Postingan Terbaru

Google+

Facebook Me

Review Notebook Acer Aspire ES 11 : Notebook Anti Lemot Untuk Windows 10

Review Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF / Celeron N3350/ Double Memory Slot / Harga Rp 3.000.000 Sudah kesal dengan notebook yang lemot ketika menjalankan windows 10? Karena sebagian besar notebook hanya dibekali RAM 2GB saja sementara untuk pemakaian standar windows 10 membutuhkan minimal 4GB RAM. Makanya waktu saya mencari notebook berbasis windows 10 yang ditekankan adalah RAM dan notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF ini adalah salah satu dari sedikit notebook yang mempunyai memori slot yang bisa diupgrade. Jarang-jarang ada notebook windows 10 yang punya memori slot, biasanya on board memori sebesar 2 GB saja. Notebook terakhir saya Asus e202s akhirnya menyerah saat terinstal banyak program yang harus jalan di background, seperti whatsapp, telegram dan automatic upgrade, RAM sebesar 2GB sudah nggak sanggup untuk menjalan berbagai program disaat bersamaan, apalagi kalau ada upgrade. Berbekal pengalaman tersebut notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF merupakan pilihan tepat tanpa lawan dikisaran harga 3 jutaan.

review acer aspire ES 11
Bentuknya biasa banget sekalipun pake embel-embel curve flow namun, amat sangat ringan cuma 1,1kg

Desain
Dari segi desain notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF ini memang nggak menarik bahkan saya bilang downgrade dari Acer Aspire Happy 2 yang dulu pernah saya gunakan. Full plastik namun kokoh, bagian depan dihiasi dengan tekstur kulit jeruk dan selebihnya biasa saja bahkan warna-warna yang tersedia pun nggak ada yang menarik seperti zaman Aspire Happy. Kalau boleh jujur kesan murah jauh lebih melekat padahal notebook murah lainnya punya desain mewah seperti Asus e202s bahkan notebook sampah Axioo MyBook 10 saja desainnya jauh lebih baik.

Review Notebook Acer Aspire ES 11
Tombol ON yang masuk ke dalam keyboard suka bikin salah pencet dan kaca monitor bak cermin yang memantulkan bayangan
Untuknya dari segi slot notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF ini nggak pelit ada tiga slot usb, port HDMI dan LAN bahkan ada slot MMC padahal hampir semua notebook sudah menghilangkan slot MMC. Ini merupakan poin positif untuk notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF.

Review Notebook Acer Aspire ES 11
Slot MMC yang sudah langka di notebook ada di notebook Acer Aspire ES 11
Desain keyboardnya nggak banyak berubah dari versi Happy tetap enak untuk di pencet dan mousepad notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF ini tergolong besar untuk ukuran notebook hanya saja tombol ON di tempatkan dalam keyboard diujung kanan. Ini kasusnya sama seperti notebook sampah Axioo MyBook 10 dan rawan salah pencet,  kenapa notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF nggak taruh tombol ON di luar keyboard saja? Padahal masih banyak ruang untuk meletakan tombol ON.

Layar seluas 11,6 entah kenapa kelihatan kecil sekali? Mungkin karena bentuknya yang nyaris kotak sementara notebook lain persegi panjang sehingga terlihat luas. Layar notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF ini pakai teknologi HD LED true cinematic view dimana kontras warna ngejreng banget dan bikin lelah mata, belum lagi layarnya dilapisi semacam kaca touch screen yang seperti cermin jadinya suka ada bayangan kita dan nggak bisa dilihat dari berbagai angle, kudu dari depan supaya jelas. 

Sementara untuk audio lagi-lagi lobang audionya ditaruh di bagian bawah namun, audio notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF terbaik di antara semua notebook yang saya pernah coba karena, suara paling nyaring sekalipun sember. Notebook lain rata-rata audionya lemah gemulai sementara notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF ini lantang banget, kalau nonton film semua kata-katanya bisa terdengar jelas tanpa bantuan speaker tapi, kalau kita setel musik keras-keras kerasa banget bassnya datar.

Baterai
Untuk baterai notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF ini hanya sanggup bertahan selama tiga jam saja bahkan kurang, seperti notebook lain zaman now baterainya unibody nggak bisa dilepas dan sialnya notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF penyakitnya sama seperti semua notebook Acer yakni panas dan tanpa kipas. Pakai logo quiet computing (tanpa kipas), padahal bagian bawah tanpa ventilasi sama sekali cuma lobang audio saja kalau dipakai di ruangan tanpa AC bisa overheat dan dulu Acer Aspire Happy 2 saya nggak mau nyala karena ada masalah dengan kelistrikannya, soalnya sering panas gara-gara saya selalu pakai bahkan sampai seharian penuh.

Performa
Saya sudah pakai notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF selama tiga bulan dan sudah instal semua program dari whatsapp, telegram, photoshop dan adobe illustrator dan semuanya bisa berjalan lancar bahkan, buka bersamaan pun nggak masalah paling saat buka adobe illustrator rada lama tapi pas udah masuk sih lancar. Saat ada automatic upgrade pun nggak ada hambatan, bisa jalan bareng saat kita buka aplikasi lain. 
notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF
Tak ada lubang ventilasi dan slot memori yang gampang dibuka

Sayangnya untuk notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF ini malah downgrade dengan pakai intel celeron N3350 yang tergolong jadul dan nggak terlalu mumpuni buat olah grafis. Konon katanya pihak Acer sengaja pakai intel celeron N3350 demi hemat daya.

Awal pembelian notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF ini cuma kasih RAM 2GB dan langsung saya upgrade ke 8GB akan tetapi banyak banget memori card yang nggak bisa kebaca sama notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF ini bahkan, saya upgrade pakai 2GB + 4GB  yang 4GB nggak kebaca lalu 2GB+3GB lagi-lagi yang 3GB nggak kebaca, akhirnya pakai 2GB + 2GB dan bisa terbaca?  Mungkin harus pakai single memori kalau mau 8GB atau 6GB. Sedangkan untuk maksmal RAM nggak jelas karena ada yang bilang 8GB ada juga yang bilang 6GB. 


Saya sengaja nggak buru-buru review notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF ini, takutnya seperti Asus e202s yang awal-awal lancar tapi kebelakang lemot banget begitu udah instal banyak program. Overall performa bagus banget dan bisa diandalkan berkat memori yang bisa diupgrade. Buat kalian yang cari notebook berbasis windows 10 saya amat menyarankan  notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF ini, daya tahan baterai yang standar serta desain murahan masih bisa ditolerin dengan performa terbaik di kelasnya. 



No comments:

Post a Comment