Review Pokemon Ultra Sun And Moon Bukan Sekuel

Nggak afdol rasanya buat nggak ngereview seri terakhir Pokemon buat 3DS ini. Pokemon Ultra Sun And Moon sudah resmi meluncur sejeak seminggu lalu dan saya sudah mainkan sampai 10 jam lebih, atau sampai lolos frist trial. Sekarang lagi bergulat di second trial atau pulau ke dua, alasan kenapa nggak nunggu sampai tamat adalah basicly karena hampir nggak ada perbedaan yang berarti di game Pokemon Ultra Sun And Ultra Moon ini, tapi jangan kecewa dulu sebab Ultra Sun And Ultra Moon masih tetap asik untuk dimainkan.

Review Indonesia Pokemon Ultra Sun

Bukan Sekuel
Sebelum kecewa dengan Pokemon Ultra Sun And Ultra Moon harap diketahui, bahwa game ini bukanlah sekuel tapi lebih cocok disebut versi echanted atau versi diperbaharui. Kalau anda fans Pokemon dan sudah pernah main pokemon emerald dan pokemon platinum pasti hapal dengan hal ini. Jadi seluruh main story tetap sama, hanya saja ditambah sedikit intrik dan bumbu cerita yang berbeda. Bukan a whole new story, seperti pada Pokemon Black And White 2.

Terus Apa yang Beda?
Yang berbeda dari Pokemon Ultra Sun And Moon salah satunya adalah perubahan dashboard, serta style graphic yang menjadi lebih warna-warni, bahkan menurut saya warna-warni ini over sekali. lalu ada penambahan fitur di rotom, photo club, surfing with mantin. Sekalipun main story sama namun, beberapa tokoh dari game sebelumnya diselipkan ke dalam cerita sebagai bumbu, seperti Profesor Oak yang tiba-tiba nongol di pantai, bahkan Geovanni juga di dalam Pokemon Ultra Sun And Ultra Moon.  

Post Story Dan 400 Pokemon
Satu lagi yang berbeda adalah post story, kasusnya sama seperti delta episode di emerald atau distortion world di platinum. Post story menampilan wormhole dan Solgaleo yang sudah terinfeksi Necrozma. Sementara untuk pokedex nggak ada yang baru tapi,ultra beast nambah jadi lima pokemon baru dan pokedex nambah jadi 400 pokemon yang bisa dikumpulkan. Plus beberapa pokemon legend dari generasi sebelumnya, mirip dengan ORAS.

Overall
Untuk anda yang sudah pernah main Pokemon Sun And Moon pasti rada-rada malas untuk mengeksplore Pokemon Ultra Sun And Moon ini, sebab main story yang sama. Tapi kalau belum pernah main Pokemon Sun And Moon sebelumnya, Pokemon Ultra Sun And Moon bakalan seru abis. Saya sendiri secara pribadi masih enjoy dengan Pokemon Ultra Moon And Sun ini, walaupun untuk menambah keseruan saya transfer pokemon gen 3 ke dalam Ultra Sun, sebab mengulang game dengan pokemon yang sama lumayan membosankan. Tapi, kalau anda memang pecinta pokemon, game Pokemon Ultra Sun And Ultra Moon ini jadi koleksi yang nggak boleh dilewatkan.

No comments:

Post a Comment