Advan Vandroid S4F, Quadcore, RAM 1GB, 5Mp Kamera Dan Kitkat, Cuma 800 Ribu

Review Advan Vandroid S4F/ Ram 1Ghz/ Dual Camera/ Android Kitkat/ Advan S4F Rp 800.000 - Sedang mencari sebuah handphone advan dengan kualitas  mumpuni namun harga ramah di kantong? Kalau iya maka advan vandroid S4F bisa menjadi pilihan. Sebab advan vandroid terbaru ini mengusung spesifikasi yang tidak sekadar murahan. Bahkan advan vandroid S4F ini bisa dibilang sebagai salah satu smartphone android paling value for money. Lalu seperti apa advan vandroid S4F dengan segudang fitur mahalnya?



Vandroid murah ini mempunyai packeging yang sederhana sekali, bahkan dalam boxnya sama sekali tidak ada gambar produknya hanya logo advan. Dalam paket pembelian gue hanya menerima satu charger dan sebuah earphone, hal ini bisa dimaklumi mengingat harga jual yang hanya Rp 800,000 saja. Tapi ada satu hal yang bikin gue sedikit bingung, kenapa handphone vandroid ini ketika dijual tidak dimasukan dalam box? Malah ditempel di depan box lalu dibungkus plastik? Kalau menurut gue sih mungkin supaya pembeli bisa melihat bentuknya, sebab dalam box sama sekali tidak ada gambar produk.
Satu lagi ketika gue beli, ditawarkan dua warna yakni putih dan hitam. Kebetulan vandroid murah ini mengusung tema club sepakbola barcelona, pas gue lihat yang warna putih di bagian belakangnya terdapat logo barca namun, karena nggak suka warna putih jadinya pilih hitam. Sialnya ternyata vandroid S4F hitam ini tidak ada logo barca di belakangnya, cuma dapet wallpaper barca saja. Sial! Tahu begini gue ambil yang putih, bahkan advan vandroid S4F ini punya special edition dengan backcover dari kayu. Jadi nyesel buru-buru beli nggak riset dulu, mau gimana alasan kenapa gue beli advan vandroid S4F ini gegara handphone dicopet di kopaja dan butuh cepat pengganti dengan spek mumpuni tapi dana terbatas. Kaga mikir jauh langsung dah ambil vandroid murah ini.

Layar


Layar berukuran 4 inch dengan resolusi 480 x 800 ini terasa nanggung banget, menurut gue ukuran paling pas  adalah 4,5 inch, nggak gede dan nggak terlalu kecil. Selain itu layar advan vandroid S4F kurang mampu menampilkan warna, bahkan saat brightness diset maksimal tetap saja semua kelihatan seperti pudar.  Seharusnya dengan densitas 213 ppi vandroid S4F ini mampu menampilkan warna-warna terang dan cerah. 

Untungnya layar vandroid murah ini tergolong baik dari segi presisi, untuk mengetik tidak ada kendala sekalipun hanya 4 inch. Semua huruf bisa disentuh tanpa terjadi kesalahan padahal vandroid biasanya keyboardnya kurang presisi. Selain itu layar vandroid S4F ini pun sudah multitouch sehingga pinch dan zoom mudah dilakukan.

Bodi Dan Desain


Desain bodi advan terbaru ini memang copas abis iphone 5C dengan material plastik kaca yang terkesan mahal, tapi imbasnya gampang banget ninggalin sidik jari.


Bodi vandroid S4F ini dikelilingi bezel plastik berwarna emas, modelnya benar-benar mirip sekali dengan iphone 5C. Material plastik kaca ini sebenarnya rada-rada bikin takut sebab kalau jatuh bakalan gampang tergores atau pecah.

Hardware Dan OS


Advan vandroid S4F ini dipersenjatai dengan CPU quad core 1.2Ghz spreadtrum dengan RAM 1Ghz. Terus terang kinerja amat sangat baik dibandingkan dengan handphone sejenis, bukan tanpa alasan kenapa vandroid S4F ini bisa lebih ngebut dibanding pesaingnya dengan spesifikasi yang sama. Sebab setelah gue teliti advan vandroid S4F ini memodif  OS kitkat yang dipakainya, sehingga banyak dari aplikasi original google seperti map, google play, google drive etc tidak ada dan harus menginstal sendiri. Imbasnya OS kitkat vandroid S4F ini ringan sekali hingga tidak ada lag dan menyisakan banyak RAM. 

Antutu benchmark lumayan, sebesar 18114. Boleh bangga sebab merk lokal biasanya hanya mentok dikisaran 10000 saja. Walaupun masih 32-bit tapi vandroid S4F ini sudah didukung OpenGL ES 2.0 artinya mampu mengeksekusi game 3D.

Ada satu hal yang bikin gue kesel waktu pertama kali beli vandroid S4F, adalah banyaknya aplikasi pre-instal yang tidak penting! Bahkan aplikasi bost dan cleaner bisa ada sampai tiga buah dan sialnya hanya satu yang bisa dihapus. Aneh memang, sebab untuk apa aplikasi du boster dan clean master, kalau vandroid S4F ini sudah punya boster dan cleaner sendiri dengan menekan lama tombol home, lalu klik gambar tempat sampah. 

Satu lagi yang jadi perhatian gue adalah kebiasaan merk lokal yang sering berbohong dalam hal memori. Dalam keterangan tertulis 8Gb padahal yang tersedia bagi user setelah diinstal OS kitkat hanya 2Gb saja.  

Kamera

Salah satu keunggulan vandroid murah ini yang bikin bengong, adalah dual kamera 5Mp di depan dan di belakang dan kalau itu belum cukup masih terdapat flash di kamera. Tapi sayang hasil kamera ini kurang memuaskan, sebab warna yang dihasilkan malah over. Apalagi kalau foto dalam keadaan cahaya kurang, yassalam dah. Hasil foto ini bukan hal baru buat gue, sebab dulu pun pernah beli tab advan vandroid T1J dengan kamera yang menghasilkan penyakit sama. Sehingga foto-foto jadi terkesan gelap dan kurang cerah namun vandroid S4F ini masih bisa memberikan detail yang baik. Salah satu cara agar foto bisa maksimal adalah ketika sedang top light atau banyak cahaya, seperti siang hari.

Kamera Depan Palsu

Ternyata oh ternyata kamera depan yang digadang-gadang sebagai 5Mp merupakan hasil "pemaksaan" dari kamera 2Mp jadi hasilnya akan jauh berbeda dari kamera belakang. Duh, emang ini advan tukang tipu banget dah.

Full Costume OS Tapi Banyak Bugs


Biasanya advan dan merk lokal lainnya memberikan OS bodong ala kadarnya, tapi handphone advan vandroid S4F ini penuh dengan kostumisasi. Salah satunya adalah penggunaan TouchPal sebagai pengganti keyboard bawaan yang garing dan tak ada emoji atau theme. Cleaner yang sudah terintegrasi dengan tombol home bahkan ada shortcut. Kostumisasi OS kitkat juga terlihat jelas di bagian kamera sebab kita bisa memilih filter langsung tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Selain itu hasil foto bisa langsung diedit, lagi-lagi tanpa perlu membuka aplikasi lain.

aplikasi pembawa google ads!
Seperti yang udah gue tulis kalau vandroid S4F ditanemin banyak preinstal application nggak penting! Sialnya salah satu aplikasi tersebut membawa google ads yang bakal pop up setiap kali lagi online. Tentunya ini bikin kesel apalagi aplikasi bawaan ini banyak yang nggak bisa diinstal. Jalan terbaik harus di root dahulu atau dinonaktifkan aplikasi bawaan ini. 

Siapa pun yang pasang preinstal apps di vandroid S4F otaknya emang nggak jalan, selain nggak penting banyak aplikasi yang nggak sesuai sama spesifikasi S4F. Singkat kata asal instal tanpa peduli compatible atau nggak, so fucking moron!

Satu lagi S4F ini punya one touch optimizer yang bakal membunuh semua apps yang jalan dibackground, jadi email, line, bbm terkadang nggak ada notifikasinya sama sekali dan ini bikin kesel. 

 Baterai

Vandroid S4F ini punya baterai berkekuatan 1500 mAh, dalam pemakaian normal mampu bertahan dari pagi sampai sore, sebelum harus cari colokan lagi. 

Kelebihan :
1. Quad Core dan RAM 1Ghz
2. Dual 5Mp kamera with dual flash
3. Murah IDR 800,000
4. Design Ok

Kekurangan : 
1. Layar nggak terang
2. Belum 4G
3. Hasil foto kurang memuaskan
4. Baterai hanya 1500 mAh

Overall advan vandroid S4F ini masih bisa dibilang smartphone value for money, hasil foto yang kurang dan layar tidak mentereng serta sejuta bugs OS masih bisa diakali kalau kita mau usaha. Tapi dikisaran 800 ribu dengan spesifikasi begini mana ada lagi bukan?


6 comments:

  1. sayangnya belum 4G...tapi dengan harga segitu fiturnya lumayan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya sih lebih dari lumayun gan.

      Delete
  2. Gimana caranya mngatasi msalah gagal trhubung dgn kamera

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang penyakitnya getuh gan, maklumlah ini merk banyak bugsnya. Klo ane biasanya direstrat klo gagal terhubung ama kamera, terus udah bisa foto lagi,

      Delete
  3. Cara ngilangin iklan di s4f gimana sama bisa Download aplikasi sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba baca di link ini : http://www.everybodygoesblog.com/2016/02/cara-menghilangkan-malware-penyebab.html

      Delete