Review Axioo Zetta MMT : Laptop Paling Bapuk!

Reveiw Axioo Zetta MMT / Laptop Tipis / Axioo Zetta MMT Rp 600.000 - Kalau ditanya laptop apa yang pernah lo punya dan paling bapuk? Maka gua bakalan jawab Axioo Zetta model MMT. Bukan tanpa sebab kenapa Axio Zetta model MMT ini jadi laptop yang paling bikin gue ketawa, mulai dari model sampai hardware semuanya out of place. Laptop ini sebenarnya adalah hasil lelang dari kantor dan gue beli seharga 600,000 ribu saja, harga aslinya 1,4 juta dan harga awal keluar tahun 2011 sekitar 7 juta.

Model



Axioo Zetta model MMT ini ditujukan sebagai portable laptop dengan berat hanya 2,5kg dan tipis sekali. Mungkin mau bikin mirip dengan Acer aspire yang mudah untuk dibawa kemana-mana. Dari segi model Axioo Zetta ini bapuk sekali, niat hati ingin terlihat futuristik malah terlihat seperti dari tahun 90an, bentuknya yang serba curvy bikin aneh. 


Bagian bawah Axioo Zetta MMT ini tertutup rapat dan hanya menyisakan lubang di kanan dan kiri, satu untuk pelepasan panas dan satu lagi untuk lubang speaker. Karena tertutup banget jangan heran kalau Axioo Zetta ini panas banget dan nggak mudah dingin, mau pakai kipas juga percuma. Dan satu lagi yang penting adalah tidak terdapatnya colokan usb maupun port HDMI atau apapun! Satu lagi, Axioo Zetta tidak mempunyai optical drive seperti netbook, optical drive ini dijual terpisah aka capek dah.


Lalu semua port untuk kebutuhan colok mencolok ada dimana? Jawabannya ada di bagian belakang semua, namun itupun hanya colokan power, HDMI, usb dan headset cuma ada empat buah. Dikit bangetkan? Tunggu dulu.


Ternyata Axioo Zetta model MMT ini memberikan tambahan sebuah alat berbentuk kotak yang bukan lain adalah sebuah port tambahan untuk mengakomodir usb, ethernet dll. Alat ini menyatu dengan kabel power, aneh bin ajaib. Padahal acer inspire aja semuanya colokan bisa nempel dibody.


Material plastik Axioo Zetta ini pun kacrut dan berkualitas rendah, mudah sekali buat terkelupas dan retak. Jadi harus hati-hati jangan sampai jatuh atau Axioo Zetta ini akan hancur menjadi butiran debu.

Hardware


Satu kelemahan yang mencolok ada dibagian layar yang cuma TFT layaknya layar smartphone, jadinya kualitas film maupun gambar seperti lihat di layar ponsel saja. Gambar kurang terang dan rapat karena resolusi hanya 1366x768. 

Untuk processor sudah memakai core2duo dan memori 2GB sementara untuk graphis Axioo Zetta cuma pakai intel graphic GMA 4500MHD macam di netbook jadi jangan ngarep bisa main game dengan grarfis bagus di sini. Dalam packegingnya sudah disediakan windows 7 premium loh namun entah kenapa windows 7 premium ini terasa berat sekali untuk Axioo Zetta MMT, sering kali kalau multitasking terjadi lag dan lemot banget. Belum lagi cepat panas dibagian belakang hanya dalam 20 menit pertama saja.


Pernah lihat baterai laptop setipis ini? Baterai jenis lithium ion ini cuma mampu bertahan maksimal 1,56 jam saja atau mari kita anggap dua jam. Itupun kalau cuma dipakai nonton film atau kerja dengan words, kalau multitaskin terutama internetan dropnya cepet banget. Mungkin karena windows 7 premium yang berat banget.

Fitur


Walaupun bapuk Axioo Zetta MMT ini punya fitur finger print! Sayangnya fitur ini pakai software dari windows 7 premium yang harus diaktifkan dengan kode, jadinya mubazir banget kalau beli second atau mau diinstal ulang. 


Satu lagi fitur ciamik Axioo Zetta MMT, dia punya built in modem yang sekali lagi sayangnya cuma mentok di 3G tapi lumayan kalau nggak nemu wifi bisa internetan tanpa harus bawa-bawa modem. Walaupun slot modemnya susah banget karena harus bongkar baterai untuk bisa masukin simcard.

Note:
Kalau sudah terlanjur (lebih baik jangan beli) kecuali dapet lelang cuma 600 ribu seperti gue, maka ada hal-hal yang harus dilakukan agar Axioo Zetta MMT ini bisa mulus berjalan.
1. Instal ulang windows 7 premium dengan windows 7 student atau family pokoknya standar edition, sebab versi premium berat banget dan bikin lemot Axioo.
2. Ingat Axioo Zetta MMT bukan laptop untuk kerja namun laptop untuk iseng nonton film, bikin laporan dan internetan saja.
3. Karena gampang panas jangan pernah dipakai dalam perjalanan terlebih dipangku dipaha.

Jadi benar apa kata orang-orang mengenai kualitas Axioo, untungnya gue cuma dapet dari lelang bukan beli asli.

2 comments:

  1. judulnya kecewa ya bang, kalo panas mungkin karena processor juga yg udah umur, mungkin saran saya bisa dikasih pasta, sama bersihin kipas atau kalo ga ada bersihin lubang anginnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak bisa dikasih kipas soalnya bagian bawah nggak ada lubang angin dan udah mendingan panasnya, semenjak diganti daru windows 7 premium ke standar.

      Delete