Jenis Kelinci Mini Netherland Dwarf Serta Perawatan Dan Harga

Sebenarnya gue udah punya si Momo, jenis kelinci mini semenjak 5 bulan lalu. Momo ini pengganti si Koko kelinci jenis bligon yang hilang di curi orang. Sampai hari ini pun gue bingung ada aja orang yang ngambil kelinci kampung kaya si Koko. Sejak hilangnya Koko, gue sempet bingung mau pilih kelinci jenis apa, tadinya amau kelinci anggora atau jenis kelinci Holland lop. Tapi sialnya jenis kelinci Holland lop mahal dan nggak ada stock sementara jenis kelinci anggora, butuh maintenance ekstra. Jadi pilihan gue jatuh ke jenis kelinci mini aka netherland dwarf.

Banyak orang yang nggak terlalu kenal dengan kelinci mini, karena memang peternak kelinci mini belum banyak dan cenderung mahal. Sebenarnya ada tiga jenis kelinci mini yakni kelinci polish, kelinci netherland dwarf, dan dwarf hotot. Dari tiga jenis tersebut hanya dua yang beredar di Indonesia, yaitu netherland dwarf dan dwarf hotot.  Dan yang mau gue bahas adalah kelinci mini netherland dwarf.


Seperti apa sih kelinci mini?
Sebenarnya netherland dwarf nggak ada bedanya sama kelinci pada umumnya selain bentuknya yang cuma segede anak kucing.  Si Momo sendiri netherland dwarf non brood quality artinya kelinci mini kualitas peliharaan bukan kualitas top untuk show. Terus bedanya apa? Perbedaan paling mencolok ada di telinga, netherland dwarf kualitas brood telinganya maksimal cuma 2 CM sedangkan kualitas pet umumnya lebih dari 2 CM.

Hati-hati ketika membeli
1.Baik netherland dwarf maupun dwarf hotot belum diperdagangkan secara bebas mau nggak mau harus cari di rabbitry atau peternak kelinci
2. Membeli harus di atas umur 5 bulan, kalau anda tidak yakin dengan kualitas rabbitry yang menjual kelinci mini satu-satunya jalan adalah harus menunggu sampai kelinci berumur 5 bulan. Karena di umur segitu bentuk asli sudah kelihatan, jadi anda nggak bisa ditipu.
3.Ketika membeli kelinci mini perhatikan telinganya, salah satu faktor utama yang menentukan apakah itu pure breed atau bukan bisa dengan jelas dilihat pada telinga. Kelinci mini netherland dwarf dan dwarf hotot maksimal panjang telinga hanya 3 CM dan di bawah 3 CM bisa di bilang kualitas brood atau show. Kalau ukuran badan sulit dijadikan patokan karena menurut pengalaman banyak sekali kelinci mini palsu yang sudah dikawin silang dengan ukuran tubuh yang mirip sekali pure breed.

Karakteristik  kelinci mini cenderung liar
Sebelum membeli kelinci mini yang super mahal ini, sebaik kalian baca dulu penjelasan saya. Netherland dwarf dan dwarf hotot bukanlah kelinci hasil seleksi alam. Kedua jenis kelinci ini murni hasil karya manusia dari silangan berbagai jenis serta puluhan tahun penyempurnaan. Kalian seharusnya tahu kalau satu species bukan hasil murni alam pasti ada efek sampingnya.

Netherland dwarf ini cenderung liar dan sulit bonding. Si Momo kendati sudah 5 bulan lebih sulit untuk didekati dan diangkat, kelinci ini sulit banget dijinakan.  Kendati nggak agresif jangan harap bisa peluk-pelukan atau si mini akan dekat dengan kalian. Ini juga kesalahan gue karena kurang riset waktu beli, dipikir cuma beda bentuk saja, tahunya susah banget bonding dengan si Momo.

Netherland dwarf ini juga cekatan dan gesit sekali, jadi dalam sehari bisa lari-lari keliling ruangan ratusan kali. Singkat kata tadinya mikir kalau kelinci mini bisa hemat ruang dan tinggal di taruh dalam kandang sama sekali salah! Netherland dwarf nggak bisa ditaruh dalam kandang karena sifatnya yang cenderung liar, kelinci ini bakalan muter-muter dengan kecepatan penuh.

Bahaya kelinci mini
Netherland dwarf dengan sifat liarnya bukanlah jenis yang cocok buat anak-anak. Semua refrerensi menyebutkan kalau kelinci netherland dwarf untuk orang dewasa. Sifatnya yang liar nggak bisa dikompromikan dengan anak-anak yang selalu pengen peluk dan angkat, yang ada kelinci ini bisa stres berat dan mati dalam sekejap. Belum lagi karena ukuran yang Cuma segede anak kucing, kelinci mini yang dipelihara anak-anak banyak yang mati karena rapuh.

Ukuran  mini juga memberikan bahaya lain bagi kalian yang mau pelihara, karena dalam sekejap bisa hilang tidak terditeksi. Belum lagi kelinci mini ini inceran utama predator seperti kucing jadi membiarkan kelinci mini di luar ruangan sama dengan bunuh diri.

Cara pelihara kelinci mini
Nggak ada yang beda dengan kelinci biasa soal pakan, tetap dikasih pelet dengan ukuran kecil serta hay. Ukuran mini artinya minim budget untuk makanan, jadi kelinci mini ini hemat biaya.

Untuk kandang, wajib yang besar dan gue sarankan pakai playpen. Karena netherland dwarf cenderung amat sangat aktif, tapi juga kalau dibiarkan dalam rumah bisa masuk kolong kursi, meja dan kasur. 

Harga kelinci mini
Harga kelinci mini netherland dwarf cenderung bervariatif namun untuk pure breed nggak mungkin kurang dari 200 ribu itupun untuk anakan dan non brood quality.

Sedangkan  untuk dwarf hotot mulai dari 400 ribu karena dwarf hotot masih dinilai sebagai ras langka dan jauh lebih sulit didapat dari pada netherland dwarf.

Bukan peliharaan yang bagus

Netherland dwarf menurut gue bukanlah jenis kelinci yang bagus untuk dijadikan peliharaan keluarga apa lagi anak kecil. Kelinci mini lebih cocok untuk orang dewasa yang berpengalaman, jadi kalau ada penjual yang bilang kelinci mini untuk anak-anak atau keluarga jangan percaya, namanya juga orang dagang pasti bakalan bilang apapun supaya dibeli. 


Ini jenis kelinci mini dwarf hotot, masih tergolong langka di Indonesia. dengan ciri-ciri lingkaran hitam di mata. 
Kelinci mini polish, nyaris tidak ada bedanya dengan netherland dwarf. Namun polish punya tubuh lebih panjang dan besar. Kelinci polish juga nenek moyang dari netherland dwarf.


17 comments:

  1. ini si momo yang akhirnya mati kelebihan vitamin itu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, itu foto waktu masih 5 bulanan

      Delete
  2. nanya dong... biasa beli kelinci di rabbitry mana? Bisa dianter ke tempat ga? Fuzzy Lop aku mati gara2 sakit, padahal umurnya udah 5 taun T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya beli rabbitry yang instagram:
      @ctigarabbity
      @rea_kelinci
      @bubbahollubunny

      Soal dianter coba aja nego dengan mereka tapi itu premium rabbitry, soal kualitas nggak usah diragukan. Kalau mau yang rada murah bisa masuk ke facebook group peternak kelinci hias.

      Delete
  3. Halo.. mau tanya kelinci yang cocok untuk anak2 kelinci jenis apa ya? Yg gak gigit dan mau dipeluk2. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Well, dear Mitha

      1. sebenernya kelinci nggak bisa dipeluk or diangkat karena mereka hewan yang berada dirantai makanan paling bawah. Jadi kalau dipeluk atau diangkat, otomatis mereka kira sedang dimangsa oleh predator, jadinya akan meronta-ronta dan gigit. Paling banter juga dielus-elus dan dicium.

      2. Kelinci bukan peliharaan untuk anak-anak sebab minimum batas umur anak-anak pelihara kelinci adalah 12 tahun. Sebab kelinci hewan yang riskan mati mendadak.

      3. Berdasarkan pertanyaan anda, maka paling cocok adalah kucing atau anjing sebab mereka nggak keberatan buat dipeluk dan nggak bakal gigit ke anak-anak. Tapi kalau memang tetep pengen kelinci, jenis giant atau besar adalah yang paling cocok semisal flemish giant atau continental giant, karena jenis ini tahan banting dan cenderung sabar menghadapi anak-anak yang cekatan dan kasar.

      Delete
  4. Saya ada kelinci mini.. Umur saat ini 2 bulanan tp kok ukurannya masih benar2 kecil ya.. Ngga sampai setelapak tangan orang dewasa. Apa itu normal? Karena ada tetangga juga pelihara kelinci mini baru 1 stngah bulan ukurannya malah lebih besar.. Mohon infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelinci mini (pure breed) hotot, netherland dwarf dan british petite umur dua bulan memang sebesar telapak tangan. Bisa jadi yang punya tetangga itu false dwarf atau campuran, nggak bisa dipastiin sampai 3 bulan ke atas.

      Delete
  5. cara memilih kelinci mini yg berkualitas ketika membelinya gmna sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli di breeder rabbitry bermutu, jangan di sembarang penjual. Udah kejamin semua berkualitas kalau dari breeder.

      Delete
  6. boleh nggak kalau beli kelinci dwarf hotot yg umurnya 4 bulan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kok, semua yang di atas 4 bulan sudah lepas sapih.

      Delete
  7. Saya koq jd sedikit berpikir keras ya.
    Baru saja saya beli kelinci yg ktnya ND dan dutch di pasar jatinegara.
    Dr penampilan sih u/ ND jni meyakinkan. telinga sangat pendek dan juga bentuk muka dan leher mirip ND. Tp koq jinak ya? Memang sih agak ga bisa diam terkadang kalau di gendong. Cuma klau keseluruhan nurut bingit.
    U/ dutch ini, model memang leher putih, tp hitam dikepala tidak melingkar sepenuhnya sampai leher (kya gadis berkerudung merah gitu), alias hitam kepalanya hanya sampai di pipinya saja. Dan juga ada spot putih sedikit dibagian belakang. Rambutnyapun agak sedikit panjang dan sangat halus. Apa mungkin krn hrga murah,low quality juga ya. Boleh dibilang yg dutch ini, dutch gagal. Mohon pencerahan u/ kelinci milik saya ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pasar jatinegara mah no komen sis, palingan bligon dan baru bisa ketahuan setelah 5 bulan ke atas. dari sekarang siap-siap aja kecewa, karena nggak mungkin ND pure bisa dijual di pasar jatinegara kalau dutch masih mungkin karena memang jenis umum dan banyak.

      Delete
  8. Kelinci sy ND warna n bentuk persis spt momo..wkt beli dibilang usianya 6bln brtk skrg ud 7bln. Tp dia selalu keliatan takut2..tiap dikeluarin dr kandang seringnya cm diam di pojokan..gmn cr ngilangin stress pd ND?bulu2 di kaki n ekor jg lg rontok jd jari2 kakinya keliatan bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang susah sista, bonding sama ND. Kalau sudah satu bulan belum bonding juga, masalah sih. Coba kandangnya taruh di tempat yang tenang, jangan yang ramai. Kalau bisa sih, pakai play pen, biar punya banyak ruang buat gerak. Biasanya sih, saya taruh baju bekas keringat, biar dia terbiasa sama bau kita.

      Soal diam di pojokan dan bulu rontok, bisa berbagai macam hal sista, bukan cuma stress. Kalau sampai kulit kaki kelihatan bisa jadi kena sore hocks karena kandang, nggak pake alas.

      Delete