Camping Ground Di Tengah Hutan Pinus Tenjolaya

Buat yang lagi cari camping ground di Bogor tapi nggak rame ataupun manja, mungkin pengalaman gue bisa dijadikan referensi. Camping ground yang gue pakai ini terletak di Tenjolaya Bogor, memang sih masih dalam kawasan perkemahan Ciputri tapi camping ground ini seribu kali lebih menantang dari pada Cibubur dan sekitarnya. 



Sebenarnya camping ground ini nggak sepenuhnya hutan belantara namun sebuah hutan pinus. Artinya tingkat kerapatan vegetasinya masih bisa dimasuki oleh cahaya matahari, sayangnya gue nggak tahu camping ground ini berada dalam ketinggian berapa? Tapi perjalanan dari dasar perkemahan Ciputri lumayan bikin encok jadi bisa dikatakan cukup tinggi. Satu hal yang bikin kaget adalah sekalipun musim hujan, hutan pinus ini ketika malam sama sekali nggak dingin. Malahan nggak pakai jaket pun masih bisa loh. 

Camping ground tenjolaya bogor

Seperti yang bisa dilihat camping ground kita masih berada di jalur yang biasa dilewati masyarakat sekitar Tenjolaya. Dan kalau diperhatikan jeli hutan pinus ini sebenarnya merupakan ladang karet, jadi pagi hari atau sore suka ada beberapa petani karet yang lewat melintas. Walaupun begitu jangan anggap enteng camping ground ini sebab tidak ada warung ataupun rumah penduduk di sekitaran, kalau ada apa-apa terpaksa harus kembali turun nun jauh ke dasar perkemahan Ciputri. Belum lagi jalurnya sulit untuk ditemui kalau belum mengenal daerah ini, sebab jalan setapak terkadang berbaur dengan jalan alami yang bisa bikin tersesat.



Buat yang heran ngapain gue camping ground di tengah hutan pinus Tenjolaya? Yang pasti bukan ikutan trend naik gunung terus foto-foto, selfie dan langsung upload ke sosmed kaga ada sinyal coy! Gue naik gunung buat urusan pendidikan dasar bagi eskul pecinta alam SMU, kebetulan jadi tamu alumni buat angkatan sekarang. Jadi gue nggak ambil apapun kecuali foto, nggak ninggalin apapun kecuali jejak kaki.  


4 comments: