Sisi Negatif Memelihara Kelinci

Setelah riset akhirnya berhasil juga pelihara kelinci dengan baik dan benar sampai hampir satu tahun. Gambar di atas adalah kelinci saya si Koko berjenis blingonan atau campuran dengan ras yang tidak jelas. Umurnya sudah 8 bulan sehat, cerdas dan lincah seiring dengan waktu ternyata banyak dipelajari ketika pelihara kelinci termasuk sisi negatifnya.

1. Kelinci Bukan peliharaan untuk anak-anak

Banyak sekali orang tua di Indonesia yang memberikan kelinci sebagai peliharaan bagi anak-anaknya, padahal kelinci itu hewan yang fragile aka rapuh dan hanya cocok bagi remaja dan dewasa. Kelinci hewan yang dimangsa, mereka ada di urutan terbawah rantai makanan. Sehingga jika diangkat mereka akan mengira sedang diambil oleh burung elang atau pemangsa lain, akibatnya kelinci akan meronta-ronta, mencakar bahkan tidak segan-segan untuk menggigit.  Anak-anak yang ceroboh pengenya gendong kelinci melulu, beruntung kalau kelincinya masih kecil. Bayangkan jika mereka bermain dengan kelinci  dewasa.

2. Kelinci berumur panjang.
Kelinci bisa hidup hingga 12 tahun jadi kalau anda beli sekarang harus dipikirkan juga bisa tidak berkomitmen selama 12 tahun, jangan seperti seperti orang-orang bego yang tiba-tiba memberikan bahkan membuang karena sibuk dan ada anggota keluarga yang tidak suka.


3. Kelinci harus disterilkan.

Kebanyakan orang membeli kelinci di pinggir jalan bukan di breeder yang berkualitas akibatnya mereka dapat kelinci blingon. Dengan ras campur-campur karakteristik si kelinci tidak bisa ditebak dan anda akan menanggung akibatnya ketika kelinci berumur 6 bulan. Mereka memasuki masa birahi dan menjadi awas terhadap teritorial serta menjadi agresif, jika didekati akan mencakar bahkan menggigit. Satu-satunya jalan adalah disterilkan. Kelinci akan lebih aktif, semua kabel dari charger sampai kabel listrik akan digerogoti dan pipis di semua penjuru rumah. 





Atau jika anda membeli sepasang maka si kelinci akan kawin, lalu beranak. Apa sudah tahu sekali beranak kelinci mampu melahirkan 6  ekor dan setelah 5 bulan kelinci betina akan hamil lagi. Terus anak-anak kelinci akan dikemanakan? dibuang? dikasih ke temen atau saudara? Atau dijual dan berakhir ditempat anda beli?   

4.Kelinci hewan peliharaan  murah meriah.
Memang kalau anda beli di pinggir jalan murah sekali paling banter 30 ribu bahkan 20 ribu pun ada. Terus makannya cuma dikasih sayur aja bahkan sisa makanan. Memang sulit menghilangkan dogma bahwa kelinci lebih dianggap hewan ternak dari pada hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. 

                    Baca Juga : Cara Menangani Molting Atau Bulu Rontok Pada Kelinci

Padahal anda harus membeli atau membuat kandang. Lalu makanan cukup dikasih wortel dan sayur? Salah berat jadi jangan heran jika cepat mati. Padahal pakan kelinci adalah pelet yang harganya beragam dari 20 ribu hingga merk premium 40 ribu dan kelinci tidak boleh hanya makan pelet jadi harus membeli lagi hay. Kalau tinggal di kota dan tidak punya halaman dimana cari hay? Mau tidak mau seperti saya membeli online soal harga jangan tanya. Satu lagi ijka ingin tidak agresif harus disterilkan di dokter hewan, terakhir saya kontak di dokter yang biasa menangani kelinci biaya steril adalah 600 ribu!

Obat-obatan untuk mengatasi kembung seperti rebung lalu ada obat untuk pilek, cacingan. Vitamin untuk anakan biasanya berharga 20 ribuan itu untuk botol kecil sebesar betadine. Memang bisa membuat sendiri dari bahan-bahan alami, tapi saya yakin anda tidak akan punya waktu.

Kalau anda membeli kelinci hias breed tertentu semisal anggora, akan ada biaya untuk grooming.

                                            baca juga cara melatih toilet trainee kelinci


5. Kelinci hewan selalu aman bagi manusia
Siapa yang bilang begitu? Sama seperti kucing atau anjing kelinci bisa membawa virus. Terlebih jika anda tidak apik membersihkan kandang, satu yang saya pelajari adalah kencing kelinci harus segera dibersihkan. Karena pipis kelinci mengandung banyak kuman dari pada pup-nya. Jadi kalau kelinci pipis di rumah segera bersihkan dengan pembersih jangan cuma dilap, apa lagi kalau punya anak kecil. 

Saya lupa tapi ada penyakit bervirus yang bisa menular dari kelinci pada manusia tapi satu yang pasti jika kelinci kena scabies dan anda menyentuh kelinci, kutunya bisa menempel di kulit alhasil anda pun tertular scabies.

6. Kelinci cukup ditaruh di kandang.
Sebesar apapun kandangnya kelinci akan stress jika tidak dilepas, kelinci butuh olahraga seperti anjing kecil. Karena mereka akan meloncat, menggigit cabang pohon agar giginya tidak tonggos, serta menggali tanah.  

7. Kelinci hewan bodoh
Kelinci setingkat dengan kucing, mereka bisa dilatih termasuk toilet trained. Kelinci bahkan bisa mengenali pemiliknya sama seperti kucing, kelinci hewan one perseon oriented. Artinya kelinci hanya baik pada tuannya, jadi jika anda bisa gendong terus cium-cium kelinci belum tentu orang lain bisa gendong dan cium kelinci anda. Bisa jadi kelinci panik karena tidak kenal lalu mencakar dan menggigit. 


Jadi banyak yang dipikirkan sebelum memelihara kelinci, dengan ini saya sarankan untuk stop membeli kelinci di pinggir jalan. Kontaklah breeder kelinci terpercaya karena anda bisa konsultasi untuk mendapatkan kelinci yang sesuai dengan anda. Misalkan kalau anda sibuk mana mungkin punya waktu untuk pelihara kelinci anggora, kalau ingin memberi hadiah untuk anak kecil maka kelinci giant atau yang berukuran besar seperti flemish adalah yang terbaik. Karena kelinci giant tahan banting dan temperamentnya lebih tenang sementara kelinci dwarf atau kecil lebih rapuh serta  aktif dan gesit.                             

Berhentilah berpikir kelinci hewan peliharaan yang mureh banget dah! Gampang banget serta buat anak-anak. Kelinci hewan peliharaan yang setara dengan kucing maupun anjing berukuran kecil. 

Baca Juga : mini rex kelinci untuk pemula
Baca Juga : Kenapa Kelinci Jadi Agresif
Baca Juga : Cara Merawat Kelinci Berbulu Panjang
Baca Juga : Melatih Kelinci Toilet Trainee

23 comments:

  1. hi gan , maw tanya, tahu gag tempet grooming yang bagus d mana?
    saya d jakarta,
    soalnya kelinci saya umurnya 4 tahun fuzzy lop, tiap bulan pantat nya kotor ama bulunya kayak domba,
    tyuz kupingnya jamuran, dah d bawa mandi d tempat dokter cucu 4 bulan tp gag ilang2, jadi skarang agi cari tempat yang baru, kalao tahu, bales yah gan,
    thanks ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.Kalau mau grooming bisa telpon happy pets (googling aja
      ), mereka bisa ke rumah kok tapi confirm dulu grooming buat kelinci. Soalnya grooming kelinci nggak ada, kecuali sistah mau ke rabbitry di Bandung yang biasanya jago banget grooming kelinci.

      2. Kalau pantantnya kotor dan bulunya kaya domba, pasti jarang di grooming! Fuzzy lop saya aja seminggu sekali disisir, kalau ada dead fur aka bulu kaya domba cepet-cepet di cukur atau di potong pake gunting.

      3. Kalau jamuran sistah dijamin 100% kandangnya nggak bersih? Soalnya Kalau udah ke dokter Cucu terus jamuran lagi mungkin masalahnya bukan di kelincinya. Tapi di tempat kelinci tinggal entah kandang atau rumah, harus di bersihin di cuci terus di gosok pake pembersih porselin atau wipol.

      yang kedua sistah nggak bilang udah berapa lama, soalnya FL saya juga pernah kena scabies dan sembuhnya lumayan lama ada sekitar 1 bulan.

      Delete
  2. saya beli kelinci d pinggiran jalan dan hidupnya lma gemuk & sehat.jdi ap yg anda ktakn it salh..
    gk smuany kelinci yg d jual d pinggir jln it hdupny gk lma.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 90% kelinci yang dijual dipinggir jalan akan mati 24 jam setelah sampai rumah, karena mereka dikirim dari tempat jauh dalam kotal kecil berdesak-desakan dan sudah dalam jangka waktu lama dijual pedagang pinggir jalan. Kalau kelinci anda hidup, itu artinya beruntung dapet yang 10%

      Delete
    2. Saya beruntung ya berarti :) kelinci saya beli di pinggiran soalnya dulu tinggal di kota kecil tempat jual kelinci disitu doang, nyari doker hewan aja susah banget. Beli hay harus keluar kota, kalo gak beli online dengan harga ongkir yang masyaAllah. Pernah dibawa dri jatim ke jkt, sakit pernah sih scabies sekalian sore hocks, sembuh kalo gasalah sebulan, tapi sekarang sehat. Saya berencana mau beli kelinci lagi buat nemenin dia, katanya harus di sterilisasi? Kalo nggak gimana? Kalo mau disterilisasi di dr mana ya.. jenkelnya laki btw

      Delete
    3. Kalau milih yang betina paling kamu bingung nanti anakan mau dikemanakan? Setahun saja kelinci bisa menghasilkan anak sampai 50 ekor.

      Paling gampang pilih yang sesama jantan tapi ada resikonya, harus bonding dulu kalau nggak nanti berantem. Terus bakalan perang pipis sama kotoran, keduanya bakal tandain setiap penjuru sama pipis dan kotoran dan kalau lagi musim birahi pasti berantem lagi.

      Paling aman ya steril, or nggak usah dikasih temen sama sekali.

      Steril di jakarta sih paling aman di dokter cucu, http://pdhbvet.com/klinik/green-garden/

      Delete
  3. Kak, beli kelinci yg bagus di mn ya? Ada redommend ga yg bisa dtg langsung? Daerah bandung lembang gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu masuk ke group facebook peternak kelinci dan cari aja yang deket dengan daerah atau komen cari breeder yang dekat rumah. Banyak kok breeder yang jualan di group itu.

      Delete
  4. Sterill kelincu tuh apa ya ?? Saya pengen beli kelinci tapi kelinci yang kecil dan imut itu kelinci jenis apa ?? Dan yg paling cocok untuk pemula itu rex ya?? Tapi saya sukanya English lop terus apa2 saha yang harus dibeli untuk kebutuhan kelinci

    ReplyDelete
  5. 1. Steril itu di keberi di dokter hewan.
    2. Kelinci yang kecil itu namanya netherkand dwarf
    3. Paling gampang buat pemula jenis mini rex
    4. Nggak ada yang namanya english lop ada juga holland lop
    5. Buat kebutuhan coba baca aja semua tulisan di label kelinci

    ReplyDelete
  6. maaf kak mau nanya grooming di bandung dimana yah yang bagus, rata2 petshop suka ga berani grooming kelinci, kelinci saya jnis anggora jadi harus sering grooming, trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada petshop buat grooming english anggora, mau nggak mau harus cari breeder kelinci di lembang. Paling gampang youtube aja, buat belajar atau baca ini

      http://www.everybodygoesblog.com/2015/08/cara-merawat-kelinci-berbulu-panjang.html

      Delete
  7. ternyata pelihara kelinci ngga sesimple yg dibayangkan. saya berencana mau beli kelinci. tapi jadi ngedrop baca tulisan ini. takut ngga bisa peliharanya. kasian kalo sampe kelincinya mati atau kenapa2.. hehehe
    btw infonya bagus bgt. thanks udah sharing..

    ReplyDelete
  8. hai... saya punya kelinci laki nih 3 ekor tp betina hanya 1... maunya seh nambah betinanya tp yg siap kawin, mo beli lg susah urusnya krn dr kecil takutnya yg jantannya ketuaan... klo ada yg punya kelinci betina siap kawin bs info k sy. makasih ya..

    ReplyDelete
  9. Ngapain dikawinin? Kasian bgt kelincinya. People like you stress rabbits out all the time and always use them for profit. Sterile aja kelincinya. Jangan kawin. Udh g jaman

    ReplyDelete
  10. Tanya, ya.
    1. Di Jakarta, tempat recommended beli kelinci yang hidupnya lama, itu di mana, ya?
    2. Cara potong kuku kelinci, paling aman bawa ke pakarnya atau kita potongi sendiri, gan?
    3. Di Jakarta, ada tidak tempat untuk grooming kelinci yang bagus? Infonya, ya gan
    4. Setelah disterilkan, masih bisa agresif?
    5. Tempat vaksin yang recommended di mana, gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Ada banyak breeder bermutu, bisa dilihat di IG @temankelinci atau masuk group facebook peternak kelinci.
      2. Potong sendiri, tapi butuh latihan soalnya ada batas buat potong kukunya sama nggak semua kelinci bisa tenang pas di gunting kukunya.
      3.Ada kok tempat grooming yang bagus, lupa tapi bisa follow instagram @temankelinci
      4. Ngga kok, setelah steril biasanya lebih tenang.
      5. Kalau vaksin, sih nggak ada kecuali si kelinci terditeksi bawa penyakit.

      Delete
  11. Tanya, ya.
    1. Untuk Jakarta, beli kelinci yang berumur panjang, itu beli di mana, ya?
    2. Tempat recommended untuk sterilkan kelinci dan vaksinasi, di mana, ya? (Jakarta). Setelah disterilkan, masih bisa agresif dan pipis sembarangan?
    3. Kelinci yang bagus, jenis makanannya biasanya dikasih makan apa, gan?
    4. Biar berumur sampai 12 tahun, vitamin yang bagus, dikasih berapa kali sebulan, dan toko yang jual vitamin untuk kelinci (recommended), itu di mana (Jakarta)?

    Mohon bantuannya, gan.

    ReplyDelete
  12. sy punya kelinci hampir sdh 2tahun lbh memelihara dr kecil tapi kenapa ya sering bgt kena scabies or jamur padahal sy rutin setiap pagi membersikan kandangnya setelah di suntik. scabies memang hilang tapi beberapa minggu ada lagi gmna ya solusinya sy kasian bgt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama holland lop saya pun begitu, sampai dua kali suntik, baru sembuh dari scabies. Sebenarnya banyak faktor sih, tapi waktu itu holland lop saya, kena scabies berasal dari hay, jadi saya singkirkan dulu haynya.

      Selain faktor eksternal, ada juga faktor internal. Misalkan daya tahan si kelinci yang emang rendah, jadi kena terus.

      Kalau ada jamurnya itu udah pasti dari lingkungan, coba ganti kandang dan membersihkan kandang kelinci itu harus pakai cairan pembersih (saya pakai vixal) dan dijemur sampai kering.

      Dan jangan taruh si kelinci ditempat lembab, harus yang ada sirkulasi udara, jamur cuma berkembang di tempat lembab.

      Delete
  13. kelinci saya tidak ada yang berumur panjang....paling sebulan sampai tiga bulan...habis itu mati....padahal makannya terjaga dan tinggal dirumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belinya dimana? Kalau beli dari pasar sih, no wonder, karena mereka stress sudah dipajang lama dan kepanasan.

      Delete