Serunya Wahana Retro Di Taman Topi Bogor

Pada jaman Belanda, taman topi adalah taman kota bernama taman Wihelmina yang berfungsi sebagai tempat istirahat dan cuci mata orang-orang yang baru saja datang dengan kereta api. Karena memang tempatnya bersebelahan dengan station Bogor. Dalam rentan waktu 130 tahun taman Wihelmina mengalami perubahan dan kerap kali berganti nama, sampai pada tahun 1994 resmi berdiri taman topi.




Sejatinya nama asli tempat ini adalah plaza kapten muslihat, tapi gegara banyak bangunan yang berbentuk topi maka orang-orang menyebut tempat ini dengan taman topi. Walaupun gua jutaan kali melewati taman topi namun baru dua kali masuk ke dalam. Yang pertama nggak ingat, tapi waktu kecil sekitaran tahun 90-an dan yang kedua baru minggu lalu, sekadar iseng saja.


Tempatnya sendiri nggak begitu luas dan terbagi menjadi dua bagian. Bagian luar adalah tempat bersantai berisikan bangunan-bangunan restauran, salon, touris information etc yang bentuknya apa lagi kalau bukan topi, kendati ada beberapa yang berbentuk sayuran.

Bagian kedua di dalam adalah tempat rekreasi yang berisikan berbagai wahana, untuk bisa masuk dikenakan charge Rp10,000. Kalau di total tidak ada lebih dari sepuluh wahana yang bisa dicoba, namun taman topi memiliki kelebihan tersendiri dibalik kesederhanaan sebagai theme park.

Sebenarnya gue nggak begitu ingat pas waktu kecil pernah ke sini, jadi begitu masuk dan lihat wahana yang ada....BOOM....bengong sendiri. Ternyata wahana yang ada di taman topi ini semuanya adalah permainan dari tahun 90-an, aka retro abis! Lebih cocok dijadikan sebagai tempat permainan anak-anak balita kalau anak SD dibawa ke sini bisa mati bosen itu anak.




Pony ride. Di sini bisa sewa kuda poni yang harus digenjot supaya bergerak, bagus buat bikin si kecil olah raga. Sayang nggak bisa buat orang dewasa, padahal gue mupeng pengen cobain.
Mono rel ini boleh dibilang permainan paling wah! Selain bom-bom car di taman topi. Walaupun jaraknya bentar banget cuma ngelilingi taman topi, tapi seru banget.

Masih inget terakhir kali main bom-bom car kapan? Kalau nggak inget silahkan datang ke taman topi dan kembalikan memori kamu. Bom-bom car ini sendiri merupakan permainan paling laris di taman topi jadi jangan heran kalau ngantrinya panjang.

Kendati simpel banget, taman topi ini bisa dibilang bersih dan lumayan memadai kalau mau bawa baby atau balita buat senang-senang, asalkan jangan pas long weekend atau liburan karena crowded banget. Satu hal gua rasa paling mengganggu adalah keberadaan taman ade irma yang dijadikan sebagai stage. Biasanya band-band alay suka manggung di sini dan otomatis mengundang fans alay mereka untuk nongkrong di taman topi.

Kaum alay kota Bogor yang ceritanya lagi begaol  getuh loh. Udah tahu ini tempat untuk orang tua dan balita, pake muncul dan bikin kumuh pemandangan aja. Gegara ada panggung yang biasa nampilin band alay, jadinya ikutan nongol ini mahluk-mahluk.

Kalau saja pemerintah Bogor mau serius menata taman topi, bukan nggak mungkin tempat ini bisa menjadi pilihan utama bagi para orang tua  untuk bermain bersama balitanya. Inget itu stage di bagian belakang taman ade irma dibuang aja, biar alay kampung nggak kumpul di situ dan sediakan tempat parkir di luar biar di dalam nggak penuh dengan kendaraan bermotor.

5 comments:

  1. Jadi inget masa kecil,,mau naik helikopter dan bombom car harus merajut dulu ke ortu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha.ha.ha, coba ke sana lagi nggak berubah loh

      Delete
  2. Masih ada yah? udah 10 taun lebih kali ga pernah lewat situ :) dulu mah ampir tiap hari lewat, smp saya deket situ (depan istana)
    kalau masih ada mau ajak anak saya maen ke situ ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah bagus loh mbak, udah rapi dan terawat. Memang cocok untuk balita tapi pas long weekend soalnya rame banget.

      Delete
  3. Yah coba aja buat bogor sakitu mah lumaYan

    ReplyDelete