Jenis Kelinci Fuzzy Lop Serta Perawatan Dan Harga


Happy birthday Kimchi! Nggak kerasa sudah setahun lebih si Kimchi hidup bareng saya, beruntung sebelum beli Kimchi riset dulu biar tahu cara perawatan dan sekarang saya mau share tentang si Kimchi, kelinci jenis fuzzy lop. Memang awalnya mau  adopt kelinci hias jenis holland lop tapi sayang kelinci jenis holland lop ternyata jarang dan harganya selangit.  Sampai akhirnya pilihan jatuh pada jenis kelinci lop lain yakni fuzzy lop, karena maunya solid colour black maka dengan terpaksa harus inden selama dua bulan. 

Buat yang nggak tahu apa itu kelinci jenis fuzzy lop? Sebenarnya gampang saja, karena fuzzy lop ada versi bulu panjang dari kelinci holland lop. Fuzzy lop yang pertama berasal dari holland lop yang punya gen bulu fuzzy atau wol. Setelah dikembangkan selama bertahun-tahun oleh breeder di luar sana, maka kelinci american fuzzy lop terbentuk dengan standar sendiri dan sudah berbeda bentuk dari holland lop.




Seperti apa sih fuzzy lop?

Dari ukuran kelinci fuzzy lop ini tergolong kecil, dia jauh lebih kecil dari pada kelinci bligon atau kampung. Kalau gua bilang fuzzy lop dan holland lop adalah kelinci dengan ukuran paling pas, nggak terlalu besar dan nggak kecil juga. compact size. 

Selain pada telinga yang ngelop atau turun, fuzzly lop juga berbulu panjang tapi jauh beda dengan kelinci anggora. Karena bulu fuzzy lop nggak lebat tapi panjang dan amat sangat gampang kusut, makanya dinamakan fuzzy. Selain itu mukanya kecil dan kuping bulat.

Hati-hati ketika membeli

1. Jangan beli di pasar atau pinggir jalan!
Kelinci lop memang sedang ngetrend saat ini dan harganya tergolong mahal. Makanya banyak banget pedagang kelinci di pasar hewan yang memajang fuzzy lop. Sekali lagi gua sarankan untuk beli langsung ke breeder terkemuka jangan di pasar hewan atau pinggi jalan. Karena fuzzy lop gampang stress dan kelinci fuzzy lop yang dijual di pasar atau pinggir jalan, sudah lama dipajang belum lagi umurnya masih terlalu muda untuk dijual, hasilnya kelinci fuzzy lop yang dibeli begitu sampai rumah pasti mati.


2.Hati-hati ras campuran
Saking trendnya kelinci lop banyak mengkawin solangkan, karena untuk mengejar target kelinci kuping turun yang bisa disetor ke pasar. Biasanya ras campuran wajahnya lonjong dan nggak bulet, belum lagi bulunya nggak panjang.

Perkawinan campuran fuzzy lop dengan lokal bukan cuma merusak penampilan tapi juga karakteristik fuzzy lop yang adem dan manja.

Karakteristik fuzzy lop playfull.

Kelinci jenis lop memang terkenal amat sangat manja, kalau cari kelinci buat teman dalam rumah cari jenis lop! Karakteristiknya juara, mirip dengan kucing, bisa dekat dengan pemilik dan suka banget main. Makanya kalau punya kelinci lop, harus dikasih mainan karena mereka senang main. Contohnya si Kimchi yang senang banget main sama boneka bolanya, didorong terus digigit sampai dibawa jalan-jalan. 

Cara pelihara kelinci fuzzy lop

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan kalau ingin memelihara fuzzy lop.

1. Fuzzy lop gampang sekali stress, jauh lebih rentan dari kelinci kampung. Kalau membeli yang masih anakan usahakan untuk ditaruh di dalam rumah yang aman dan tenang sampai umur lima bulan ke atas.

2. Sifatnya yang playfull juga bisa jadi bencana, karena fuzzy lop bakalan deketin semua barang yang biasa kamu pegang terus gigit dan rusaklah kabel laptop, charger dan semua hal mulai dari  baju sampai sepatu.

3. Sesuai dengan namanya bulu fuzzy lop kalau nggak disikat seminggu sekali bakalan fuzzy aka kusut terutama bagian bawah dekat ekor. Kalau terlalu lama dibiarkan bisa jadi bulu mati dan harus dicukur sampai habis.

4. Fuzzy lop nggak bisa dikasih makan pelet biasa atau murah harus pelet bagus merk morning sun atau guyofeed dan SKR 214. Karena kalau dikasih pelet biasa bulunya akan rontok, fuzzy lop butuh protein untuk mempertahankan bulunya.

5. Bulu fuzzy lop juga salah satu kelemahannya, sebab kalau sudah moulting atau rontok karena pelet murah satu rumah bisa alergi. Salah satu cara mencegah adalah dengan selalu memberi pelet bermutu dan rajin disisir. Juga perhatikan bagian bawah terutama untuk jantan di bagian testis, biasanya bulunya menggumpal dan banyak kotoran harus rajin dibersihkan

6. Fuzzy lop juga lebih rawan molouccas atau gigi tongos dari pada kelinci lain, makanya fuzzy lop nggak bisa cuma dikasih pelet harus hay dan harus dikasih kayu untuk digigit biar dua gigi depannya nggak terlalu panjang.

7. Fuzzy lop pun rawan sore hocks atau penipisan bulu di telapak kaki, fuzzy lop yang sudah berumur atau kegendutan akan mengalami sore hock, kalau alas kandangnya nggak nyaman, bahan fuzzy lop gue yang nggak dikandangin aja kena sore hock. Lebih baik alas untuk fuzzy lop adalah yang lembut (karpet) atau tanah. 


Harga kelinci fuzzy lop

Kelinci fuzzy lop masih tergolong baru dan harganya juga cenderung mahal. Untuk anakan starter umur tiga bulan dimulai dari 250 ribu pure breed brood quality. Kalau sudah diatas lima bulan biasanya 500 ribu ke atas.

Pastikan punya halaman dan vacum cleaner

Kalau mau pelihara fuzzy lop pastikan punya halaman kalau mau pelihara di dalam rumah harus punya vacum cleaner. Bukan apa-apa karena kalau sedang moulting atau rontok untuk sementara anda bisa taruh di kandang luar dan vacum cleaner berfungsi untuk menyedot bulu rontok yang nempel di sofa atau tempat tidur. Kalau nggak dijamin satu rumah bisa bersin-bersin dan pilek, satu hal lagi kenapa gua amat menyarankan harus punya halaman. Karena banyak banget yang punya fuzzy lop bertahun-tahun setelah menikah dan istrinya hamil, kelinci fuzzy lopnya dihibahkan karena istrinya tidak tahan bersin terus. 

kelinci fuzzy lop
Sekalipun playfull kelinci fuzzy lop lebih banyak tidurnya dari pada mainnya, sebelas dua belas dengan kucing persia. 



11 comments:

  1. numpang copas untuk ilmu sendiri ya :)

    ReplyDelete
  2. mau nanya dong kalo fuzzy lop bisa dikasih sayuran gak sih? soalnya nanya ke penjualnya katanya gabisa, bisanya makan wortel, tapi pas makan wortel emg dia suka bgt tapi pupnya jadi gak keras agak cair gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, jangan sayuran sis, nanti mencret. Harusnya di kasih hay dan pelet saja, udah itu cukup, jangan macem-macem lagi. Coba baca di sini atau google makanan kelinci paling benar.

      Delete
  3. Saya baru mau beli fuzzy loop biar bulu ga rontok gimana ya?trz qlu dimandiin boleh.ga?..qlu dikasih daun2 seperti.daun paya n pisang boleh ga or Kalau.semacam daun legetan k3sukaan kelinci boleh ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Untuk bulu rontok, coba baca --> http://www.everybodygoesblog.com/2016/05/cara-menangani-molting-atau-bulu-rontok.html

      http://www.everybodygoesblog.com/2015/04/kenapa-bulu-kelinci-rontok.html

      2.Makanan kelinci, daun pisang dan legetan termasuk hijauan, jadi kalau terlalu banyak diberi daun pisang dan legetan, kotorannya lembek, plus baunya nggak tahan! Paling benar hay atau rumput kering dan pelet, sudah itu saja.

      Delete
  4. Oh iya kalau fuzzy loop tidak boleh dimandikan solusinya pakai tissue baby atau gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tapi di bagian yang kotor saja, bukan untuk seluruh badan, karena kelinci memang nggak boleh dimandikan, bisa kena hipotermia dan mati.

      Delete
  5. Bener ya kak kelinci fl banyak bobo nya hihi punyaku juga boboan mulu, baru 4 hari dirumah hehe tapi aku taro teras kandangnya jd agak berisik padahal dia masih kecil. Aku jd ngerasa bersalah:(

    ReplyDelete
  6. Halo kak , kelinci fl ku br 4 hari dirumah trs dia kalo udah agak siang selonjoran mulu trs kalo di elus dia diem aja sampe aku isengin geser geser jg anteng aja😂 itu normal kah? Tp Napsu makan,kotorannya,badannya nggak ada masalah sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama napsu makan bagus dan kotoran nggak lembek sama kecil, nggak ada yang perlu dikhawatirkan. Biasanya sih, kalau baru di rumah, taruh dulu saja di tempat yang tenang, biar adaptasi dulu.

      Delete