Melihat Potensi Parung Panjang

Buat sebagian orang pasti mengenal daerah Parung Panjang sebagai jalan lintas saja, biasanya jalur Parung ini dipakai oleh sopir truk sebagai jalur alternatif antar propinsi. kalau buat orang Bogor pastinya jalur Parung ini dipakai sebagai jalanan alternatif ketika jalur biasa seperti tol jagorawi dsb macet parah. 

Sejatinya Parung Panjang adalah sebuah kecamatan dari kabupaten Bogor, yang sama sekali tidak terurus oleh pemerintah pusat kota madya Bogor. Padahal ada sebelas kelurahan dan desa di kecamatan Parung panjang. Kecamatan ini juga merupakan daerah strategis karena dekat dengan Jakarta kalau saja Parung masuk kecamatan Jakarta sudah pasti akan jauh lebih maju. 

Nah, belakangan nama daerah Parung Panjang santer terdengar karena sedang ramai-ramainya diincar oleh para pengembang sebagai daerah alternatif untuk perumahan, setelah Tangerang, Bekasi, Depok maupun Bogor over populated dan harga tanah menjadi selangit. Lantas gimana sih rupa dari daerah yang diprediksi bakalan happening dalam lima sampai sepuluh tahun ke depan? 


Lebih Dekat Ke Parung Dari Pada Bogor, Depok, Tangerang Dan Bekasi

Sebenarnya nggak terlalu deket juga, berhubung gue naik dari statiun palmerah atau tanah abang ke Parung lebih dekat dari pada ke Bogor. Bandingkan dari Palmerah saja demi ke Bogor dan kawan-kawannya harus menempuh 15 statiun dengan waktu tempuh sekitaran dua jam. Dulu kalau berangkat kerja dari Bogor kudu bangun jam lima demi sampai di Jakarta jam tujuh. 

Selama perjalanan dari Palmerah sampai Parung Panjang bakal disuguhin pemandangan kaya begini, lumayanlah buat pelepas stress kalau balik kerja. Coba jalur Bogor mana ada pemandangan?
Sementara untuk ke Parung Panjang hanya melewati sembilan statiun dengan waktu tempuh satu jam saja. Belum lagi tidak perlu jadi pepes dalam kereta karena umumnya jurusan Parung Panjang lenggang banget, nggak sepadat jalur Bogor maupun Tangerang dan Bekasi. 


Geliat Parung Panjang yang katanya bakalan jadi happening dalam lima atau sepuluh tahun, mulai kelihatan dengan pembangun statiun Parung Panjang. Pembangunan ini nggak sembarangan karena kalau dilihat bakalan jadi gede banget seperti statiun Sudirman.

Terus Kota Parung Macam Mana?

Buset dah, jalanan utama aja masih amburadul, pasir di mana-mana tiap kali truk lewat bikin mata perih. Entah ini jalan rusak gegara sering dilewati ama truk atau memang nggak pernah di benerin sama sekali.

Baca juga: pesona desa kuno muara tenang semendo

Fasilitas Kota Parung

Sebagai kecamatan, Parung sudah dilengkapi beragam fasilitas mulai dari pasar sampai puskesmas, tapi pasar Parung pun berantakan gila-gilaan kalau hujan pasti becek dan banjir, terus kantor camatnya kelihatan bapuk banget kaka, ampe sedih gue lihatnya. Jangan-jangan nggak ada biaya buat renovasi kantor camat. Sudah gituh keadaan pukesmasnya juga kalau dilihat dari liar memang lumayan, lumayan ketinggalan getuh. Nggak jauh dari situ ada sekolah dasar sama SMP negeri. Palingan yang kelihatan bagus dan terurus dari luar sih, cuma kantor post aja, mungkin gegara satu dengan kantor bank BTN makanya kantor post ini kelihatan rapi dan bersih.

Untungnya Parung Panjang juga kena efek mini market, jadi ada beberapa mini market yang tersebar dalam radius 1 km. Cuma mini market ini nggak ada atmnya sama sekali! Gue ampe bingung mau narik duit dimana? Buset dah kota macam apa yang nggak ada atm! 

Kok Bisa Ada Jalan Mulus?

Nah, tiba-tiba dipertigaan jalan besar gue nemu satu jalan mulus yang sudah pakai batu bata? Ternyata jalan ini adalah jalan menuju Bogor dan dalam jalur ini terdapat tiga buah perumahan yang sedang dibangun. Pantesan ini jalan bisa mulus, ternyata ada proyek perumahan, kemana ya pemerintah Bogor? Sampai jalan saja harus pihak swasta yang benerin. Padahal dijalur menuju Bogor ini banyak sekali dipakai oleh warga Parung, belum lagi kalau ketiga perumahan itu sudah jadi. Pasti bakalan sering dipakai warga buat bolak-balik Jakarta dan weekend ke Bogor.

Moda Trasportasi

Ada tiga moda trasportasi di kota Parung. Satu angkot resmi yang berwarna hijau, angkot resmi ini hanya melayani beberapa trayek saja dan hanya ada satu trayek, naas banget. Kedua adalah angkot nggak resmi yang berbentuk suzuki carry, angkot nggak resmi ini mangkal dari statiun dengan trayek menuju daerah perumahan yang sedang dibangun. Ketiga adalah, apa lagi kalau bukan ojek tapi ojek Parung lebih mahal dari pada gojek dan ini bikin males dah. 

Jadi?
Parung Panjang memang membutuhkan banyak pembangunan dan pembenahan sana-sini tapi bukan berarti daerah ini nggak bisa maju. Beberapa bukti kalau Parung Panjang sudah bergerak ke arah kota satelit seperti Tangerang, Bekasi dan Bogor sudah terlihat dengan pembangunan statiun Parung serta beberapa perumahan. Tinggal menunggu waktu saja sampai perumahan lain menyusul dibangun, cuma harapan gue adalah tata kota Parung Panjang yang diperhatikan, jangan sampai pembangunan malah bikin Parung jadi seperti Bekasi atau Depok yang amburadul nggak karuan. Walaupun sangsinya dinas tata kota Bogor mau capek-capek planning, apa lagi lihat potensi Parung Panjang. Bikin jalan mulus aja kaga becus, pengenya masuk jam 9 terus jam 5 balik dah, dapet gaji saban bulan.

37 comments:

  1. parung jalanannya angker sob, banyak optimus Prime nya alias Truck.. nungguin pemerintah ky nya bakal lama bgt, moga aja kawasan ini dilirik Pengembang
    besar, biar jd kota mandiri ky BSD hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, itu sih parung kampungnya. Ini daerah yang deket station parung panjang yang sekarang banyak dijadikan perumahan.

      Delete
  2. iya kalo baca2 sih mulai ada beberapa pengembang bangun di parung panjang, moga2 cepat berkembang deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ada banyak gan, yang mulai bangun yang kecil-kecil, tapi ada yang gede punya lippo atau agung pododomoro. Mau bikin kota mandiri kaya rancamaya tapi belum mulai.

      Delete
  3. o iya pas keliling2 liat perumahan puri harmoni 8 ga ? dekat ga ya sama stasiun ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang inget, pokoknya nggak jauh dari station parung ada tiga perumahan yang lagi dibangun, satu perumahan subsidi namanya griya parung, dua perumahan mewah, satu namanya accero dan satu lagi lupa.

      Delete
    2. ada perumahan sentraland paradise dan the river yang sedang dibangun dengan developer besar yang sama

      Delete
  4. jarak stasiun ke perumahan puri harmoni 8 +- 3km

    ReplyDelete
  5. baru ambil the river. jaraknya +- 200m dari stasiun

    ReplyDelete
  6. sama,baru ambil juga sentraland paradise.deket banget sama stasiun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga baru denger dah. Wah, makin banyak aja, semoga makin rame dan jalannya jadi bener.

      Delete
    2. Tetanggain nih d sentraland paradise..
      Saya di Phuket

      Delete
    3. wah sama,saya juga di phuket blok B :D

      Delete
    4. Saya ambil di monaco yg lebih dekat ke jalan akses stasiun

      Delete
  7. saya jg ambil di sentra land paradise...sekarang ada lg the river pengembangnya sama..karena laris ky kacang goreng..moga2 parung panjang jd maju.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga aja makin rame dan jalannya nggak ancur lagi..hu..hu..hu

      Delete
  8. Jalannya memprihatinkan,,, kemana pemerintah Bogor... Satu daerahnya ditelantarkan nih.. Saya sudah cape sama pemerintah Bogor,,,,,, percuma jalanan diperbaiki jika truknya msih diizinkan lewat... Banyak truk juga karena ekploitasi gunung2.... Gunung pingku skarang sudah mau habis di ambil batunya...... Ahhh mungkin mreka enak2 disana ngambil keuntungan, lah warganya harus berhadapan sama debu yg banyak banget... Sampe ngepel sehari 3x jga ga cukup... Blm lagi korban kecelakaan karena truk2nya selalu membawa beban yg berlebih supaya untung besar.... Haaahhhh

    ReplyDelete
  9. sya juga baru ambil the river 1 bulan lalu karena tergoda dengan akses nya yang sudah bgus sekarang.4 bulan yg lalu rencana ambil sentraland.dikaranakan pada saat itu akses jalan yang sangat jelek sya jadi urungkan niat untuk ambil sentraland.setelah denger kabar ada the river sya lgsug coba survei,,dan ternyata akses jalan sudah diperbaiki jadi makin tergoda..akhirnya ambil the river karna sentraland sudah naik harga..hehe

    ReplyDelete
  10. wah saya juga baru ambil di the river. kayaknya sekarang sudah sold out semua tuh, dekat dengan stasiun perungpanjang soalnya.

    ReplyDelete
  11. kalo saya ambil serpong green paradise +-1,5 ke stasiun parung panjang, kita berdoa sama2 aja biar parung panjang cepat berkembang... amiiinnn...

    ReplyDelete
  12. Ane ambil yg subsidi aja....puri harmoni 8....

    Kawasan bakal bagus banget ini.

    Kebetulan kaka ipar kadus di deket2 situ.

    Kawasan dekat stasiun plann nya namanya millenium city

    Pasar di gusur ganti mall.

    Nanti nya akan ada beberapa jalan baru sebagai alternatif karna tidak mungkin menghilangkan jalur truk yg ada.

    Lalu di daerah gunung dago. Rencana kawasan wisata .rencana dinamakan dago city serpong.

    2018 rencana misah menjadi bogor barat.

    Semoga semua wacana tsb terealisasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nice info gan,jadi tambah semangat nanti 2017 ane rencana mau nempatin Sentraland..salam kenal

      Delete
  13. Saya ambil juga tapi ambil Savana Alam Serpong yang subsidi aja 800m dari stasiun hehehe

    ReplyDelete
  14. tetanggaan nantinya mas, saya juga ambil savana :D

    ReplyDelete
  15. Wah, kita tetanggaan.. salam kenal, saya sudah menempati rumah di perumnas 3 parung panjang kurang lebih udah setahun. perkembangannya udah mulai terasa, dari jalan yang sudah diperbaiki (walau ga tau bertahan sampai berapa lama).. yang saya lihat di perumnas 3 juga akan ada akses ke perum sentraland.. jadi makin banyak jalur alternatif selain jalur yang dilewati truk besar..

    ReplyDelete
  16. kalo saya ambil di perumnas sebelah stasiun. kalo menurut saya sekitar 5-10 tahun udah bakal berkembang kaya tangeran & serpong nih. aminnn

    ReplyDelete
  17. Klo saya ambil yg subsidi..Metro Parung panjang..cibuar deket jg ma stasiun tuh ...ya smg kedepannya parung panjang jd kawasan hunian yg nyaman n lbh tertata rapi tentunya...aamiin...

    ReplyDelete
  18. wah keren ya.. saya asli warga lokal sini. kebetulan mantan pegawai disalah satu desa di kecamatan parung panjang. waktu tahun kemaren pernah meeting di kantor camat parung panjang membahas masalah pembangunan, rencananya akan ada pembangunan besar besaran mulai tahun 2018/2019. akan ada banyak sekali perumahan baru dari pengembang2 besar, pasar akan dipindahkan dan lokasi bekas pasar akan diganti mall, lokasi kantor camat juga rencananya akan dipindahkan. nanti parungpanjang rencananya akan jadi kota mandiri bersama dengan kecamatan tetangganya, rumpin, dan tenjo. masalah jalan memang sangat susah untuk di benahi. kemungkinan besar akan dibangun jalur lain selain jalan utama yg ada sekarang ini.

    mudah mudahan terlaksana sesuai rencana & parung panjang bisa jadi kota yg lebih nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asik itu, awas aja kalau 2018/2019 masih lebih banyak debu dari pada pembangunan ya

      Delete
    2. wah mudah2an infonya bener dan terealisasi. klo sy sih baru ambil di griya paeung tahun 2014. g terlalu berasa perkembangan jalannya, apa lagi truknya. mudah2an kenyamanan dan keamanan pengguna jalan lebih diperhatikan. aamiin

      Delete
    3. wah keren mas bro infonya,semoga cepat terealisasi hehehe

      Delete
  19. Assalamuallaikum...
    Temans sy jg calon penghuni parung panjang...
    Salam kenal.

    ReplyDelete
  20. Wah wah semoga semua rencana pembangunan yg baik segera terlaksana ya
    Saya juga ambil di perumahan metro parung panjang, desa Cibunar, Parung panjang ��

    ReplyDelete
  21. Salam kenal to all, sy juga ambil di the river.. info yg sy dapat 2018 akhir jl toll serpong kegok udah jadi.. smoga parung panjang cepet berkembang, salam to all

    ReplyDelete
  22. Salam kenal juga buat semua saya juga calon warga parung panjang saya ambil di the river

    ReplyDelete