Cara Mengetahui Dan Mengatasi Aplikasi Android Yang Menguras Kuota Di Background

Belakangan ini kuota internet saya cepat sekali habis, sehingga harus dua kali dalam sebulan berlangganan kuota paket internet sebesar 2.5GB padahal dulu segitu cukup loh, sebab waktu saya kebanyakan di kantor dan smatrphone bergantung pada wifi bukan paket data, tapi kenapa sekarang kuota paket data cepat habis? Kuota paket data ini cepat habis setelah saya menggunakan smartphone baru Infinix Hot Max 3, apa mungkin karena layar 5,5 inch? Sementara jaringan tetap di 3G, saya tidak pernah mengaktifkan 4G karena semakin cepat jaringan semakin boros juga kuota paket data. Setalah diulik akhirnya saya berhasil menemukan apa yang menyebabkan paket data 2.5GB nggak cukup hanya dengan satu bulan.

Aplikasi mana saja yang memakan banyak kuota paket data?

Games Online

Games online di smartphone tengah marak tapi banyak yang nggak tahu kalau games online, bukan sekadar menghabiskan kuota paket data karena onlone dan update data saja. Games online pun menyedot paket data untuk menampilkan iklan, dan rata-rata iklan di games adalah premium sebab engangement di games besar jadi jangan heran kalau iklannya bisa video atau grafis, yang pastinya memakan kuota besar.

Social Media

Sosial media sudah pasti membutuhkan paket data untuk terus menerus menampilkan feed dan update serta tentu saja menampilkan iklan, sebenar kita nggak terlalu risau karena toh sosial media dipakai hampir sepanjang waktu, sekalipun memang memakan banyak kouta paket internet. Bahkan bisa dipastikan 50% kouta paket internet hanya untuk membuka sosial media saja. 

Lalu kemana sisa 50% kuota internet saya? Ternyata sisanya melayang untuk berbagai aplikasi lain yang saya tidak sadari memakan kuota internet karena aplikasi ini berjalan di background, Baru saya ketahui saat membuka network management di dalam system manager.

Aplikasi Gratis Dari Playstore

Ternyata aplikasi gratis dari playstore menyedot paket data, apalagi kalau ada banyak aplikasi gratis yang diinstal. Nah, aplikasi gatis itu seperti apa? Banyak banget bahkan semua orang pasti instal aplikasi gratis ini, yakni beragam aplikasi yang tinggal diunduh gratis tapi menampilkan iklan. Aplikasi ini menyedot paket data anda karena, membutuhkan koneksi untuk menampilkan iklan saat anda membuka aplikasi. Tinggal dihitung saja berapa aplikasi gratis yang menampilkan iklan bertengger di smartphone. 

  Cara Mensortir Apps Yang Memakai Kuota

Nah, cara untuk mengetahui aplikasi mana saja yang tanpa sepengetahuan kita ternyata memakan kuota paket data di background adalah dengan mencari system manager di smartphone, saya kurang tahu apakah semua smartphone mempunyai system manager. Bahkan system manager ini sama sekali, nggak pernah saya buka dan baru tahu, jika kita bisa melihat aplikasi mana saja yang menggunakan koneksi internet, tanpa sepengetahuan kita.

Perhatikan system manager, siapa sangka apps ini justru berguna untuk mengontrol paket data kita.
cara menghemat kuota paket data
Perhatikan semua aplikasi yang menggunakan jaringan intenet dan memakan kuota paket data, tanpa disadari banyak bukan? Maklum handphone baru jadi banyak instal aplikasi

Setelah kita masuk ke system manager, lalu masuk ke network management dan perhatikan semua aplikasi yang menggunakan jaringan internet kita, sebab semua yang menggunakan jaringan intenet itu menghabiskan paket data, tinggal mematikan koneksi untuk semua aplikasi yang dirasa tidak membutuhkan jaringan internet kita. Contohnya aplikasi kalkulator gratis dari playstore yang saya unduh, ternyata diam-diam memakan kuota data paket internet untuk menampilkan iklan, belum lagi berbagai aplikasi editing dan foto gratis, waduh semuanya ternyata terkoneksi dan memakan kuota demi menampilkan iklan.

Hasilnya adalah saya bisa menikmati lagi 2.5GB kuota paket data untuk sebulan. Ternyata benar 50% kuota paket data saya, termakan oleh berbagai aplikasi gratis yang berjalan di background. Tapi kalau lagi seneng nonton youtube, tetap saja sih kuota paket internet 2.5GB melayang juga. Akan tetapi cara ini berguna buat kalian yang fakir kuota dan selalu bingung kemana paket kuota internet saya selalu habis, padahal hanya digunakan untuk membuka sosial media saja.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Malware Penyebab Iklan Pop-Up

No comments:

Post a Comment