Cara Menghilangkan Malware Penyebab Iklan Pop-Up Di Android

Semenjak beli vandroid s4f sering kali dipusingkan dengan beragam iklan pop up yang selalu muncul kapan pun dan dimana pun. Yang dimaksud iklan pop up ini adalah iklan yang otomatis terbuka ketika kita membuka aplikasi apapun, bukan iklan yang muncul ketika kita hanya browsing saja. Biasanya iklan pop-up ini muncul saat kita membuka aplikasi yang membutuhkan koneksi internet, misalkan aplikasi chat maupun sosmed. Bayangkan gimana kesalnya ketika lagi asik chat, tiba-tiba muncul iklan pop up? Setelah bergulat selama satu bulan, akhirnya menemukan cara paling ampuh untuk membasmi iklan pop up di android ini.

Lagi buka twitter tiba-tiba pop up iklan facebook, gimana nggak kepencet coba?

Bahaya Iklan Pup Up

Baterai Cepat Habis
Gimana nggak kesal ketika lagi asik chatting dan buka sosmed tiba-tiba muncul iklan seperti ini, bahkan dalam sehari bisa beberapa kali muncul. Selain bikin murka, iklan pop up di android ini menguras baterai. Belum setengah hari baterai sudah hampir habis, sebab android akan terus menerus menarik iklan dari server. 

Tidak Bisa DiSkip
Selain itu iklan pop up ini pun sulit untuk dihindari karena tulisan skip ad di bagian atas kiri, kalau kita pencet tidak selalu berfungsi dan lagi lebih seringnya malah si iklan itu sendiri yang kepencet. Hasilnya kita akan dibawa ke google play untuk instal aplikasi yang diiklankan.

Mencuri Data
Iklan pop up android tidak sembarangan menampilkan iklan, sebab ia akan menampilkan iklan yang relevan dengan minat kita. Kok bisa begitu? Sebab sumber dari iklan pop up ini mencuri data-data, misalkan suka buka facebook di Opera, nanti pasti iklan pop up bakal berisi aplikasi facebook.


Langkah Pertama

Langkah pertama adalah mencari sumber dari iklan pop up ini, caranya dengan mendownload aplikasi adware. Ini berfungsi untuk mengetahui sumber iklan pop up, aplikasi atau malware bahkan virus penyebab iklan pop up sering berkelebatan di layar android.


Coba lihat di atas hasil scanning adware terhadap vandroid s4f cukup mengejutkan sebab ternyata penyebab iklan pup up bukan dari aplikasi bawaan google maupun hasil instal sendiri. Tapi berasal dari aplikasi yang diinstal pabrikan advan dengan menyawar menjadi system server padahal aplikasi. Lihat pada tulisan threat detected : AirPush dan setelah dicek nama aplikasi sky brightmoon rainstrom itu merupakan malware. Kemungkinan malware ini menyusup saat advan menginstal berbagai aplikasi.

Langkah Kedua

Setelah biang kerok menyebab iklan pop up di android sudah diketahui, selanjutnya adalah menghapus aplikasi atau malware tersebut. Namun dalam kasus ini tidak bisa langsung dihapus sebab malware sky brightmoon rainstrom menyusup lewat aplikasi bawaan, sedangkan aplikasi bawaan dari advan tidak bisa dihapus. Maka dari itu terpaksa harus me-root  vandroid s4f dan ini bukan perkara mudah sebab mencari aplikasi framaroot yang cocok tidak gampang. Bahkan sampai akhir diketahui kalau vandroid s4f ini tidak bisa di-root dengan framaroot. Untungnya ketika dicoba dengan kingroot ternyata mempan! Bahkan kingroot mampu menditeksi malware sky brightmoon rainstrom sehingga bisa dengan  mudah dihapus.


Sayangnya kingroot ini berbahasa China jadi banyak fitur yang sama sekali tidak dimengerti bahkan kingroot memblok beberapa aplikasi autostart, misalkan aplikasi keypad bahkan BBM. Jadi setelah memastikan penyebab iklan pop up hilang disarankan untuk segera pula menghapus kingroot, sebab dengan bahasa China kita tidak bisa mengatur sepenuhnya aplikasi ini.

Langkah Ketiga

Untuk memastikan bahwa android sudah bebas dari malware penyebab iklan pop up, jangan lupa membersihkan dengan cleaner sebab malware ini bisa saja masih meninggallan residu melalui program dimana ia menyusup. Walaupun hal ini bisa dibasmi dengan menghapus juga program yang dikira membawa malware ini. Berhubung advan instal berbagai aplikasi bawaan nggak penting dan banyak pula, jadinya sulit mengetahui aplikasi mana yang disusupi malware sky brightmoon rainstrom.

Note:

Sebelum mencoba, pastikan iklan pop up yang dimaksud sesuai, bukan pop up yang hanya muncul ketika kita browsing, sebab itu bisa ditangani dengan adblock atau browsing memakai UC browser.

Baca Juga : Cara Mengetahui Dan Menghentikan Aplikasi Android Yang Menguras Kuota
Baca Juga: Vandroid S4f Quadcore RAM 1GB 
Baca Juga : Review Infinix Hot 3 Max  

66 comments:

  1. wah bermanfaat sekali.thanks yah,sekarang android ku udah gak ada pop up iklan lagi

    ReplyDelete
  2. Sama juga di tablet Advan Tx1 plus ane gan, gile Advan iklannya ganggu banget :( kalau di root aman ga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren-kemaren sih, nggak ada apa-apa abis ngeroot. Nggak ada yang berubah baik fungsi atau tampilan etc. Palingan angus garansi aja.

      Delete
  3. Haturnuhun pisan min..
    Sangat membantu sekali
    Tadinya hp saya mau saya cacag karna pusing sama iklan..
    Gak jadi dah..
    Thank u mimin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha....dicacag diparabkeun ka hayam nya kang?

      Delete
  4. Klo misal hp gk bisa diroot gmn min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau nggak mau kudu cari antivirus, cobain aja satu-satu yang ada di playstore.

      Delete
  5. HP di root itu semua data sama aplikasi di HP akan hilang???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Data dan apps nggak bakal ilang klo di root, itu direset namanya.

      Delete
  6. Udah di coba, tapi masih tetep ada iklan pop up, padahal udah dihapusin yang terdeteksi ada virusnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iklan pop-upnya ada dimana? Klo nongol pas buka whatsapps, twitter , facebook itu udah pasti virus, karena nggak mungkin ketiga apps tersebut nampilin iklan pop-up. Klo nggak nongol pas buka ketiga apps tersebut, bisa jadi karena apps yang memang mengandung iklan pop-up. Caranya ke google play dan cari aplikasi untuk diteksi iklan, terus hapus apps tersebut. Atau kasus kedua, malware dan virus yang ada di agan berbeda jenis dari malware com.sky.bright.moon

      Delete
  7. Min kenapa ya masih ada iklan pop up nya, padahal udah di scan dengan adware, tp ga ada aplikasi yg ada iklannya, terus di reset hpnya jg tetep masih ada iklan, mohon bantuannya min..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak bisa jawab pasti ada banyak hal misal, 1. malware baru dan belum masuk data base adware, atau ada aplikasi bawaan, yang memang free instal dan imbasnya selalu kasih iklan.

      coba aja pake aplikasi lain selain adware

      Delete
  8. Bukan hanya advan mas yg kayak gitu. Lenovo pun juga. Sepertinya mereka menjual produk disertai dengan iklan agar mereka dapat income lebih.. Rata" kasus kayak gini ditemui di hp android merk lokal. Satu lagi app yg nyebarin mallware. Yaitu UC browser.. Pengalaman di hp tetangga,. Sebelum instal uc hp aman. Gk ada iklan popup, pas uda instal, sering dibuat browsing malah ada iklan popup, yg lebih parah mallware nya sampe nyerang system app.. Jadi app system hampir keseluruhan terinfeksi malware...
    Pas dibawa ke rumah saya buat tk benerin, tk coba reset pabrik, masih aja muncul, dan secara otomatis UC browser terinstal dengan sendiri, tak hapus. Muncul lagi.. Saking keselnya aku flash juga hp nya,. Dan done. Beres sudah

    ReplyDelete
  9. Saya juga mengalami hal yang sama dengan tab Advan.
    Tanpa root tab, dapat mengenhentikan pop up dengan cara men-"disable" beberapa aplikasi bawaan Advan.
    Karena saya tidak menginstal Adware, saya mendisable semua aplikasi bawaan yang tidak saya gunakan.
    Bagi yang belum tahu caranya :
    1.Pilih Settings, Apps
    2.Pilih tab All
    3.Klik satu2 aplikasi yang tidak digunakan atau asing bagi kita, lalu klik Disable.

    Saran saya install Adware, lalu disable aplikasi yang terdeteksi sebagai malware.

    Semoga bermanfaat.
    Terima kasih Admin.

    ReplyDelete
  10. Sekedar masukan, untuk device yang sudah diroot dan mempermudah uninstall apps yg berpotensi malware dan adware terutama aplikasi bawaan yg bikin gundah penting atau tidaknya, bisa pake ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.jumobile.manager.systemapp
    Free app, tp ada yg berbayar jika mau yg pro. Bukan ngiklan lho ini, cuman berbagi pengalamn saja.

    ReplyDelete
  11. sama kaya punya ane gan. ane pasang adware gk bisa. adware terhenti sendiri.
    ini iklan bisa menghapus dan menginstal app sendiri. nyalain wifi sma data sendiri. di hp S4 indoapps

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mah udah pasti malware gan, coba di restrat ke setelan pabrikan aja, kalau malwarenya nggak kedetec.

      Delete
  12. kebanyakan yang seperti itu hp semacam evercoss, advan dkk

    aku dulu pernah punya evercoss ya seperti ini kejadiannya. akhirnya kujual hp itu dan hijrah ke asus

    ReplyDelete
  13. Tlong masukannya gan..hp gua lenovo,blakangan ni muncul trus iklan dri play store smua,minta pemasangsn trus,di tolak tpi mau tiap 3 mnt muncul lg..tlong bntuannya..thnx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dicoba cara di atas? Siapa tahu ada apps yang punya iklan terselubung.

      Delete
  14. Tlong bntuannya gsn..hp gua sring mncul iklan dri plsy store yg mnta di pasang..gmn hilanginnya gan? Thnx

    ReplyDelete
  15. Samsung j2 kalo mau ngeroot pake apk apaan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati-hati ngeroot samsung, soalnya rada susah dan nggak bisa dibalikin lagi ke kondisi pabrikan klo samsung.

      Delete
  16. Bang sy pake samsung e5, yang awalnya muncul iklan popup habis ngikutin cara abang sudah hilang iklan popupnya. Makasih loh bang blognya mantap euy.

    ReplyDelete
  17. Trmksh gan,info ny sangat membantu , sekarang hp oppo joy ak udh normal lagi :D . Awalnya iklan muncul terus saat layanan data/wifi di aktifin,bahkan hp ku sama sekali ga bisa dipakai kalau data/wifi nya diaktifin .. untung ketemu blog ini :D ..mksh ya sangat bermanfaat info ny :) ...
    #kalo ak mau nanya" gimana cara nya gan

    ReplyDelete
  18. Makasih sangat membantu.. sekarang hp oppo joy ak kembali normal dan semua iklan serta com.android.ui ny ga ada muncul lagi.. kapan" ak mau nanya" gmn cara nya gan ??

    ReplyDelete
  19. Tetep aja ga ilang brow, w pake hp android cina tiap 2jam pasti muncul pop-up-_-kamvret dah

    ReplyDelete
  20. terima kasih gan... iklan setan dari mana .. untung ada penyelesaiannya ..
    terimakasih

    ReplyDelete
  21. Min kalau di root ada efek samping nya ga ya buat hp nya ? Terus kalau pasang antivirus kira kira bisa sedikitnya menghentikan virus iklan itu . hp saya xiaomi mi4c

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau beda merk, no komen sista. Tiap merk beda-beda efeknya kalau diroot.

      Delete
  22. di setel ke pengatuaran pabrik kembali aja..,setelah di setel iklan penyebab murka tidak akan muncul lagi

    ReplyDelete
  23. Gan, bermanfaat banget
    Baru 1 jam yg lalu hp ane kena pop up, lagi main coc pop ad, lg fban pop up, lg browsing pop up, tpi semenjak ikutin tutorial dri blog agan langsung musnah pop up nya.
    Makasih ya gan infonya ^_^

    ReplyDelete
  24. Gan kalo yg ada virusnya game gimana ? Dihapus gitu game nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hapus saja gamenya, kalau cara di atas nggak manjur.

      Delete
  25. Min punya saya iklannya dari playstore, gimana ya cara hilanginnya, masa harus aku hapus tuh playstore:v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan dari playstore itu dari apps. Nggak mungkin playstore beriklan sendiri.

      Delete
  26. hape ku sering kebuka Google Play sendiri itu knp ya? semacam iklan gitu, pas ke google play nya langsung menuju ke app yang dia inginkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi iklan, biasanya lihat apps apa yang dituju. Pasti ada apps sejenis yang kamu instal di hape, atau apps dari pembuat yang sama.

      Delete
  27. Tablet advan X7 juga gitu, setiap mengaktifkan data pasti iklan bermunculan.

    ReplyDelete
  28. Penyebab iklan saya dari bbm min.. Bisa g menghilangkan iklan tanpa menghapus bbm? Soal ny sayang kalau bbm di hapus min.. Mohon dijawab
    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  29. apa work ke smua jenis andro gan? ane make andromax a
    tq

    mampir jika smpat ya
    http://www.christiantarigan.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kurang tahu, tapi coba aja, soalnya ini pengalaman sama advan vandroid.

      Delete
  30. Cara gw mungkin agak ribet bagi kalian.. #Ctt khusus bagi Root user.. Instal [link2sd] dan [malwarebytes] lalu buka malwarebytes-nya lalu scan hingga kalian menemukan malware. Catat nama aplikasi bawaannya serta alamat aplikasi yang tercantum disana. Lalu buka link2sd dan cari sesuai yang dicatat. Setelah ketemu tekan aplikasi yang dicari dan tahan lalu tekan pilihan (convert to user app) #jika malwarenya terdapat disystem ATAU tekan (convert to system app) #jika malwarenya terdapat pada aplikasi instalan.. Jika sudah ditekan akan keluar permintaan tekan oke aja sampaii tulisan aplikasinya berubah menjadi REBOOT. Jika sudah sampai sini maka anda harus reboot dahulu sebelum menghapus aplikasi terinveksi tersebut. Namun agar efisien waktu anda bisa men-convert dahulu semua app ber-malware sebelum reboot sebanyak app yang telah tercatat telah terinfeksi malware tersebut. Jika reboot telah dilakukan maka anda biaa leluasa menhapus/uninstal app tadi. Maka app bawaan yang mengganggu tersebut berhasil ditumpaskan secara permanen. SSaya sendiri telah mencoba dan alhamdulillah berhasil. Karena pengalamanlah saya mampu membuat ini. Namun ingat khusus ROOT USER.. #salam

    ReplyDelete
  31. Bagaimana cara menghapus iklan UC News

    ReplyDelete
  32. Cara menghapus UCNews di hp android

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini iklan UCnews apa apps UCnews?

      1. Kalau apps UCnews tinggal uninstal aja, kalau maksudnya aplikasi UCnews bawaan pabrikan, mau nggak mau harus diroot dahulu.

      2. Kalau iklan UCnews, pasti ada aplikasi bawaan yang semacam UCbrowser yang bawa iklan seperti itu.

      Delete
  33. mantap gan artikel nya, berguna bgt.. thnx...

    ReplyDelete
  34. Replies
    1. https://kingroot.en.uptodown.com/android/download

      Delete
  35. Mantap gan.. hp sdh bersih dr iklan yg menggangu.. td nya sdh pakai adblocker apa aja tdk bs.. tetep nongol iklan nya..skrng sdh bersih dr iklan yg menggangu.. terima kasih banyak sangat membantu sekali👍

    ReplyDelete
  36. Bang, hp saya Advan i5c udah mulai keluar iklan nya niih
    Bagi cara rootnya dong
    Soalnya saya udah coba pake kingroot,framaroot gagal terus

    ReplyDelete
  37. Bang, hp saya Advan i5c udah mulai keluar iklan nya niih
    Bagi cara rootnya dong
    Soalnya saya udah coba pake kingroot,framaroot gagal terus

    ReplyDelete
  38. Gw jg nih bang baru kemaren aduh gw pasrah aj deh bang...

    ReplyDelete
  39. bang itu knp ya bsa ada iklan popup gtu

    ReplyDelete
  40. bang itu knp ya bsa ada iklan popup gtu

    ReplyDelete
  41. Hp sy kayaknya kena nih soalnya setiap nyalain data sering muncul iklan

    ReplyDelete
  42. Jadi begini bang,HP saya Asus z2 laser,semalam saya download infinite desaign di link (bukan download diplaystore) masih aman2 aja sih,trus td siang saya main game ML,tiba2 dlm prmainan muncul iklan,ke lazada dsb..lagi fight brtarung lari ke iklan,kan kesal...mana lagi signal lgsg down di buat nya...so,mnurut ente dmn salah nya saya ya ? Bisa bntuin bg

    ReplyDelete
  43. hp w Alcatel ot d920, problem fixed.. sebelumnya w ud inul berulang kali selang berapa lama muncul again n again. baca artikel ente w install app nye scan and solve..
    tks cuy artikelnye. membantu sangat.

    ReplyDelete