Hati-Hati Penipuan "Kartu Diskon" Credit Card BCA

Sore tadi saya dikejutkan dengan sebuah panggilan dari 021-29510595 nomor ini mengaku dari bank BCA dan menanyakan perihal apakah "kartu diskon" BCA sudah sampai atau belum? (flashback...tiga bulan sebelumnya saya memang apply credit card dan sudah jadi serta sudah pernah dipakai.) Berikut percakapan dengan seorang wanita yang terdengar seperti karyawan bank, terdengar amat sangat profesional. 

Penelpon BCA : Selamat siang dengan Bapak Anu?

Saya                  :Iya betul....

Penelpon BCA  :Saya bla..bla..bla dari bank BCA mau menanyakan apakah karu diskon BCA sudah sampai atau belum? Sebab di email kami terdaftar belum.

Saya                   : Kartu diskon? Ehemmmm......yang mana ya?

Penelpon BCA  :Bapak sudah menerima dua buah kartu yang satu visa bergambar batman dan satu   lagi flash, tapi yang diskon mastercard belum ya?

Saya                   : Belum kayanya Mbak

Penelpon BCA  :Kartu kreditnya yang limit 20 juta bukan Pak?

Saya                   : Bukan, yang cuma 5 juta aja.

Penelpon BCA   :Oh, begitu....baiklah Bapak, jadi kartu diskon ini nantinya dipakai untuk berbagai   diskon dan bisa diskon sampai 40%..bla...bla...bla...bla. 

Saya                   :Ok lah, kalau begitu kirim saja ke kantor.

Penelpon BCA   :Oh, tidak bisa dikirim Bapak, kita harus bertemu langsung untuk kasih kartunya,   kalau bisa hari ini kita  bertemu. Apakah Bapak sedang di kantor? 

Saya:                  :.......Hening.....(bingung)....lagi nggak di kantor, ini mau pulang. 

Penelpon BCA   :Baiklah, kalau begitu nanti Senin saya telepon lagi.....Terima kasih.



Nah, nggak lama setelah ditutup saya bingung sendiri, masa kartu BCA nggak bisa dikirim ke kantor? Harus ketemu langsung. Dari sini kecurigaan menguat, sampai akhirnya saya langsung telpon Halo BCA di 1500888 dan langsung menanyakan perihal kartu diskon BCA ini. Ternyata menurut costumer care Halo BCA, tidak ada yang namanya kartu diskon dan kami selalu mengirimkan kartu, tidak pernah bertemu langsung! Jadi dipastikan 100% kartu diskon BCA ini adalah modus penipuan, bahkan costumer care Halo BCA sampai mengingatkan "semoga anda selalu aman menggunakan kartu kredit BCA" 

Hanya ada dua jenis kartu kredit dari BCA, kartu visa dan kartu flazz  
Duh, hampir saja saya kena tipu, untung langsung telepon Halo BCA. Coba kalau sampai ketemu langsung, bisa ada apa-apa. Takutnya dihipnotis atau terhipnotis untuk membeli atau mengikuti sebuah produk yang akan menguras saldo kartu kredit. 

Walaupun saya cukup heran dengan tingkat profesionalisme modus penipuan ini, sebab suara si penelpon benar-benar seperti orang bank dan gayanya hampir mirip dengan orang-orang yang nawarin asuransi. Entah dari mana bisa dapet nomor telepon saya? Dan ini bikin kecewa dengan BCA karena nomor telepon pemegang credit cardnya bisa sampai bocor ke publik. Sepertinya modus penipuan kartu diskon ini menyasar pemegang credit card pertama kali seperti saya. Terutama yang belum pernah melakukan pembayaran atau pembelian dengan jumlah besar. 

Sekali lagi saya tekankan bahwa "kartu diskon" itu tidak ada sama sekali.

17 comments:

  1. Dan saya termasuk orang yang kena tipu, makasih infonya yaa

    ReplyDelete
  2. makasih infonya. saya juga tadi ditelpon sm org yg mengaku2 dari fihak BCA. tp saat saya berbicara dgn org tersebut, saya iseng browsing diinternet dan melihat artikel ini, jadi saya bisa terbebas jadi jerat penipuan tersebut. setelah saya telpon ke callcenter BCA, ternyata benar kalo promo tersebut tidak ada. jadi kita sebagai pengguna kartu kredit, harus lebih berhati2 dengan hacker. jgn pernah kita memberitahukan data apapun yg berkaitan dgn kartu kredit atwpun kartu debit

    ReplyDelete
  3. Saya hampir kena agan agannnn, barusan ada yg telp saya ngaku dari BCA sesuai bank penerbit cc saya dan benar mereka tahu data saya bahkan alamat saya. Mereka maksa antar sekarang kerumah karna saya bilang lagi ga dikantor saya bisa tolak dengan alasan mau pergi gak lama setelah itu dia bilang akan dikenakan biaya diawal 1,900,000 dan bisa dicicil sesuai kemauan saya saya curiga dong kok aneh ya langsung saya tolak dan dimatiin sama mereka telp tsb. Alhamdulillah saya selamat saya langsung browsing dan ketemu blog ini yg isinya hampir sama persis dengan kejadian saya barusan buat yg lain lebih hati hati ya jangan mudah percaya dengan embel2 bank penerbit apalagi mereka tahu data kita ckckcc gila benerrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia! Mereka tahu data kita dari mana? Bank penerbit payah banget, nggak bisa melindungi data nasabahnya.

      Delete
  4. Wah, trims banget nih infonya. Hari ini sy baru ditelpon dgn ajakan yg sama. Untung gk jadi ketemu karna kebetulan dah pulang dr kantor. Kalo besok ngajak ketemu lg sy layani buat jebak dia biar ketangkep ni orang2 penipu. Skali lag trims ya info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak bakal ditelpon lagi, mereka pasti udah kabur. Cuma ngincer yang mau ketemuan hari itu juga, karena nggak bakal sempat mikir-mikir.

      Delete
  5. Saya sudah kena tipu 4 juta. Akhirny saya lapor polda metro. Seminggu kemudian, saya menjebak agar ada yg datang lagi kurirnya. Akhirnya datang, motornya saya suruh amankan sekuriti. Saya panggil polsek, kurir nya pun di bawa ke polsek. Lalu dia menelpon dua orang yg katanya bosnya. Di polsek, mereka mengaku yg menipu saya 4 juta itu bukan kelompok dia, tapi rekananya yg lain. Saya nggak mau tahu toh produknya sama. Akhirnya mereka membantu mengembalikan uang saya dengan ditransfer. Setelah itu karena saya menganggap selesai, mereka pulang dari polsek. saran saya, yg tertipu silakan lapor ke polda metro, bawa semua barang bukti pemberian mereka, plus bukti transaksi kartu kredit. Biar banyak yg melapor dan diusut tuntas sama polisi. Ini email saya untuk korespondensi. supjepe@gmail.com

    ReplyDelete
  6. ternyata benar itu penipuan. Hari ini siang saya ditlp dgn no 0217447428 ditawarin kartu diskon, casenya juga sama dibilang karyawan visa dan mastercard dan dikasih kartu diskon tanpa biaya apapun. dan nanti kurir hr itu juga mau dtg bw voucer penginapan dr cakrawala dan powerbank sebagai hadiah dan membawa mesin EDC utk swipe CC kita biar ke link dengan merchant2 kartu diskon. Saya lgsg tny tmn sy yg lain ada yg ditlp ada yg ngga. Saya lgsg googling dan tnyta penipuan sy lgsg tlp balik ke no penipu itu,agar tdk dikirimkan,tp si wanita penipu itu blg kurir sdh jln,sy ttp blg ga jd. sy lgsg tlp halo BCA 1500888 krn sy pke CC BCA, dan tnyta emg itu penipuan. Saya udh takut lgsg keambil limit CC saya,krn tdi smpet si penipu meminta no kartu CC sy, dan saya tnp mikir lgsg menyebutkan (kyk berasa dihipnotis). Tpi selagi CC belum diswipe limit kita gunakan tdk akan dipotong. Jadi lebih aware lagi yaa kalian :)

    Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/ulihape/penipuan-berkedok-kartu-diskon_552ca7eb6ea8341f338b45d0

    ReplyDelete
  7. Hai, ini baru saja kejadian dengan teman saya. Dia ditelp dan dibilang kartunya akan dikirim ke lobby. Ujung-ujungnya minta ketemu di parkiran. SIingkat cerita, kita ajak ke kantor BCA, pas lihat satpam BCA, orangnya langsung lari, beneran lari terbirit-birit. habis itu, Atasannya yg ibu-ibu telp dan bentak bilang, "kok kartu diskonnya tidak diterima?", kami lapor BCA dan dibantu mereka

    ReplyDelete
  8. Aku barusan di telpon juga +622127534084.

    ReplyDelete
  9. barusan saya juga dtlpn, modus sama. sama sudah meng-iyakan, baru sadar saya programnya aneh, saya tlpn halo BCA dan diyakinkan kalau itu bukan program BCA. Setelahnya saya ditlpn ibu" dari bagian pengiriman mereka, saya blg saya batal ikut programnya. Alhamdulillah belum kejebak.
    nomornya 02180627095

    ReplyDelete
  10. Barusan saya juga di telfon nomernya 02121479950(penipu)

    ReplyDelete
  11. Thanks infonya. Hari ini juga barusan ditlp sm yg ngaku2 dr bca. Mau kasih kartu tmbahan diskon. Dia tanya jumlah limit dan berapa persen limit yg sudah dipakai. Dan waktu dijawab limit 3 juta dan sdh terpakai 50%, spontan orang nya jawab "wah, kecil ya limit nya" dan apakah ada rencana untuk pergi liburan tahun depan. Waktu sy jwb gak ada, respons nya langsung beda. Gak jelasin apa2 lagi. Katanya ditunggu aja. Nanti kartu nya dikirim ke rumah. Nomor nya +622180681249

    ReplyDelete
  12. Saya hari ini ditelp dengan modus yang sama, besok katanya mau diantar kartu diskonnya dan akan ditelp lg sebelum ketemu. Ada saran saya harus apa? Tq pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu udah jelas-jelas penipuan. Diemin aja gan, blok aja nomor teleponnya. Kalau perlu panggil sekuriti pas dia datang

      Delete
  13. Itu udah jelas-jelas penipuan. Diemin aja gan, blok aja nomor teleponnya. Kalau perlu panggil sekuriti pas dia datang

    ReplyDelete