Google+

Facebook Me

Cara Mengatasi Samsung Galaxy Note Edge Docomo Panas dan Baterai Drop

Seminggu saya tergiur oleh samsung galaxy note edge docomo murah super mulus di sebuah toko daring. Sebelum membeli saya memang nggak melakukan riset terlebih dahulu perihal smartphone docomo, terlebih samsung galaxy note edge docomo yang memang sudah lama saya idam-idamkan, apalagi samsung galaxy note edge docomo 32GB ini fullset. Tanpa pikir panjang saya pun melakukan transaksi pembelian samsung galaxy note edge docomo dengan CC. Proses pengirimannya memang bikin kesal hati karena, samsung galaxy note edge docomo saya sempat bolak-balik Jakarta-Bogor dan butuh waktu seminggu untuk sampai di tangan.

samsung galaxy note edge docomo versi SC-01G

Begitu sampai di tangan dan saya coba, samsung galaxy note edge docomo ini panas, bahkan overheat belum lagi baterainya cepat sekali drop. Saya sudah merubah setingan ke 3G LTE dan 3 GSM namun, tetap saja galaxy note edge docomo panas dan overheat serta baterai drop. Setelah pusing tujuh keliling dan mengutak-atik galaxy note edge docomo akhirnya, saya berhasil menemukan penyebab galaxy note edge docomo panas/ overheat dan baterai drop.

Firmware Tidak Cocok Dengan Provider Indonesia 

Galaxy note edge docomo yang saya beli masih berada di Lollipop 5.0.1 dengan versi SC-01G dan nggak kompatible dengan kartu XL saya sebab, setelah saya tukar dengan Telkomsel dan voila! Galaxy note edge docomo versi SC-01G ini adem banget? Oveheat nggak ada dan baterai awet. Masalahnya saya nggak mau ganti nomor, jadi mau nggak mau harus cari solusi lain dari pada ganti kartu.

Update Ke Marsmallow 6.0.1

Ketika saya mau update lewat OTA, galaxy note edge docomo versi SC-01G ini sama sekali nggak bergeming aka nggak ada update yang terditeksi. Dengan terpaksa harus kerja ekstra lewat flash Odin, sebenarnya flash galaxy note edge docomo versi SC-01G ini gampang tapi, cari firmware versi SC-01G nggak gampang kalau pakai firmware non docomo malah bootlop! Belum lagi firmware galaxy note edge docomo versi SC-01G cuma bisa di download lewat situs resminya dan lemot pulak! Butuh seharian buat download firmware marsmallow sebesar 2,07 GB ini.

Hasil Update Firmware  Marsmallow 6.0.1 Versi Docomo

Setelah sukses update lewat Odin, galaxy note edge docomo versi SC-01G saya coba kembali dengan kartu XL saya dan hasilnya menakjubkan! Nggak panas dan overheat sekalipun dalam jaringan 4G bahkan baterai jauh lebih awet. Pagi kondisi baterai 100% dan baru ngecash lagi jam 2 sore dalam kondisi 30% bisa lebih awet kalau cuma pakai 3G. 

Update ke Marsmallow 6.0.1 ini mengubah beberapa hal seperti ada aplikasi docomo yang saya nggak ngerti apa itu, juga nggak ada tulisan 4G di layar melainkan LTE. Terus terang saya nggak tahu LTE docomo ini full 4G atau bukan? Tapi kalau dari kecepatan sih setara sama 4G dan kalau pilih jaringan 3G/LTE/GSM auto sinyal XL malah nggak stabil, naik dan turun tapi kalau pilih jaringan LTE/3G sinyal penuh terus.

Selebihnya samsung galaxy note edge docomo versi SC-01G berfungsi normal dan saya bisa pakai untuk keperluan sehari-hari dengan nomor XL. Soal tulisan yang tetap LTE walau sinyak naik turun nggak masalah yang penting samsung galaxy note edge docomo versi SC-01G ini nggak panas, baterai awet dan bisa dipakai untuk keperluan sehari-hari. Amazing banget dapet galaxy note edge docomo murah, belum lagi jarang banget yang pakai samsung galaxy note edge docomo versi SC-01G.

samsung galaxy note edge docomo versi SC-01G

Kalau diliat dari OS yang masih marsmallow, galaxy note edge docomo ini jadul tapi, dari segi teknologi chipset, RAM, kamera, layar etc jangan salah smartphone android zaman now yang sudah OS nougat dan Oreo tapi dalaman sampah, nggak sebanding sama galaxy note edge docomo. 

Bahan-Bahan Update Samsung Galaxy Note Edge Docomo Versi SC-01G

Buat kalian yang mengalami masalah sama, bisa mengubah kartu provider ke Telkomsel atau upgrade lewat Odin dan berikut link bahan-bahan yang di butuhkan :


Kalau cara upgrade lewat Odin kalian googling saja, saya lagi malas nulis penjelasan panjang lebar dan ingat samsung galaxy note edge docomo versi SC-01G ini nggak bisa upgrade dengan firmware selain versi resmi docomo, saya sudah coba beberapa firmware non docomo hasilnya bootlop.

Baca Juga : Cara Mengatasi Gojek Error Google Play Service Updating

No comments:

Post a Comment