Cara Pakai Program Mode Nikon D3100 Bagi Pemula

Buat pemakai awal SLR nikon pasti bingung dengan berbagai tombol yang bertebaran. Sama halnya dengan gua yang butek nggak kepalang dengan nikon D3100 ini, maklum baru pindah dari kamera proconsumer ke SLR. Secara umum kamera SLR nikon memang nggak begitu user friendly seperti kamera SLR canon, maka susah banget untuk ngerti secara otodidak.  Manual user dalam bahasa indonesia hampir nggak ada, bikin tambah mumet dalam menguasai nikon D3100 ini. Setelah jungkir balik berguru akhirnya gua rada-rada ngerti nih dengan cara pakai nikon D3100 ini, dan mau share tentang fungsi tombol program mode nikon D3100.

Tombol program mode itu adalah tombol besar bulet yang menampilkan berbagai mode memotret. Karena nikon D3100 adalah kamera SLR basic bagi pemula, jangan heran kalau mode memotretnya nggak serumit seri nikon yang lebih tinggi. Tapi kalau nggak ngerti tombol mode ini juga percuma banget punya SLR tapi cuma becus moto otomatis. Jadi berikut penjelasan dan fungsi berbagai mode dalam tombol mode nikon D3100



1. Auto Mode
Bergambar kamera berwarna hijau ini namanya auto mode dimana kamera akan mengatur semuanya secara otomatis, mulai dari iso, shutter,exposure, white balance, flash etc, pokoknya cuma tahu jadi. Jadi kalau pake SLR dan moto dengan auto mode lo banci banget! Hasil fotonya pun standar seperti kamera digital lainnya.


2. Auto Mode Without Flash
Dibawah auto mode yang berwarna hijau ada gambar blitz disilang. Mode ini sama saja dengan auto mode hanya bedanya tanpa flash. Jadi kalau mau foto-foto auto mode tanpa flash silahkan pakai mode ini.

3. Program Auto
Mode yang digambarkan dengan huruf P ini adalah program auto atau semi otomatis. Jadi dalam fitus ini shutter dan apenture secara otomatis. Sementara ISO, flash masih bisa dilakukan secara manual. Program ini dipakai kalau kalian nggak punya waktu untuk mengatur shutter dan apenture, overall menurut mentor gue yang bule. Selalu pakai mode ini jangan auto mode karena mode P memberikan hasil yang kamera SLR banget nggak kaya auto mode yang hasilnya sebelas dua belas kaya digicam.

4. Shutter Prority Mode
Mode dengan lambang S ini memungkinkan kita untuk mengatur shutter sesuka hati, tinggal atur dengan tombol dial mau bukaan lamban atau cepat. Mode ini dipakai untuk gambar yang bergerak, semisal mau ambil gambar air terjun biar kelihatan blurry, maka shutternya dilambatkan. Atau pas mau foto pembalap atau orang lari.

5. Apenture priority Mode
Mode dengan huruf A ini mengatur semua otomatis kecuali apenture. Artinya kita bebas mengatur apenture atau bukaan cahaya yang masuk dan lebar fokus. Mode ini dipakai kalau mau bikin foto dengan background blur, atau ingin foto yang hanya fokus pada satu titik.

6. Manual Mode
Mode terakhir dalam jajaran huruf di program mode ini adalah M atau manual mode. Artinya dari shutter, apenture, iso etc kita harus mengatur sendiri. Mode ini  dipakai buat yang udah jago banget. Kalau kalian mau pakai mode ini disarankan ngeh dulu sama arti dari shutter, apenture, iso dll. Biar nggak salah ngatur dan dapet foto yang blur, kurang cahaya atau nggak fokus.




Scene Mode
Ini adalah mode berdasarkan situasi dalam nikon D3100 digambarkan dalam enam icon.
1. Icon cewek pakai topi artinya mode untuk memfoto wajah seseorang.
2. Icon gunung artinya foto untuk landscape atau pemandangan.
3. Icon anak kecil artinya foto untuk anak kecil yang nggak bisa diem, kalau anaknya bisa diem pakai icon cewek bertopi. Mode ini juga cocok untuk memfoto hewan peliharaan.
4. Icon orang lari, artinya mode untuk mengambil gambar benda bergerak.
5. Icon bunga, ini bukan untuk foto tumbuhan atau bunga tapi untuk mode macro. Kalau ingin foto yang dekat dan mampu menampilkan detail pake mode ini.
6. Icon orang dengan bintang, artinya mode untuk ditempat gelap karena mode ini secara otomatis akan mengaktifkan flash.


Baca Juga : Review Sony A7S Kamera Pocket Mirroles
Baca Juga : Lensa Nikon D3100 Tidak Bisa Auto Focus
Baca Juga : Memfoto Supermoon 2013

12 comments: