Sisi Negatif Memelihara Kelinci

Sisi Negatif Memelihara Kelinci

Setelah riset akhirnya berhasil juga pelihara kelinci dengan baik dan benar sampai hampir satu tahun. Gambar di atas adalah kelinci saya si Koko berjenis blingonan atau campuran dengan ras yang tidak jelas. Umurnya sudah 8 bulan sehat, cerdas dan lincah seiring dengan waktu ternyata banyak dipelajari ketika pelihara kelinci termasuk sisi negatifnya.

1. Kelinci Bukan peliharaan untuk anak-anak

Banyak sekali orang tua di Indonesia yang memberikan kelinci sebagai peliharaan bagi anak-anaknya, padahal kelinci itu hewan yang fragile aka rapuh dan hanya cocok bagi remaja dan dewasa. Kelinci hewan yang dimangsa, mereka ada di urutan terbawah rantai makanan. Sehingga jika diangkat mereka akan mengira sedang diambil oleh burung elang atau pemangsa lain, akibatnya kelinci akan meronta-ronta, mencakar bahkan tidak segan-segan untuk menggigit.  Anak-anak yang ceroboh pengenya gendong kelinci melulu, beruntung kalau kelincinya masih kecil. Bayangkan jika mereka bermain dengan kelinci  dewasa.

2. Kelinci berumur panjang.
Kelinci bisa hidup hingga 12 tahun jadi kalau anda beli sekarang harus dipikirkan juga bisa tidak berkomitmen selama 12 tahun, jangan seperti seperti orang-orang bego yang tiba-tiba memberikan bahkan membuang karena sibuk dan ada anggota keluarga yang tidak suka.


3. Kelinci harus disterilkan.

Kebanyakan orang membeli kelinci di pinggir jalan bukan di breeder yang berkualitas akibatnya mereka dapat kelinci blingon. Dengan ras campur-campur karakteristik si kelinci tidak bisa ditebak dan anda akan menanggung akibatnya ketika kelinci berumur 6 bulan. Mereka memasuki masa birahi dan menjadi awas terhadap teritorial serta menjadi agresif, jika didekati akan mencakar bahkan menggigit. Satu-satunya jalan adalah disterilkan. Kelinci akan lebih aktif, semua kabel dari charger sampai kabel listrik akan digerogoti dan pipis di semua penjuru rumah. 





Atau jika anda membeli sepasang maka si kelinci akan kawin, lalu beranak. Apa sudah tahu sekali beranak kelinci mampu melahirkan 6  ekor dan setelah 5 bulan kelinci betina akan hamil lagi. Terus anak-anak kelinci akan dikemanakan? dibuang? dikasih ke temen atau saudara? Atau dijual dan berakhir ditempat anda beli?   

4.Kelinci hewan peliharaan  murah meriah.
Memang kalau anda beli di pinggir jalan murah sekali paling banter 30 ribu bahkan 20 ribu pun ada. Terus makannya cuma dikasih sayur aja bahkan sisa makanan. Memang sulit menghilangkan dogma bahwa kelinci lebih dianggap hewan ternak dari pada hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. 

                    Baca Juga : Cara Menangani Molting Atau Bulu Rontok Pada Kelinci

Padahal anda harus membeli atau membuat kandang. Lalu makanan cukup dikasih wortel dan sayur? Salah berat jadi jangan heran jika cepat mati. Padahal pakan kelinci adalah pelet yang harganya beragam dari 20 ribu hingga merk premium 40 ribu dan kelinci tidak boleh hanya makan pelet jadi harus membeli lagi hay. Kalau tinggal di kota dan tidak punya halaman dimana cari hay? Mau tidak mau seperti saya membeli online soal harga jangan tanya. Satu lagi ijka ingin tidak agresif harus disterilkan di dokter hewan, terakhir saya kontak di dokter yang biasa menangani kelinci biaya steril adalah 600 ribu!

Obat-obatan untuk mengatasi kembung seperti rebung lalu ada obat untuk pilek, cacingan. Vitamin untuk anakan biasanya berharga 20 ribuan itu untuk botol kecil sebesar betadine. Memang bisa membuat sendiri dari bahan-bahan alami, tapi saya yakin anda tidak akan punya waktu.

Kalau anda membeli kelinci hias breed tertentu semisal anggora, akan ada biaya untuk grooming.

                                            baca juga cara melatih toilet trainee kelinci


5. Kelinci hewan selalu aman bagi manusia
Siapa yang bilang begitu? Sama seperti kucing atau anjing kelinci bisa membawa virus. Terlebih jika anda tidak apik membersihkan kandang, satu yang saya pelajari adalah kencing kelinci harus segera dibersihkan. Karena pipis kelinci mengandung banyak kuman dari pada pup-nya. Jadi kalau kelinci pipis di rumah segera bersihkan dengan pembersih jangan cuma dilap, apa lagi kalau punya anak kecil. 

Saya lupa tapi ada penyakit bervirus yang bisa menular dari kelinci pada manusia tapi satu yang pasti jika kelinci kena scabies dan anda menyentuh kelinci, kutunya bisa menempel di kulit alhasil anda pun tertular scabies.

6. Kelinci cukup ditaruh di kandang.
Sebesar apapun kandangnya kelinci akan stress jika tidak dilepas, kelinci butuh olahraga seperti anjing kecil. Karena mereka akan meloncat, menggigit cabang pohon agar giginya tidak tonggos, serta menggali tanah.  

7. Kelinci hewan bodoh
Kelinci setingkat dengan kucing, mereka bisa dilatih termasuk toilet trained. Kelinci bahkan bisa mengenali pemiliknya sama seperti kucing, kelinci hewan one perseon oriented. Artinya kelinci hanya baik pada tuannya, jadi jika anda bisa gendong terus cium-cium kelinci belum tentu orang lain bisa gendong dan cium kelinci anda. Bisa jadi kelinci panik karena tidak kenal lalu mencakar dan menggigit. 


Jadi banyak yang dipikirkan sebelum memelihara kelinci, dengan ini saya sarankan untuk stop membeli kelinci di pinggir jalan. Kontaklah breeder kelinci terpercaya karena anda bisa konsultasi untuk mendapatkan kelinci yang sesuai dengan anda. Misalkan kalau anda sibuk mana mungkin punya waktu untuk pelihara kelinci anggora, kalau ingin memberi hadiah untuk anak kecil maka kelinci giant atau yang berukuran besar seperti flemish adalah yang terbaik. Karena kelinci giant tahan banting dan temperamentnya lebih tenang sementara kelinci dwarf atau kecil lebih rapuh serta  aktif dan gesit.                             

Berhentilah berpikir kelinci hewan peliharaan yang mureh banget dah! Gampang banget serta buat anak-anak. Kelinci hewan peliharaan yang setara dengan kucing maupun anjing berukuran kecil. 

Baca Juga : mini rex kelinci untuk pemula
Baca Juga : Kenapa Kelinci Jadi Agresif
Baca Juga : Cara Merawat Kelinci Berbulu Panjang
Baca Juga : Melatih Kelinci Toilet Trainee

Reactions

Post a Comment

77 Comments

  1. hi gan , maw tanya, tahu gag tempet grooming yang bagus d mana?
    saya d jakarta,
    soalnya kelinci saya umurnya 4 tahun fuzzy lop, tiap bulan pantat nya kotor ama bulunya kayak domba,
    tyuz kupingnya jamuran, dah d bawa mandi d tempat dokter cucu 4 bulan tp gag ilang2, jadi skarang agi cari tempat yang baru, kalao tahu, bales yah gan,
    thanks ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.Kalau mau grooming bisa telpon happy pets (googling aja
      ), mereka bisa ke rumah kok tapi confirm dulu grooming buat kelinci. Soalnya grooming kelinci nggak ada, kecuali sistah mau ke rabbitry di Bandung yang biasanya jago banget grooming kelinci.

      2. Kalau pantantnya kotor dan bulunya kaya domba, pasti jarang di grooming! Fuzzy lop saya aja seminggu sekali disisir, kalau ada dead fur aka bulu kaya domba cepet-cepet di cukur atau di potong pake gunting.

      3. Kalau jamuran sistah dijamin 100% kandangnya nggak bersih? Soalnya Kalau udah ke dokter Cucu terus jamuran lagi mungkin masalahnya bukan di kelincinya. Tapi di tempat kelinci tinggal entah kandang atau rumah, harus di bersihin di cuci terus di gosok pake pembersih porselin atau wipol.

      yang kedua sistah nggak bilang udah berapa lama, soalnya FL saya juga pernah kena scabies dan sembuhnya lumayan lama ada sekitar 1 bulan.

      Delete
    2. Biayanya berapa ya buat nanganin kuping jamuran?

      Delete
    3. Kalau di dokter hewan, tergantung keadaan biasanya dilihat dahulu, kalau masih level awal, paling mahal juga 100 ribu tapi kalau sudah parah bisa 300 ribu.

      Delete
  2. saya beli kelinci d pinggiran jalan dan hidupnya lma gemuk & sehat.jdi ap yg anda ktakn it salh..
    gk smuany kelinci yg d jual d pinggir jln it hdupny gk lma.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 90% kelinci yang dijual dipinggir jalan akan mati 24 jam setelah sampai rumah, karena mereka dikirim dari tempat jauh dalam kotal kecil berdesak-desakan dan sudah dalam jangka waktu lama dijual pedagang pinggir jalan. Kalau kelinci anda hidup, itu artinya beruntung dapet yang 10%

      Delete
    2. Saya beruntung ya berarti :) kelinci saya beli di pinggiran soalnya dulu tinggal di kota kecil tempat jual kelinci disitu doang, nyari doker hewan aja susah banget. Beli hay harus keluar kota, kalo gak beli online dengan harga ongkir yang masyaAllah. Pernah dibawa dri jatim ke jkt, sakit pernah sih scabies sekalian sore hocks, sembuh kalo gasalah sebulan, tapi sekarang sehat. Saya berencana mau beli kelinci lagi buat nemenin dia, katanya harus di sterilisasi? Kalo nggak gimana? Kalo mau disterilisasi di dr mana ya.. jenkelnya laki btw

      Delete
    3. Kalau milih yang betina paling kamu bingung nanti anakan mau dikemanakan? Setahun saja kelinci bisa menghasilkan anak sampai 50 ekor.

      Paling gampang pilih yang sesama jantan tapi ada resikonya, harus bonding dulu kalau nggak nanti berantem. Terus bakalan perang pipis sama kotoran, keduanya bakal tandain setiap penjuru sama pipis dan kotoran dan kalau lagi musim birahi pasti berantem lagi.

      Paling aman ya steril, or nggak usah dikasih temen sama sekali.

      Steril di jakarta sih paling aman di dokter cucu, http://pdhbvet.com/klinik/green-garden/

      Delete
  3. Kak, beli kelinci yg bagus di mn ya? Ada redommend ga yg bisa dtg langsung? Daerah bandung lembang gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu masuk ke group facebook peternak kelinci dan cari aja yang deket dengan daerah atau komen cari breeder yang dekat rumah. Banyak kok breeder yang jualan di group itu.

      Delete
  4. Sterill kelincu tuh apa ya ?? Saya pengen beli kelinci tapi kelinci yang kecil dan imut itu kelinci jenis apa ?? Dan yg paling cocok untuk pemula itu rex ya?? Tapi saya sukanya English lop terus apa2 saha yang harus dibeli untuk kebutuhan kelinci

    ReplyDelete
  5. 1. Steril itu di keberi di dokter hewan.
    2. Kelinci yang kecil itu namanya netherkand dwarf
    3. Paling gampang buat pemula jenis mini rex
    4. Nggak ada yang namanya english lop ada juga holland lop
    5. Buat kebutuhan coba baca aja semua tulisan di label kelinci

    ReplyDelete
  6. maaf kak mau nanya grooming di bandung dimana yah yang bagus, rata2 petshop suka ga berani grooming kelinci, kelinci saya jnis anggora jadi harus sering grooming, trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada petshop buat grooming english anggora, mau nggak mau harus cari breeder kelinci di lembang. Paling gampang youtube aja, buat belajar atau baca ini

      http://www.everybodygoesblog.com/2015/08/cara-merawat-kelinci-berbulu-panjang.html

      Delete
  7. ternyata pelihara kelinci ngga sesimple yg dibayangkan. saya berencana mau beli kelinci. tapi jadi ngedrop baca tulisan ini. takut ngga bisa peliharanya. kasian kalo sampe kelincinya mati atau kenapa2.. hehehe
    btw infonya bagus bgt. thanks udah sharing..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak kelincinya saya, saya taruh di taman tapi tamannya itu ada atapnya tapi ada yang atapnya itu kotak2 alias desainnya itu ada yang bolong gitu tapi yang bolong sedikit sih. jadi klu hujan gerimis aja gak kena hujan di area itu. tapi klu deres hujannya dia bisa masuk kandang sendiri gk ya kak? kandang nya itu di tempat yg tdk terkena hujan tapi masalahnya kelincinya bisa masuk kandang atau berteduh sendiri gk ya klu pas hujan tolong dijawab ya kak

      Delete
  8. hai... saya punya kelinci laki nih 3 ekor tp betina hanya 1... maunya seh nambah betinanya tp yg siap kawin, mo beli lg susah urusnya krn dr kecil takutnya yg jantannya ketuaan... klo ada yg punya kelinci betina siap kawin bs info k sy. makasih ya..

    ReplyDelete
  9. Ngapain dikawinin? Kasian bgt kelincinya. People like you stress rabbits out all the time and always use them for profit. Sterile aja kelincinya. Jangan kawin. Udh g jaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa anda salah :

      1. Menghasilkan keturunan adalah salah satu hak hewan. Hewan malah akan tidak terpenuhi haknya ketika disterilkan. Tapi semua itu tergantung pemiliknya, dan tidak ada benar / salah.

      2. Kelinci dan hewan memang ada untuk dimanfaatkan manusia, jadi anda tidak boleh semena - mena menyalahkan keinginan orang lain untuk membuat profit.

      3. Kelinci bukan hewan yang mudah stres, karena sejatinya hewan rantai makanan rendah seperti kelinci didesain untuk adaptable dengan lingkungannya.

      4. Hewan justru senang ketika dapat menghasilkan keturunan.

      5. Mana ada mengawinkan hewan jadi tidak jaman. Toh, kalau tidak jaman, tidak akan ada hewan domestik.

      Jadi,jangan judge orang dari kesalahannya, dulu anda juga sering salah, tapi orang lain membantu dengan baik sehingga anda bisa paham kebenaran. Eh anda malah melakukan hal seperti ini, dengan memasang nama WILDEST DREAMS lalu men - judge orang yang masih pemula yang tidak sepenuhnya salah. Malah anda yang salah, walau juga tak sepenuhnya salah.

      Delete
    2. no 3 : Sotoy to the max, kelinci adalah hewan yang berada di lantai makanan terbawah, maka dari itu selalu awas karena mereka mudah diserang dan gampang stress.

      Sisanya, entah anda abg atau kaum anti KB dan bumi itu datar.

      Delete
  10. Tanya, ya.
    1. Di Jakarta, tempat recommended beli kelinci yang hidupnya lama, itu di mana, ya?
    2. Cara potong kuku kelinci, paling aman bawa ke pakarnya atau kita potongi sendiri, gan?
    3. Di Jakarta, ada tidak tempat untuk grooming kelinci yang bagus? Infonya, ya gan
    4. Setelah disterilkan, masih bisa agresif?
    5. Tempat vaksin yang recommended di mana, gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Ada banyak breeder bermutu, bisa dilihat di IG @temankelinci atau masuk group facebook peternak kelinci.
      2. Potong sendiri, tapi butuh latihan soalnya ada batas buat potong kukunya sama nggak semua kelinci bisa tenang pas di gunting kukunya.
      3.Ada kok tempat grooming yang bagus, lupa tapi bisa follow instagram @temankelinci
      4. Ngga kok, setelah steril biasanya lebih tenang.
      5. Kalau vaksin, sih nggak ada kecuali si kelinci terditeksi bawa penyakit.

      Delete
  11. Tanya, ya.
    1. Untuk Jakarta, beli kelinci yang berumur panjang, itu beli di mana, ya?
    2. Tempat recommended untuk sterilkan kelinci dan vaksinasi, di mana, ya? (Jakarta). Setelah disterilkan, masih bisa agresif dan pipis sembarangan?
    3. Kelinci yang bagus, jenis makanannya biasanya dikasih makan apa, gan?
    4. Biar berumur sampai 12 tahun, vitamin yang bagus, dikasih berapa kali sebulan, dan toko yang jual vitamin untuk kelinci (recommended), itu di mana (Jakarta)?

    Mohon bantuannya, gan.

    ReplyDelete
  12. sy punya kelinci hampir sdh 2tahun lbh memelihara dr kecil tapi kenapa ya sering bgt kena scabies or jamur padahal sy rutin setiap pagi membersikan kandangnya setelah di suntik. scabies memang hilang tapi beberapa minggu ada lagi gmna ya solusinya sy kasian bgt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama holland lop saya pun begitu, sampai dua kali suntik, baru sembuh dari scabies. Sebenarnya banyak faktor sih, tapi waktu itu holland lop saya, kena scabies berasal dari hay, jadi saya singkirkan dulu haynya.

      Selain faktor eksternal, ada juga faktor internal. Misalkan daya tahan si kelinci yang emang rendah, jadi kena terus.

      Kalau ada jamurnya itu udah pasti dari lingkungan, coba ganti kandang dan membersihkan kandang kelinci itu harus pakai cairan pembersih (saya pakai vixal) dan dijemur sampai kering.

      Dan jangan taruh si kelinci ditempat lembab, harus yang ada sirkulasi udara, jamur cuma berkembang di tempat lembab.

      Delete
  13. kelinci saya tidak ada yang berumur panjang....paling sebulan sampai tiga bulan...habis itu mati....padahal makannya terjaga dan tinggal dirumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belinya dimana? Kalau beli dari pasar sih, no wonder, karena mereka stress sudah dipajang lama dan kepanasan.

      Delete
  14. Kak saya mau nanya gimana sih cara ngerawat kelinci yang baik, trus kelinci itu makan nya brp kali sehari? Dan apakah harus dibawa kedokter stiap 6 bulan atau 1 tahun skli?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau cek up saja sih per 6 bulan aja, kalau makan harus selalu sediain hay atau rumput kering. Bisa baca label kelinci di blog ini.

      Delete
  15. Kak gejala yg kk liat pas scabies tuh kyk gmn ya ? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kulitnya ada penebalan dengan serbuk putih kek ketombe getuh.

      Delete
  16. Saya punya kelinci dr kecil smpe skrng gede tp dia sendirian blm pernah saya kawinin juga haha karna sy gamau repot soalnya kelinci saya betina.apa itu gapapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada masalah, malah jadi gampang dan cepat bondingnya sama owner kalau sendirian.

      Delete
  17. Bosq mau tanya nih. Mohon dijawab. Kelinci sy kena scabies & sudah sy obati dg cara disuntik pakai vornetin sm sy. Krn sy masih awam ttg penyuntikan yg bnr, jd sy ikuti yg ada di inet. Utk tau suntikan nya bnr atau salah, itu keliatan pas hari ke berapa nya gan? Sy khawatir salah suntik & terjadi pembusukan. Mohon dijawab. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liat aja setelah seminggu, biasanya scabiesnya rontok pelan-pelan. kalau nggak yakin buat menunjang, bisa pake kepromec dicampur ke minumnya atau dteteskan ke mulut.

      Delete
  18. gan ane baru dikasih kelinci jenis anggora english usia 2 bulan jantan seandainya disatuin kandang sama jenis ND betina yg usianya 5 bulan kira 2 brantem gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau beda kelamin biasanya nggak, kalau sama-sama betina, baru tuh berantem tapi nggak ada jaminan sih, harus dilihat dulu.

      Delete
  19. Gan sy pny 2 kelinci betina usia 2 bulan, kira2 nanti kalo udah dewasa pada berantem ga ya? Terus kelincinsy suka lompat ke pangkuan dan pipis sedikit, itu kira2 kenapa y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari kecil sih kemungkinan nggak bakal berantem karena, secara natural mereka bakal belajar siapa yang paling dominan.

      Kalau lompat ke pangkuan terus pipis, artinya dia marking. Si kelinci menandai anda sebagai miliknya. Biasanya bakalan gampang bonding dengan anda, nanti pas gede.

      Delete
  20. no 3 : Sotoy to the max, kelinci adalah hewan yang berada di lantai makanan terbawah, maka dari itu selalu awas karena mereka mudah diserang dan gampang stress.

    Sisanya, entah anda abg atau kaum anti KB dan bumi itu datar.

    ReplyDelete
  21. Mau tanya, kelinci saya dipelihara di dalam rumah. Punya kandang dan kandangnya selalu dibuka jadi berkeliaran di rumah. Dia suka gigit kabel yg sifatnya empuk (charger hp, kabel tv) pernah jg gigit kertas atau sampul buku. Intinya suka gigitin barang2 disekitar. Gimana caranya supaya ngilangin kebiasaannya itu? Terima kasih untuk jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang udah habbit kelinci buat gigitin barang-barang, karena mereka termasuk pengerat alias giginya tumbuh terus. Jadi nggak bisa dihentikan, paling bagus semua kabel dan barang-barang yang suka di gigit, dijauhkan atau taruh kelinci di tempat dimana dia nggak bisa nemu kabel etc. Bisa juga di kasih kayu atau dahan/ranting dan kardus, biasanya dia suka gigit kardus sama ranting.

      Delete
  22. Gan mau tanya kelinci gue umur 1 bulan mati knp ya gan gue kasih makan kangkung tp gak gue kasih susu kata penjualnya sih gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya jangan beli asal, satu bulan itu masih nyusu sama induknya. Kalau breeder bener, baru lepas pas umur 3 bulan ke atas dan sejak kapan kelinci makan kangkung? Masih nyusu dikasih kangkung, auto mokat.

      Delete
  23. Gan sorry mau nanyak nih.. Kalo kelinci (jantan) ngak di kawin in bisa berdampak buruk ga sama kelincinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang sejak kapan kelinci jantan harus dikawinin? Emang kalau nggak dikawinin bakal mati? Bingung saya orang-orang dapat pikiran kaya begini dari mana? Justru lebih sehat kalau disterilkan.

      Delete
  24. Gan mau nanyak nih kelinci ane kaki nya berkerak putih gitu
    Terus kaki belakang nya luka gitu jadi di selalu garuk* itu gimana cara penanganan nya gan dan kalau gak di obatin bisa beresiko apa pada kelinci

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca ini : http://www.everybodygoesblog.com/2015/10/cara-mengatasi-sore-hocks-pada-kelinci.html

      Delete
  25. Gan, saya punya kwlimci pwrwmpuan,yg aku rescue dari jalan, skrg sudah 2.5 tahun usianya, mau aku steril tapi aku takut dia gak kuat mati, resiko banget gak sih klo steril kwlinci perwmpuan ? Kalau tdk disterik dan tidak dikawinkan apa bisa twtap sehat ? Thanks sebwlumnya Anna

    ReplyDelete
  26. Aduh sy lg sedih bener bos...
    Kelinci sy 3 hari mati... belinya ke breeder.. cuma mati karena keteledoran sy... kemarin sore hari hujan eh kelinci sy keluar dr rumah... kehujanan udah di lap pake handuk... trus dimasukin ke kandang... paginya pas di cek ke kandang udah sakratul gatmaut... karena kesotoyan saya... sy kasih air jahe hangat... tp gk tertolong juga... jd apakah kelinci sy kembung? Kalau cek kandang sih kotoranny gk mencret gitu... jd pelajaran banget bagi sy sekaligus dosa T_T

    ReplyDelete
  27. Gan saya mau tanya tempat buat mandi kelinci di daerah Bogor dimana ya..? Soal nya ga ada yang mau terima mandiin kelinci.udh gt kelinci saya udh ada kutu gt.tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang nggak boleh mandiin kelinci karena, kemungkinan bisa shock. Kalau nggak bisa sendiri, terpaksa ke dokter hewan, biasanya di suntik anti kutu.

      Delete
  28. Mau nanya dong mas, ini saya punya kelinci HL jantan. Umurnya satu tahun lebih, manjaaa bgt. Tp kalo lagi birahi, dia selalu ngejar2 saya, kepala saya dikawinin kalo lagi tiduran dikarpet atau lagi sholat pas sujud. Dia kan diumbar dan pipisnya udah pinter, masuk kandang atau dikamar mandi. Dikasih boneka dia mau tp kok gak ada puasnya ya? Saya mau kastrasi dia, tp apakah hrs sama drh yg udah terkenal kayak drh.Rotoro? Soalnya di Bogor juga ada klinik bagus dan bisa steril kelinci. Tp krn gak sengetop drh Toro saya jadi ragu. Baiknya steril dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang bagus di Bogor dan sering buat steril kelinci. Coba aja DNA animal klinik Jl. Pendawa Raya Bi no 7 indraprasta. Googling aja buat jelasnya.

      Delete
  29. Haloo kak..
    Mau minta sarannya dong, aku suka pelihara hewan, menurut kakak author baiknya pelihara kelinci atau marmut ya? Disisi lain, aku punya kesibukan kuliah dan tinggal di kontrakan, jadi hampir tidak ada halaman yang berumput atau tanah,baiknya gimana ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya marmut lebih memungkinkan tapi, suara uwik..uwik..uwiknya bisa jadi masalah jadi mending hamster saja.

      Delete
  30. pelihara kelinci nggak repot ...satu induk kelinci bisa melahirkan 4-5 anak kelinci setelah usia anak sekitar 1-2 bulan bahkan kurang..tapi makin dekat jaraknya anaknya makin nggak sehat gampang mati...bayi kelinci cepat sekali perkembangnnya dari baru lahir yang imut sampai bisa makan pelet sendiri ...itu masa paling lucu...semua menyenangkan kalo dilakukan deangan senang kok ...obat jamur kuku/kuping kelinci gak mahal (gak sampai 25 ribu) untuk lebih dari 5 kali suntik dan bisa disuntik sendiri kok gampang banget ...setelah disuntik 3x biasanya jamurnya mulai rontok dan bulunya kembali bersih...masalah utama cuma seekor induk kelinci yang subur bisa beranak berkali2 dan menambah populasi dengan cepat meskipun ketika kecil kelincu kurang dari 2 bulan masih sangat rawan mati (kembung, digigit semut, cuaca, etc).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, makanya disarankan untuk pelihara satu ekor saja atau yang sejenis saja asal sudah di bidngkan sejak kecil.

      Delete
  31. Kelinci saya tumbuh benjolan kecil berisi nanah dikasih salp sembuh tp tumbuh terus ditempat lain klinciku jantan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya virus tapi, harus ke dokter hewan. Saya belum pernah seperti itu soalnya.

      Delete
  32. kelinci sy jenis fuzzy lop umur 5 bulan, sy punya kandang trlalu kecil, kalo mau dilepasin dihalaman yg gk pake pagar, kira2 dia bakal kabur nggk

    ReplyDelete
  33. Aku baru beli kelinci umur 4 bulanan di pasar. Baru 3 hari beli, bulunya agak lusuh, apa boleh dimandikan? Atau nunggu dia lebih penurut lagi? Dan juga dia pipis di sofa. Gimana caranya biar dia buang kotoran di kotaknya? Aku sudah taruh pipis dan kotoran yg kececer di kotaknya biar dia tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kelinci gak boleh dimandikan, paling dilap saja pelan-pelan. Lagi pula nanti juga dia ganti bulu.

      2. Karena masih baru, dia marking di semua tempat. Lama-lama juga bakal kenal dengan tempat pipisnya.

      3. Karena itu beli di pasar, please diamkan saja dulu sampai besar.

      Delete
  34. Halo kak, sy punya kelinci polish jantan. Pas beli sy ga sadar kalo giginya ga normal atas bawah kanan (tonggos), kiri ga normal jg tp udah better skrg. Sy beli umur 4 bulan, skrg udah 10 bulan dan bonding kuat sm saya. Pernah sy tinggal di tempat pasangan sy yg ada betina biar mereka main tp pas sy ga ada, dia nyariin dan pupnya lengket. Pas sy datang lg dia heboh dan langsung tinggalin si betina. Kata breeder, kelinci sy lebih stres ga ada sy dr pd ga ada si betinanya.
    Lanjut ke gigi, krn tongos sy selalu bawa ke breeder buat potong gigi. Akhirnya beranikan diri potong sendiri br 1x dan berhasil. 2 minggu kemudian, gigi kelinci sy yg tongos kanan bawah goyang kaya gigi susu mau copot pas malem, pas paginya sy kasih wortel 1 slice kecil bngt eh copot tp dia santai aja masih makan mulu kaya ga ada apa2.
    Apa yg harus sy lakukan? Krn dia ompong 1 gigi bawahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling bener sih ke vet, dulu holland lop saya pernah patah gigi depannya dan diberi obat dari dokter hewan. Ternyata giginya bisa nyambung lagi.

      http://www.everybodygoesblog.com/2017/11/tips-mengatasi-gigi-kelinci-yang-patah.html

      Sista mending kelincinya disteril yah karena, kalau dari saya baca kelinci polishnya inbreed atau dibreeding sesama darah/saudara makanya, giginya cacat getuh.

      Kalau dikawinkan anak bakal cacat juga, dengan keadaan seperti itu seumur hidup (setiap beberapa bulan) sista harus kikir gigi kelincinya, makanya saya sarankan punya dokter hewan langganan yang paham kondisi kelincinya.

      Delete
  35. Aq beli kelinci di phetshop.yng udah usia 3 bulan.sekarang dia udah masuk usia 5 bulan.kandang di rumah.slalu di bersihin.makanan pelet.rumput layu,buahan.semua dia suka,sekarang gendut bulu nya tebal.tpi dia betina,aq gk mau kawinkan males beranak bnyak nantik.gk punya kandang.salah gk si aq gan.melarang hak kelinci qu kawin 🤔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan bakal berdosa banget kalau kelinci dikawinkan, terus beranak pinak dan anaknya gak ke urus, lebih parah klo anaknya dikasih ke orang lain, terus orang itu gak bisa rawat dan mati.

      Steril, kelinci itu membuat hidup kelinci lebih baik. Agan bisa fokus ngurus kelinci, sampai tua dan si kelinci punya hidup yang berkualitas tinggi.

      Delete
  36. Kak mau nanya saya rencananya baru mau peliara kelinci. Boleh ga sih adopt yang beda jenis hl sama ea tapi cewek cowo. Soalnya kalo cewe cewe takut berantem nanti :( gimana butuh pencerahannya ni kak. Thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda jenis gak masalah, asal barengan aja dari kecil. Klo udah gede tiba-tiba dikasih temen, harus bonding kalau gak yang bakal repot perang wilayah pake pup atau parahnya, berantem.

      Delete
  37. Mau tanya, bulu kelinci saya rontok kadang suka kaya lagi gatal2 tapi saya periksa badannya sehat ga ada yang luka, kira2 kelinci saya lagi sakit ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diperhatikan apakah ada kerak, kutu, binatang putih yang kecil atau ketombe? Klo iya itu lagi sakit kulit.

      Delete
    2. Bagaimana caranya aga1r kelinci bisa bonding sm saya ya. Sering dikeluarkan main. Tp dia main sndr puter2 jalan2. Klo cape isyrht sndr.. saya spt dikacangin hahahhaa. Pdhl sy dah duduk samaan dibawah.gmn cara spy kelinci mau deketin kita duduk dipangkuan kita gitu

      Delete
    3. Kalau baru emang seperti itu, rajin-rajin aja ajak main dan dilatih.

      Delete
  38. kak, kelinci saya jantan, dan alat kelaminnya besar bgt, sampai yang menggantung gitu (bhs jawanya gandhul gandhul). Apakah keadaan tersebut sehat kak? karena setiap saya mw grooming sll ditolak dg alasan kembung.
    mohn jawabannya ya... makasih

    ReplyDelete
  39. kak kelinci saya alat kelaminya besaR bgt, kayak yang ga normal. (bhs jawanya gandhul gandhul) apakah itu sehat ?
    Mohon jawabannya ya....makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa komen kalau gak lihat fotonya, mending ke dokter hewan atau puskeswan aja. Kalau cuma check up aja sih murah

      Delete