Kesan Pertama Pakai Samsung Galaxy Note 5

Review Samsung Galaxy Note 5/ Kamera 16 MP/ Layar Super Amoled/Samsung Galaxy Note 5 Rp 10.000.000Samsung kembali mengerluarkan lini terbaru dari seri notenya yakni galaxy note 5, walaupun cuma setahunan semenjak galaxy note 4 hadir bukan berarti samsung galaxy note 5 punya minor fitur dan spesifikasi. Justru samsung galaxy note 5 hadir dengan beragam peningkatan yang jauh melebihi galaxy note 4. Jadi sedikit mikir kenapa nggak galaxy note 4 dilaunching sekarang saja dengan spesifikasi note 5? Kalau beginikan jadi nanggung. Dari pada manyun mending kita review aja nih smartphone dengan harga Rp 10,000,000!


Desain Premium Dari Metal dan Kaca

Dari segi bentuk sih nggak ada yang istimewa, soalnya sama saja dengan galaxy edge. Tapi dari segi material galaxy note 5 ini dibuat dari metal dan kaca, sayangnya hal ini bikin licin banget, apalagi ukurannya yang gede bikin makin riskan buat lepas dari genggaman. Satu lagi material kaca pun bikin galaxy note 5 ini cepet kotor dengan sidik jari. Amat disarankan untuk menggunakan softcase. Satu yang gua nggak suka dengan galaxy note 5 ini adalah penggunaan unibody, jadi baterai sama sekali nggal bisa dilepas. Terus terang galaxy note ini cocoknya sebagai secondary gadget karena lumayan berat dan menurut gua loh, note 5 ini nggak praktis untuk yang mobile.

S-Pen Air Command

Kemajuan terbesar ada di s-pen kalau gua nggak salah di note 4, s-pen masih kudu ditarik. Sedangkan di note 5 tinggal ditekan saja terus keluar. s-pen ini juga seribu kali jauh lebih baik dari s-pen note 4, nulis di layar serasa nulis di atas kertas. Bahkan menggambar dan tanda tangan pun semudah menulis beneran di kertas, salut! Samsung galaxy note 5 terlihat memaksimalkan penggunaan s-pen dalam hampir segala aspek di smartphone. Jadi s-pen di note 5 nggak cuma kepakai untuk tulis dan gambar-gambar saja, dari drag and drop, cutting screen shoot semua bisa dilakukan dengan s-pen. Penggunaan s-pen dihampir segala aktifitas ini sama sekali nggak merepotkan, justru malah mempermudah dan jauh lebih cepat dari pada pakai sapuan jari.

Kamera 16 Megapixel Berteknologi OIS dan Apeture F/1.9
contoh foto indoor
Kamera belakang 16mp dengan autofokus dan apeture F/1.9 memang terlihat wah! di layar super amoled 16 juta warna tapi begitu ditransfer ke komputer. Jreng...jreng, warnanya pudar dan nggak terlihat vivid lagi namun untuk urusan detail memang juara, apalagi untuk mode macronya, juara banget. Sayang kalau mau foto-foto pemandangan warnanya lari, jadi nggak begitu nendang.

Performa Monseter Ram 4 GB LPDDR4
Samsung galaxy note 5 menempati posisi puncak atutu benchmark tertinggi, tentunya iphone 6S belum keluar.



Spesifikasi Samsung Galaxy Note 5


Ukuran (P x L x  T)153.2 x 76.1 x 7.6 mm / Berat 171 g
Jenis LayarSuper AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran Layar5.7 inches, 1440 x 2560 pixels (~515 ppi pixel density) + Corning Gorilla Glass 4
MemoriInternal 32 GB/64 GB
Ram4 GB LPDDR4
Sistem OperasiAndroid OS, v5.1.1 (Lollipop)
ProcessorExynos 7420, Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57
GPUMali-T760MP8
Kecepatan InternetHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps/ LTE Cat9 450/50 Mbps
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Bluetooth v4.2, microUSB v2.0, USB Host, A-GPS, GLONASS, Beidou
Kamera Belakang16 MP, 5312 x 2988 pixels, optical image stabilization, autofocus, LED flash, Video 2160p, 1080p@30fps
Kamera Depan5 MP
BateraiNon-removable Li-Po 3000 mAh
Fitur AndalanFingerprint sensor (PayPal certified),  S Pen stylus



Dengan ram 4gb nggak perlu diragukan lagi performa samsung galaxy note 5, semua aplikasi berat mampu dieksekusi dengan lacar bahkan note 5 bisa membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. No more lag dan sanggup menampung memori sampai 32gb. Untuk urusan fitur samsung galaxy note 5 udah dijejali dengan beragam fitur baru semisal finger print lock, shortcut to online movie store etc. 



Dengan harga Rp 10 jeti tentunya samsung galaxy note 5 terbilang worth it. Design premium dan jeroan sangar lebih dari cukup untuk bertarung dengan iphone 6S, walaupun sebenarnya saingan galaxy note 5 adalah ipad pro yang sama-sama pakai stylus.  

4 comments:

  1. nice review vroh...
    Btw,ada gak ya phablet selain pabrikan samsung?

    ReplyDelete
  2. Ane cek di priceza.co.id sekitar 3,9 jetian skrg..
    Sekedar info aja..
    Btw nice review..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, udah turun banget tapiu masih belum affordable

      Delete