Review Axioo MyBook 10 Notebook Murah Yang Murahan!

Review Axioo MyBook 10 / Intel® Celeron® Processor N3060 (2M Cache, up to 2.48 GHz)/ Memory 2GB LPDDR3 / Axioo MyBook 10 Rp 2,400,000 - Satu lagi notebook murah dari yang bakalan membuat orang banyak tergiur, notebook murah ini jadi pilihan untuk orang-orang yang memiliki budget terbatas, termasuk saya yang tanpa sengaja menjatuhkan pilihan pada notebook murah dari Axioo bernama MyBook 10 ini. Kebetulan semua review notebook murah dari Axioo ini ciamik dan bagus, sehingga cenderung membuat saya sedikit bingung karena, apa yang tertera di dunia maya jauh berbeda, saat saya menggunakan Axioo MyBook 10. Notebook murah ini menurut saya, benar-benar murahan! Kenapa bisa begitu?


review Axioo MyBook 10
Desain yang stylis dan minimalis serta unibody
Desain dan Body
Dari segi desain Axioo MyBook 10 termasuk Notebook murah dengan desain mewah. Desainnya simple namun, sangat elegan dan tersedia dalam beberapa warna. Keseluruhan body memang terbuat dari plastik namun, tidak ada kesan ringkih. Kesan minimalis pun terlihat dari port-port yang di bawa oleh Axioo MyBook 10, hanya ada dua usb port dan satu HDMI port. Mau tidak mau, membuat saya harus lebih cermat untuk mencolok semua hal. Desain simple dan minimalis ini pun membuat Axioo MyBook 10 menghilangkan slot baterai, hingga baterai tidak bisa dilepas karena berada di dalam body atau biasanya disebut unibody.


Review Axioo MyBook 10

Desain serba simple ini pun berimbas pada desain keyboard yang chicklit sekali dan Axioo terlihat pusing dalam memanfaatkan space yang tersedia. Hal ini bisa dilihat dari penempatan tombol power, yang masuk ke dalam jajaran tuts huruf! Gila nggak tuh! Sampai saya selalu salah pencet tombol power, yang terletak di ujung kanan, apalagi kalau mau backspace suka kena tuh tombol power. 


Review Axioo MyBook 10
Tombol power yang menyatu ke dalam keyboard, bikin salah pencet.
Layar


Review Axioo MyBook 10
Bisa direbahkan sampai 180 derajat namun, untuk apa?
Sementara layar Axioo MyBook 10 ini selebar 10.1 inch yang masih nyaman untuk dipakai browsing, mengetik namun, kualitas layar 800 x 1280 IPS setara dengan handphone android. Setiap kali nonton film Bluray harus dari depan, sebab kalau lihatnya miring sedikit saja, langsung gelap. Jadi layar Axioo 10 tidak begitu bagus bahkan, di bawah standar notebook murah kebayankan. Sungguh tega Axioo sampai memberikan layar dengan kualitas setara smartphone. Anehnya Axioo membuat layar MyBook 10 bisa direbahkan hingga 180 derajat tapi buat apa? Sebab, MyBook 10 tidak touch screen.


Performa
Lalu bagaimana dengan performa notebook murah ini? Dengan spesifikasi sebagai berikut: 

Processor Intel® Celeron® Processor N3060 (2M Cache, up to 2.48 GHz, 
Chipset Intel® Express Chipset, 
Graphics Controller Intel® HD Graphics 400,
Memory 2GB LPDDR3

Terlihat amat sangat menggiurkan bukan? Namun, pada kenyataanya Axioo MyBook 10 yang sudah terinstal windows 10 amat sangat lemot! Bahkan booting saja rada lama. Axioo MyBook 10 saya, beberapa kali ngehang, kalau multitaskin dengan internet tersambung. Sampai-sampai bikin pusing dan ingin saya ganti ke windows 7 saja. Untungnya saya berhasil mengakali windows 10 dengan mematikan semua fitur animasi dan mensetting ke best performance.  


Baterai
Performa baterai sebesar 2800 mAh ini pun standar abis, kalau dipakai internetan paling cuma 1,5 - 2 jam saja, bahkan pernah tiba-tiba drop! Parahnya Axioo memberikan kabel charger mirip kabel charger smartphone! Kabel charger ini pendek sekali dan gampang panas! 


review Axioo MyBook 10
Ini charger laptop atau handphone
Performa kacrut, baterai lemah, layar bapuk dan desain keyboard minim, membuat saya menyesal membeli notebook murah seharga Rp 2,4 juta ini. Axioo MyBook cuma modal desain saja, selebihnya sampah! Benar-benar mengecewakan sekali Axioo MyBook 10 ini, masih jauh lebih baik Acer. Harusnya saya mendengarkan orang-orang perihal brand Axioo, kapok dah beli notebook Axioo MyBook 10. Notebook murah yang benar-benar murahan.

review Axioo MyBook 10
Kapok beli merk Axioo dan MyBook 10 ini produk sampah!

Update

Jadi saking kesalnya saya dengan MyBook 10 ini, langsung balik lagi ke tempat jualnya, mumpung masih garansi. Saya minta MyBook 10 ini didowngrade ke windows 7 atau 8.1 ternyata nggak bisa saudara-saudara! Karena driver-drivernya khusus untuk windows 10 pro saja tapi, windows pro bawaan berat banget buat MyBook 10 ini! Gimana sih Axioo bikin produk ancur lebur begini? Setelah saya riset lagi barulah ngeh, kalau ada versi upgrade MyBook 10+ dengan RAM 3Gb, jadi MyBook 10 versi pertama ini memang produk gagal! Sialan luh Axioo dasar brand murahan!

1 comment: