Menikmati Warung-Warung Kuliner Di Bogor

Daripada wiken di Jakarta melulu, mending coba ke Bogor. Kota Kujang dengan segala cerita ini bukan hanya pintar menyimpan legenda tapi juga menyimpan banyak jenis makanan yang ngga boleh dilewati begitu ajah. Karena ngga terlalu jauh dari Jakarta, jadi ambil waktu dua hari lah wisata ke Bogornya.

Wisata kali ini sebaiknya kita beri nama agar lebih tematik, jadi semacam ada pencanangan dalam penerapannya (halah!!). Tapi sebelum berangkat ke bogor ada baiknya direncanakan destinasi ini ini agar perjalanan semakin mantap dan udah siap bener sama yang namanya macet di Bogor. Jangan lupa cek di Traveloka hotel yang mantap untuk menginap sebelum ke Bogor.

Sesuai tema, wiskul kali ini ngga boleh ke tempat makan yang bernuasa restoran. Wisata kulinernya kudu di warung makan pinggir jalan. Semakin ada di pinggir jalan dengan tempat yang vintage, semakin menambah ambience wisata kuliner kali ini. Jangan kuatir deh, makanan enak semacam soto bogor, toge goreng, es pala dan lain-lain itu semua menikmatinya malah terasa enak di pinggir jalan. Mau tahu dimana ajah ada warung yang menjanjikan atmosfir seperti itu, ini dia pilihannya.

Soto Bogor Pa Salam
Toge Goreng Pak Salam Bogor
Mending antri selagi Pa Salam belum siap daripada kehabisan (Foto: wisataseru.com)
Namanya juga Soto Bogor, ya paling enak kalau makannya di Bogor apalagi di pinggir jalan, wah enak sekalai. Nah, Soto Bogor Pak Salam di jalan Siliwangi yang posisinya persis setelah perempatan Suryakencana - Gg. Aut, atau lebih tepat lagi ada di seberang Bank Mandiri punya magnet tersendiri untuk orang balik lagi balik lagi makan disini.

Kuah santan kuning dengan harum rempah yang khas Bogor, dimana isi jeroannya bisa kamu pilih sendiri punya daya tarik khusus. Kamu bisa tentukan pilihan daging sapi, otak, paru, limpa, lidah, usus, babat dan kikil yang ada dimangkuk kamu sebelum pa Salam menuang kuah yang udah bikin ngeces sejak dia buka panci berisi kuah soto. Nasi yang selalu dia taburi bawang goreng ini juga jadi daya tarik tersendiri.

 Ngga sabar mau ke Soto Pak Salam? Nanti dulu, Soto Pak Salam ngga buka seharian loh, warung ini setiap hari buka sekitar pukul 4 sore. Ngga cuma tempat makan keren di mall ajah yang ramai dikerubuti pembeli, di warung  Soto Pak Salam juga orang bakal sudah ramai berkumpul sebelum dia buka pukul 4. Bukan mau ikutin trend di mall, tapi hampir ngga lebih dari 2 jam dagangan soto pak Salam selalu ludes, dan kalau sudah ludes apa dia mau ambil lagi dari rumahnya? Tentu tidak. Dengan polos dia bisa bilang “maaf pak, sudah habis”. Mau bilang apa kalau udah begitu, mau nunggu besok lagi? Jadi mending antri ajah deh jauh sebelum pukul 4 sore.

Toge Goreng Ibu Haji Omah
Lain pa Salam, lain ibu Haji Omah tapi masih urusan kuliner khas Bogor ini. Kenapa toge goreng di rumah makan Ibu Haji Omah punya rasa yang khas dan berbeda dengan toge goreng lain? Toge yang diproses disini masih segar dan direbus dengan menggunakan kayu bakar, djamin alami deh rasanya.

Setelah tidak lama direbus, toge yang matang pas itu diletakkan di atas mie dengan potongan lontong yang sudah disiapkan pada piring saji. Nah klimaks dari penyajian toge goreng ini adalah prosesi sakral ketika bumbu tauco asli yang rasanya cukup pedas itu dituang menyirami tumpukan lontong dan toge yang telah bertemu di piring tadi, alamaaaaak, bikin ngeces ini.

Sayangnya warung toge goreng ini ngga pernah buka sampai larut, jadi kamu hanya bisa menyambangi warung makan ini antara pukul 9 pagi sampai pukul 5 sore. Urusan harga, ngga usah merogoh kocek terlalu dalam, harganya ngga sampai 20.000 per porsi untuk ukuran toge goreng enak alami sepert ini. Oh iya, satu lagi yang menarik, kalau kamu beli toge goreng ini dibungkus, kemasan bungkusnya menggunakan daun Patat sehingga rasa bumbunya masih terjaga sampai rumah.

Toge Goreng Haji Omah

Jangan terlalu sore tiba di warung ini, sebab biasanya sebelum pukul 5 sore sudah habis (Foto: hunger ranger)

Es pala Bu Aisyah

Acara Wow Wiskul Wiken Keren Warung Bogor kayaknya ngga berhenti di Es Pala Bu Aisyah, sekitar jalan Aut masih banyak warung makan yang harus dicoba, makanya jangan buru-buru pulang, sebab sekitar jalan itu juga banyak kuliner pagi yang bisa dinikmati. Pilihan menginap di Hotel Horison Bogor udah bener. Biasanya di Traveloka ada promo, untuk itu sebaiknya booking beberapa hari sebelum wiskul dimulai. Hotel Horison Bogor adalah hotel di Bogor yang pas untuk kamu beristirahat hingga esok pagi bisa terus menikmati wiskul wiken keren di Bogor.

Jangan lihat lapaknya yang begitu sederhana, sebab di awal tadi sudah sepakat semakin sederhana warung tujuan kita, semakin bikin destinasi berkesan. Gimana tidak berkesan, secara Bogor adalah kota hujan, yang namanya penjual es, biasanya udah ngerih sama hujan, tapi es pala Bu Aisyah beda. Gemuruh hujan bukannya bikin pelanggan pergi menjauh justru saat hujan malah makin ramai mengerubungi si penjual. Patut dicoba nih, apa yang bikin Es Pala Bu Aisyah malah laku saat hujan.




No comments:

Post a Comment