Belanja Jajanan 90an di Cemal-Cemil

Sebenarnya tempat bernama Cemal-Cemil ini bukanlah barang baru lagi, namun saya memang baru bisa datang sekarang ke Cemal-Cemil. Pastinya pada bingung Cemal-Cemil apa sih? Kenapa saya sampai harus datang ke sini? Cemal-Cemil adalah sebuah tempat yang khusus menjual pernak-pernik tahun 90an ke bawah, atau barang-barang jadul. Tempat yang berlokasi di kawasan Kemang ini, memang sudah lama hype, bahkan sekarang Cemal-Cemil sudah menjadi francise yang tersebar di mall-mall besar. Buat yang pengen wisata kuliner berbeda, atau wisata masa lalu silahkan baca ulasan saya.

Seperti yang sudah saya tulis di atas, di Cemal-Cemil kita bisa menemukan pernak-pernik jadul, mulai dari cemilan atau jajanan, mainan sampai perlengkapan rumah tangga seperti mug, piring dsb. Menurut yang jaga, awalnya Cemal-Cemil memang menjual rare item atau barang jadul yang memang sudah tidak lagi diproduksi dan langka. Seiring dengan berkembangnya bisnis, maka Cemal-Cemil mulai memproduksi sendiri barang-barang jadul. Jadi barang jadul di sini nggak berasal dari puluhan tahun, namun merupakan barang baru yang diproduksi dan dikemas menyerupai barang jadul. Pabrik yang memproduksi berbagai barang jadul ini, umumnya berasal dari Jawa.

Tempatnya sendiri nggak terlalu besar, bahkan bisa dibilang kecil banget, seukuran kamar kos. Tapi Cemal-Cemil di kawasan Kemang ini adalah yang pertama berdiri, dalam ruangan kecil ini kita bakal disuguhi pemandangan beragam barang dari tahun 90an. Yang paling menarik perhatian mungkin bukan mainan maupun pernak pernik, melainkan jajanan jadul. Di Cemal-Cemil saya banyak sekali menemukan jajan semasa sekolah dasar, bahkan yang sudah lama lupa, tiba-tiba ingat begitu lihat. 

jajanan jadul di cemal cemil
Jangan salah loh, salah satu alasan mengapa Cemal-Cemil bisa sukses, karena banyak banget bule yang datang untuk cari oleh-oleh.
belanja jajanan jadul di cemal cemil

Lumayan buat nostalgia dan kalau punya anak-anak, bakal seru banget diajak ke Cemal-Cemil, karena pastinya mereka yang biasa main gadget sama ngemall, bakalan bingung lihat mainan jadul. Soal harga, jangan takut karena masih bersahabat dengan kantung, walaupun rada gimana getuh, kalau saya inget dulu jajan pakai duit seratus rupiah bisa dapet lima jajanan, sekarang di Cemal-Cemil naik berkali-kali lipat. Tapi seru kok datang ke Cemal-Cemils, buat yang lahir di tahun 80 dan tumbuh di tahun 90, saya rasa Cemal-Cemil tempat yang wajib didatangi. 

Cemal-Cemil
Jl. Kemang Selatan 1 no 20.
CP 08151-932-6326

    

No comments:

Post a Comment