasi yang saya instal dan membutuhkan koneksi, Acer Liquid Z220 ini masih mampu menyisakan 600Mb Ram dan uniknya Acer Liquid Z220 memisahkan kinerja RAM sistem dan aplikasi. Hal ini membuat kinerja semakin mulus dan anti lag.

Baca juga: review samsung galaxy duos GT130 Rp800.000

Kamera
Untuk kamera bagian belakang 5mp dengan flash dan auto focus sementara buat selfie cukup 2Mp. Hasil fotonya terbilang jauh lebih baik dari para brand Mito dan Advan yang cenderung redup dan gelap bahkan lebih baik dari Polytron Zap yang whitesh atau keputih-putihan. Hasil foto Acer ini nggak over dan cenderung soft enak di mata.

Hasil Foto Outdoor


Hasil Foto Indoor With Flash

Sepertinya merk lokal memang kentara dengan bugs. Seperti Mito dan Advan yang bugsnya bertebaran maka Acer Liquid Z220 yang saya punya ini mempunyai bugs di sektor sinyal. Kalau connection mode auto maka sinyal akan hilang, jadi harus selalu 3G only. Tadinya saya pikir karena simcard tapi setelah dicoba dengan simcard lain dan hasilnya sama, yakin bahwa Acer liquid Z220 ini bermasalah di sinyal.

Sementara untuk baterai memang nggak bisa terlalu diharapkan, sebab hanya berkapasitas 1300mAh saja, palingan setangah hari dengan aktif 3G udah harus cari colokan lagi.

Terakhir dengan harga cuma 800, Ram 1Gb dan Lollypop serta semua fasilitasnya. Acer liquid Z220 ini masih lebih baik dari membeli merk Advan, Mito dan hanya bersaing dengan Merk Polytron. Untuk bugs di sinyal 2G, entah ini hanya terdapat di produk yang saya beli saja atau juga di produk lainnya? Tapi masih bisa diakali dengan menset 3G only dan tidak terlalu mengganggu.

No comments:

Post a Comment