Notebook Acer Aspire One Happy 2 Review : Si Mungil Nan Stylish

Review Notebook Acer Aspire One Happy 2/ Layar 10 inch/Intel Atom N570/ Acer Aspire One Happy 2 Rp 2.000.000 -Seminggu lalu laptop yang sudah berusia tujuh tahun lebih tiba-tiba saja RIP, padahal cuma dibersihkan kipasnya yang bikin ribut kalau dipakai. Alhasil gua harus cari laptop baru tapi budget cuma Rp 2 juta saja, jadi pilihan jatuh ke notebook. Setelah malang-melintang di mbah google dan berkunjung dari satu situs ke situs lain, sekalipun second. Gue berhasil menemukan notebook  mini yang value for money. Dengan harga Rp 1,8 juta pilihan gua jatuh ke notebook acer aspire one happy 2, sepintas notebook 10,1 inch ini cuma terkesan fun saja namun setelah dicoba notebook murah ini ternyata lebih dari sekadar cukup. 


Body:
Dari tampilan acer aspire One happy 2 ini terkesan ceria, karena berbentuk rounding dan plastik, belum lagi warna-warna cerahnya dirasa lebih cocok untuk anak sekolah dari pada orang dewasa macam gua. Dengan berat cuma 1,3 kg bawa acer aspire one happy 2 ini nggak bakalan jadi beban. Acer aspire happy 2 punya tiga usb connector, hdmi port dan dua buah jack untuk earphone dan microphone. Serta kamera depan untuk video call atau skype yang lumayan.

Layar:
Layar yang cuma 10,1 inch memang merupakan kendala tapi bisa pilih yang 14 inch kalau merasa terlalu kecil. Ukuran 10,1 inch ini memang memaksa gue untuk scrolling kiri dan kanan, serta atas bawah karena nggak muat untuk nampilin satu halaman web. Tapi untuk urusan mengetik di keypad 10,1 inch ini nggak ada kendala berarti, keypad type chicklit ini enak dan nggak licin belum lagi penempatan yang efisien bikin kesalahan penulisan hampir tidak ada. Sekalipun cuma 10,1 tapi resolusinya sudah menunjang HD, biasanya notebook paling butek kalau disuruh muter film bluray! Acer aspire one 2 ini mampu untuk mengeksekusi semua film bluray. Walupun gua amat tidak menyarankan untuk mencoba memainkan game dengan kualitas 3D, karena akan patah-patah mau bilang apa ini bukan notebook gaming.


review acer aspire happy 2

Spesifikasi:
Acer aspire one happy 2 ini sejatinya bisa dual booting, antara android dan windows 7. Tapi karena gue beli second yang sudah ada cuma windows saja. Salah satu hal yang mencengangkan adalah booting time padahal gua beli second yang sudah dua tahun masa pemakaian. Booting time makan waktu kurang dari 1 menit! Padahal nggak kosong loh sudah diinstal banyak aplikasi.

spesifikasi : 
 cpu :           intel atom N570 (1.66Ghz, 1MB L2 cache)
memory :     2GB DDR3
hardisk  :     320 GB

Dengan spec segitu gua rasa no wonder acer ini bisa lari kenceng sekalipun sudah berumur dua tahun dan hardisk 320 GB untuk notebook ukuran 10,1 inch tergolong amat besar karena biasanya notebook ukuran segini cuma kasih 250-160 GB. 

Baterai:
Baterai berkuatan 4400mAh memang nggak mumpuni karena hanya bisa bertahan dua sampai tiga jam, entah karena ini memang notebook second. Jadi solusinya memang harus siap sedia kabel ataupun kalau ada baterai dengan kekuatan lebih bisa diganti.

Kekurangan:
Salah satu kekurangan acer aspire one happy 2 ini adalah nggak bisa diotak-atik, artinya baik memori dan segala rupa memang nggak bisa diupgrade kecuali baterai, jadi harus terima apa adanya. Konsekuensinya adalah bisa cepat ketinggalan jaman dan sepertinya acer memang sengaja membuat seri happy ini berumur pendek, jadi jangan heran kalau nantinya akan ada happy 3.

Satu lagi yang dirasa mengganggu adalah masalah tipikal pada notebook, apalagi kalau bukan cepat panas. Dalam sejam saja sudah timbul hangat dan dalam dua jam bagian bawah sudah terasa panas. Jadi amat disarankan menggunakan kipas dan untungnya acer aspire one happy 2 ini punya banyak lubang ventilasi. 

review acer aspire happy 2

Overall:
Menurut gua acer aspire one happy 2 ini lebih dari pada sekadar notebook murah. Untuk pemakaian sehari-hari seperti office, browsing, nonton kecuali main game 3D notebook ini sudah amat sangat menunjang dan bandel. Buktinya gua beli second aja masih kenceng. Dua hal yang menjadi kekurangan buat gua adalah modelnya yang nggak serius dan daya tahan baterai yang kurang, selebihnya dengan Rp 1,8 juta acer aspire one happy 2 patut diacungin jempol.

Baca juga: Riview axioo zetta yang bapuk



8 comments:

  1. Mantap brooo,, ane juga pake NB itu,emang awet broo..

    ReplyDelete
  2. wah.. murah juga ya kang. itu harga baru nya pas jaman-jaman akang beli, berapaan tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah nggak diproduksi lagi gan. Ane beli second Rp1,8 jeti, kalau pas baru muncul 2,6 ampe 3 jutaan.

      Delete
  3. kalo ada second yg strawberry yoghurt nya mau dong

    ReplyDelete
  4. kok pengalaman kita sama ya? saya juga baru pindah ke netbook ini setelah 7 tahun laptop yg selama ini saya rawat harus istirahat selamanya.. Saya juga beli netbook ini bekas. 1.2 juta , itu juga tuker tambah sama laptop lama.. dan saya berencana mau ngereview netbook kecil ini di blog saya. . Krisnanda Go Blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi sekarang udah nggak mau nyala, katanya sih pasta atau karet apanya habis getuh, dan nggak bisa diservice ke sembarang tempat, harus ke acernya langsung.

      Emang penyakit happy one begitu, klo udah lama pasti meleleh karet atau pasta apanya getuh dan harus diganti ke tempat service

      Delete